Kebun Raya Purwodadi, Hiasan Alam Dengan Beragam Tumbuhan

Kebun Raya Purwodadi merupakan salah satu kebun raya yang ada di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada sedikitnya 4 kebun raya yang difungsikan sebagai balai konservasi berbagai jenis tumbuhan.

Yakni Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Bali, dan Kebun Raya Purwodadi. Kebun Raya Purwodadi memiliki luas sekitar 85 hektar dan berada di ketinggian sekitar 300 mdpl, sehingga memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan.

Sama halnya seperti Kebun Raya Bogor, kebun raya andalan warga Purwodadi ini pun memiliki pepohonan yang cukup rindang dan banyak.

Ada lebih dari 2.000 jenis tumbuhan yang menempati Kebun Raya Purwodadi dengan total jumlah spesiesnya mencapai 11.000 spesies.

Lokasi wisata yang satu ini merupakan tempat yang asyik untuk berkumpul bersama komunitas atau keluarga tercinta. Karena akan disuguhkan pemandangan hijau yang sangat asri serta dilengkapi dengan beberapa spot foto yang ciamik banget.

Maka tak heran jika Kebun Raya Purwodadi selalu ramai dikunjungi yang sedang melakukan gathering atau hanya sekedar berpiknik bersama keluarga.

kebun raya purwodadi
kebun raya purwodadi. google maps. sumber: Arya Eka Saputra

Simak juga: 11 tempat wisata Pasuruan

Sejarah Kebun Raya Purwodadi

Atas prakarsa dari Dr. Dirk Fok Slooten sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor, maka didirikanlah Kebun Raya Purwodadi oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking sekitar tanggal 30 Januari tahun 1941.

Dengan dipimpin oleh seorang warga Belanda yang bernama Johannes Viets dalam kurun waktu dari tahun 1941 hingga tahun 1942.

Ketika Jepang mulai menginjakkan kaki di Indonesia, kepemimpinan Kebun Raya Purwodadi pun beralih. Sekitar tahun 1943 Kebun Raya Purwodadi dipimpin oleh bangsa Jepang yang bernama Tanaka.

Jika Johannes Viets berfokus pada pengembangan kebun raya, maka Tanaka membangun jalan utama yang membelah Kebun Raya Purwodadi menjadi dua bagian, serta membangun jalan dari arah utara hingga selatan.

Kemudian pada tahun 1945 Kebun Raya Purwodadi dipimpin untuk pertama kalinya oleh bangsa Indonesia yang bernama Moestopo.

Kebun Raya Purwodadi mulai dibuka untuk umum pada tanggal 10 Maret 1963, pada masa kepemimpinan Sarwana. Untuk menunjang fasilitas yang mumpuni mulailah dibangun fasilitas umum dan menyempurnakan sistem pengelolaan perkebunan.

Karena pada awalnya Kebun Raya Purwodadi hanya dipergunakan sebagai lokasi kegiatan penelitian tanaman perkebunan saja. Baru pada tahun 1954 mulai diterapkan dasar-dasar perkebunrayaan yakni dengan memetakan tanaman yang dimiliki.

Lalu sejak tahun 1980 tanaman yang ada di Kebun Raya Purwodadi ditata kembali menurut kelompok suku dengan menggunakan sistem klasifikasi sistem Engler dan Pranti.

Diharapkan Kebun Raya Purwodadi ini menjadi pusat konservasi dan penelitian tumbuhan dataran rendah kering Indonesia dibawah naungan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Lokasi Kebun Raya Purwodadi

Lokasi Kebun Raya Purwodadi terletak di Desa Parerejo, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Berada tepat di pinggir Jalan Raya Surabaya-Malang Km. 65 sehingga mudah untuk dituju.

gerbang kebun raya purwodadi
gerbang kebun raya purwodadi. google maps. sumber: Sheba Salsabila

Rute Menuju Kebun Raya Purwodadi

Rute menuju Kebun Raya Purwodadi dari Kota Malang akan menempuh perjalanan sekitar 25 km jauhnya, sedangkan untuk kamu yang berangkat dari Surabaya akan menempuh perjalanan sekitar 65 km dengan menuju ke arah selatan.

