Curug Silawe dan Curug Sigong, 2 Mahakarya Alam Di Lereng Gunung Sumbing

Curug Silawe dan Curug Sigong adalah 2 air terjun yang terletak di kawasan yang masih asri, tepatnya di lereng Gunung Sumbing, Kabupaten Magelang.

Perlu diketahui bahwa Gunung Sumbing merupakan Gunung tertinggi ke 3 yang ada di Pulau Jawa. Serta sebuah gunung yang memiliki kelas hutan yang sangat besar, kawasan lereng Gunung Sumbing didominasi oleh lahan pertanian.

Biasanya, jika suatu daerah pertanian selalu identik dengan kabut. Begitupun di Desa Sutopati, yaitu desa tempat Curug Silawe dan Curug Sigong berada, selalu diselimuti kabut tipis, terutama saat pagi hari.

Hal tersebut menjadi sebuah pertanda juga, bahwa kawasan Curug Silawe dan Curug Sigong memiliki udara yang sejuk, dengan view alam yang masih asri, khas pegunungan, serta desa pertanian.

curug silawe
curug silawe. google maps. sumber: chuzkzh Rzz

Simak juga: lokasi wisata hits di Magelang.

Penasaran dengan pesona keindahan Curug Silawe dan Curug Sigong? Inilah review kedua curug tersebut yang sudah kami persiapkan untuk anda, sebagai sebuah referensi awal menentukan tempat liburan di Magelang, terutama saat liburan tiba.

Trekking Menuju Curug Silawe dan Curug Sigong

Bagi yang terbiasa menjalankan mobil di pusat kota, dan belum terbiasa menjalankan mobil ke daerah pedesaan, maka disarankan menggunakan motor saja.

Termasuk menuju Curug Silawe dan Curug Sigong, lebih disarankan menggunakan motor. Sebetulnya mobil bisa masuk hinga area parkir, hanya saja pengemudi yang belum terbiasa akan cukup kesulitan jika berpapasan dengan mobil lain dari arah yang berlawanan.

Kondisi jalan menuju area parkir Curug Silawe dan Curug Sigong sudah bagus, berkelok – kelok, serta di sepanjang jalan disajikan panorama alam pegunungan, dan pedesaan.

Setelah sampai di area parkir Curug Silawe dan Curug Sigong, maka para pengunjung mesti melakukan trekking menuju lokasi utama Curug Silawe dan Curug Sigong.

tangga menuju curug silawe
tangga menuju curug silawe. google maps. sumber: novith budi k

Simak juga: Curug tilu Purwakarta.

Tidak perlu khawatir, karena jaraknya hanya 200 meter saja dari loket pembayaran tiket masuk. Bahkan dari lokasi tersebut, suara gemercik air terjunnya sudah bisa terdengar.

Sebagai informasi tambahan, bahwa objek wisata Curug Silawe dan Curug Sigong bisa juga dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga di Magelang ketika akhir pekan.

Hal tersebut dikarenakan akses jalan menuju lokasi utama Curug Silawe dan Curug Sigong tidak berbahaya, cukup lebar, serta jalurnya sudah tertata secara baik, dan terbuat dari bahan semen yang dibentuk menjadi anak tangga hingga ke dekat Curug Silawe dan Curug Sigong.

Hanya saja para pengunjung harus membawa perbekalan sendiri, karena di lokasi utama tidak ada warung yang berjualan. Kunjungan terbaik terutama saat hari sedang cerah.

Daya Tarik Curug Silawe Dan Curug Sigong

Curug Silawe dan Curug Sigong merupakan dua air terjun yang lokasinya masih dalam satu kawasan yang sama, tidak berjauhan, dan hanya dipisahkan oleh beberapa anak tangga saja.

Sebetulnya kedua air terjun tersebut banyak memiliki kesamaan, meskipun terdapat beberapa perbedaan. Dan bagi anda yang belum tahu kedua curug tersebut, inilah daya tarik Curug Silawe dan Curug Sigong tersebut:

jalur trekking menuju curug silawe
jalur trekking menuju curug silawe. google maps. sumber: Amin Sukarjo

Simak juga: Curug Lawe Unggaran.

