Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Terkecil Namun Tak Kalah Pesona

Kebun Raya Purwodadi adalah salah satu dari Jaringan 4 kebun raya yang ada di Indonesia. Ada lebih dari 2000 jenis tumbuhan dengan total jumlah Spesies mencapai lebih dari 11.000 yang menempati area seluas 85 hektar.

Ada lebih dari 2000 jenis tumbuhan di Kebun Raya Purwodadi dengan total jumlah Spesies mencapai lebih dari 11.000 yang menempati area seluas 85 hektar.
Kebun Raya Purwodadi. Image via: dakatour.com

Berada di ketinggian 300 mdpl, menjadikan cuacanya juga relatif sejuk. Cocok dijadikan pilihan destinasi wisata bersama keluarga ataupun sahabat. Di depan gapura masuk, Pengunjung dapat melihat jalan besar panjang dikelilingi pepohonan hijau menyegarkan.

Pengunjung yang memiliki banyak waktu atau hanya penasaran dengan view di sekitar Kebun Raya, bisa menyusuri jalan utama ini. Jangan lupa untuk menengok kedua sisi, karena ada banyak panorama apik yang patut disimak.

Beberapa di antaranya bahkan Instagenic. Asyiknya lagi, selain jalan-jalan dan berfoto, Pengunjung juga bisa piknik, berkeliling naik sepeda, atau bahkan belajar menyetir di dalam area Kebun Raya Purwodadi.

Begitu sampai di ujung jalan, Pengunjung dapat  melihat tanaman anggrek merambat membentuk kanopi. Kalian bisa istirahat sejenak di sini, sebelum menjelajah area perkebunan lainnya. Dari ujung jalan utama, pengunjung bisa ambil jalan kecil sebelah kanan.

Pengunjung akan disuguhkan pemandangan hijau yang sedikit lebih dramatis dibanding sebelumnya. Terdapat sebuah pohon besar yang sudah sangat tua. Keberadaannya membuat tempat ini terasa eksotis, bagaikan di negeri dongeng.

Membaca di bawah rindang pepohonan Alam Kebun Raya Purwodadi
Membaca di Alam. Image via: tutwuri.id

Simak juga: 11 tempat wisata Pasuruan

Sejarah Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi didirikan oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941. Sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor.

Kebun ini merupakan salah satudari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun RayaCibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

Mula-mula kebun ini dipergunakan untuk kegiatan penelitian tanaman perkebunan. Kemudian pada tahun 1954 mulai diterapkan dasar-dasar perkebunrayaan, yaitu dengan dimulainya pembuatan petak-petak tanaman koleksi.

Sejak tahun 1980 sebagian tanaman ditata kembali menurut kelompok suku yang menganut klasifikasi sistem Engler dan Pranti. Dalam perkembangannya diharapkan Cabang Balai Kebun Raya Purwodadi akan menjadi pusat konservasi dan penelitihan tumbuhan iklim kering di daerah tropis.

Berteduh dans eklaigus berfoto cantik di pohon tua kebun raya purwodadi
Berteduh. Image via: travelingyuk.com

Lokasi Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi merupakan sebuah kebun tempat penelitian pohon dan tumbuhan yang terletak di desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.

Lokasi Kebun Raya Purwodadi sangat mudah dicari yaitu dipinggir Jalan Raya Surabaya-Malang Kilometer 65.

Rute Menuju Kebun Raya Purwodadi

Lokasi Kebun Raya Purwodadi persis berada di jalur utama Malang – Surabaya. Rute menuju ke lokasi sangat mudah ditemukan. Jarak tempuhnya sekitar 25 kilometer sebelah utara kota Malang, sedangkan bila dari kota Surabaya sekitar 65 kilometer ke arah selatan.

Pengunjung bisa menuju ke Kebun Raya Purwodadi menggunakan kendaraan pribadi mulai dari sepeda motor, mobil maupun bus rombongan. Aksesnya juga sangat dijangkau karena banyak transportasi umum yang lewat tepat di depan lokasi wisata Kebun Raya Purwodadi.

