Curug Ciastana, Lokasi Wisata Air Yang Menyejukkan Di Cianjur Selatan

Sebagian wilayah Cianjur berupa pegunungan, maka tak heran jika di Kabupaten ini memiliki beberapa curug yang masih alami. Salah satunya ialah Curug Ciastana yang terletak di Kecamatan Kadupandak, Cianjur Selatan.

Air terjun atau Curug Ciastana memiliki dua tingkatan dengan ketinggian yang berbeda, serta memiliki kolam disetiap tingkatan. Pada saat pandemi seperti ini, dengan beristirahat di alam dapat mengobati jiwa kita yang sedang lelah.

Setahun sudah kita berada disituasi yang seperti ini, Indonesia masih berada dalam keadaan Pandemi Covid-19 dimana kita tak bisa bergerak sebebas tahun sebelumnya.

Alam mampu menyembuhkan luka di jiwa, keindahannya mampu memberikan energi postif yang akan menggantikan energi negatif dalam diri.

Alam Yang Akan Membuatmu Tenang
Alam Yang Akan Membuatmu Tenang. Sumber: www.topwisata.info

Lokasi Curug Ciastana

Lokasi Curug Ciastana berada di Kp. Sinarmuda/Pasir Kadu, Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur Selatan.

Rute Menuju Curug Ciastana

Rute menuju Curug Ciastana jika berangkat dari pusat kota memerlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam, dengan kondisi jalan mendekati lokasi curug belum beraspal dan masih berupa tanah dan bebatuan.

Rute yang dapat kamu lalui jika setelah melewati Warung Kondang kemudian arahkan ke Cibeber lalu menuju Campaka. Setelah itu tibalah kamu di Sukanagara setelah itu sampai di Pasirnangka lanjutkan perjalananmu hingga tiba di Sukasari kemudian menuju Purut.

Kondisi jalannya lebih aman jika menggunakan sepeda motor, karena masih alami berupa tanah yang kadang bergelombang. Jalannya kecil hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja.

Simak juga: 13 lokasi wisata Indah di Cianjur

Trekking Curug Ciastana

Setelah menyimpan kendaraan yang kamu bawa, perjalananmu belum berakhir masih harus melanjutkan perjalanan dengan trekking menapaki jalan di tengah rindangnya pepohonan.

Trekking yang kamu lalui melalui turunan bukit yang cukup curam dengan hanya berupa tangga alami berupa tanah dan bebatuan, selain itu cukup licin jika basah.

Trekking yang dilalui sepanjang 900 meter dengan menyusuri rindangnya pepohonan, area pesawahan, serta melewati jembatan bambu yang sederhana.

Disepanjang perjalanan terkadang kamu akan bertemu dengan monyet-monyet liar yang sedang bergelantungan dari satu pohon ke pohon yang lain.

Trekking yang melelahkan tersebut terbayarkan ketika kamu melihat asrinya Curug Ciastana, hawa sejuknya dapat menghilangkan rasa lelah yang sudah menggelayut sedari tadi.

Jam Buka Curug Ciastana

Jam operasional Curug Ciastana dibuka setiap hari Senin sampai dengan Minggu mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00

Tiket Curug Ciastana

Tiket masuk Curug Ciastana dipampang dalam sebuah banner dengan bertuliskan:

  • HTM Lokal sebesar Rp. 3.000,-
  • HTM umum sebesar Rp. 5.000,-

Fasilitas Curug Ciastana

Curug Ciastana berada diantara rindangnya alam sehingga fasilitas umum belum tersedia, hanya ada lahan kosong yang bisa digunakan untuk menyimpan kendaraan yang dibawa.

Daya Tarik Curug Ciastana

Meskipun membutuhkan pengorbanan yang tidak mudah, Curug Ciastana selalu saja dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Karena curug ini memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Curug Ciastana Yang Memikat

Curug Ciastana
Curug Ciastana. Sumber: curugciastana.blogspot.com

Simak juga: Candi Jiwa, Candi Tertua di Nusantara

Konon katanya alasan penamaan Ciastana pada curug ini berasal dari dua kata Ci artinya air sedangkan Astana yang berarti makam. Karena di sekitar lokasi curug tersebut terdapat makam warga setempat.

Curug Ciastana memiliki dua aliran air dengan ketinggian pada tingkat yang atas sekitar 50 meter, sedangkan aliran air yang dibawah lebih rendah dan memiliki lebar sekitar 5 meter.

Setiap tingkatan airnya memiliki ciri khasnya masing-masing, tingkatan yang paling atas mengalirkan air dari ketinggian dengan dibentengi tebing yang cukup tinggi.