1. Curug Silawe

Curug Silawe merupakan air terjun yang airnya bersumber dari Gunung Sumbing. Dengan demikian, kondisi airnya masih terjaga kebersihannya, serta tidak pernah kering meskipun di musim kemarau.

Hanya saja jika musim kemarau tiba, debit air yang turun tidak begitu besar. Berbeda jika di musim hujan, debit air yang turun akan begitu deras, hingga percikan airnya bisa menjangkau ke tepian.

Curug Silawe memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Adapun kolamnya tidaklah dalam meskipun dengan kondisi Curug Silawe yang sangat tinggi tersebut.

Area pinggiran kolamnya dipenuhi oleh bebatuan, serta tebing batu yang menjulang tinggi, serta pepohonan yang memberikan nuansa keteduhan.

Lokasi utama Curug Silawe terlihat memiliki 2 air terjun yang berdampingan, namun yang satu lagi bukanlah Curug Sigong, justru itulah ciri khas Curug Silawe memiliki 2 air terjun yang berdampingan, meskipun yang satu lagi tidak terlalu besar.

airnya mengalir dengan deras
airnya mengalir dengan deras. google maps. sumber: Armeiko Tanaya

Simak juga: Curug Luhur Bogor.

2. Curug Sigong

Setelah dari lokasi utama Curug Silawe, lanjutkan sedikit perjalanan menuju Curug Sigong melewati jalur yang sudah ditentukan. View Curug Sigong sudah bisa terlihat saat anda baru beberapa langkah menyusuri jalur tersebut.

Yang membedakan Curug Sigong dengan Curug Silawe salah-satunya adalah di Curug Sigong hanya terdapat air terjun tunggal, debit airnya tidak terlalu besar dibandingkan dengan Curug Silawe.

Begitupun dengan tinggi Curug Sigong lebih pendek dibandingkan dengan Curug Silawe. Bagi yang suka dengan dunia fotografi, di lokasi Curug Silawe Dan Curug Sigong terdapat sebuah jembatan yang sedikit melengkung. Di situlah spot favorit pengunjung untuk melakukan selfie.

Lokasi & Alamat Curug Silawe

Alamat Curug Silawe dan Curug Sigong berada di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Lokasi Curug Silawe dan Sigong berada di sebelah selatan Gunung Sumbing.

area parkir curug silawe
area parkir curug silawe. google maps. sumber: Tegoeh Boediedjono

Rute Menuju Curug Silawe

Rute menuju Curug Silawe dan Curug Sigong dengan melewati jalan utama menuju Taman Wisata Candi Borobudur. Setelah itu arahkan kendaraan menuju jalan penghubung Salam-Purworejo.

Ketika berada di persimpangan jalan ambil arah menuju Kecamatan Kajoran, kamu akan mulai perjalanan menuju area pedesaan dengan kondisi jalan yang tak begitu bagus.

Jalanmu akan dipenuhi dengan tanjakan sebelum akhirnya tiba di gerbang masuk Curug Silawe. Dari lokasi parkir menuju air terjun dengan berjalan kaki sejauh 200 meter saja.

menyegarkan sekali rasanya
menyegarkan sekali rasanya. google maps. sumber: fitria mustika Dewi

Jam Buka Curug Silawe & Curug Sigong

  • Curug Silawe Dan Curug Sigong buka setiap hari
  • Curug Silawe Dan Curug Sigong buka dari pukul 08.00 – 17.00.

Harga Tiket Masuk Curug Silawe & Curug Sigong

  • Tiket masuk Curug Silawe Dan Curug Sigong Rp. 6.000 per orang
  • Tiket parkir motor Curug Silawe Dan Curug Sigong Rp. 2.000 per unit
masih dihiasi hijaunya alam
masih dihiasi hijaunya alam. google maps. sumber: Bintang Kejora

Fasilitas Curug Silawe

Fasilitas yang ada di Curug Silawe dan Curug Sigong belum terlalu memadai, karena lokasinya yang masih sangat asri dan alami.


Tinggalkan komentar