Jam Buka Kebun Raya Purwodadi

Jam kunjungan dibuka dari jam 07.30 dan tutup jam 16.00 sore setiap harinya dari Senin – Minggu. Sementara jam pelayanan reservasi untuk hari Senin-Kamis mulai jam 07:30 – 15:00 dan Jumat mulai jam 07.30 – 15.30.

Rumah Kaca berbentuk unik di Kebun Raya Purwodadi
Rumah Kaca. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Air terjun Kedung kayang

Tiket Kebun Raya Purwodadi

Meskipun salah satu kebun raya terbesar di Indonesia, tiket masuk Kebun Raya Purwodadi dipatok dengan harga murah untuk semua kalangan. Tidak heran jika pada akhir pekan selalu ramai dipenuhi pengunjung. Baik mereka yang sekedar berpiknik atau mereka yang sedang melakukan wisata edukatif.

Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi Rp.9.500. Ada tambahan biaya Parkir Rp.2.000 untuk motor, dan Rp.5.500 untuk mobil. Sednagkan bagi pengunjung rombongan yang mengguankan Bus, dikenakan Parkir Rp 10.500.

Ada juga wahana penyewaan sepeda keliling dengan tarif Rp.8.500/unit, tarif naik mobil keliling (modifikasi seperti kereta api mini) Rp.15.500/orang, dan tarif untuk paket pemotretan pre-wedding sebesar Rp.350.000.

Fasilitas Kebun Raya Purwodadi

Pengelola kebun rata Purwodadi menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung kenyamanan pengujung. Di kebun raya ini, terdapat mushola. Juga tersedia beberapa toilet di beberapa titik kebun raya. Jadi tidak perlu bingung jika pengunjung memerlukan fasilitas tersebut.

Ada juga banyak tempat duduk dari yang hanya sekedar kursi beton hingga gazebo-gazebo untuk beristirahat setelah capek mengelilingi seisi Kebun Raya Purwodadi.

Aktivitas Menarik di Kebun Raya Purwodadi

  1. Pemandangan Yang Asri dan Menyegarkan

pemandangan Asri di Kebun Raya Purwodadi, sehingga snagat menyenangkan untuk piknik keluarga
Pemandangan Asri Kebun Raya. Image via: wisata-tanahair.com

Setiap hari kita dihadapkan oleh sebuah rutinitas kantor seperti berhadapan langsung dengan layar. Dengan banyak melihat pepohonan hijau, dipercaya dapat menyegarkan mata yang lelah. Dengan pergi ke Kebun Raya, Kalian bisa melihat pepohonan hijau yang menyegarkan sepanjang mata memandang. Kalian juga bisa merasakan kesegaran alam yang tidak bisa di dapat dirumah.

  1. Piknik Asik Bersama Keluarga

Jika sering makan di sebuah restorant atau sebuah cafe di kota, mungkin mencoba makan bersama dengan keluarga di suasana berbeda. Kebun Raya Purwodadi dengan alam terbuka lebih menarik dan anti mainstream. Karena piknik di alam terbuka terkesan lebih romantis dan menyenangkan.

Dari keluarga yang terlihat mencoba aktifitas ini, Itu terbukti dari anak-anak saya yang makan begitu lahap saat disana, atau jika kalian mencoba piknik bersama pasangan, pasti akan lebih romantis. Pengunjung bisa menikmati makanan bersama pasangan juga menikmati keindahan alam juga.

Jalan Utama kebun raya purwodadi terasa rindang dan nyaman unutk pejalan kaki maupun sepeda
Jalan Utama. Image via: yukpiknik.com

Simak juga: Pesona Bukit Wolobobo

Dengan membawa sedikit bekal makanan dari rumah, dan siapkan juga sebuah tikar yang cukup untuk berdua atau untuk seluruh keluarga. Kalian bisa menikmati makanan yang enak buatan sendiri dengan pemandangan yang menggugah selera makan.

