Taman Laut 17 Pulau Riung, Untaian 24 Biji Mutiara Flores

Provinsi Nusa Tenggara Timur terdiri dari beberapa pulau dengan memiliki 3 pulau utama, yakni Pulau Flores, Pulau Sumba, dan Pulau Timor Barat.

Di Provinsi ini kamu dapat menikmati wisata alam yang sangat menakjubkan, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia.

TMAL 17 Pulau Riung
TMAL 17 Pulau Riung. Sumber: ekorantt.com

Simak juga: wisata-wisata seru di NTT

Namanya ialah Taman Laut 17 Pulau Riung, penyematan angka 17 diambil dari tanggal kemerdekaan Bangsa Indonesia dengan maksud supaya lebih mudah diingat.

Taman Laut 17 Pulau Riung memiliki kekayaan fauna dan flora yang sangat beragam, kita dapat melakukan berbagai macam ragam wisata ketika berada disana. Keadaan lautnya yang tenang dan berwarna biru, membuat diri ini enggan untuk beranjak.

Berikut ulasan lengkap mengenai Taman Laut 17 Pulau Riung :

Lokasi Taman Laut 17 Pulau Riung

Lokasi Taman Laut 17 Pulau Riung berada di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman Laut 17 Pulau Riung ini merupakan gugusan-gugusan dari beberapa pulau kecil dan besar yang membentang dari Toro Padang di sebelah barat hingga ke Pulau Pangsar di sebelah timur.

Karena itu Taman Laut 17 Riung berada di antara 5 Desa, yakni Desa Sambinasi, Desa Namangase, Desa Benteng Tengah, Desa Tadho, serta Desa Lengkosambi.

Rute Menuju Taman Laut 17 Pulau Riung

Rute menuju Taman Laut 17 Pulau Riung jika kamu bergerak dari Jakarta, kamu bisa ambil penerbangan dengan rute Jakarta-Ende atau bisa juga ambil rute Jakarta-Bajawa.

Bajawa merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Ngada, tempat dimana Taman Laut 17 Pulau Riung berada. Harga tiket menuju Bajawa lebih mahal daripada yang menuju Ende.

Setelah kamu tiba di Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Terminal Ndao untuk kemudian naik bus dengan tujuan Mbai.

Setelah tiba di Mbai naik Angkutan Desa menuju Riung, akhirnya tibalah kamu di pintu masuk Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung.

Untuk kamu yang nggak mau ngeteng, kamu bisa menyewa angkot atau menggunakan jasa travel yang dapat mengantarkanmu menuju Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung secara langsung.

Jam Buka Taman Laut 17 Pulau Riung

Jam buka Taman Laut 17 Pulau dibuka selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari, jadi kamu dapat mengunjunginya kapanpun kamu mau.

Simak juga: Pantai Watu Parunu

Tiket Taman Laut 17 Pulau Riung

Tiket masuk Taman Laut 17 Pulau Riung murah sekali, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000,- per orangnya untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara harus merogoh lebih dalam lagi yakni sebesar Rp. 100.000,- per orangnya.

Fasilitas Taman Laut 17 Pulau Riung

Fasilitas yang ada di Taman Laut 17 Pulau Riung sudah lengkap, yakni:

  • Penginapan atau homestay
  • Area parkir
  • Rumah makan
  • Tempat penyewaan perahu dan alat untuk snorkeling

Daya Tarik Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman Laut 17 Pulau Riung memiliki alam yang sangat indah, birunya laut ditambah dengan heningnya suasana membuat tempat ini cocok untuk menjauhkan diri dari segala rutinitas yang ada.

Disini kita juga dapat melihat kekayaan alam yang tersimpan dibawah laut, kegiatan snorkeling ataupun diving tak boleh dilewatkan.

Keindahan Alam Yang Mengagumkan
Keindahan Alam Yang Mengagumkan. Sumber: satyawinnie.com

Hamparan pasir putih yang bersih menambah eksotiknya Taman Laut 17 Pulau Riung, selain itu kamu bisa menyewa kapal untuk mengunjungi pulau-pulau yang ada.

Taman Laut 17 Pulau Riung memiliki 24 gugusan pulau dengan keunikannya tersendiri, kamu mungkin tidak bisa mengunjungi semuanya.

Menyewa Kapal Menuju Pulau Yang Ada
Menyewa Kapal Menuju Pulau Yang Ada. Sumber: www.indonesiakaya.com

Berikut ulasan beberapa pulau yang ada di sekitar Taman Laut 17 Pulau Riung yang dapat kamu kunjungi, yakni:

1. Pulau Batang Kolong

Pulau Batang Kolong merupakan pulau yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena di pulau ini kamu bisa menyelam di perairan yang jernih untuk mencari hewan laut yang berjuluk “mawar laut”.

Disebut seperti itu karena bentuknya menyerupai bunga mawar, lapisan tubuhnya diselimuti rambut berwarna merah. Dan biasanya ditemukan di kedalaman 10 meter.

Mawar Laut
Mawar Laut. Sumber: twitter.com

Simak juga: HUtan Mangrove Tarakan

2. Pulau Meja Atau Tembaga

Pulau ini merupakan habitat dari Acropora dan karang lunak.

3. Pulau Sui

Keadaan bawah laut Pulau Sui dipenuhi oleh jurang yang curam namun sangat menakjubkan. Tebingnya yang curam tersebut dihiasi oleh Acropora dengan indahnya.

Para penyelam biasanya mengabadikan keunikan bawah laut Pulau Sui dengan menggunakan kamera air yang sengaja dipersiapkan.

4. Pulau Tiga Atau Bampa Timur

Pulau ini diberi nama Pulau Tiga karena jika dari kejauhan terlihat seperti 3 pulau yang terpisah, namun jika dilihat dari dekat merupakan satu kesatuan yang dipisahkan oleh pasir dan tumpukan rumput laut.

Pulau Tiga memiliki keindahan bukan hanya di bawah lautnya saja, namun dipermukaan pulau ini memiliki keindahan yang sungguh luar biasa.

Menepikan Diri Dari Hingar Bingar
Menepikan Diri Dari Hingar Bingar. Sumber: alexjourney.id

Kamu dapat mendaki bukit yang tak terlalu tinggi, kemudian melihat keindahan hamparan laut dari atas ketinggian. Melihat laut dengan gradasi warna yang sangat indah, merupakan pengalaman yang takkan terlupakan.

Setelah menikmati keindahan di permukaan, jangan lupa untuk menyaksikan keindahan biota lautnya. Disini kamu akan menemukan yang serupa dengan “mawar laut” yang ada di Pulau Batang Kolong.

5. Pulau Rutong Atau Tangil

Di Pulau ini terdapat sebuah bukit yang dapat kamu daki, untuk mencapai puncak bukit kamu membutuhkan perjuangan yang cukup menguras peluh.

Namun dari atas ketinggian kamu akan menyaksikan hamparan pasir yang indah yang permukaan pulaunya terlihat seperti bulan sabit ditambah semilir angin yang coba menghilangkan rasa lelah yang kamu rasakan.

Keindahan Bawah Laut Yang Bagaikan Lukisan
Keindahan Bawah Laut Yang Bagaikan Lukisan. Sumber: myfgn.wordpress.com

Keindahan bawah lautnya pun sangat mengagumkan, karangnya dipenuhi jenis Acropora Formosa. Jika kamu menyelam di laut Pulau Rutong, kamu akan mengalami fenomena Termoklin.

Suatu keadaan dimana terjadi perubahan suhu air yang drastis, di permukaan laut suhu airnya hangat namun setelah kedalaman sekitar 1 meter suhu air berubah drastis menjadi sangat dingin. Jika beruntung kamu akan menyaksikan paus bermain di sebelah barat Pulau Rutong.

Melihat Gradasi Warna Laut Dari Ketinggian
Melihat Gradasi Warna Laut Dari Ketinggian. Sumber: daisyjuliaaa.blogspot.com

Simak juga: Desa Adat Ratenggaro

6. Tanjung Toro Padang

Tanjung Toto Padang merupakan batas barat dari Taman Laut 17 Pulau Riung. Bukit-bukit yang berdekatan dihuni oleh spesies biawak, yang oleh masyarakat setempat disebut Mbou.

7. Pulau Kawat

Pulau Kawat terletak dekat dengan Kampung Orang Bajo. Di sepanjang pantai terdapat beberapa kelompok mangrove, dan lautnya memiliki arus yang kecil.

8. Pulau Ontologi

Tempat Habitat Kelelawar
Tempat Habitat Kelelawar. Sumber: ata-riung.blogspot.com

Pulau Ontologi merupakan pulau terbesar yang ada di Taman Laut 17 Pulau Riung. Pulau ini seperti cincin hijau hutan mangrove, karena dikelilingi oleh hutan mangrove.

Pulau ini merupakan tempat bagi spesies kelelawar, kamu dapat melihat ribuan kelelawar berterbangan kesana kemari. Selain itu disini terdapat monyet liar yang bergelantung dari satu pohon ke pohon yang lain.

Simak juga: Pantai Tanjung Kasuari, di Papua

Objek Wisata Dekat Taman Laut 17 Pulau Riung

Selain menikmati sajian keindahan yang ada di Taman Laut 17 Pulau Riung, kamu juga dapat mengunjungi objek wisata yang berdekatan, yakni:

  • Air Terjun Kedebodu, Ende
  • Pantai Penggajawa, Ende
  • Taman Nasional Kelimutu, Ende

Begitulah ulasan mengenai Taman Laut 17 Pulau Riung, semoga bermanfaat untuk kamu yang hendak merencanakan liburan. Selamat berlibur!


Leave a Comment