Museum Kereta Api Ambarawa, Wisata Heritage, Bersejarah, Dan Kekinian

|

Museum Kereta Api Ambarawa atau Indonesia Railway Museum salah satu tempat wisata edukasi yang menarik di Semarang, dan saat ini menjadi tujuan wisata keluarga yang sedang hits.

FYI, di Indonesia terdapat 5 museum kereta api yakni:

  • Museum Kereta Api Sawahlunto di Sumatera Barat,
  • Museum Kereta Api Jakarta di Taman Mini Indonesia Indah,
  • Museum Kereta Api Stasiun Bondowoso di Jawa Timur,
  • Graha Parahyangan di Bandung, dan
  • Museum Kereta Api Ambarawa.
museum kereta api ambarawa
museum kereta api ambarawa. google maps. sumber: martnis jaya

simak juga: tempat wisata di ambarawa

Jika kamu mengira museum kereta api biasanya sepi, salah banget. Museum Kereta Api Ambarawa senantiasa ramai dikunjungi wisatawan apalagi di akhir pekan dan hari libur.

Dengan  berbagai daya tarik dan pesona wisata yang coba dihadirkan, berikut ulasan mengenai Museum Kereta Api Ambarawa, Semarang.

Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa awalnya bernama Stasiun Willem I, yang dibangun oleh Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) pada tahun 1873.

Dengan tujuan untuk kepentingan militer pada waktu itu, diantaranya untuk mengangkut komoditas ekspor dan transportasi militer.

Museum Kereta Api Ambarawa sempat di non aktifkan pada tahun 1976, lalu oleh Supardjo Rustam, Gubernur Jawa Tengah kala itu membuka kembali Stasiun Willem I ini menjadi sebuah museum kereta api.

Karena selain menyimpan kisah sejarah yang cukup panjang, Museum Kereta Api Ambarawa ini juga memiliki beberapa lokomotif uap, serta masih menyimpan teknologi untuk mengendalikan perjalanan kereta api pada waktu itu.

kereta zaman dulu
kereta zaman dulu. google maps. sumber: Galvino Athallah.N

simak juga: sunrise hill gedong songo

Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa

Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa berada di Panjang Kidul, Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jam Buka Museum Kereta Api Ambarawa

  • Jam buka Museum Kereta Api Ambarawa mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Dan beroperasional setiap hari Senin hingga Minggu
hunting foto vintage
hunting foto vintage. google maps. sumber: Jovellina Verbi Dei Minister

Rute Menuju Museum Kereta Api Ambarawa

Rute menuju Museum Kereta Api Ambarawa jika berangkat dari pusat kota Semarang akan memakan waktu tempuh sekitar 1 jam lamanya.

Yakni dengan menuju Jalan Raya Pantura lalu masuk ke Tol, keluar di Ungaran. Lanjutkan di Tol Tembalang-Ungaran keluar di Bawen/Ambarawa.

Teruskan perjalanan untuk menuju Jl. Raya Ambarawa, belok kiri ke Jl. Pemuda. Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa berada di sebelah kanan. Sebelum tiba di lokasi wisata akan melewati Monumen Palagan Ambarawa.

simak juga: daun semilir

Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa

  • Tiket Museum Kereta Api Ambarawa sebesar Rp. 20.000,- per orang untuk dewasa
  • Rp. 10.000,- untuk anak-anak
  • Rp. 30.000,- untuk wisatawan mancanegara

Dengan tambahan biaya parkir sebesar:

  • Motor Rp. 3.000,-
  • Mobil Rp. 5.000,-
spot favorit wisatawan
spot favorit wisatawan. google maps. sumber:  Museum Kereta Api Ambarawa

Fasilitas Museum Kereta Api Ambarawa

Fasilitas wisata yang ada di kawasan Museum Kereta Api Ambarawa diantaranya:

  • Area parkir yang sangat luas,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Spot Foto keren,

simak juga: cimory on the valley

Daya Tarik Museum Kereta Api Ambarawa

Ketika menghabiskan waktu libur di Museum Kereta Api Ambarawa, dijamin nggak akan ngebosenin. Karena memiliki beberapa daya tarik kece sebagai berikut:

1. Wisata Edukasi Yang Nyaman

stasiun willem i
stasiun willem I. google maps. sumber: Echo Yudha

Keadaan Museum Kereta Api Ambarawa sangat nyaman untuk dikunjungi, tempatnya bersih, udaranya sejuk, ditambah dengan penataan tamannya yang cantik.

Ketika memasuki kawasan Museum Kereta Api Ambarawa, kamu akan berjalan diantara lorong yang cukup panjang dengan suasana bangunan khas Eropa dengan atapnya yang tinggi.

Selama menyusuri lorong tersebut, kamu akan menyaksikan beberapa lokomotif yang ada di zaman dulu dan keberadaannya saat ini sudah sangat jarang.

Semakin ke dalam, suasana khas zaman tempo dulu semakin terasa. Boleh nih untuk hunting foto-foto vintage, apalagi jika kamu berfoto dengan lokomotif yang ada.

simak juga: watu gunung

2. Naik Kereta Wisata

Daya tarik selanjutnya ialah dengan mencoba kereta wisata dari Ambarawa menuju Tuntang (PP), dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Serunya lagi ialah kamu akan naik kereta yang masih bergaya zaman dulu.

Tiket kereta wisata Ambarawa ini dibandrol Rp. 100.000,- per orang, dan beroperasi hanya di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur. Dalam sehari hanya ada 4 kali saja.

So, untuk kamu yang mau mencoba naik kereta wisata Ambarawa ini, pastikan datang di pagi hari atau melakukan reservasi lewat situs resminya.

kereta wisata
kereta wisata. google maps. sumber: Museum Kereta Api Ambarawa

3. Kereta Pustaka Indonesia

Kereta Pustaka Indonesia merupakan daya tarik selanjutnya yang dimiliki Museum Kereta Api Ambarawa, tempat dimana kamu dapat santuy membaca buku di dalam gerbong kereta.

Kereta Pustaka ini awalnya merupakan kereta barang yang telah dimodifikasi, dan diresmikan di Stasiun Jakarta Kota pada tahun 2011 lalu. Dan baru tahun 2016 berada di Museum Kereta Api Ambarawa.

Di sini terdapat banyak buku yang dapat kamu baca, sekitar 300 judul buku yang dipajang di Kereta Pustaka ini.  Mulai dari fiksi hingga tentang kesusasteraan.