Danau Matano, Pesona Danau Terdalam di Asia Tenggara

Arti nama Matano tersendiri adalah mata air. Danau Matano memiliki kedalaman maksimal 590 meter, dan berada pada posisi 382 meter di atas permukaan laut. Danau ini adalah yang terdalam di Asia Tenggara, dan peringkat ke-8 terdalam di dunia.

Danau Matano memiliki kedalaman maksimal 590 meter, dan berada pada posisi 382 meter di atas permukaan laut. Danau Matano adalah yang terdalam di Asia Tenggara, dan peringkat ke-8 terdalam di dunia.
Danau Matano. Image via: pegipegi.com

Danau Matano mempunya daya tarik tersendiri sebagai lokasi wisata air yang menarik. Karena selain berwisata air, wisatawan juga bisa mengunjungi gua yang berada di tebing papan yang berada di pinggir Danau.

Tiga dari enam gua yang berada di sekitar Danau Matano, berada di bibir danau. Gua tersebut bahkan tembus langsung ke Danau. Di daam goa ada peninggalan sejarah, seperti tombak, parang, dan peralatan lainnya yang terbuat dari kuningan.

Keindahan lainnya yang disajikan oleh Danau Matano adalah wisatawan bisa mengunjungi sejumlah pulau yang berada di tengah Danau. Jika hendak ke sana wisatawan bisa menggunakan perahu motor dari Matano Yacht Club.

Memerlukan sekitar 40 menit naik perahu motor utuk mencapai Pulau. Di pulau, pengunjung bisa menikmati buah dan melihat ikan-ikan yang ada di sekitar pulau.

Pada hari biasa, Danau Matano hanya ramai pada sore hari saja, karena menjadi lokasi warga untuk melihat matahari terbenam. Udaranya segar dan pemandangan asri. Demikian umumnya komebtar para pengunjung yang datang ke danau ini.

berkemah di tepi danau Matano bis amenjadi pilihan menyenangkan untuk liburan
Di tepi danau. Image via: makassar.tribunnews.com

Simak juga: Wisata Sekitar Makasar

Lokasi Danau Matano

Danau Matano adalah satu dari tiga danau yang ada di Kabupaten Luwu Timur. Danau dalam ini tepatnya berlokasi di kawasan pegunungan Verbek, Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan

Lokasi ini banyak menyimpan cerita sejarah dan juga daya tarik akan keindahan panorama alam.

Rute Menuju Danau Matano

Untuk menuju danau seluas 16.000 hektare ini,pengunjung bisa menempuh jalur darat dan udara dari Makassar. Perjalanan darat bisa ditempuh dengan menggunakan bus bertarif Rp 150.000 per orang untuk kelas eksekutif.

Di Terminal Bus Makassar, cukup banyak perusahaan otobus yang melayani trayek Makassar-Sorowako. Jam keberangkatannya antara pukul lima sore hingga delapan malam, dan perjalanannya memakan waktu 12 jam.

Sesampai di Terminal Sorowako, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke Matano dengan ojek menuju Dermaga Pantai Ide. Ongkos untuk menempuh perjalanan sejauh satu kilometer ini sebesar Rp 15.000.

regangkan badan menikmati angin segar di tepai danau matano
Meregangkan Otot dan Otak. Image via: @visit_sulsel

Sedang jalur udara, waktu tempuhnya hanya 55 menit dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Jadwal penerbangan ke Bandara Sorowako hanya sekali, yang dilayani dengan pesawat Fokker 50 berkapasitas 40 penumpang. Tarifnya Rp 1,2 juta per orang.

Jika memilih perjalanan udara, siapkan kamera untuk merekam pemandangan nan indah Matano dari ketinggian. Setelah tiba di Bandara Sorowako, pengunjung bisa memilih ojek untuk mengantar ke Pantai Ide dengan ongkos Rp 15.000.

Jam Buka Danau Matano

Mengenai jam buka danau Matano untuk kunjungan wisata, danau ini bukan setipa hari,s elama 24 jam.

Tiket Danau Matano

Biaya yang dikenakan kepada pengunjung untuk memasuki area danau sebesar Rp 10.000. Biaya ini beum termasuk tiket wahana wisata optional yang ada di danau. Seperti tiket perahu menuju Pulau di tengah danau.

bermain dan lomba perahu danau matano bisa menjadi aktivitas liburan penghilang stres yang ampuh
Lomba Perahu danau Matano. Image via: @tribuntimurdotcom

Simak juga: Damaikan hatiĀ  di Pantai Sanglen

Fasilitas Danau Matano

Pemerintah daerah sebagai pengelola Wisata Danau Matano, telah menyediakan beberapa fasilitas pendukung. Seperti shelter, perahu kano, rafting, dan juga fasilitas lainnya.

Di danau juga tersedia fasilitas permainan air, banana boat, serta raft yang dikelola oleh oleh masyarakat setempat.

Aktivitas Menarik di Danau Matano

  1. Wisata murah di Danau Matano

berkano sendiri menikmati alunaan gelombang permukaan danau matano, sungguh mendamaikan hati
Water Sport Danau Matano. Image via: @sulselpendaki

Di Danau Matano juga terdapat beberapa lokasi obyek wisata pantai dengan pasir putih. Selain obyek wisata pantai, pengunjung juga dapat menikmati kesejukan air terjun Mata Buntu, kolam mata air hidup yang disebut dengan Bura-bura. Juga melihat langsung kuburan tua suku adat Matano, yang berada di Dusun Matano.

Menariknya, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang banyak jika ingin berekreasi di lokasi obyek wisata pantai tepian Danau. Pemerintah setempat tidak menarik retribusi untuk masuk ke ke lokasi obyek wisata.

Pengelola tidak mematok harga khusus bagi pengunjung yang mau berkeliling danau dengan menggunakan perahu katinting. Harga tergantung nego, yang penting cukup untuk beli solar. Demikian diungkapkan Oleh salah satu pemilik perahu katinting.

  1. Gua Tengkorak bawah air

GUa bawah air purba ada di eberapa bagian danau Matano
Gua bawah air. Image via: telusuri.id

Simak juga: Pantai bermangrove, Karangsong

Selain keindahan Danau, di bibir Danau Matano yang sebagian adalah tebing batu papan, juga terdapat beberapa lubang gua. DI dalam guna-gua ini, di dalamnya terdapat sisa peninggalan sejarah. Seperti tombak, parang, dan juga peralatan rumah yang terbuat dari besi kuningan, yang diperkirakan telah ada sejak ribuan tahun silam.

Uniknya, tiga dari enam buah gua yang ada sekitar Danau Matano berada tepat di bibir danau. Di mana liang gua tersebut, alur liangnya tembus dari tebing batu ke air danau.

Ada juga gua yang lokasinya berada tidak begitu jauh dari permukiman penduduk. Di mana gua ini banyak dihuni kelelawar. Di sana terdapat banyak tulang belulang dan tengkorak manusia. Gua tersebut dinamai warga Matano dengan sebutan Gua Tengkorak.

Tengkorak itu ada sejak ratusan tahun silam sebelum adanya ajaran agama Mayor masuk ke daerah Tana Luwu. Saat itu pemakaman diadakan dengan cara dimasukkan ke dalam liang batu saat meninggal.

  1. Ikan purba buttini

spesies purba Ikan Butini merupakan ikan endemik sulawesi selatan
Ikan Butini. Image via: mongabay.co.id

Menyusuri Danau Matano dengan menggunakan perahu tradisional (katinting), pengunjung tidak akan pernah lelah menatap keindahan panorama alam. Pegunungan dan tebing batu mengitari danau seluas 16.000 hektar dengan kedalaman mencapai 600 meter ini.

Selain menawarkan keindahan panorama alam pegunungan verbeck yang mengitari pesisir, Danau juga dihuni ratusan spesies fauna endemik. Diantaranya udang, kepiting, siput, dan ikan. Uniknya fauna yang ada di Danau Matano, sebagian besar tidak bisa dijumpai di tempat lain.

Bahkan, di Danau ini terdapat spesies ikan endemik yang tergolong langka di dunia. Ikan ini diberi julukan ikan purba karena warnanya yang kecoklat-coklatan dan bentuknya yang mirip dengan binatang purba. Bagi masyarakat setempat, ikan ini diberi nama “ikan buttini”.

keseruna menikmati melompat ke dalam kejernihan air danau matano
Main air. Image via: beepdo.com

SImak juga: Pesona Air terjun Putri Kencana

Beberapa orang peneliti yang pernah datang ke danau Matano menyebut ikan buttini adalah ikan purba. Ikan ini jenisnya hanya ada dan berkembang biak di Danau. Ikan buttini adalah ikan yang paling digemari masyarakat setempat, tak heran jika sebagian warga pesisir Danau, menggantungkan hidupnya sebagai nelayan pemancing ikan buttini.

Walaupun bentuknya sedikit aneh dengan bola mata menonjol keluar dengan kulitnya berwarna kecoklat-coklatan, tetapi dagingnya terasa gurih saat dimakan. Bagi masyarakat setempat paling gemar menyajikan dengan cara di memasak biasa, hanya mencampurkan bawang, jeruk kunyit, dan garam. Satu ekor ikan buttini yang beratnya mencapai 1 kilogram dijual dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

  1. Festival Danau Matano

salah satu penampil dalam acara Festival danau Matano
Festival danau Matano. Image via: makassar.tribunnews.com

Festival Danau Matano sendiri merupakan adalah event yang memperkenalkan kekayaan wisata, dan budaya di Luwu Timur.

festival nanti akan diisi dengan sejumlah pementasan budaya diantaranya, Tarian kolosal 14 anak suku, pementasan musik bambu, sajian kuliner tradisional, lomba permainan tradisional (longga, gasing dan lainnya), lomba katingting, lomba dayung perahu naga, serta lomba mancing ikan lohan.

jelajah danau matano dengan menggunakan kano beregu
Jelajah Danau. Image via: idntimes.com

SImak juga: Kebun raya Purwodadi

Objek Wisata Dekat Danau Matano

Masih di wilayah kabupaten Luwu timur. Dalam jarak 25 km dari danau matano, terdapat Air terjun Mata Buntu. Air terjun yang berbentuk berundak-undak seperti anak tangga ini dikelilingi oleh hutan yang asri. Pegunjung akan merasa tenang dan nyaman ketika berada disana.

Ditambah lagi terdapat gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai menikmati keindahan dari air terjun mata buntu ini. Ada batu unik yang berbentuk seperti alat kelamin pria. Konon dapat membantu bagi pasangan yang belum dikaruniai seorang anak.

Selain danau Matano, di luwu timur juga ada danau towuti. Danau air tawar terbesar kedua di Indonesia ini memiliki keindahan yang luar biasa, dengan air tawarnya yang masih sangat jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan bawah air danau dengan leluasa.

Pengunjung juga dapat menggunakan speedboat atau kapal penyeberangan untuk dapat pergi ke pulau-pulau menawan yang berada di tengah danau. Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Leoha, Pulau Bolong dan Pulau Kembar.

Jadi tunggu apa lagi? Segera agendakan pada liburan depan, untuk mengunjungi keindahan Danau Matano di Sulawesi ini.

Selamat Berlibur!!

Baca juga:

Leave a Comment