Bukit Cinta Rawa Pening, Update Terbaru Wisata Ambarawa

Bukit Cinta Ambarawa atau Bukit Cinta Rawa Pening, bagi kalian yang sudah lama tidak datang ke lokasi tersebut, tentu saja akan kaget, dan kagum dengan penampilan Bukit Cinta Ambarawa saat ini.

Bukit Cinta Ambarawa kini sudah sangat tertata dengan baik, kawasan yang sangat nyaman untuk mengisi liburan, terutama bersama keluarga.

Bukit Cinta Ambarawa atau disebut juga dengan Bukit Cinta Rawa Pening merupakan objek wisata alam terbuka, dengan konten utama wisata air berupa Rawa Pening yang luas.

Rawa Pening
Rawa Pening. google maps. sumber: Ike Marike

Lokasi Bukit Cinta Ambarawa terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dan saat ini menjadi salah-satu wisata Ambarawa yang sangat populer di kalangan masyarakat setempat.

Rawa Pening merupakan cekungan terendah yang ada di antara gunung-gunung yang sangat terkenal, seperti:

  • Gunung Merbabu,
  • Gunung Telomoyo,
  • dan Gunung Ungaran.

Luas Rawa Pening sendiri meliputi beberapa kecamatan yang ada di sekitarnya, di antaranya :

  • Kecamatan Ambarawa
  • Kecamatan Bawen
  • Kecamatan Banyu Biru
  • Kecamatan Tuntang

Update terbaru Bukit Cinta Ambarawa ternyata mampu mengundang animo yang sangat besar dari para wisatawan, terutama wisatawan lokal.

Bahkan perubahan yang terjadi menyisir kepada nilai mitos yang selama ini berkembang. Apa saja update terbaru dari Bukit Cinta Ambarawa? Inilah jawabannya!

Jalan Instagramable di Rawa Pening
Jalan Instagramable di Rawa Pening. google maps. sumber: Tri Kurniawan

Simak juga: 11 lokasi wisata hitz di Ambarawa

Mitos Bukit Cinta Ambarawa

Mitos Bukit Cinta Ambarawa yang selama ini populer, jika sepasang kekasih yang belum menikah datang ke objek wisata Bukit Cinta Ambarawa, atau Bukit Cinta Rawa Pening, maka hubungan mereka akan putus di tengah jalan.

Perubahan mitos ini terjadi seiring dengan hadirnya spot selfie yang bernama Gembok Cinta. Di spot tersebut, dua sejoli dapat memasangkan gembok, sebagai tanda komitmen ikatan cinta mereka.

Maka wajar saja, jika saat ini Bukit Cinta Ambarawa, atau Bukit Cinta Rawa Pening Semarang selalu ramai dikunjungi oleh anak muda.

Penataan yang semakin baik menjadi sebuah daya tarik utama bagi para wisatawan. Terutama ragam spot selfie dengan latar alam yang sangat indah.

Legenda Bukit Cinta Ambarawa

Cerita legenda yang berkembang di suatu objek wisata selalu mengandung pesan moral, serta sebuah nilai luhur, yang diyakini oleh masyarakat setempat.

Begitupun dengan Legenda di Bukit Cinta Ambarawa, atau Bukit Cinta Rawa Pening Semarang terkait sikap angkuh dari sebuah masyarakat, yang dihempaskan oleh sebuah kejadian yang mengakibatkan terjadinya Rawa Pening.

Alkisah, ada sepasang suami istri yang Bernama Ki Hajar, dan Nyai Selakanta yang sudah lama merindukan kehadiran seorang putra, untuk melengkapi kebahagiaan mereka.

Gembok Cinta
Gembok Cinta. google maps. sumber: Wied Widayati

Singkat cerita, akhirnya mereka dikaruniai seorang anak. Namun, anak mereka wujudnya berbentuk naga, dan memiliki kesaktian.

Atas saran dari sang ayah, anaknya yang bernama Baru Klinting disuruh untuk melakukan pertapaan, sampai wujudnya berubah menjadi manusia.

Waktu yang ditunggu akhirnya tiba. Baru Klinting berubah wujud menjadi manusia. Kemudian dia berjalan, sampai ke satu desa dimana penduduknya sedang melakukan acara makan bersama.

Baru Klinting lapar, namun tubuhnya bau amis. Sehingga masyarakat tersebut enggan menawari makan kepadanya, dengan sikap angkuh dari masyarakat.

Baru klinting semakin geram dengan sikap masyarakat, ditambah ada seorang nenek tua, yang juga tidak diajak dalam acara tersebut.