  1. Outbond

Salah satu yang terpenting adalah menyenangkan anak-anak kita. Di kebun raya Purwodadi juga terdapat sebuah outbond, dari permainan ayunan, jungkat-jungkit, dan kolam renang. Meskipun tidak begitu menarik, tapi untuk ukuran anak, fasilitas seperti itu tetap menjadi favorit anak-anak.

Apalagi jika anak Anda adalah seorang laki-laki, bermain di tanah lapang seperti main sepak bola akan menjadi sangat menyenangkan apabila ditemani orang tuanya. Kalau anak saya sangat senang sekali dengan berlari-larian keliling taman bunga.

Hal yang cukup unik dari Kebun Raya Purwodadi ialah adanya kolam renang anak. Pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengajaknya bermain air di kolam renang. Menariknya, tentu saja karena lokasinya yang berada di dalam kebun raya sehingga memiliki suasana yang khas dekelilingi rimbunnya pepohonan.

Menyatu dengan alam bergelayutan di akar pohon tua kebun raya purwodadi
Menyatu dengan alam. Image via: alamasedy.com
  1. Joging

Mungkin kalau kita di kota besar, untuk olahraga semacam lari-lari kecil di kawasan kota, akan terdapat banyak polusi dari asap kendaraan bermotor. Begitu juga dengan ramainya orang yang berlalu lalang saat berolahraga di alun-alun kota membuat kalian tidak nyaman.

Dengan pergi ke Kebun Raya Purwodadi, kalian bisa lari-lari kecil dengan track sepanjang jalanan atau olahraga di lapangan luas yang ada disana. Kalian juga bisa menyewa sebuah sepeda dengan merogoh uang cuma 8.500 yang bisa pengunjung gunakan sepuasnya.

Pasti sangat menyenangkan joging atau olahraga ringan dengan pemandangan dan udara yang masih sangat asri dan menyegarkan disana. Selain untuk kesehatan tubuh, kalian juga mendapat kesehatan mata dari pemandangan hijau-hijauan di kebun raya.

  1. Spot Fotografi

foto bersama rombongan Di depan rumah kaca keun raya purwodadi menjadi spot favorit
Di depan rumah kaca. Image via: lanskap.unitri.ac.id

Simak juga: 7 Rumah Krucut Desa Wae Rebo

Di kebun raya purwodadi sering sekali dijadikan destinasi tempat foto pre-wedding oleh fotografer profesional. Tentu karena pemandangan alam yang begitu menarik serta biaya lokasi yang relatif murah.

Banyak juga lokasi yang di jadikan tempat untuk foto prewedding sehingga jangan heran kalau ada beberapa pasang pengantin yang ada di kebun raya. Biasanya mereka mengambil suana perkebunan yang rindang, apalagi ketika musim kemarau. Banyak daun pepohonan yang rontok sehingga membuat suasana seperti musim gugur di negeri eropa.

Banyak fotografer yang melatih kemampuannya dengan memanfaatkan moment pergi ke Kebun raya sebagai ajang mengasah kemampuannya dalam seni fotografi. Beberapa bahkan tampak hanya mengunakan kamera digital biasa. Tapi mereka tampak sangat senang saat melakukannya.

Nah, jika kalian ingin belajar fotografer, mungkin lokasi keindahan kebun raya ini bisa jadi alternatif untuk belajar seni fotografi dengan obyek pepohonan dan bunga-bunga.

  1. Taman tematik Yang Instagramable

pemotretan Preweding kerap dilakukan di taman kebun arya purwodadi
Foto preweding. Image via: @amaproductionPDP

Di zaman sekarang, dengan kecanggihan handphone yang bisa beralih fungsi menjadi kamera canggih dengan kualitas hasil foto yang bagus. Tentu foto selfie sudah menjadi hal wajib jika berada di tempat indah seperti di Kebun raya ini.

