Air Terjun Kapas Biru, Maha Karya Tuhan Yang Sangat Cantik Di Lumajang

Air Terjun Kapas Biru atau Coban Kapas Biru merupakan sebuah air terjun bertingkat dengan memiliki 2 tingkatan, dengan memiliki ketinggian yang diperkirakan sekitar 100 meter.

Air terjun ini merupakan sebuah maha karya Tuhan yang sangat indah dan mengagumkan, dimana air yang mengalir cukup deras diantara dua buah tebing yang cukup tinggi dengan hiasan pepohonan yang masih alami.

Air yang dialirkannya berasal dari Sungai Lengkong dan Besukbang yang berhulu dari kaki Gunung Semeru. Airnya sangat jernih dan bersih, dimana dibagian-bagian sisi dari air terjun tersebut muncul warna kebiruan jika dilihat dari kejauhan.

megahnya air terjun kapas biru
megahnya air terjun kapas biru. google maps. sumber: Diyan Official

Simak juga: Lokasi Wisata di Lumajang

Itulah sebabnya air terjun yang satu ini disebut dengan nama Air Terjun Kapas Biru. Objek wisata yang satu ini baru dibuka untuk umum sekitar tahun 2015 silam.

Lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 500 mdpl membuat kita harus melakukan trekking untuk menuju Air Terjun Kapas Biru.

Namun trekking yang dilakukan dapat terbayarkan dengan keindahan serta ketenangan yang akan kamu dapatkan, alamnya mampu menggugah jiwa yang sudah lelah dan letih.

Lokasi Air Terjun Kapas Biru

Lokasi Air Terjun Kapas Biru berada di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

jernihnya aliran air terjun kapas biru
jernihnya aliran air terjun kapas biru. google maps. sumber: Oky Resandi

Rute Menuju Air Terjun Kapas Biru

Rute menuju Air Terjun Kapas Biru jika kamu bergerak dari Malang dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo kemudian tiba di Ampelgading lalu Pronojiwo sampai akhirnya kamu tiba di Polsek Pronojiwo.

Dari sana kamu tinggal mengikuti petunjuk yang ada, jarak yang akan kamu tempuh dari kota Malang sekitar 70 km jauhnya, dengan estimasi waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan.

Untuk kamu yang berangkat dari kota Lumajang akan melakukan perjalanan sekitar 50 km jauhnya, dengan melajukan kendaraanmu di Jl. Nasional Lumajang – Malang.

Setelah 300 meter dari Lapangan Pronojiwo kamu akan menemukan banner tentang Coban Kapas Biru, ikutilah petunjuk yang ada dimana akan mengarahkanmu menuju area parkir.

Trekking Menuju Air Terjun Kapas Biru

Setelah memakirkan kendaraan, untuk menuju lokasi air terjun kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau trekking sekitar 1 hingga 1,5 km jauhnya.

Rute yang harus dilalui cukup curam dan terjal, dimana kamu akan menapaki jalan yang masih berupa tanah yang penuh dengan akar-akar.

trekking menuju air terjun kapas biru
trekking menuju air terjun kapas biru. google maps. sumber: Mata Air ID

Awalnya kamu akan menuruni jalan setapak dengan medan yang cukup curam serta kamu harus menuruni sebuah tangga dengan kemiringan yang hampir mencapai 90 derajat.

Setelah itu dilanjutkan dengan trekking di jalan yang sedikit menanjak, di tengah perjalanan kamu akan menemukan sebuah air terjun mini yang sangat menyegarkan.

Tak lama kemudian terlihatlah megahya Air Terjun atau Coban Kapas Biru yang mengalir diantara dua buah tebing coklat yang sangat gagah.

Untuk mendekati area curug kamu harus melewati sungai yang cukup deras dengan bebatuan yang tersebar tak karuan dengan berbagai ukuran.