Akhirnya Baru Klinting menantang semua penduduk untuk mencabut sebuah lidi yang ia tancapkan di tanah. Tak ada satupun yang mampu mencabutnya.

Lidi tersebut akhirnya dicabut kembali oleh Baru Klinting, kemudian terdengar suara gemuruh, serta air yang sangat deras dari lubang lidi tersebut.

Ikon Bukit Cinta Rawa Pening Ambarawa
Ikon Bukit Cinta Rawa Pening Ambarawa. google maps. sumber: Coklat Warnaku

Tidak ada yang luput dari hempasan air yang keluar. Akhirnya, air tersebut membentuk sebuah rawa yang kini bernama Rawa Pening.

Kini, patung naga menjadi ikon dari Bukit Cinta Ambarawa. Bisa terlihat saat pertamakali masuk ke objek wisata tersebut.

Daya Tarik Bukit Cinta Rawa Pening Ambarawa Semarang

Pesona keindahan Bukit Cinta Ambarawa atau Bukit Cinta Rawa Pening tentu saja jauh berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Dan inilah update terbaru dari Bukit Cinta Ambarawa :

1. Kawasan Yang Tertata

Saat di pintu masuk menuju Bukit Cinta Ambarawa, sudah bisa terlihat  jelas bahwa wisata Ambarawa tersebut kini sudah tertata secara baik.

Tiket masuk (HTM) Bukit Cinta Ambarawa kini dengan system komputerisasi. Tiket masuk Bukit Cinta Ambarawa harus melalui proses scan barcode.

Setelah masuk, view yang pertamakali terlihat adalah ikon Bukit Cinta Ambarawa, yaitu patung naga. Dan selanjutnya para pengunjung bisa menyaksikan kawasan yang bersih, serta memiliki view alam yang sangat indah.

2. Spot Instagramable

Terdapat beberapa spot yang instagramable di Bukit Cinta Ambarawa. Namun yang menjadi favorit para pengunjung, khususnya anak-anak muda adalah spot Gembok Cinta.

Jangan Lupa Foto Dulu Yak
Jangan Lupa Foto Dulu Yak. google maps. sumber: Mas Beb

3. Rawa Pening

Daya tarik selanjutnya, tentu saja kehadiran Rawa Pening. Kondisi rawanya bersih dari sampah, dan di beberapa titik banyak sekali eceng gondok.

Para pengunjung bisa menikmati keindahan area Rawa Pening dengan menaiki perahu yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Namun, penumpang untuk 1 perahu dibatasi hanya untuk 5 orang saja. Dan harga sewanya sekitar Rp. 100.000 per satu perahu. Jadi sekitar Rp. 20.000 per orangnya.

Lokasi Bukit Cinta Ambarawa

Lokasi dan Alamat Bukit Cinta Ambarawa terletak di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Bukit Cinta Ambarawa

Bagi wisatawan yang berangkat dari Jalan Raya Salatiga-Ambarawa dapat menuju Jalan Lingkar Ambarawa. Setelah itu pengunjung dapat mengikuti papan penujuk arah dengan malaui jalan kecil beraspal hingga sampai tujuan.

Simak juga: Kebun Teh Pagilaran, jaya di Usia 130 Tahun

Jam Buka Bukit Cinta Ambarawa

  • Jam buka Bukit Cinta Rawa Pening Ambarawa setiap hari Senin hingga Minggu
  • Beroperasional mulai pukul 08.00 hingga 17.00

Tiket Masuk (HTM) Bukit Cinta Ambarawa

  • Harga tiket masuk/htm Bukit Cinta Ambarawa Rp. 10.000 di weekdays
  • Harga tiket masuk/htm Bukit Cinta Ambarawa Rp. 15.000 di weekend
  • Harga sewa perahu Rp. 100.000 per 1 perahu. Maksimal 5 penumpang
Spot Favorit Pengunjung
Spot Favorit Pengunjung. google maps. sumber: galih akademik

Fasilitas Bukit Cinta Ambarawa

Kini fasilitas di Bukit Cinta Ambarawa sudah sangat komplit, seperti :

  • Area parkir yang luas
  • Gazebo
  • Spot Selfie
  • Toilet
  • Mushola
  • Wahana permainan
  • Tempat Makan Dan Minum

Penutup

Demikian info lengkap tentang Bukit Cinta Ambarawa, atau Bukit Cinta Rawa Pening Semarang, Jawa Tengah.

Dan ingat jangan buang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, adalah Dosamu”.