Pagoda Avalokitesvara, Mahakarya Yang Sangat Menawan

|

Pagoda Avalokitesvara berada di kawasan Vihara Buddhagaya Watu Gong, yang merupakan tempat peribadatan umat Buddha di sekitar Kota Semarang dan sekitarnya.

Meski merupakan sebuah tempat peribadatan, Pagoda Avalokitesvara dapat pula dikunjungi oleh mereka yang tertarik dan terpesona akan kemegahan bangunannya yang tampak menawan.

pagoda avalokitesvara
pagoda avalokitesvara. google maps. sumber: Riswandi Koedrat

Lantas apa perbedaan antara Pagoda dan Vihara?

Perbedaan antara Pagoda dan Vihara jika dilihat dari fungsinya ialah jika Vihara dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan keagamaan. Sedangkan Pagoda di awal keberadaannya berfungsi sebagai sebuah bangunan tempat menyimpan jasad dari pendiri ajaran Buddha.

Kemudian digunakan juga untuk menyimpan peninggalan Buddha lainnya. Hal tersebut merujuk dari arti Pagoda dalam Sanksekerta yang bermakna makam.

Dilihat dari bangunannya juga berbeda, dimana Pagoda identik dengan bangunan bertingkat dengan terdapat menara di bagian atasnya.

Lokasi Pagoda Avalokitesvara

  • Alamat Pagoda Avalokitesvara berada di Jl. Perintis Kemeredekaan, Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.
  • Lokasinya cukup dekat dengan Lawang Sewu

Rute Menuju Pagoda Avalokitesvara

Rute menuju Pagoda Avalokitesvara jika berangkat dari Tugu Muda Semarang, ialah dengan menuju Jl. DR. Sutomo hingga tiba di Jl. Letnan Jenderal S.Parman. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Jl. Setia Budi 2 lalu belok kanan menuju Jl. Semarang – Surakarta.

Estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit saja. Cara mudah untuk menuju Pagoda Avalokitesvara ialah dengan menggunakan google maps.

patung buddha
patung buddha. google maps. sumber: Fransisco Herdianto

Jam Buka Pagoda Avalokitesvara

  • Jam buka Pagoda Avalokitesvara mulai pukul 08.00 sampai dengan 21.00 waktu setempat
  • Beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu

Tiket Masuk Pagoda Avalokitesvara

Tiket masuk Pagoda Avalokitesvara ini gratis ya, kamu hanya perlu membayar parkir saja.

Fasilitas Pagoda Avalokitesvara

Fasilitas yang ada di kawasan Pagoda Avalokitesvara diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,

simak juga: tempat wisata di semarang

Daya Tarik Pagoda Avalokitesvara

1. Watu Gong

watu gong
watu gong. google maps. sumber: Raymond Putra Arishta

Kehadiran Watu Gong menjadi daya tarik pembuka dari Pagoda Avalokitesvara, karena letaknya yang berada di depan gerbang masuk menuju kawasan Vihara Buddhagaya.

Bentuk batu alam tersebut menyerupai sebuah gong, hingga diberi nama Watu Gong. Di sekitarnya dikelilingi pembatas, agar senantiasa terjaga keasliannya.

Kawasan Pagoda Avalokitesvara dihiasi pepohonan di kiri dan kanannya, suasanya sangat asri dan bikin adem. Semua tanaman yang ada tertata dengan baik dan terlihat senantiasa dirawat.

2. Vihara Buddhagaya

Lokasi Pagoda Avalokitesvara berdampingan dengan Vihara Buddhagaya, selain itu di kawasan ini juga terdapat Gedung Dhammasala dan beberapa bangunan lainnya.

Vihara Buddhagaya berdiri pada tanggal tahun 1955, dipelopori oleh Bhikkhu Ashin Jinarakkhita. Di sebuah lahan yang merupakan pemberian dari Goei Thwan Ling, seorang tuan tanah di Semarang yang dengan ikhlas menghibahkan tanahnya untuk pengembangan ajaran Buddha Dhamma.

Demikianlah sejarah singkat tentang berdirinya Vihara Buddhaya Watu Gong ini, yang hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan Umat Buddha.

vihara buddhagaya watugong
vihara buddhagaya watugong. google maps. sumber: Galan Javasche

simak juga: kota lama semarang

3. Pagoda Tertinggi

Pagoda Avalokitesvara merupakan pagoda tertinggi dan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memiliki tinggi sekitar 45 meter yang terdiri dari 7 tingkat.

Pagoda Avalokitesvara mulai dibangun pada tahun 2004, yang di dalamnya terdapat patung Dewi Kwan Im yang tingginya mencapai 5 meter.

Dengan memiliki arsitektur menawan dan instagramable banget, Pagoda Avalokitesvara menjadi daya tarik utama setiap pengunjung yang datang. Apalagi jika malam hari dengan hiasan lampu-lampu di sekitarnya, cantik banget deh pokoknya.

Di sekitar kawasan Pagoda Avalokitesvara terdapat banyak patung Buddha, dengan ukuran yang beragam. Bahkan ada pula yang posisinya berdekatan dengan sebuah pohon.

cantik banget
cantik banget. google maps. sumber: Eddy Yusuf

Penutup

Pagoda Avalokitesvara merupakan salah satu tempat wisata religi yang cukup hits di Semarang, Jawa Tengah. So, sempatkan waktu untuk mengunjungi Pagoda Tertinggi di Indonesia ini ya!