Air Terjun Kedung Kayang, 1 Air Terjun Dengan 2 Spot Keren

Air Terjun Kedung Kayang merupakan salah-satu air terjun tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Air terjun tersebut terletak di ketinggian sekitar 1200 mdpl.

Objek wisata yang bertemakan air terjun sangat disukai sekali oleh kalangan anak muda. Dan menjadi sebuah panorama yang lumrah, jika di objek wisata air terjun lebih didominasi oleh generasi milenial.

Begitupun dengan objek wisata Air Terjun Kedung Kayang. Pesona keindahan yang dimilikinya, jarang dijumpai di kebanyakan objek wisata air terjun lainnya.

air terjun kedung kayang
air terjun kedung kayang. google maps. sumber: G.A.B. Relu B

Bagi yang sering ke wisata air terjun, tentu sangat sepakat bahwa pesona keindahannya tidak akan lengkap tanpa keseruan melakukan trekking.

Bahkan, bagi sebagian orang lebih memilih berkunjung ke objek wisata air terjun dengan jalur trekking yang sangat menantang. Ya… setiap orang tentu saja berbeda-beda seleranya.

Oleh karena itu, mari kita mulai pembahasan tentang Air Terjun Kedung Kayang, dengan memulai dari trekking menuju lokasi utamanya.

Trekking Menuju Air Terjun Kedung Kayang

Jalan menuju Air Terjun Kedung Kayang dengan menggunakan kendaraan bisa sampai di area parkir. Setelah anda membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang, maka lanjutkan perjalanan menuju lokasi utama dengan cara berjalan kaki atau trekking.

Trekking di awal perjalanan akan menuruni anak tanga yang sudah tertata baik. namun tidak sampai ke lokasi Air Terjun Kedung Kayang.

Di awal perjalanan, para pengunjung akan disajikan dengan spot selfie berupa gardu pandang yang menghadap ke Gunung Merapi, serta di bawah jurangnya sudah bisa dilihat panorama Air Terjun Kedung Kayang.

panorama alam sekitar
panorama alam sekitar. google maps. sumber : Cipto Legowo

Yang menjadi magnet utama para pengunjung untuk datang ke Air Terjun Kedung Kayang adalah terdapat dua opsi jalur trekking. Yaitu :

  • Jalur Menuju Ke Atas Air Terjun
  • Jalur Menuju Dasar Air Terjun

Terserah anda, mau menikmati keindahan Air Terjun Kedung Kayang dari atas terlebih dahulu, atau menuju dasar Air Terjun Kedung Kayang dulu.

papan penunjuk arah
papan penunjuk arah. google maps. sumber: BUDI HARYONO

Yang penting, selalu utamakan keselamatan, serta kunjungan wisata ke kawasan tersebut direkomendasikan tidak di musim hujan.

Daya Tarik Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Air Terjun Kedung Kayang adalah air terjun, curug, atau coban yang sumber mata airnya berasal dari aliran sungai. Sehingga sangat dipengaruhi oleh faktor musim.

lokasi utama air terjun kedung kayang
lokasi utama air terjun kedung kayang. google maps. sumber: Ita Surya

Nama Kedung Kayang merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu Kedung yang berarti Air Terjun, dan Kayang yang berarti langit.

Terdapat juga cerita misteri, atau mitos yang berkembang tentang Air Terjun Kedung Kayang , cerita tentang sumber mata air yang berasal dari pecahan telur.

Dan inilah daya tarik Air Terjun Kedung Kayang yang bisa dinikmati oleh para pengunjung :

1. Satu Air Terjun, Dua Spot Keren

Daya tarik yang pertama adalah satu air terjun yang menyajikan dua spot yang berbeda, dan tentu saja dengan sensasi yang berbeda.

Spot yang pertama adalah menikmati keindahan Air Terjun Kedung Kayang, beserta panorama alam sekitar dari atas air terjunnya.

tampak lokasi di atas air terjun
tampak lokasi di atas air terjun. google maps. sumber: Prianto Reeant

Di atas Air Terjun Kedung Kayang terdapat bebatuan tempat yang biasa dikunjungi oleh para pengunjung. Namun sebagai catatan penting, perlu diingat karena spotnya adalah bebatuan, maka hindari kunjungan di saat musim hujan, karena terlalu riskan, dan licin.

Saat musim hujan debit airnya sangat deras, karena memang sumber mata air objek wisata Air Terjun Kedung Kayang berasal dari sungai. Sehingga pengunjung harus selalu berhati-hati saat berada di spot yang di atas.

Memang pemandangannya luar biasa keren, tetapi karena masih minimnya fasilitas pembatas keamanan, maka jangan hanya karena demi konten, rela mengabaikan aspek keamanan.

Spot yang ke dua berada di area kolam Air Terjun Kedung Kayang. Air yang turun sangat deras sekali, hall itu dikarenakan Air Terjun Kedung Kayang memiliki ketinggian sekitar 40 meter, serta menjadi salah-satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

view saat di bawah
view saat di bawah. google maps. sumber: Mujilah A

2. Spot Selfie, Dan Panorama Alam Sekitar

Kehadiran gardu pandang yang menghadap ke Gunung Merapi menjadi daya tarik selanjutnya. Apalagi saat sore hari, sinar matahari yang mulai menguning menjadi paduan warna yang keren bagi hasil jepretan kamera.

spot selfie air terjun kedung kayang
spot selfie air terjun kedung kayang. google maps. sumber: G.A.B. Relu B.

Untuk masuk ke area gardu pandang tersebut dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000 per orang, serta jasa fotografer Rp. 2.500 untuk satu foto dalam bentuk soft file.

Simak juga: 14 wisata Hits di Magelang

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang

Lokasi dan alamat Air Terjun Kedung Kayang berada di Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa tengah.

Rute Menuju Air Terjun Kedung Kayang

jalan menuju air terjun kedung kayang
jalan menuju air terjun kedung kayang. google maps. sumber: BUDI HARYONO

Jalan menuju Air Terjun Kedung Kayang dari Magelang, berjarak sekitar 34 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Setelah sampai di area parkir, maka lanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki. Terdapat papan penunjuk arah, sehingga memberikan pilihan kepada pengunjung untuk ke lokasi di atas air terjun, atau ke bawah air terjun.

Jam Buka Air Terjun Kedung Kayang

  • Air Terjun Kedung Kayang buka dari pukul 08.00 – 17.00.
  • Air Terjun Kedung Kayang buka setiap hari, kecuali hari Jumat.

Tiket Air Terjun Kedung Kayang

  • Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Kayang Rp. 5000
  • Harga tiket gardu pandang Rp. 5.000
  • Jasa fotografer Rp. 2.500 per file

Fasilitas Air Terjun Kedung Kayang

Fasilitas di Air Terjun Kedung Kayang hanya ada di dekat area parkir. Saat turun, ataupun ke atas air terjun tidak ada penjual makanan, maupun minuman, termasuk toilet.

Jadi segala keperluan sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu selama di area parkir.


Tinggalkan komentar