Tak ada kesulitan yang berarti ketika hendak menuju Kebun Raya Purwodadi, disamping aksesnya yang berada di pinggir jalan papan petunjuk yang akan mengarahkan ke lokasi juga sudah memadai.

Jalannya mulus dan beraspal, mudah untuk dilalui oleh motor, mobil maupun bis. Untuk kamu yang menggunakan transportasi umum juga bisa banget, karena banyak yang lewat di depan kebun raya.

Jam Buka Kebun Raya Purwodadi

Jam operasional Kebun Raya Purwodadi dibedakan menjadi:

  • Senin hingga Jum’at dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00
  • Untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur dibuka mulai pukul 06.30 hingga pukul 17.00
gazebo tempat beristirahat
gazebo tempat beristirahat. google maps. sumber: Jajang Jaelat

Simak juga: Air terjun Kedung kayang

Tiket Kebun Raya Purwodadi

Tiket memasuki Kebun Raya Purwodadi yakni:

  • Tiket masuk seharga Rp. 12.500 per orang
  • Parkir mobil sebesar Rp. 6.500
  • Parkir motor dengan membayar Rp. 2.000
  • Untuk bus harus membayar sebesar Rp. 10.500

Fasilitas Kebun Raya Purwodadi

Fasilitas umum yang ada di Kebun Raya Purwodadi diantaranya:

  • Area parkir yang tersebar di beberapa tempat
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Mushola
  • Gazebo atau tempat duduk
  • Penginapan

Ragam Wisata Di Kebun Raya Purwodadi

suasananya menenangkan
suasananya menenangkan. google maps. sumber: BELLIN Channel

1. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi memiliki 5 pilar utama, yakni:

  • Konservasi

Berfungsi sebagai tempat untuk melestarikan keanekaragaman tumbuhan secara ex situ yakni konservasi diluat habitat aslinya. Selain itu juga sebagai back up penting bagi pemulihan berbagai jenis tumbuhan yang terancam punah.

  • Edukasi

Menyajikan informasi yang jelas kepada pengunjung tentang pengetahuan di bidang botani, konservasi, lingkungan serta pemanfaatan tanaman.

  • Penelitian

Sebagai tempat untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidang konservasi, domestikasi, dan reintroduksi tumbuhan secara botani ekonomi.

  • Wisata Alam

Sebagai salah satu wisata alam yang ada di Purwodadi yang menyuguhkan suasana alam yang asri dan menyegarkan, serta memberikan pengetahuan tentang dunia tumbuhan pada khususnya.

  • Jasa Lingkungan

Keberadaan Kebun Raya Purwodadi memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar dengan memberikan peningkatan kualitas lingkungan seperti tata air, keanekaragaman hayati, penyerapan karbon, serta keindahan alam.

2. Mengunjungi Taman Tematik

Saat ini karena kondisi tengah pandemi covid-19, kamu dapat mengelilingi area Kebun Raya Purwodadi dengan menggunakan kendaraan yang kamu bawa.

Kamu dapat melihat-lihat beberapa taman tematik yang cantik sebelum memutuskan untuk singgah, taman-taman tersebut diantaranya:

  • Taman Bougenville

Taman Bougenville memiliki deretan bunga Bougenville yang terdiri dari warna merah, merah muda, dan orange yang cantik-cantik.

Area ini merupakan salah satu lokasi favorit bagi wsisatawan karena memiliki pemandangan yang indah untuk berfoto. Karena tamannya didesain sedemikian rupa dengan hiasan danau buatan.

Kamu dapat bersantai sambil melihat indahnya taman di sebuah gazebo yang sudah disediakan. Selain itu ada juga pargola yang ditumbuhi Bougenville sebagai atapnya.

