Telaga Bidadari, Wisata Air Menyejukkan Di Tengah Sibuknya Kota Batam

Batam merupakan sebuah kota yang sangat strategis karena berada diantara jalur pelayaran Internasional, dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

Wilayah Kota sendiri terdiri dari Pulau Batam, Rempang, dan Galang yang dihubungkan oleh sebuah jembatan yang bernama Jembatan Balerang.

Meskipun Batam termasuk sebuah kota industri, terdapat sebuah tempat wisata air yang berada di dalam hutan yang masih sangat asri. Namanya ialah Pancur Telaga Bidadari yang terletak di kawasan Hutan Muka Kuning.

Nama Telaga Bidadari sendiri memang banyak kita temukan di beberapa daerah di Indonesia, dengan mitos atau cerita yang mengiringya. Begitu halnya Pancur Telaga Bidadari ini, yang merupakan satu-satunya objek wisata air terjun yang ada di Kota Batam.

Lokasinya yang berada di tengah hutan dengan alam yang masih sangat asri, belum terjamah oleh tangan jahil manusia. Oleh karena itu akses menuju Telaga Bidadari sendiri membutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Jernihnya Air Telaga Bidadari
Jernihnya Air Telaga Bidadari. Sumber: pesona-batam.com

Simak juga: Ragam Wisata Kepulauan Riau

Lokasi Telaga Bidadari

Lokasi Telaga Bidadari berada di Kawasan Simpang Dam, Muka Kuning, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Rute Menuju Telaga Bidadari

Untuk mecapai lokasi air terjun ini pengunjung yang berangkat dari Batam center bisa menuju Muka kuning. Kemudian, di depan gerbang kiri kawasan Industri Batamindo terdapat gang masuk menuju Kampung Aceh. Gang masuk Kampung Aceh inilah rute yang dapat pengunjung gunakan untuk menuju kawasan objek wisata ini.

Trekking Menuju Telaga Bidadari

Untuk dapat menikmati keindahan Telaga Bidadari dibutuhkan perjuangan yang cukup berat, kamu akan menapaki trekking di tengah lebatnya hutan lindung Taman Wisata Muka Kuning.

Awal Perjalanan
Awal Perjalanan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Perjalanan diawali ketika kamu berada di Kampung Aceh, mulai menapaki jalan yang masih berupa tanah dengan rindangnya pepohonan di kiri dan kanan jalan.

Selain itu kondisi jalan yang kadang berupa tanjakan kadang juga berupa turunan, selain itu kamu akan melintasi setidaknya 4 buah jembatan yang sangat sederhana dan kondisinya sangat tidak baik.

Jembatan yang pertama terbuat dari batangan pohon yang disusun sedemikian rupa sehingga mudah untuk dilalui. Dilanjutkan dengan jembatan kedua yang kondisinya tak jauh berbeda, jembatannya masih berasal dari batang pohon namun lebih besar dari sebelumnya. Kondisinya menurun dan mengenai air sungai.

Jembatan ketiga dan keempat kondisi jembatannya sama seperti jembatan yang pertama, terbuat dari batangan pohon kayu namun terlihat kuat untuk kamu lintasi.

Perjalanan yang tak mudah tersebut akan kamu lalui sekitar 1 hingga 1,5 jam, tergantung dari berapa lama kamu beristirahat. Karena kaki sudah lelah melangkah, dan peluh sudah mengalir deras di tubuh.

Namun, ketika tiba di lokasi Pancur Telaga Bidadari, rasa lelah dan penat setelah jauh melangkah terbayarkan dengan indahnya panorama alam dan aliran air yang sangat menyegarkan.

Jam Buka Telaga Bidadari

Jam operasional Telaga Bidadari dibuka selama 24 jam nonstop mulai hari Senin hingga Minggu. Namun karena jalur trekking yang tidak mudah serta belum dilengkapi fasilitas lampu penerangan, sebaiknya datang dan pulang ketika matahari masih bersinar.

Tiket Telaga Bidadari

Tiket masuk menuju Telaga Bidadari belum diberlakukan, maka kamu dapat mengunjunginya dengan gratis. Mungkin, kamu hanya harus membayar uang parkir saja.

Simak juga: Curug Ciastana dengan kolam 2 tingkat nya

Fasilitas Telaga Bidadari

Karena terletak di kawasan hutan lindung, maka fasilitas yang ada di Telaga Bidadari belum memadai. Tidak ada fasilitas umum seperti warung makanan maupun minuman serta toilet atau kamar mandi yang ada di lokasi.

Daya Tarik Telaga Bidadari

Pancur Telaga Bidadari meskipun terletak di tengah kawasan hutan lindung, namun selalu saja dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Karena Telaga Bidadari memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Keindahan Alam Yang Alami

Hijaunya Alam Di Sekitar Telaga Bidadari
Hijaunya Alam Di Sekitar Telaga Bidadari. Sumber: www.inikepri.com

Simak juga: Puncak Widosari, melihat laut selatan dari 1000 mdpl

Kawasan Hutan Muka Kuning merupakan kawasan konservasi hutan satu-satunya yang berada di Kota Batam. Di dalamnya terdapat sebuah air terjun yang memiliki tinggi sekitar 3 meter, dan memiliki aliran air yang tak begitu deras.

Pancur Telaga Bidadari merupakan sebuah kolam pemandian alami dengan air yang sangat jernih, dihiasi dengan rindangnya pepohonan yang berada di sekitar telaga.

Kamu dapat menikmati sejuknya air Telaga Bidadari di bagian atas maupun di bagian bawahnya, suasana yang sangat sepi membuat kamu dapat beristirahat sejenak dari hiruk pikunya perkotaan.

Dengan hanya mendengar suara debuarn air yang turun, ditemani sejuknya udara serta angin yang menyapu ragamu. Sungguh menenangkan sekali rasanya.

2. Bermain Air dan Berenang

Ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Telaga Bidadari Batam ini tentu saja dengan bermain air dan merasakan sejuknya air yang dialirkannya.

Menikmati Segarnya Air Telaga Bidadari
Menikmati Segarnya Air Telaga Bidadari. Sumber: www.linasasmita.com

Buat kamu yang mahir berenang jangan lewatkan untuk berenang di kolam alami Telaga Bidadari. Kamu juga bisa menyelami dasar kolam tanpa terhalangi pandanganmu, karena saking jernihnya air.

Kolamnya cukup dalam, jadi berhati-hatilah jika kamu termasuk perenang amatiran. Perjalanan trekking yang melelahkan terbayarkan sudah dengan semua kesejukan yang kamu rasakan.

3. Body Jumping atau Melompat

Bagian Atas Air Terjun
Bagian Atas Air Terjun. Sumber: www.sarahjalan.com

Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan yakni dengan melompat dari tebing yang berada di samping kiri air terjun, dengan ketinggian sekitar 3 meter. Tak terlalu tinggilah dan aman untuk kamu lakukan.

Ragam wisata tersebut akan lebih seru jika dilakukan bersama dengan teman-teman. Mencoba menikmati segarnya air dengan cara yang cukup ekstrim.

4. Hunting Foto

Setelah menikmati keindahan alam dan beragam kegiatan seru yang dapat kamu lakukan, jangan lupakan untuk mengabadikan keindahan Telaga Bidadari beserta alam di sekitarnya dalam sebuah foto maupun video.

Kemudian kamu posting di berbagai media sosial yang kamu miliki, dan biarkan orang lain ikut melihat keindahan yang dihadirkan tempat wisata air yang satu ini.

Mengabadikan Keindahan Telaga Bidadari
Mengabadikan Keindahan Telaga Bidadari. Sumber: www.sarahjalan.com

Simak juga: Bukit Selong, memandangi Lombok Dari Ketinggian

5. Camping

Camping Seru Bersama Kawan
Camping Seru Bersama Kawan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Untuk kamu yang termasuk para pecinta alam sejati, di kawasan hutan ini kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah bersama teman dan menciptakan keseruan sepanjang malam.

Menghabiskan malam di udara terbuka dengan hanya ditemani suara serangga serta deburan air yang jatuh di Telaga Bidadari.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pancur Telaga Bidadari ini, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin untuk melakukan trekking menyusuri hutan dengan jalan setapak yang masih berupa tanah.
  • Bawalah makanan dan minuman yang cukup untuk bekal kamu selama berada di Telaga Bidadari.
  • Barang bawaan yang kamu bawa sebaiknya tidak terlalu banyak, untuk mengurangi beban ketika trekking.
  • Beristirahatlah terlebih dahulu sebelum berenang di Telaga Bidadari, untuk menghindari kram kaki.
  • Berhati-hatilah ketika melakukan body jumping.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Telaga Bidadari.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan kamera kamu untuk mengabadikan keindahan Telaga Bidadari.

Penutup

Menikmati keindahan alam merupakan cara yang terbaik untuk merecharge tubuh yang sudah penat dengan aktivitas sehari-hari.

Sebuah keindahan yang menakjubkan memang secara alami dilindungi oleh alam, agar selalu terjaga keindahannya. Kunjungilah Telaga Bidadari ketika kamu sedang berada di Batam!


Leave a Comment