Air Terjun Ogi, Objek Andalan Kabupaten Ngada

Air Terjun Ogi adalah sebuah air terjun cantik dengan ketinggian sekitar30 m. Air terjun dihiasi oleh pepohonan rimbun, hamparan persawahan serta udaranya yang jauh dari polisi menjadikan air terjun ini terasa sejuk dan asri.

Air Terjun Ogi adalah sebuah air terjun cantik dengan ketinggian sekitar30 m. Air terjun dihiasi oleh pepohonan rimbun, hamparan persawahan serta udaranya yang jauh dari polisi menjadikan air terjun ini terasa sejuk dan asri.
Air Terjun Ogi. Image via: ekorantt.com

Jika telah tiba di air terjun, mata pengunjung seakan dihipnotis dengan bentang indah air terjun yang jatuh dari ketinggian 80 meter. Air terjun seperti tersembul keluar dari balik pepohonan hijau dan jatuh pada kolam yang cukup luas untuk tempat pengunjung berenang.

Berjarak sepelemparan batu dari kolam air terjun, tersedia pondok bagi pengunjung untuk sekadar melepas lelah atau menghabiskan makan siang bersama sambil menikmati bunyi gemericik air terjun. Dari 4 buah pondok yang tersedia, 2 pondok memiliki atap, sedangkan 2 pondok lain hanya ada tempat duduk dan meja.

Sambil berdiri di pagar pembatas antara kolam air terjun dan pondok, pengunjung bisa mengabadikan momen kunjungan dengan berswafoto atau foto bersama dengan latar air terjun yang deras mengalir jatuh dari ketinggian tebing.

Berpose di Indahnya Air Terjun Ogi merupakan kegiatan favorit par apengunjung.
Berpose di Indahnya Air Terjun Ogi. Image via: tripadvisor.co.id

Simak juga: wisata NTT

Lokasi Air Terjun Ogi

Air Terjun Ogi  terletak di Kelurahan Fobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Jarak dari Kota Bajawa ke tempat wisata ini kurang lebih 8 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.

Rute Menuju Air Terjun Ogi

Letaknya yang berada tak begitu jauh dari pusat Kota Bajawa yakni sekitar 8km, waktu tempuh untuk menuju air terjun ini memakan waktu sekitar 30-45 menit lamanya. Dengan kondisi jalan yang bervariatif, pengunjung akan melewati perjalanan yang berkelok-kelok yang cukup tajam.

Tak ada penunjuk jalan untuk menuju lokasi air terjun, sehingga pengunjung harus sering-sering bertanya kepada penduduk setempat mengenai arah untuk menuju lokasi air terjun. Tak ada transportasi umum untuk menuju Air Tejrun Ogi.

Semakin dekat dengan lokasi, pengunjung harus menelusuri jalan tak beraspal sepanjang kurang lebih 1 kilometer, lantaran objek wisata ini cukup jauh dari jalan raya. Namun lelah tak kan terasa karena pengunjung dapat menikmati keasrian hamparan sawah yang indah sebelum tiba di lokasi.

panorama air terjun ogi dari kejauhan justru membuat tampak mistis
Dari kejauhan. Image via: @vian.inside

Pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa ojek dari Bajawa. Bagi pengunjung di luar Kota Bajawa, dapat menyewa kendaraan bermotor di Bajawa dengan tarif sewa berkisar 100.000 per harinya.

Jam Buka Air Terjun Ogi

Air Terjun Ogi terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Tiket Air Terjun Ogi

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Ogi, pengunjung diwajibkan membeli karcis seharga Rp 5.000 per orang sebelum memasuki lokasi.

Fasilitas Air Terjun Ogi

Tidak terdapat fasilitas penunjang apapun, hanya terdapat warung kecil yang berada di sekitar area parkir di bibir jalan sebelum menuju lokasi air terjun. Sebaiknya pengunjung membawa bekal makanan dan minuman sebelumnya.

Karena letaknya yang berada di dekat Kota Bajawa, untuk penginapan terdapat banyak pilihan dengan harga yang bervariatif diantaranya Edelweiss, Korina, Silverin dan lainnya

Daya Tarik Air Terjun Ogi

  1. Air terjun yang menyejukkan

air terjun ogi tampail mempesona Diantara rimbun pepohonan
Diantara rimbun pepohonan. Image via: @indriyuliani

Simak juga: Taman Laut Olele

Dihiasi dengan pepohonan rimbun, hamparan persawahan, dan udaranya yang jauh dari polusi menjadikan air terjun Ogi terasa sangat sejuk dan asri. Air Terjun ini hadir dengan suasana yang sejuk dan pepohonan di sekelilingnya. Ini Menjadi daya tarik tersendiri buat air terjun ini.

Derasnya air terjun yang jatuh dari atas bebatuan seperti mengajak pengunjung untuk menceburkan diri ke dalam sungai yang berada tepat di bawah air terjun. Namun, ada peringatan dari pihak pengelola untuk para pengunjung yang ingin mandi dan berenang agars elalu menjaga kelesamatan.