Indahnya Curug Ciastana
Indahnya Curug Ciastana. Sumber: backpackerjakarta.com

Sehingga jika alirannya deras akan menimbulkan buihan putih di kolam alaminya. Kolam tempat penampungan air terjunnya kecil, jarang sekali pengunjung mandi di kolam tersebut.

Di sekitarnya terdapat genangan-genangan air dimana kamu bisa bermain air disekitarnya, aliran airnya mengalir menuju curug yang berada di bawahnya. Sehingga derasnya air di bagian bawah tergantung pada derasnya air di bagian atas.

Aliran air yang di bawah ini cenderung lebar sehingga kalau airnya deras akan membentuk seperti tirai putih yang mengalir dengan derasnya. Banyak pengunjung yang berenang di kolam bagian bawah ini.

Derasnya air yang dialirkan Curug Ciastana tergantung pada keadaan cuaca, jika sedang musim kemarau airnya tidak sebanyak ketika musim hujan.

2. Ragam Wisata Seru

Alamnya Yang Masih Sangat Asri
Alamnya Yang Masih Sangat Asri. Sumber: www.youtube.com

Simak juga: Curug Gomblang dalam lindungan Hutan Negara

Terdapat papan peringatan yang membuatmu harus berhati-hati ketika bermain air di sekitar Curug Ciastana, apalagi jika kamu ngga bisa berenang.

Mendatangi sebuah lokasi wisata air seperti ini tentu saja yang paling dinanti ialah merasakan segarnya air dan menciptakan keseruan bersama teman.

Area bagian atas dapat kamu gunakan untuk yang tidak bisa berenang, dengan bermain air di kubangan-kubangan air yang tercipta. Sedangkan untuk kamu yang sudah mahir berenang, bersiaplah untuk mandi di kolam Curug Ciastana.

Bersantai Di Alam Terbuka
Bersantai Di Alam Terbuka. Sumber: explorewisata.com

Jika deburan air sangat deras hindari mandi di kolam bagian atas, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Yang paling seru ialah dengan berenang atau mandi di kolam bagian bawah.

Kolamnya yang lebih lebar dari bagian atas sehingga seru untuk berenang dan melakukan kegiatan yang lainnya. Kedalaman kolamnya juga beragam ada yang hanya setinggi paha hingga leher orang dewasa.

Kamu juga dapat duduk-duduk di batu dekat aliran airnya, dengan merasakan deburan airnya menyentuh tubuhmu. Selain itu kamu harus mencoba untuk melompat dari bagian atas menuju kolam bagian bawah. Seru banget jika melakukannya bersama-sama dengan teman.

3. Hunting Spot Foto

Terdiri Dari Dua Bagian
Terdiri Dari Dua Bagian. Sumber: id.pinterest.com

Setelah melakukan keseruan dengan bermain air di Curug Ciastana, abadikan keindahan alam Curug Ciastana dalam sebuah foto maupun video. Kemudian posting di berbagai media sosial yang kamu miliki, dan membiarkan orang lain ikut menikmati keindahannya.

Alam Curug Ciastana memiliki keindahan yang masih alami, dengan dihiasi pepohonan yang rindang serta sejuknya udara. Apalagi jika aliran airnya sedang deras, akan menampakkan keindahan curug yang sangat mengagumkan.

4. Menikmati Curug Di sekitar

Selain menikmati keasrian Curug Ciastana, kamu juga dapat menyaksikan keindahan beberapa curug yang lokasinya cukup berdekatan dengan Curug Ciastana. Yakni:

  • Curug Cipeuteuy
  • Curug Citalahab
  • Curug Cigaru

Ketiga curug tersebut memiliki keindahan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Tips Mengunjungi Curug Ciastana

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Ciastana:

  • Karena akan menghabiskan waktu di alam terbuka, sebaiknya kamu perhatikan kondisi cuaca ketika hendak berangkat.
  • Lebih aman jika menggunakan sepeda motor, karena jalannya yang tak cukup lebar.
  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bawalah baju ganti jika berniat untuk mandi di Curug Ciastana.
  • Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman yang cukup sebagai bekal kamu ketika berada di Curug Ciastana.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian Curug Ciastana.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan kamera kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Ciastana.
Serunya Mandi Di Curug Ciastana
Serunya Mandi Di Curug Ciastana. Sumber: www.destinasipedia.com

Simak juga: Memandang Rawa Pening, dari Bukit Cinta Ambarawa

Penutup

Keindahan alam merupakan tempat yang tepat untuk mengembalikan jiwa dan raga yang sudah mulai melelah, resapilah energi yang dihasilkan alam untuk membuat dirimu menjadi lebih baik.

Leave a Comment