Gardu Pandang Silancur, Ketika Standar Indah Harus di Up Grade

Gardu pandang Silancur atau sering juga disebut dengan Silancur Highland adalah tempat wisata selfie di daerah magelang. Tempat ini dibuat memang untuk tujuan berfoto. Lokasi yang strategis yaitu di kaki gunung membuat suasana sangat sejuk.


Gardu Pandang Silancur, lokasi ideal utnuk menikmati keindahan magelang dari ketinggian
Gardu Pandang Silancur. Image via: wisatamagelang.com

Berlokasi tak jauh dari base camp pendakian Gunung Sumbing, Silancur Highland memiliki lanskap pegunungan nan menakjubkan.

Pemandangan yang indah ditambah dengan suasana yang asri ditambah lagi dengan udara yang sangat sejuk seketika membuat jiwa terasa damai. Pemandangan yang seperti itulah yang sangat dibutuhkan di saat diri terasa sangat lelah akibat banyaknya aktivitas yang menumpuk.

Tak hanya pemandangan saja yang indah di Silancur Highland Magelang, ini juga mempunyai banyak spot foto yang sangat menarik. Yang pasti akan membuat hasil foto menjadi lebih keren. Rasanya semua kata indah yang pernah kita sematkan pada objek, harus didefinisikan ulang ketika berhadapan dengan keindahan lokasi ini.

Selain udaranya yang sangat sejuk di tempat ini juga ditumbuhi banyak bunga berwarna-warni yang semakin mempercantik tampilan Silancur Highland Magelang. Salah satu spot di Silancur Highland yang cukup menarik perhatian adalah taman bunga. Dengan beragam warna, taman bunga di Silancur Highland menjadi spot foto favorit.

taman bunga dataran tinggi gardu pandang silancur, mempercantik suasana lokasi wisata ini
Taman bunga dataran tinggi. Image via: dakatour.com

Simak juga: lokasi wisata hits di Magelang.

Lokasi Gardu Pandang Silancur

Untuk mengunjungi Gardu Pandang Magelang, pengunjung hanya perlu pergi ke Dusun Dadapan, Kecamatan Kaliangkrik, Desa Mangli, Magelang, Jateng.

Bila berangkat dari pusat kota Magelang, pengunjung hanya perlu menempuh jarak 18 km.

Rute Menuju Gardu Pandang Silancur

Tempat ini bisa diakses dengan menggunakan sepeda motor dan di parkirkan di tempat parkir sebelah loket pembayaran. Akses menuju kawasan wisata gardu pandang Silancur ini sangat gampang dari Kota Magelang.

Untuk sampai ke lokasi Gardu Pandang Silancur tersebut pengunjung harus melakukan perjalanan yang lumayan menantang. Hal ini mengingat lokasi tersebut berada di kaki Gunung Sumbing.

Kemudian untuk rute perjalanan, pengunjung bisa memulai dari pusat Kota Magelang. Dari pusat kota tempat ini berjarak sekitar 18 km saja. Perjalanan bisa dimulai dari alun-alun Magelang. Dari alun-alun bisa melakukan perjalanan menuju ke Barat atau lebih tepanya menuju Bandongan.

Jika kalian sudah tiba di pasar Bandongan tinggal jalan lurus sampai menemukan Pertigaan Tonoboyo. Dari pertigaan tersebut belok kea rah Kalegen, kemudian pengunjung akan menemukan pertigaan berbentuk Y. Pada pertigaan itu ambil arah menuju  Mangli. Untuk sampai di Silancur Highland, pengunjung hanya perlu lurus mengikuti jalan tersebut.

berbagai [ose cantik bisa diambild engan menggunakan latar panorama luas di gard  pandang silancur
Payung Peneduh Hati. Image via: @jatdmiko

Jam Buka Gardu Pandang Silancur

Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam/non-stop.

Tiket Gardu Pandang Silancur

Untuk memperoleh semua pengalaman seru dan menarik dari Gardu Pandang ini, pengunjung hanya perlu membayar harga tiket gardu pandang wisata magelang sebesar Rp 5.000 per orang.

Fasilitas Gardu Pandang Silancur

Meski masih baru, namun Silancur Highland menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari gardu pandang, spot foto, camping ground, hingga taman bunga.