  • Taman Meksiko

Di Taman Meksiko dihiasi tumbuhan khas daratan Meksiko seperti berbagai jenis kaktus. Suasana yang dihadirkan sungguh terasa berada, dimana kamu akan berada di sebuah taman yang memiliki kaktus dengan ukuran yang besar.

Simak juga: Watu Payung Turunan

  • Green House Anggrek

Untuk kamu yang menyukai bunga Anggrek, baiknya datang ke rumah kaca di Kebun Raya Purwodadi, karena disini terdapat lebih dari 2.000 bunga Anggrek yang terdiri dari berbagai jenis.

Beberapa jenis anggrek yang ada sudah sangat langka keberadaannya, dimana 7 diantaranya merupakan Anggrek endemik Jawa Timur.

anak anak dapat bermain dengan leluasa
anak anak dapat bermain dengan leluasa. google maps. sumber: Taufan Eka Putra Thamim
  • Jajaran Pohon Janglot

Kebun Raya Purwodadi memiliki deretan pohon yang tertata rapih di sisi kiri dan kanan jalan, sejuk sekali rasanya berjalan diantara jajaran pohon tersebut.

Diantara deretan pohon tersebut terdapat sebuah pohon yang menjulang tinggi dengan batang kurus serta dedaunan yang kecil, pohon tersebut merupakan Pohon Janglot.

  • Danau Wisata

Keindahan alam Kebun Raya Purwodadi dilengkapi dengan hadirnya sebuah danau yang biasa digunakan para pengunjung untuk bersantai sejenak.

Kamu dapat menikmati pemandangan alam tropis Kebun Raya Purwodadi sambil beristirahat serta sempatkan waktu untuk bermain bebek-bebekan.

3. Piknik Seru

Keadaan alam Kebun Raya Purwodadi yang menyejukkan merupakan tempat terbaik untuk menikmati alam terbuka bersama keluarga tercinta ataupun komunitas yang kamu miliki.

Menikmati alam yang tersaji sambil menyantap makanan yang sudah disiapkan dari rumah sambil bercengkrama seru, merupakan momen luar biasa dan tak terlupakan.

Simak juga: Pesona Bukit Wolobobo

4. Wahana Permainan Anak

Untuk kamu yang membawa serta anak-anak jangan khawatir mereka akan merasa bosan, karena disini tersedia berbagai wahana permainan yang akan membuat mereka selalu bersemangat.

banyak permainan anak
banyak permainan anak. google maps. sumber: Azhim

Area permainan anak yang ada di Kebun Raya Purwodadi diantaranya:

  • Area outbound
  • Ayunan
  • Jungkat Jungkit
  • Kolam Renang
  • Lapangan yang cukup besar untuk bermain bola

Selain itu tersedia pula jogging track untuk kamu yang senang berolahraga lari, serta ada pula penyewaan sepeda jika kamu ingin mengelilingi kebun raya dengan bersepeda.

Kamu bahkan anak-anak akan dapat menciptakan keseruannya masing-masing dengan melakukan berbagai ragam wisata seru.

5. Hunting Spot Foto

banyak spot foto yang kece
banyak spot foto yang kece. google maps. sumber: Taufan Eka Putra Thamin

Simak juga: 7 Rumah Krucut Desa Wae Rebo

Hal yang tentu saja tak boleh kamu lewatkan ialah hunting spot-spot foto seru ketika berada disini. Kebun Raya Purwodadi sering dijadikan tempat untuk pre wedding karena alamnya yang memberi kesan romantis.

Kamu dapat berfoto diantara rindangnya pepohonan atau ditempat-tempat tertentu yang tak kalah cantiknya. Jangan lewatkan untuk berfoto di taman-tamannya yang cantik.

Penutup

Demikianlah beberapa hal menarik tentang Kebun Raya Purwodadi yang dapat kami sajikan. Jangan lupa untuk membawa kameramu untuk mengabdikan berbagai momen di kebun Raya indah ini.

Selamat berlibur.


Tinggalkan komentar