  • Taman Bougenville

Taman Bougenville menjadi salah satu area favorit pengunjung karena memang memiliki pemandangan yang menarik terutama untuk berfoto. Bunga Bougenville yang berwarna merah, merah muda, dan orange nampak begitu mencolok diantara hijaunya tanaman di sekitarnya.

Di area ini juga sudah didesain seperti sebuah taman sehingga nampak tertata dan nyaman. Keberadaan gazebo bisa menjadi tempat bersantai menikmati pemandangan. Ada juga pergola yang ditumbuhi Bougenville sebagai atapnya sangat menarik untuk spot berfoto.

Selain itu adanya danau buatan menjadi pelengkap untuk menghadirkan suasana alami.

  • Taman Meksiko

Tumbuhan khas daratan Meksiko seperti jenis kaktus-kaktusan juga menjadi koleksi di Kebun Raya Purwodadi. Menempati area khusus bernama Taman Meksiko, tanaman yang berukuran besar di area kering ini menjadi sangat menarik perhatian.

Hal ini lantaran suasananya yang berbeda, tidak seperti di kawasan tropis.

Taman Mexico, salah satu taman unik di kebun raya purwodadi
Taman Mexico. Image via: pinterest.com

Simak juga: Watu Payung Turunan

  • Green House Anggrek

Bagi pecinta tanaman Anggrek, jangan lewatkan untuk masuk ke rumah kaca yang mengkoleksi lebih dari 2.000 bunga Anggrek ini. Terdiri dari 319 jenis, dimana 7 diantaranya merupakan anggrek endemik Jawa Timur.

Beberapa koleksi juga merupakan jenis anggrek yang sudah sangat langka keberadaannya di alam.

  • Jajaran Pohon Janglot

Jajaran pohon yang tertata rapi di sisi kiri dan kanan jalan setapak mungkin terkesan biasa saja. Namun akan menjadi menarik jika jenis pohonnya ialah Pohon Janglot. Pohon yang menjulang tinggi dengan batang kurus dan dedaunan kecil ini akan memberi tampilan visual yang tak biasa.

Nuansa ini akan berbeda ketika dinikmati kala musim hujan dan musim kemarau. Biasanya pengunjung sengaja berfoto di lokasi ini untuk mendapatkan pemandangan seperti di drama-drama Korea yang romantis.

  • Danau Wisata

Sudah cukup puas berkeliling dan belajar mengenal tanaman, cobalah untuk bersantai di danau wisata. Di area satu ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam tropis Kebun Raya Purwodadi sekaligus bersantai di atas bebek-bebekan.

menyepi di keasrian alam kebun ray apurwodadi
Menyepi. Image via: wisatangehits.com

Objek Wisata Dekat Kebun Raya Purwodadi

Masih di Kabupaten pasuruan, dalam jarak hanya 10 km dari Kebun Raya Purwodadi, terdapat objek wisata Kebun Pak Budi. Wisata edukasi Kebun Pak Budi merupakan tempat bermain anak terbaik untuk keluarga. Terdapat area Peternakan Organik, Pertanian Organik, Kids House, Edukasi Kopi Luwak, Mini Market, Kolam Pancing, Gazebo, Restoran, Cottage, Amphiteatre, dan Kuliner.

Sedikit lebih jauh, dalam jarak 14 km terdapat lokasi wisata, Agrowisata Bhakti Alam. Di kawasan wisata ini terdapat sekitar 15 jenis buah-buahan yang dibudidayakan, mulai dari durian, kelengkeng, mangga, buah naga, jeruk dan jenis buah lainnya.

Pengunjung bisa membeli aneka jenis buah dengan harga yang relatif murah. Beberapa fasilitas lain juga tersedia. Seperti misalnya camping ground, penginapan, outbound, ATV. Semuanya  akan membuat pengunjung semakin nyaman berlibur di tempat ini.

Demikianlah beberapa hal menarik Kebun raya Purwodadi yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk membawa kamera-mu untuk mengabdikan berbagai momen di kebun Raya indah ini.

Selamat berlibur.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment