Gardu Pandang Silancur, Suasana Lebih Romantis Saat Camping

Gardu Pandang Silancur, atau disebut juga Silancur Highland merupakan wisata Magelang yang menawarkan konsep wisata alam, yang berpadu dengan kebutuhan jaman kekinian. Yaitu kebutuhan akan spot selfie yang instagramable.

Seiring dengan pesatnya perkembangan internet di Indonesia, hampir semua tempat wisata yang ada menyajikan spot tersebut, sebagai sebuah daya tarik bagi para wisatawan.

keindahan bagaikan di surga
keindahan bagaikan di surga. google maps. sumber: Silancur Highland

Apalagi jika lokasi objek wisatanya mempunyai latar pemandangan alam yang eksotis, tentu saja menjadi nilai tambah tersendiri.

Begitupun dengan Gardu Pandang Silancur. Memiliki potensi dasar berupa pemandangan alam khas Kabupaten Magelang, yang terkenal denngan view pegunungannya yang eksotis, yang disempurnakan dengan ragam spot selfie.

Di sisi lain, lokasi Gardu Pandang Silancur yang terletak di Desa Mangli, Kabupaten Magelang, memiliki panorama alam khas desa pertanian, lengkap berpadu dengan kesejukan udara sekitarnya.

Penasaran apa saja yang bisa anda nikmati saat berada di Gardu Pandang Silancur Magelang? Maka inilah review Gardu Pandang Silancur yang sudah kami persiapkan untuk anda, sebagai referensi awal menentukan destinasi wisata saat liburan di Magelang.

view di malam hari
view di malam hari. google maps. sumber: Silancur Highland

Simak juga: lokasi wisata hits di Magelang.

Lokasi Dan Alamat Gardu Pandang Silancur

Lokasi dan alamat Gardu Pandang Silancur berada di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Gardu Pandang Silancur

Jalan menuju Gardu Pandang Silancur Magelang dari Pendopo Kota Magelang hanya berjarak sekitar 1 kilometer saja, jika melewati Jalan Raya Bandongan. Tetapi jika melalui Jalan Kaliangkrik – Widusari berjarak 20 kilometer.

Waktu tempuh menuju Gardu Pandang Silancur, atau Silancur Highland tidak lebih dari 1 jam perjalanan sudah bisa sampai di area parkiran objek wisata tersebut.

ditata dengan sangat cantik
ditata dengan sangat cantik. google maps. sumber: Pintan Tri

Simak juga: Panorama Bukit Panenjoan.

Jalan menuju Gardu Pandang Silancur bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun mobil hingga ke area parkir Silancur Highland Magelang.

Kunjungan terbaik ke Gardu Pandang Silancur saat cuaca sedang cerah, tidak di musim hujan. Serta dari sisi waktu, baiknya pagi-pagi, atau sore hari.

Harga Tiket Masuk Gardu Pandang Silancur

  • Tiket masuk Gardu Pandang Silancur Rp. 10.000 untuk dewasa
  • Tiket masuk Gardu Pandang Silancur Rp. 5.000 untuk anak-anak

Jam Buka Gardu Pandang Silancur

  • Gardu Pandang Silancur buka setiap hari, dari hari Senin – hari Minggu
  • Silancur Highland, atau Gardu Pandang Silancur buka selama 24 jam
panorama silancur highland
panorama silancur highland. google maps. sumber: Ashan Fardhani

Fasilitas Di Gardu Pandang Silancur

Fasilitas di Gardu Pandang Silancur Magelang sudah lengkap untuk menunjang kenyamanan para wisatawan yang datang. Seperti:

  • Area parkir
  • Cafe, atau rumah makan
  • Camping area
  • Spot selfie
  • Toilet

Penginapan

Para pengunjung yang datang ke Gardu Pandang Silancur jika ingin menginap, rata-rata mereka lebih memilih untuk melakukan aktivitas camping.

Daya Tarik Gardu Pandang Silancur

Setidaknya terdapat 3 daya tarik utama di Gardu Pandang Silancur Magelang, atau disebut juga Silancur Highland, yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Di antaranya:

1. Spot Selfie Yang Instagramable

tempat berfoto dan bersantai
tempat berfoto dan bersantai. google maps. sumber: Dyra Jasmin

Simak juga: Taman bunga Celosia.

Daya tarik yang pertama adalah objek wisata alam Magelang, dengan konsep wisata alam Magelang yang dipadukan dengan spot selfie yang instagramable.

Disadari ataupun tidak, bahwa objek wisata yang memiliki spot selfie dengan latar yang mempesona, biasanya selalu ramai dikinjungi oleh wisatawan. Begitupun di Gardu Pandang Silancur.

Spot selfie tersebut memiliki latar alam pegunungan, lahan pertanian yang dikelola oleh masyarakat sekitar, serta memiliki udara sejuk khas pedesaan.

Gardu Pandang Silancur pada akhirnya menjadi objek wisata keluarga di Magelang yang cocok untuk dikunjungi saat akhir pekan, atau saat libur nasional.

2. Wisata Kuliner Yang Nyaman

duduk santai sambil menikmati alam
duduk santai sambil menikmati alam. google maps. sumber: Ni’mah Romadhiana

Simak juga: wisata alam grafika Cikole.

Daya tarik selanjutnya dari Gardu Pandang Silancur adalah wisata kuliner yang nyaman. Hal tersebut dikarenakan lokasi Gardu Pandang Silancur terletak di lereng Gunung Sumbing, yang memiliki view yang cantik.

Gardu Pandang Silancur lokasinya berada di sebuah bukit kecil, jalur trekkingnya sudah tertata baik. Jalur tersebut juga dipenuhi dengan hijaunya rerumputan, baik sintetis, maupun non sintetis.

Yang lebih menarik, para wisatawan bisa menyantap sajian kuliner yang ada di Gardu Pandang Silancur sambil menikmati alam sekitar. Banyak tempat-tempat yang sudah disediakan khusus bagi mereka yang ingin berwisata kuliner.

3. Camping

area camping
area camping. google maps. sumber: Mentek adhen

Camping di Gardu Pandang Silancur, atau Silancur Highland menjadi sangat populer di kalangan anak muda di Magelang, bahkan tidak sedikit rombongan keluarga yang ikut melakukan aktivitas tersebut.

Moment terindah saat camping di Gardu Pandang Silancur Magelang adalah saat malam menuju pagi. Gemerlap lampu-lampu di sekitar area camping membuat suasana semakin romantis.

Di sudut lain, kerlap-kerlip lampu kota menjadi sebuah kesempurnaan sajian view bagi para pengunjung. Jangan lupa untuk mengabadikan momen kebahagiaan, dan keindahan tersebut ya…..


Tinggalkan komentar