Untuk fasilitas penunjang umum, Gardu Pandang Silancur memiliki area parkir, mushola, toilet, dan tempat beristirahat. Juga tersedia beberapa warung penjual makanan.

Daya Tarik Gardu Pandang Silancur

Walaupun tergolong wisata alam terbaru, Gardu Pandang Magelang ini menawarkan daya tarik yang cukup variatif. Bahkan pengunjung bisa menikmati sensasi menginap ala camping sambil menunggu matahari terbit, seperti:

  1. Panorama dataran tinggi

Keindahan kota magelang, bagaikan taburan kunang kunang di gelapnya hari, dilihat dari gardu pandang silancur
Panorama dataran tinggi. Image via: @silancur_highland

Simak juga: Panorama Bukit Panenjoan.

Lokasi Gardu pandang Silancur yang berada di gunung dengan ketinggian yang cukup tinggi membuatnya memiliki panorama khas dataran tinggi. Pengunjung bisa melihat beberapa bentangan alam yang mempesona.

Tampak terlihat kemegahan  gunung merapi, merbabu, andong, telomoyo, dan kemegahan gunung sumbing yang terlihat sangat jelas sekali.

Pemandangan Kota Magelang juga sangat jelas terlihat. Juga terlihat hijau perkebunan – perkebunan warga yang mengelilingi lokasi gardu pandang.

  1. Golden Sunrise

Golden Sunrise, salah satu anugeraha lam terindah di gardu pandang silancur magelang
Sunrise. Image via: @_ren.dhi

Area gardu pandang silancur juga sering menjadi incaran para pencari sunrise, alias matahari terbit. Untuk pengunjung yang sangat suka menikmati pemandangan matahari terbit bisa mencoba pengalaman baru dengan mengunjungi tempat ini pada pukul 5 pagi. Dengan hadir pada jam itu, pengunjung bisa Nikmati sensasi Golden Sunrise yang memukau.

Tapi jangan lupa untuk tetap membawa jaket tebal atau sweater hangat, karena dinginnya tempat ini cukup menggigit. Bahkan di atas pukul 10 pun kondisi cuaca masih sangat dingin.

  1. Kebun Bunga

Karena terletak berdekatan dengan base camp pendakian dari Gunung Sumbing, tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan pegunungan nan indah. Tidak terkecuali kebun bunga selaku spot terbaik. Ada banyak bunga warna-warni yang cantik, wisatawan wanita akan sangat menyukai suguhan pemandangan ini.

  1. Rumah Hobbit

rumah hobit imut, salah satu spot foto yang disediakan pengelola gardu pandang silancur
Rumah hobit. Image via: @silancur_highland

Simak juga: Taman bunga Celosia.

Negeri para hobbit memang menyuguhkan keindahan yang luar biasa. Rumah-rumah kecil dengan pemandangan alam terhampar luas dan berwarna hijau merupakan perpaduan yang menyejukkan mata. Kini, wisatawan tak perlu-jauh-jauh ke Slandia Baru untuk menemukan surga tersebut. Sebab, rumah hobbit telah hadir di Gardu Pandang Silancur.

Selain menawarkan fasilitas taman bunga yang cantik, tempat wisata ini turut menyediakan rumah hobbit. Ukuran rumah yang super mungil tidak memungkinkan kita untuk masuk tanpa menundukan kepala. Yang Menarik, rumah hobbit di sini dikelilingi oleh taman bunga sehingga terlihat lebih asri.

  1. Camping Ground

Berkemah atau camping adalah kegiatan yang dilakukan di alam bebas dengan menginap di dalam tenda. Berkemah bukan hanya sekadar berwisata. Pemandangan alam yang indah dan asri mengajak pengunjung mengenal alam ciptaan Tuhan. Dengan demikian, tumbuh keinginan untuk menjaga dan melestarikan alam.

camping di silancur memebrikan keuntungan bsia menikmati bintang malam, dan juga memperolehpanorama sunrise di saat sangat awal.
Camping. Image via: silancur

Berencana untuk naik gunung namun tidak memiliki banyak waktu, maka sebagai cara alternatif, pengunjung bisa pergi ke tempat wisata ini untuk merasakan sensasi camping di gunung. Jangan lupa untuk membawa semua peralatan camping agar bisa mendirikan tenda sendiri di lahan yang sudah disiapkan oleh pengelola.

