Bukit Wolobobo, Keheningan Negeri Atas Awan Yang Menenangkan

Bukit Wolobobo merupakan sebuah bukit dengan panorama alam yang sangat indah, Gunung Inerie yang gagah serta keadaan alam yang masih dihiasi pepohonan yang sangat rindang.

Gunung Inerie merupakan gunung dengan permukaan puncak yang lancip, layaknya gambar kita sewaktu masih kecil. Dari atas Bukit Wolobobo kita dapat melihatnya walau kadang tertutup oleh awan.

Udara yang dirasakan sangat sejuk hembusan angin yang cukup kencang menyentuh tubuhmu. Lokasi ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati alam dan menenangkan diri.

bukit wolobobo
bukit wolobobo. google maps. sumber: Aris Raga 001

Simak juga: tempat wisata di NTT

Karena memang Bukit Wolobobo berada di ketinggian sekitar 1700 mdpl, meskipun begitu akses menuju ke puncak tak begitu susah karena sudah ditata dengan rapih.

Bukit Wolobobo berada di daerah Bejawa, Flores, dan merupakan lokasi wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi apalagi ketika menjelang sore hari.

Ragam Wisata Di Bukit Wolobobo

Berikut beberapa ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Bukit Wolobobo:

1. Menikmati Sunrise dan Sunset

Bukit Wolobobo merupakan lokasi terbaik untuk menikmati tenggelamnya matahari di sebelah barat, dan menyaksikan cantiknya matahari terbit di sebelah timur.

Maka jangan heran jika Bukit Wolobobo selalu ramai di sore hari, mereka memenuhi beberapa gardu pandang yang ada untuk mencari spot terbaik menikmati tenggelam ataupun terbitnya matahari.

selalu ramai dikunjungi
selalu ramai dikunjungi. google maps. sumber: Se’wa Ruwa -El M Conterius-

Menikmati perubahan alam yang sangat mengagumkan dihiasi dengan panorama alam yang cantik merupakan perpaduan yang saling melengkapi.

Angin yang semakin menusuk tulang tak dijadikan penghalang untuk lebih dekat dengan alam yang sudah Tuhan ciptakan dengan indah ini.

2. Negeri Di Atas Awan

banyak quote lucu
banyak quote lucu. google maps. sumber: Rudyanto Rusmad

Indonesia memiliki beberapa tempat dengan julukan negeri di atas awan, yakni sebuah tempat dimana kamu dapat merasakan sensasi melihat gumpalan awan atau kabut yang sangat banyak di depan mata.

Hal tersebut dapat kamu nikmati ketika berada di Bukit Wolobobo, dimana disaat-saat tertentu kamu dapat menyaksikan awan yang begitu banyak dan merasakan sensasi seperti berada di atas awan

Gumpalan awan atau kabut tersebut menutupi seluruh pemandangan hijau yang sedari tadi menghiasi, semuanya menjadi putih seputih awan.

3. Menenangkan Diri

Di Bukit Wolobobo banyak tersedia tempat duduk untuk kamu bersantai sambil menikmati keindahan bukit sejauh mata memandang.

Jauh dari yang namanya hingar bingar kebisingan kota, yang ada hanyalah udara sejuk yang menyegarkan. Kamu dapat bersantai sejenak untuk menenangkan diri.

Atau bisa juga kamu mencoba untuk bermain ayunan dengan view langsung menuju ke alam bebas, sungguh mengasyikan sekali.

bermain ayunan seru
bermain ayunan seru. google maps. sumber: Sascha

Simak juga: Watu payung turunan jogja

4. Hunting Spot Foto

Alam yang sangat indah sayang untuk dilewatkan, tersedia beberapa spot foto kece untuk kamu gunakan dalam mengambil beberapa gambar atau video.

Landscape yang dihadirkan Bukit Wolobobo merupakan latar terbaik apalagi ketika hijaunya pepohonan digantikan dengan gumpalan awan yang putih bersih.

mengabadikan keindahan bukit wolobobo
mengabadikan keindahan bukit wolobobo. google maps. sumber: Yulita Sonia Bida

Lokasi Bukit Wolobobo

Lokasi Bukit Wolobobo berada di daerah Bajawa, tepatnya di Desa Turekisa, Kecamatan Golewa Barat, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Bukit Wolobobo

Rute menuju Bukit Wolobobo jika diakses dari Kota Bajawa hanya sekitar 15 menit saja, dengan keadaan jalan yang cukup baik meskipun dibeberapa tempat ditemukan beberapa jalan yang berlubang.

Kamupun akan menemukan jalan yang hanya dapat dilalui oleh satu mobil saja, ditambah lagi dengan akses jalannya yang berkelok-kelok.

Setelah tiba di area parkir, kamu masih harus melanjutkan perjalanan menuju puncak dengan berjalan kaki. Akses jalannya sudah sangat baik dan mudah untuk dilalui, disepanjang jalan dihiasi dengan pepohonan dan panorama alam yang indah.

tempat untuk menenangkan diri
tempat untuk menenangkan diri. google maps. sumber: Aris Raga 001

Jam Buka Bukit Wolobobo

Jam operasional Bukit Wolobobo dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop, sehingga kamu dapat mengunjunginya kapan saja kamu inginkan.

Namun yang harus kamu ingat akses jalan menuju bukit cukup terjal dan belum dilengkapi dengan penerangan yang cukup.

Tiket Bukit Wolobobo

Tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan Bukit Wolobobo hanya dengan membayar sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

gunung ineria
gunung ineria. google maps. sumber: mahma mahendra

Fasilitas Bukit Wolobobo

Fasilitas umum yang ada di sekitar Bukit Wolobobo diantaranya:

  • Area parkir
  • Warung makanan
  • Tempat untuk duduk-duduk
  • Gardu pandang
  • Spot foto

Tips Mengunjungi Bukit Wolobobo

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Bukit Wolobobo:

  • Jika membawa serta anak-anak, selalu jaga dan awasi karena di sekitar bukit tidak dipasangi pagar pembatas.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bawalah baju hangat jika hendak menikmati sunset, karena semakin malam dinginnya semakin terasa.
  • Jaga selalu kebersihan lokasi Bukit Wolobobo.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Bukit Wolobob.

Simak juga: Air Terjun Kapas Biru

Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang keindahan dari Bukit Wolobobo, negeri diatas awan Bajawa ini harus kamu kunjungi weekend ini.

Ajaklah serta keluarga tercinta atau teman-teman komunitasmu. Selamat Berlibur.


Tinggalkan komentar