Air Terjun Cunca Rami, Keindahan Alam Di Tengah Gunung Mbeliling NTT

Air Terjun Cunca Rami memiliki ketinggian sekitar 30 meter serta debit airnya cukup deras. Dari bahasa setempat, Cunca Rami bisa diartikan sebagai air terjun di dalam hutan.

Hal ini memang menggambarkan kondisi dari air terjun tersebut. Pengunjung akan diajak trekking melalui Hutan Mbeliling sekitar 1 jam. Barulah setelah itu pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun ini.

Perjalanan trekking yang akan dilalui diantaranya menyusuri sungai kecil. Pijakan kaki akan terasa ringan saat bersentuhan dengan air pegunungan yang sangat jernih.

Kamu dapat melihat mekarnya beberapa jenis bunga di sepanjang perjalanan, namun hal tersebut tak dapat kamu saksikan sepanjang waktu.

Setelah sampai di Air Terjun Cunca Rami, rasa lelah yang dirasakan digantikan dengan kesegaran melihat butiran-butiran air terjun yang jatuh dari atas tebing.

Pada bagian bawah air terjun terdapat kolam bebatuan. Kolam ini terbentuk dari derasnya air terjun yang mengalir ke bawah dan membelah lereng.

air terjun cunca rami
air terjun cunca rami. Google Maps. Sumber: Eric Lawton Forbes

Simak juga: lokasi wisata di Flores

Lokasi Air Terjun Cunca Rami

Lokasi Air Terjun Cunca Rami berada di kawasan Hutan Tropis Mbeliling, Kampung Roe, Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Air Terjun Cunca Rami

terlihat dari kejauhan
terlihat dari kejauhan. Google Maps. Sumber: M Yusuf

Rute menuju Air Terjun Cunca Rami jika berangkat dari Bandara Labuan Bajo, akan ditempuh sekitar satu jam perjalanan. Jalan yang ditempuh sudah beraspal sehingga mudah untuk dilalui.

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan trekking selama kurang lebih 1 jam, dengan melintasi hutan, melewati area pesawahan warga.

Di sepanjang jalur trekking kamu akan menjumpai pemandangan yang sangat menakjubkan. Dimana kamu akan menjumpai hutan produktif dengan dihuni tanaman vanili dan kemiri.

Ketika kamu hendak melintasi area pesawahan, kamu sudah dapat melihat Air Terjun Cunca Rami dari sana. Kemudian berlanjut menyusuri sungai kecil yang memiliki air jernih.

Sungai tersebut aman untuk kamu lewati, karena airnya tidak terlalu deras. Apabila beruntung, pengunjung dapat pula menemukan bunga – bunga indah di sepanjang perjalanan.

Pada akhirnya, setelah menempuh perjalanan kurang lebih selama satu jam, keindahan Air Terjun Cunca Rami dan alam di sekitarnya telah membayar lunas semua itu.

Jam Buka Air Terjun Cunca Rami

Jam operasional Air Terjun Cunca Rami dibuka selama 24 jam penuh dari mulai hari Senin hingga Minggu. Namun, meskipun begitu, kamu tidak disarankan untuk mengunjunginya di sore hari.

Karena belum tersedianya lampu penerangan di sepanjang jalur trekking yang akan kamu lalui. Jadi sebaiknya kunjungilah Air Terjun Cunca Rami ketika pagi hari.

jalan menuju air terjun cunca rami
jalan menuju air terjun cunca rami. Google Maps. Sumber: Archiaston Musamma 

Simak juga: Taman Laut 17 Pulau Riung

Tiket Air Terjun Cunca Rami

Tiket masuk menuju Air Terjun Cunca Rami tidak dikenakan biaya sepeser pun. Akan tetapi sesampainya di lokasi akan ada kotak donasi sukarela.

Fasilitas Air Terjun Cunca Rami

Fasilitas yang ada di sekitar Air Terjun Cunca Rumi diantaranya:

  • Toilet
  • Saung atau gazebo sederhana

Selebihnya hanya hamparan alam yang sangat menyejukkan mata.

Daya Tarik Air Terjun Cunca Rami

1. Trekking Membelah Hutan

Jalur trekking menuju Air Terjun Cunca Rami, adalah jalan setapak di hutan Mbeliling. Seperti pada umumnya jalan setapak di hutan, yakni tanpa adanya petunjuk jalan yang pasti.