Cara menyebrangi sungainya pun unik dimana dengan menggunakan batang pohon yang tak terlalu besar, oleh karena itu pastikan kamu menggunakan alas kaki yang tidak licin.

siapkan fisik untuk melewati jalur yang terjal
siapkan fisik untuk melewati jalur yang terjal. google maps. sumber: Indra Pratama

Jam Buka Air Terjun Kapas Biru

Jam operasional Air Terjun Kapas Biru dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 05 pagi hingga pukul 4 sore.

Mengingat jalur trekking yang cukup lumayan terjal dan belum dilengkapi penerangan yang cukup, maka usahakan berangkat di pagi hari sehingga waktu untuk kembali dari Coban Kapas Biru tidak terlalu sore.

Tiket Air Terjun Kapas Biru

Tiket yang harus kamu bayar untuk menikmati keindahan Air Terjun Kapas Biru sekitar Rp. 5.000,- per orang.

pelangi yang tercipta di kapas biru
pelangi yang tercipta di kapas biru. google maps. sumber: Armanto Gimo

Simak juga: Desa Ranu Pani di Ketinggian Semeru

Fasilitas Air Terjun Kapas Biru

Fasilitas yang ada di sekitar Air Terjun Kapas Biru tidak tersedia apa-apa, karena memang lokasinya yang masih alami. Semua fasilitas yang tersedia berada di sekitar area parkir seperti:

  • Kamar mandi atau Toilet
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Mushola

Ragam Wisata Di Air Terjun Kapas Biru

1. Menikmati Alam

derasnya aliran air terjun kapas biru
derasnya aliran air terjun kapas biru. google maps. sumber: fajar hidayat

Simak juga: Desa Tua Desa Sawai

Di sepanjang jalur trekking menuju Air Terjun Kapas Biru sudah terlihat dengan jelas tentang keasrian lokasi wisata yang satu ini.

Hiasan tumbuhan yang masih hijau dan asri serta udara yang dirasakan begitu menyegarkan, membuat jiwa dan ragamu menjadi tenang.

Rasa lelah sehabis trekking yang tak mudah terbayarkan sudah, deburan air yang mengalir dengan derasnya begitu menenangkan.

Dengan duduk-duduk di bebatuan yang ada sembari menyaksikan hamparan keindahan alam di sekitar membuatmu semakin kagum akan mahakarya Tuhan yang luar biasa ini.

Air Terjun Kapas Biru atau Coban Kapas Biru merupakan air terjun yang terbentuk di tepian lembah curam sehingga menampilkan panorama alam yang sangat cantik.

2. Bermain Segarnya Air

bermain air terjun kapas biru
bermain air terjun kapas biru. google maps. sumber: Septian bimo project

Simak juga: Pulau Angso Duo

Jernihnya air yang mengalir membuatmu tambah bersemangat untuk bermain airnya, namun sayang kamu tak dapat mendekati curahan Air Terjun Kapas Biru karena alirannya yang cukup deras.

Kamu dapat bermain segarnya air di sekitar aliran sungai yang mengalir diantara bebatuan yang terhampar, meskipun agak dingin namun terasa sangat menyegarkan.

Kesegarannya mampu menyirami rasa lelah yang sedari tadi menggelayut dalam diri serta menghilangkan semua rasa penat yang dirasakan.

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang berniat mengunjungi Air Terjun Kapas Biru atau Coban Kapas Biru, diantaranya yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, karena jika turun hujan jalur trekking akan sangat licin.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Berhati-hatilah ketika melakukan trekking menuju lokasi air terjun.
  • Destinasi wisata yang satu ini tidak cocok untuk anak-anak atau yang sudah berusia lanjut, mengingat jalur trekking yang cukup curam.
  • Lebih baik datang di pagi hari supaya dapat lebih lama menikmati keindahan air terjun.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Air Terjun Kapas Biru.
berfoto bersama megahnya air terjun kapas biru
berfoto bersama megahnya air terjun kapas biru. google maps. sumber: whiempy

Penutup

Keindahan Air Terjun Kapas Biru mampu mengalahkan rasa segan melalui jalur trekking yang ada, keagungan yang tercipta mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Kunjungilah Air Terjun Kapas Biru weekend ini bersama kawan supaya lebih seru.


Tinggalkan komentar