Dusun Semilir Eco Park, Wisata Kekinian Yang Sedang Hits Di Semarang

|

Dusun Semilir merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Semarang, yang unik dan instagramable banget. Kamu akan senantiasa berdecak kagum selama berada di kawasan wisata yang mengusung eco park ini.

Maka tak heran jika semakin hari pengunjung di Dusun Semilir Eco Park ini selalu ramai pengunjung, meski baru dibuka sekitar 4 tahun yang lalu.

Dengan berada di lahan seluas 14 hektar, kamu akan disuguhkan dengan beberapa spot wisata yang kekinian, hits, dan tentu saja instagramble.

ikon dusun semilir
ikon dusun semilir. google maps. sumber: andreas hermanto

simak juga: cimory on the valley

Selain sebagai tempat wisata, keberadaan Dusun Semilir juga sangat membantu UMKM yang ada di sekitar Semarang. Karena menampung beberapa UMKM mulai dari pakaian, makanan, hingga aksesoris.

Daya Tarik Dusun Semilir Eco Park

1. Perosotan Pelangi

Daya tarik pertama dan paling diminati wisatawan ialah mencoba sebuah perosotan, eits ini bukan perosotan biasa loh. Karena tingginya sekitar 27 meter, dan dibuat berwarna warni hingga disebut dengan Perosotan Pelangi.

Pengunjung rela mengantri cukup panjang hanya untuk mencoba berseluncur di Perosotan Pelangi ini, dengan menggunakan benda mirip kereta salju yang akan menjadi kendaraan yang digunakan.

Untuk mencoba Perosotan Pelangi, dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp. 15.000,- per orang. Dan rasakan sensasi meluncur dari ketinggian yang hampir 30 meter itu.

Berfoto dengan latar perosotan warna-warni tersebut pun menjadi salah satu ragam wisata yang dilakukan oleh pengunjung.

perosotan pelangi
perosotan pelangi. google maps. sumber: Rexy Rahadian

simak juga: watu gunung

2. Bangunannya Yang Artistik

Tampilan yang banyak berseliweran di berbagai media sosial tentang Dusun Semilir ialah bentuk bangunannya yang berupa 7 buah stupa, dan menjadi latar spot foto yang ikonik banget.

Masih ada lagi bangunan unik dan artistik lain yang dimiliki Dusun Semilir, membuat kamu harus eksplor seluruh titik yang ada di kawasan wisata baru di Semarang ini.

3. Spot Foto Kekinian

Berbicara tentang spot untuk berfoto, di Dusun Semilir hampir seluruh titik merupakan spot untuk berfoto. Kenapa? Karena bangunannya yang sangat artistik dan juga colourfull banget. Seakan memahami akan kebutuhan selfie untuk para kawula muda penggiat sosial media.

So, pastinya siapkan agar kamera yang akan digunakan full baterry dan memorynya masih cukup ya…..Untuk menghindari kondisi yang sangat ramai, sebaiknya datang di weekdays.

spot foto keren
spot foto keren. google maps. sumber: Kicky Rifqi

simak juga: vanaprastha gedong songo park

4. Wahana Permaian

Dusun Semilir juga menyediakan beberapa wahana permainan, untuk menambah keseruan ketika berlibur di sini. Beberapa diantaranya:

  • Kereta wisata, dengan biaya sebesar Rp. 20.000,- per orang
  • Trem, sekitar Rp. 20.000,-
  • Gondola, Rp. 25.000,-
  • Sepeda, Rp. 15.000,-
  • Dan beberapa wahana permainan lainnya.

Kawasan Dusun Semilir kan luas nih, jadi biar nggak cape cobain deh berkeliling dengan menggunakan kereta wisata.

5. Spot Korea

Untuk para pecinta K-Pop maupun K-Drama pasti betah banget deh berada di Dusun Semilir Eco Park Semarang, karena di sini kamu akan menemukan hal-hal untik yang berbau-bau Korea.

Mulai dari aksesoris hingga pakaian khas Korea, berfoto dengan idola K-Pop juga bisa banget, apalagi desain Spot Korea ini sweet banget.

spot korea
spot korea. google maps. sumber: Adi Ristanto

simak juga: pagoda avalokitesvara

6. Mini Zoo

Kahadiran Mini Zoo juga ikut menarik perhatian pengunjung yang membawa anak-anak, dimana mereka dapat melihat langsung berbagai hewan seperti domba, sapi, kelinci, burung, dan yang lainnya.

Sebetulnya masih banyak lagi spot wisata keren yang ada di Dusun Semilir, untuk menghilangkan rasa penasaran kuy datang langsung ke Dusun Semilir Eco Park Semarang.

Lokasi Dusun Semilir Eco Park

Lokasi Dusun Semilir beralamat di Jl. Soekarno Hatta No.49, Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Rute Menuju Dusun Semilir Eco Park

Rute menuju Dusun Semilir jika berangkat dari pusat kota Semarang ialah dengan menuju Tol Tembalang – Ungaran dan Jl. Tol Semarang – Solo untuk menuju Jl. Tol Ungaran – Bawen keluarlah lewat pintu Tol Bawen.

Teruslah di Jl. Tol Ungaran – Bawen, lalu belok kanan ke Jl. Semarang – Surakarta. Lokasi Dusun Semilir berada di samping jalan raya, hingga akan mudah untuk dituju.

jalur trem
jalur trem. google maps. sumber: Nuraida Syafi

simak juga: galeri muri

Jam Buka Dusun Semilir Eco Park

  • Jam buka Dusun Semilir setiap hari Senin hingga Minggu
  • Dan beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 18.00

Di akhir pekan dan hari libur jam tutup dan buka dapat saja berbeda

Harga Tiket Masuk Dusun Semilir Eco Park

  • Tiket masuk Dusun Semilir Eco Park dengan membayar sebesar Rp. 40.000,-
  • Dengan tambahan biaya jaminan kartu sebesar Ro. 10.000,-

Nantinya kartu tersebut dapat diisi ulang, ketika hendak mencoba wahana yang ada di Dusun Semilir.

Fasilitas Dusun Semilir Eco Park

Fasilitas yang ada di Dusun Semilir sudah lengkap dan memadai, seperti tersedianya:

  • Area parkir yang sangat luas,
  • Toilet,
  • Booth makanan dan minuman,
  • Mushola,
  • Spot foto,
  • Play ground,
  • Panggung hiburan,
kayak di venice italy
kayak di venice italy. google maps. sumber: Maria Yekti

simak juga: mawar camp

Penginapan Dusun Semilir

Dusun Semilir merupakan tempat wisata yang hadir dengan paket komplit, selain beberapa spot kekinian dan instagramable, juga menyediakan sebuah penginapan atau villa untuk kamu yang ingin menginap.

Terdapat beberapa tipe yang coba ditawarkan dan tentu saja masih mengusung konsep kekinian namun tidak meninggalkan kebudayaan. Harga per malamnya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.