Puncak Widosari, Sensasi Wisata Selangkah Lagi Menuju Awan

Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang memang mampu memikat hati para wisatawan nasional, maupun wisatawan  mancanegara.DIY memang menjadi salah-satu destinasi wisata utama bagi wisatawan nasional. Semua tema wisata tersaji lengkap, dari mulai tema sejarah, kuliner, dan wisata alam.

Salah-satunya, objek wisata Puncak Widosari yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Puncak Widosari Kulon Progo
Puncak Widosari Kulon Progo. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Puncak Widosari berada di Gunung Widosari. Sebuah objek wisata yang memberikan sudut lain keindahan Jogja, khususnya dari ketinggian.

Karena Puncak Widosari memiliki ketinggian 1000 mdpl, maka jalan menuju Puncak Widosari menyajikan sensasi perjalanan selangkah lagi menuju awan.

Pesona Alam Di Puncak Widosari
Pesona Alam Di Puncak Widosari. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Ragam Wisata Kulon Progo

Trekking Atau Jalan Menuju Puncak Widosari Kulon Progo

Perjalanan menuju Puncak Widosari merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan. Karena di sepanjang jalan terhampar pemandangan yang sangat indah, dan jalannya sudah bagus.

Jalan Ke Puncak Widosari
Jalan Ke Puncak Widosari. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hanya sebagian kecil saja jalanan yang masih belum optimal. Jalan menuju kawasan objek wisata Puncak Widosari akan menjadi sedikit menyempit saat mendekati area parkir jika menggunakan mobil.

Oleh karena itu, para pengunjung disarankan menggunakan sepeda motor saja untuk sampai di area parkir Puncak Widosari Kulon Progo.

Setelah sampai di area parkir. Maka pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan menaiki anak tangga yang sudah tertata baik.

Trekking Ke Puncak Widosari
Trekking Ke Puncak Widosari. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Perbekalan makanan dan minuman harus sudah siap sejak dari area parkir. Karena di lokasi utama tidak ada yang menjual makanan dan minuman.

Jarak yang harus ditempuh lumayan cukup jauh, dengan kondisi jalur yang akan terus menanjak. Apalagi saat semakin dekat dengan lokasi utama.

Tetapi karena jalurnya sudah berlapiskan paving block, ditambah anak tangga yang sudah berbentuk tembok, serta beberapa gazebo yang keren, maka perjalanan menuju puncak tidak akan begitu sulit.

Kondisi Jalur Trekking Menuju Puncak Widosari
Kondisi Jalur Trekking Menuju Puncak Widosari. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Saat perjalanan anda semakin mendekati sebuah batu besar yang ada di puncak, maka itulah pertanda bahwa perjalanan anda akan segera sampai.

Hingga pada akhirnya, para pengunjung akan melihat sebuah kursi panjang yang berada di dekat batu besar tersebut, maka itulah lokasi utama Puncak Widosari.

Lokasi Utama Puncak Widosari
Lokasi Utama Puncak Widosari. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Takjub akan pemandangan alam yang sangat luar biasa saat berada di lokasi utama, setidaknya upah dari lelahnya perjalanan menuju Puncak Widosari.

Daya Tarik Puncak Widosari

Ikon Puncak Widosari
Ikon Puncak Widosari. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pesona keindahan Puncak Widosari Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terletak pada spot yang menyajikan beberapa sudut kota dari atas ketinggian.

Selain itu, bibir pantai selatan, Gunung Merapi, serta Gunung Merbabu dapat terlihat indah saat berada di Puncak Widosari.

Panorama Alam Di Puncak Widosari
Panorama Alam Di Puncak Widosari. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Puncak Widosari memiliki ciri khusus yaitu puncak batu yang sangat besar. Sehingga para pengunjung tidak bisa sampai ke lokasi sangat ujung dari Puncak Widosari.

Objek wisata Puncak Widosari tidak lupa juga menghadirkan spot yang sangat instagramable, dengan latar alam yang mempesona.

Meskipun Puncak Widosari bisa dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga (dengan catatan tetap mengedepankan aspek keamanan) namun kunjungan wisata didominasi oleh kaum milenial.

Sensasi yang akan terasa saat berada di Puncak Widosari, adalah selangkah lagi menuju awan. Puncak Widosari, adalah wisata negeri di atas awan yang ada di Kulon Progo.

Spot Selfie Puncak Widosari
Spot Selfie Puncak Widosari. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Puncak Widosari

Alamat Puncak Widosari tepatnya berada di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Namun lokasi Puncak Widosari ini lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Jarak dari Kota Yogyakarta ke Puncak Bukit Widosari sekitar 39 kilometer, dengan waktu tempuh 1,5 jam perjalanan.

Rute Menuju Puncak Widosari

View Puncak Widosari Dari Jauh
View Puncak Widosari Dari Jauh. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Bagi wisatawan yang berangkat dari pusat kota Yogyakarta dapat menuju arah barat yakni ke jalan KH. Ahmad Dahlan -> Jalan Wates -> Jalan Ringroaad Barat -> Jalan Godean -> Jalan Gedongan.
  • Kemudian lanjutkan lagi perjalanan menuju arah barat ke jalan daratan 3 -> Jalan Kebon Agung -> jalan Raya Banjararum -> Jalan Samigaluh -> Jalan tegal sari. Setelah itu ikuti jalan hingga sampai ke lokasi puncak widosari.

Jam Buka Puncak Widosari

Lokasi wisata indah ini buka setiap hari. Mulai jam 06.00 hingga tutup jam 18.00.

Tiket Puncak Widosari

  • Harga tiket masuk Puncak Widosari sangat murah, pengunjung hanya dikenakan biaya yaitu Rp 2.000,-/orang.
  • Sedangkan untuk biaya parkir di Puncak Widosari yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk parkir mobil.

Fasilitas Puncak Widosari

Fasilitas Puncak Widosari lumayan lengkap bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Puncak Widosari, diantaranya adalah: Toilet umum, Tempat parkir, Musholla, Gazebo, Spot foto, dan Tempat duduk.

Leave a Comment