Selain menyajikan air terjun, kawasan ini juga menyajikan suasana penuh kesejukan khas kawasan hutan. Udara yang masih terasa segar juga begitu terasa di sini sehingga memberikan nuansa kenyamanan saat pengunjug menghirupnya.

pondok observasi tempat dimana pengunjung dapat mengamati keindahan air terjun Ogi dengan nyaman
Pondok observasi. Image via: travel.kompas.com

Aliran airnya memiliki debit yang cukup besar dengan bebatuan dan rerumputan hijau menghiasi di sisi kanan dan kirinya. Tak heran derasnya aliran di air terjun ini pernah dimanfaatkan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara) setempat sebagai pembangkit listrik, meskipun saat ini sepertinya sudah tidak beroperasi lagi.

Selain sebagai pembangkit listrik, aliran air di air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai irigasi lahan persawahan warga di sekitarnya.

  1. Fotografi

Spot Foto berlatar belakang derasnya air terjun ogi menjadi sesuatu yang unik utnuk diabadikan
Spot Foto. Image via: @satinah.puimara

Simak juga: Pantai Namalatu

Mengunjungi tempat wisata saat ini sudah menjadi gaya dan kebanggaan. Apalagi dengan adanya sosial media, pamer foto seakan jadi hal yang wajib. Ada beberapa cara pose yang unik dan menarik untuk mengmabil foto di Air terjun.

Walau Datang ke air terjun saat cuaca sedang gerimis bukan berarti tidak bisa foto. Jika ingin menggunakan jas hujan atau mantel, pilih  dengan warna yang cerah seperti merah dan biru. Agar hasil di foto nampak menonjol di antara keindahan alam.

Tripod merupakan alat wajib untuk fotografi pemandangan, tak terkecuali untuk foto air terjun. Tripod memastikan foto tidak blur karena shutter speed yang lambat. Banyak jenis tripod, pada umumnya, tripod yang kokoh dan ringan itu yang terbaik untuk fotografi pemandangan air terjun.

Sungai di kaki air terjun Ogi mengalir jernih dan menyegarkan
Sungai di kaki Ogi. Image via: awalnya

Tips Mengunjungi Air Terjun Ogi

Demi kenyamanan dan keselamatan selama berwisata, Ada beberapa tips dan saran yang sebaiknya diperhatikan benar ketika mengunjungi wisata Air Terjun Ogi ini.

  • Siapkan fisik.

Persiapan fisik memang harus dilakukan karena jarak antara jalan utama dan air terjun tidak dekat. Jaraknya cukup jauh, sekitar 1 km, dan sudah pasti akan memakan tenaga yang tak sedikit.

  • Menggunakan sepatu yang kasar.

Hindari menggunakan sepatu dengan sol licin karena jalanan yang akan dilalui meskipun bebatuan akan terasa licin. Apalagi ketika musim penghujan

  • Perhatikan cuaca.

Usahakan mengunjungi tempat rekreasi ini ketika musim panas agar jalanan umum dan jalanan menuju air terjun yang akan dilalui tak terlalu licin

  • Hati-hati membawa anak-anak.

Karena arus yang cukup deras, bila membawa anak-anak, awasi mereka dengan baik. Jangan sampai Anda lalai mengawasi, karena kedalaman air cukup dalam.

kebersamaan romantis di air terjun ogi akan terkenang selamanya
Kebersamaan kita. Image via: weruferry

Simak juga: Sinka Island Park

Objek Wisata Dekat Air Terjun Ogi

Selain air terjun Ogi, Kabupaten Ngada juga memiliki air terjun Wae Roa. Air terjun yang masih sangat alami ini memiliki dua tingkatan air terjun dengan aliran airnya yang jernih dan menyegarkan. Berada di antara rimbunnya pepohonan yang menghijau.

Aliran air terjun Wae Roa menyajikan keindahan alam yang begitu menyejukkan mata. Tempat yang rekomended untuk menenangkan pikiran.

Selain air terjun, kabupaten ngada juga memilki Danau, yaitu Danau Wawomudha. Panorama yang indah di Danau Wawomudha bisa dinikmati dengan mendaki bukit sekitar 30 menit. Danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Wawomudha sehingga memuculkan 3 kawah kecil dengan warna-warna Unik.

Sebagai daerah dengan gunung pai burba, ngada juga memiliki permandian air panas. Wisata Alam Air Panas Mangeruda. Air panas alami di kawasan wisata ini berasal dari sumber mata air panas di sebuah kolam. Air panas dengan suhu sekitar 30 derajat mengalir diantara bebatuan sehingga menyerupai air terjun kecil. Aliran airnya yang hangat bisa memberikan efek relaksasi bagi tubuh dan pikiran.

Ayo berkunjung ke Pulau Flores, khususnya kabupaten Ngada. Jangan lupa ajak keluarga, saudara serta teman untuk berkunjung ke tempat indah nan alami.

Baca juga:

Leave a Comment