Pantai Tanjung Kasuari, Alam Indah Dihiasi Pasir Putih di Pantai Barat Papua

Pantai Tanjung Kasuari memiliki kondisi alam yang asri dan sangat alami. Bentangan pantai yang begitu panjang hadir dengan deretan pepohonan rindang sebagai penghiasnya.

Terlebih ditambah dengan gundukan bebatuan karang yang ada di beberapa sudut pantai bisa menjadi latar yang ciamik untuk berfoto ria.

Dan siapa sangka jika pantai ini memiliki ombak laut yang bergulung tidak terlalu besar meskipun posisinya yang langsung menghadap ke laut lepas.

Maka dari itu pantai ini sangat cocok untuk dinikmati sembari menunggu matahari kembali ke sisi barat bumi. Kondisi inilah yang membuat Pantai Tanjung Kasuari menjadi salah satu tujuan wisata unggulan Kota Sorong.

Pantai ini dinamai Tanjung Kasuari karena bentuk pantainya yang menjorok ke laut dianggap menyerupai kepala Burung Kasuari.

Selain panoramanya yang indah, kemiripan pantai ini dengan burung kasuari membuat pantai ini cukup terkenal di Kota Sorong. Hingga wisatawan luar negeri pun terpesona olehnya.

Lokasinya yang relatif jauh dari keramaian kota membuat pantai ini menjadi sebuah tempat pelarian yang nyaman untuk selepas aktifitas harian yang begitu padat.

Maka dari itu, masyarakat setempat senang sekali menghabiskan waktu akhir minggu dan hari libur mereka di pantai yang indah ini.

bermain air pantai tanjung kasuari
bermain air pantai tanjung kasuari. Google Maps. Sumber: Muh Natsir

Simak juga: Lokasi-Lokasi indah di Papua

Lokasi Pantai Tanjung Kasuari

Lokasi Pantai Tanjung Kasuari berada di Kelurahan Tanjung Kasuari, Distrik Maladum Mes, Kota Sorong, Papua Barat.

Rute Menuju Pantai Tanjung Kasuari

Rute menuju Pantai Tanjung Kasuari jika bergerak dari pusat kota akan menempuh perjalanan sejauh 7 km, dengan memakan waktu sekitar 30 menit lamanya.

Sehingga transportasi menuju Pantai Tanjung Kasuari cukup mudah, tersedia transportasi umum yang dapat mengantarkan para wisatawan menuju objek wisata tersebut.

Pengunjung bisa mencapai Pantai Tanjung Kasuari dengan menggunakan ojek, tarif yang ditawarkan sekitar Rp. 30.000 per orang.

Supaya lebih nyaman, lebih baik menyewa mobil untuk menuju lokasi Pantai Tanjung Kasuari. Pantai yang satu ini sangat terkenal sehingga tak begitu sulit untuk menemukannya.

Jam Buka Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

area parkir yang cukup luas
area parkir yang cukup luas. Google Maps. Sumber: heri Sumaila

Simak juga: Pantai Mrutu

Tiket Pantai Tanjung Kasuari

Mengenai tiket masuk Pantai Tanjung Kasuari tidak dikenakan biaya alias gratis, kamu hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan yang kamu bawa saja.

Fasilitas Pantai Tanjung Kasuari

Fasilitas umum yang ada di Pantai Tanjung Kasuari yakni:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Tempat duduk
  • Saung sederhana

Daya Tarik Pantai Tanjung Kasuari

Daya tarik yang dimiliki Pantai Tanjung kasuari sehingga dapat menjaring wisatawan untuk terus berdatangan, diantaranya:

1. Pantai Yang Indah

menikmati alam yang tersaji
menikmati alam yang tersaji. Google Maps. Sumber: Channel Nature

Pantai Tanjung Kasuari memiliki hamparan pasir putih kecoklatan yang membentang di sepanjang aliran pantainya. Ditambah dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh membuat udara terasa sejuk di kala siang hari.

Di beberapa area pantai terdapat gundukan batuan karang yang menawan dan indah untuk dijadikan tempat berfoto. Pasir putih yang cukup lembut bisa menjadi alas untuk berbaring maupun tempat untuk bermain-main.

Air lait yang nampak biru dan jernih serta ombak-ombak yang berderu terdengar seakan memanggil untuk berenang.

Meskipun pantai ini berhadapan langsung dengan laut lepas, namun pantai ini tergolong aman. Hal ini dikarenakan dasar pantai yang berkarang akan memecah ombak dalam jarak sekitar 100 m dari bibir pantai.

Sehingga kamu dapat bermain air lautnya dengan aman namun tetap harus terus waspada jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Bermain Pasir Pustih

serunya bermain pasir
serunya bermain pasir. Google Maps. Sumber: TPK48 Raja Ampat

Simak juga: Situs Duplang Jember

Pasir putih di Pantai Tanjung Kasuari sangat cocok untuk bermain pasir, anak-anak dapat dengan bebas mengekploras imajinasinya. Mulai dari membangun istana pasir, hingga berlarian berguling-guling diatas pasair yang lembut.

Selain bermain pasir, kamu juga harus mencoba mengarungi perairannya dengan menggunakan sebuah perahu atau kano yang dapat kamu sewa.

3. Menikmati Indahnya Sunset

menyaksikan indahnya sunset
menyaksikan indahnya sunset. Google Maps. Sumber: Vincensius Surya

Satu hal yang tak boleh kamu lewatkan yakni menyaksikan indahnya matahari tenggelam, yang akan merubah alam dari terang benderang menjadi gelap gulita.

Warna orangenya yang khas sangat cantik sekali, jangan lewatkan untuk mengabadikan keindahannya tersebut dalam sebuah foto.

4. Tempat Yang Tepat Untuk Berpiknik

tempat piknik asyik
tempat piknik asyik. Google Maps. Sumber: Frintty Infanty

Simak juga: Pantai Biduk BIduk di Kaltim

Pantai Tanjung kasuari dikelilingi pepohonan yang cukup rindang, kamu dapat menggelar tikar di bawah pepohonan tersebut untuk berpiknik bersama keluarga tercinta.

Sambil memandangi laut lepas yang sangat indah, bercengkrama bersama keluarga dan menikmati hidangan yang sudah dipersiapkan.

Penginapan

Untuk kamu yang datang dari luar daerah, ngga perlu khawatir dalam mencari tempat menginap. Karena terdapat beberapa penginapan yang ada di sekitar Pantai Tanjung Kasuari, yakni:

  • Kasuari Valley Beach Resort Sorong, dengan harga yang ditawarkan sekitar Rp. 786.000 per malamnya.
  • Penginapan Kofiyau, harga permalamya sekitar Rp. 270.00 saja.

Serta masih banyak lagi penginapan dan hotel yang letaknya di pusat Kota Sorong.

Tips Mengunjungi Pantai Tanjung Kasuari

Berikut saya sampaikan beberapa tips untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Tanjung Kasuari, yakni:

  • Jika ingin menikmati suasana yang lebih tenang, datanglah ketika hari biasa.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak saat bermain air.
  • Jaga kebersihan lokasi Pantai Tanjung Kasuari.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Tanjung kasuari.
mengabadikan keindahan pantai tanjung kasuari
mengabadikan keindahan pantai tanjung kasuari. Google Maps. Sumber: Andreas Nursery

Penutup

Sekian dulu cerita-cerita kami soal keindahan pantai yang berjarak hanya 7 km dari kota sorong ini. Datang lah ke Pantai Barat di Pulau Terbesar di dunia ini, dan nikmati betapa indah alam Indonesia di tanah Papua.

Jaga selalu keindahan alam yang sudah Tuhan berikan, supaya kita dapat terus menikmatinya sampai kapan pun!


Tinggalkan komentar