Dengan ketiadaan penunjuk jalan inilah yang menyebabkan kamu harus ditemani oleh pemandu lokal, supaya dapat menunjukkan arah menuju Air Terjun Cunca Rami.

menyebrangi sungai
menyebrangi sungai. Google Maps. Sumber: Flores Exotic Tours

Perjalanan menembus hutan Mbeliling kemudian dilanjutkan dengan menyeberangi sebuah sungai. Sungainya dipenuhi dengan bebatuan dan tak terlalu deras, sehingga aman untuk dilalui.

Sepanjang jalur trekking terukir secara jelas keindahan alam yang masih sangat asri dan alami. Sungguh sangat sejuk dan menenangkan.

2. Air Terjun Yang Indah

Simak juga: Pantai Watu Parunu

Air Terjun Cunca Rami memiliki ketinggian sekitar 30 meter, airnya jatuh diantara tebing yang cukup tinggi. Dibawahnya terdapat kolam alami dengan air yang berwarna hijau toska.

Namun bagi pengunjung yang hendak berenang alangkah baiknya berhati-hati karena kedalaman kolam mencapai lebih dari dua meter. Selain itu, pinggiran sungai sebagian besar dikelilingi batu-batu dengan ukuran yang bervariatif.

Airnya cukup dingin namun menyegarkan, hilanglah rasa lelah sehabis melakukan trekking yang tidak sebentar. Di sekitar kolam terdapat bebatuan yang dapat kamu gunakan untuk duduk santai sambil menikmati keindahan di sekitar air terjun.

kolam alami air terjun cunca rami
kolam alami air terjun cunca rami. Google Maps. Sumber: Archiaston Musamma

3. Alam yang Alami

Air yang jatuh dari tebing berbentuk cekung ini memang tampak seperti benteng kokoh yang sedang mengintari pengunjung di kaki tebing.

Dengan panjang sekitar 200 meter, tebing ini seolah menempel dengan hutan yang hijau di wilayah ini. Sungguh asri sekali dilihatnya.

Di sisi lain, beberapa sarang lebah menggantung di sudut-sudut tebing. Tumbuhan hijau yang tumbuh subur pun hadir memberikan tebing ini warna yang elok.

Dengan kondisi seperti ini tak bisa dipungkiri lagi jika kondisi alam di sekitar Air Terjun Cunca Rami memang masih sangat alami.

Kemudian, bila diperhatikan area sekitar Air Terjun Cunca Rami benar-benar tenang, sunyi, serta terisolasi. Hanya terdengar suara gemercik air yang mengalir melewati sebuah sungai kecil.

Maka dari itu, lokasi ini sangatlah cocok bagi mereka yang mendambakan suasana tenang untuk menyegarkan kembali badan dan pikiran.

dikelilingi alam yang masih asri
dikelilingi alam yang masih asri. Google Maps. Sumber: the sleepwalker

Simak juga: Hutan Mangrove Tarakan

4. Mengunjungi Cunca Wulang dan Cunca Lolos

Jika kamu masih bersemangat untuk mengeksplor keindahan alam di sekitar Gunung Mbeliling, sempatkan untuk mengunjungi Cunca Wulang dan Cunca Lolos.

cunca wulang
cunca wulang. Google Maps. Sumber: moehamad yogi

Tips Mengunjungi Air Terjun Cunca Rami

Berlibur ke Air Terjun Cunca Rami pasti akan jadi pengalaman yang tak terlupakan. Tapi untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, pengunjung sebaiknya mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Datanglah ketika musim kemarau, untuk menghindari jalur trekking yang licin.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin. Lebih baik menggunakan sandal atau sepatu gunung.
  • Bawalah persediaan makanan atau minuman untuk bekal selama di perjalanan.
  • Berhati-hatilah ketika berenang di kolam alaminya.
  • Hindari untuk datang ketika matahari mulai tenggelam.
  • Jaga selalu kebersihan area Air Terjun Cunca Rami.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Air Terjun Cunca Rami.

Penutup

Demikianlah sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai keindahan dari Air terjun Cunca Rami. Ayo segera rencanakan kunjungan ke lokasi ini, untuk dapat memperoleh sensasi menyeluruh atas keindahan yang disajikan.


Tinggalkan komentar