Puncak Becici, Deretan Pohon Pinus Yang Memukau Barrack Obama

Puncak Becici merupakan sebuah destinasi wisata yang memiliki keindahan alam yang asri dan menyejukkan, dengan hiasan pohon pinus di berbagai sisinya.

Alamnya yang sejuk sungguh menenangkan, ditambah dengan panorama alam yang tersaji sungguh luar biasa indah. Tak heran jika banyak orang yang datang ke Puncak Becici untuk menenangkan diri dan menikmati alam yang tersaji.

Bahkan tempat ini pernah dikunjungi oleh Presiden Amerika Serikat yang ke 44 yakni Barrack Obama, ketika berada di Indonesia sekitar tahun 2017 silam. Untuk mengenangnya maka dibuatlah sebuah papan yang bertuliskan Jl. Obama.

kunjungan barrack obama di puncak becici
kunjungan barrack obama di puncak becici. google maps. sumber: Puncak Pinus Becici

Simak juga: daftar tempat wisata di Jogjakarta yang populer

Puncak Becici berada dibawah pengelolaan RPH Mangunan, dengan memiliki luas sekitar 4,4 hektar dan mulai dikelola menjadi kawasan wisata pada tahun 2015.

Beberapa waktu lalu, hampir seluruh objek wisata yang ada di Indonesia pada umumnya harus ditutup sementara. Hal tersebut diakibatkan untuk mencegah penularan virus Covid-19 semakin merajalela.

Saat ini, beberapa lokasi wisata sudah mulai dapat dikunjungi kembali namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, jangan lengah, apalagi kendor!

Berikut gambaran mengenai Puncak Becici yang dapat menjadi lokasi wisata alam bersama keluarga tercinta:

Daya Tarik Puncak Becici

Puncak Becici berada di ketinggian sekitar 380 mdpl sehingga memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Gardu Pandang

gardu pandang
gardu pandang. google maps. sumber: Puncak Pinus Becici

Sadar memiliki panorama alam yang sangat indah, pengelola setempat membuat sebuah gardu pandang yang berfungsi untuk melihat alam lebih jelas.

Sehingga akan nampak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta garis pantai selatan pun ikut menghiasi panorama di sekitar Puncak Becici.

Apalagi jika sembari menikmati sunset yang cantik, suasa romantis pun akan lebih terasa. Banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan sunset di gardu pandang tersebut.

Karena letaknya yang berada di ketinggian, kamu harus berhati-hati dan tetap waspada. Jangan sampai indahnya pemandangan berakhir keharuan.

2. Camping

camping diantara teduhnya pohon pinus
camping diantara teduhnya pohon pinus. google maps. sumber: Puncak Pinus Becici

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Puncak Becici ialah dengan melakukan kegiatan camping. Dimana kamu akan menghabiskan malam diantara deretan hutan pinus yang cukup rindang, serta udara yang sangat sejuk.

Untuk dapat melakukan camping di Puncak Becici, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 15.000,- per orang. Keamanan di sekitar lokasi camping pun terjaga dengan baik, jadi kamu ngga usah khawatir.

Keindahan di malam hari, kelap kelipnya Jogja terlihat dengan jelas. Suasana romatis pun kian terasa, dapat kamu manfaatkan untuk me time bersama pasangan tercinta.

Selain mendirikan tenda, kamu juga dapat membuat hammock diantara pohon pinus. Bersantai atau rebahan di atas hammock sambil menikmati alam di Puncak Becici seakan dapat melepaskan semua penat dalam diri.

Ngga usah repot-repot membawa hammock dari rumah, karena disini sudah tersedia kamu tinggal mengluarkan uang sebesar Rp. 10.000,- saja per orangnya.

Untuk yang menyukai kegiatan memacu adrenalin, di Puncak Becici terdapat penyewaan mobil jeep untuk kamu yang ingin of road di sekitar lokasi.

3. Spot Foto Instagramable

spot instagramable
spot instagramable. google maps. sumber: Puncak Pinus Becici

Puncak Becici dihiasi pula dengan aneka spot foto yang Instagramable, seperti gardu pandang yang menjadi lokasi foto favorit pengunjung.

Karena dapat menghadirkan latar yang bagus dengan semua keindahan alam yang disajikan. Ada pula sebuah ayunan yang terbuat dari kayu, yang dapat dijadikan sebagai lokasi foto selanjutnya.

Selain itu, deretan pohon pinus yang padat pun tak luput dari incaran para Instagramholic untuk berfoto. Kemudian mempostingnya di berbagai media sosial yang dimiliki.

Dengan keindahan alam tersebut, Puncak Becici juga menjadi lokasi favorit untuk pemotretan prewedding. Untuk dapat melakukan prewed di sini kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 200.00,- dengan meminta izin terebih dahulu kepada pihak pengelola.

Lokasi & Alamat Puncak Becici

Lokasi Puncak Becici sama dengan Hutan Pinus Mangunan, yakni tepatnya di Dusun Gunungcilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

romantisnya dapet banget...
romantisnya dapet banget…. google maps. sumber: Puncak Pinus Becici

Rute Menuju Puncak Becici

Untuk menuju Puncak Becici dapat melewati dua rute, yakni:

  • Melewati Imogiri Timur

Dari pusat kota Jogja dengan melajukan kendaraan menuju Terminal Giwangan, ketika tiba di perempatan jalan terus lurus ke arah selatan menuju Pemakaman Raja-Raja di Imogiri. Lanjutkan perjalanan menuju wilayah Mangunan, melewati Hutan Pinus Mangunan, hingga akhirnya tiba di Puncak Becici.

  • Menuju Wonosari

Rute selanjutnya ialah dari arah Jogja dengan mengarahkan kendaraan menuju Jl. Wonosari, ketika tiba di perempatan Patuk Gunung Kidul belok kanan menuju Dlingo. Kemudian kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan hingga tiba di Puncak Becici.

Jalan yang dilalui cukup berkelok-kelok, namun tenang saja karena jalurnya sangat bagus dan mulus bahkan bisa dilalui oleh kendaraan bis sekalipun.

Dengan menggunakan kendaraan roda dua tentu perjalanan akan semakin menyenangkan, karena kamu dapat menikmati keindahan serta udara sejuk di sepanjang perjalanan.

Jam Buka Puncak Becici

Jam operasional Puncak Becici dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 5 pagi hingga 7 malam.

senja di puncak becici
senja di puncak becici. google maps. sumber: Puncak Pinus Becici

Baca juga: review tempat wisata keluarga di Jogja Bay

Tiket Masuk Puncak Becici

Untuk memasuki Puncak Becici, kamu harus membayar biaya retribusi sebagai berikut:

  • Memasuki kawasan hutan membayar Rp. 2.000,- per orang
  • Parkir motor Rp. 2.000,-
  • Parkir mobil Rp. 5.000,-
  • Parkir bus Rp. 20.000,-

Disini juga tersedia beberapa area yang dapat kamu sewa, diantaranya:

  • Panggung sekolah hutan sebesar Rp. 2.500,- per orang
  • Aula Rp. 250.000/4 jam
panggung alam
panggung alam. google maps. sumber: Puncak Pinus Becici

Fasilitas Di Puncak Becici

Fasilitas yang ada di Puncak Becici sudah lengkap dan tertata dengan baik, seperti:

  • Area parkir kendaraan yang memadai
  • Toilet
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Spot foto
  • Camping Ground
  • Aula

Tinggalkan komentar