Di pagi hari, pengunjung yang menginap akan memperoleh suguhan pemandangan alam yang indah termasuk matahari terbitnya. Sedangkan di malam hari dari kejauhan pengunjung bisa melihat pemandangan lampu seperti bintang.

  1. Hammock dan Ayunan

Hammock merupakan tempat tidur gantung berbahan kain yang dijadikan seperti ayunan dengan kedua ujungnya yang digantung. Umumnya jenis tempat tidur ini digunakan oleh orang-orang yang tinggal di daerah tropis.

Keidnahan gardu pandang silancur memebuatnya sering dipilih sebagai lokasi foto prewedding
Bermula di Silancur. Image via: @silancur_highland

Simak juga: wisata alam grafika Cikole.

Namun seiring perkembangan, hammock beralih fungsi. Hammock saat ini banyak digunakan bukan hanya sebagai tempat tidur, tapi juga sebagai tempat bersantai di gunung, hutan, atau pantai.

Untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi lain dari tempat wisata ini bisa memanfaatkan fasilitas lain seperti ayunan dan hammock. Pecinta hammock tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berbaring sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan alam yang cantik.

Tersedia 2 hammock yang biasa digunakan bergantian pengunjung lainnya.

  1. Jajanan sederhana

Jika persiapan camping tidak lengkap alias tidak membawa bahan makanan dan alat memasak, tidak perlu khawatir. Di tempat ini terdapat sajian khas yang meskipun sederhana masih tetap enak untuk disantap seperti mie rebus dan gorengan. Jika merasa dingin, bisa pesan kopi atau teh hangat untuk menjaga suhu tubuh.

berdua menjalin romantisme di gardu pandang silancur
Menetapkan hati. Image via: theyooying.com

Tips Mengunjungi Gardu Pandang Silancur

  • Siapkan BBM kendaraan dalam kondisi penuh, karena disana tidak ada SPBU. Selain itu, jalan menanjak membuat motor harus dilihat benar -benar prima.
  • Disarankan untuk pengunjung yang suka mencari sunrise, untuk camping di sana. Karena fasilitas  campground sudah cukup memadai. Jangan lupa membawa perlengkapan camping seperti jaket, tenda, dan sleeping bag, secukupnya saja
  • Siapkan kamera terbaik. Mau kamera DSLR, kamera smartphone, dsb. check juga keadaan baterai kamera, jangan sampai kehabisan saat sudah sampai disana. lepas baterai kamera jika sudah tidak dipakai, cara ini bisa memudahkan anda dalam mengirit baterai.
  • Kondisi badan harus benar-benar prima karena cuaca di atas bisa berubah begitu cepat dan tiba-tiba.
  • Jaga kebersihan agar kondisi alam tersebut tetap lestari.
Gardu pandang silancur tepat juga untuk wisata keluarga bersama iastri dan anak anak padai semua usia
Nasehat fajar. Image via: @silancur_highland

Objek Wisata Dekat Gardu Pandang Silancur

Jika puas dilokasi ini, wisatawan juga bisa mampir ke Air Terjun Sikencling Dampit yang berjarak tidak terlalu jauh, sekitar 900 meter.

Pada jarak yang sedikit lebih jauh, yakni 14 km terdapat juga curug silawe. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter, tak heran jika air yang jatuh seolah bergemuruh dengan begitu keras.

Bagi pencinta wisata sejarah, dalam jarak 18 km dari gardu pandang silancur, terdapat candi Selogriyo. Candi Selogriyo, yang disebut-sebut sebagai peninggalan Wangsa Sanjaya pada abad ke-8, Konon, candi ini dibangun pada zaman yang sama dengan candi di dataran tinggi Dieng.

Demikian ulasan nativeindonesia.com mengenai gardu pandang Silancur yang dapat dijadikan sebagai pilihan wisata untuk mengisi liburan. Kalaupun Anda ingin suasana yang lebih lengang, cobalah ambil cuti di hari kerja dan datang ke sana bersama keluarga maupun para sahabat. Tubuh dan pikiran yang penat pasti akan ter-refresh seketika.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment