Gunung Andong, Puncak Keindahan Yang Berbalut Misteri

Gunung Andong merupakan gunung eksotis favorit kaula muda yang hobi dengan aktivitas camping. Lokasinya terletak di 3 perbatasan, yaitu:

  • Semarang
  • Magelang
  • Salatiga

Objek wisata Gunung Andong, atau pendakian menuju puncak Gunung Andong sempat ditutup saat bulan Ramadhan tahun 2021. Namun, kini terhitung tanggal 18 Mei 2021, pendakian menuju Gunung Andong dibuka kembali.

menyaksikan panorama alam
menyaksikan panorama alam. google maps. sumber: Kingkin Tri Astuti

Simak juga: lokasi wisata hits di Magelang.

Tentu saja hal tersebut menjadi berita gembira, terutama bagi mereka yang pernah menginjakkan kakinya di puncak gunung tersebut.

Meskipun harus melalui sebuah perjalanan panjang, namun saat sampai di puncak Gunung Andong, terdapat sebuah kerinduan untuk datang kembali ke gunung tersebut.

Penasaran dengan pesona keindahannya? Yuk kita simak informasi tentang Gunung Andong yang sudah kami persiapkan untuk anda, sebagai sebuah referensi awal menentukan tempat wisata di Magelang, terutama saat liburan tiba.

Lokasi Dan Alamat Gunung Andong

Lokasi Gunung Andong terletak di 3 perbatasan, yaitu Semarang, Salatiga, dan Magelang. Adapun secara administratif, alamat Gunung Andong berada di  Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

kondisi jalan menuju pos 1
kondisi jalan menuju pos 1. google maps. sumber: Susantho

Rute Menuju Gunung Andong

Jalan menuju Gunung Andong dari pusat Kabupaten Magelang ke Desa Girirejo berjarak sekitar 53 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Akses jalan menuju area parkiran Gunung Andong bisa diakses oleh kendaraan jenis motor, maupun mobil. Area parkirannya yakni di sekitar pelataran rumah warga.

Setelah sampai, para pengunjung diwajibkan membawa surat keterangan sehat, serta mengisi formulir pendakian, dan membayar tiket.

Sebagai catatan penting, hindari kunjungan di musim hujan. Dan bagi yang belum pernah ke Gunung Andong, ada baiknya mengajak teman yang sudah pernah, atau memakai jasa penunjuk jalan.

Harga Tiket Masuk Gunung Andong

Tiket masuk Gunung Andong Rp. 20.000, untuk pendakian satu orang, dan biaya parkir motor.

makam keramat gunung andong
makam keramat gunung andong. google maps. sumber: Madurangin

Jam Buka Gunung Andong

  • Gunung Andong buka setiap hari.
  • Gunung Andong buka selama 24 jam.

Fasilitas Di Gunung Andong

Fasilitas pokok penunjang kenyamanan wisata para pengunjung sudah tersedia di objek wisata Gunung Andong Magelang. Di antaranya:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung di sepanjang jalan

Penginapan

Para pengunjung yang datang ke Gunung Andong Magelang, biasanya mereka memilih untuk menginap dengan cara melakukan aktivitas camping.

jalur trekking
jalur trekking. google maps. sumber: Pinkie

Simak juga: Wisata pendakian gunung Lembu.

Misteri Gunung Andong

Bagi saya secara pribadi, cerita misteri, mitos, legenda, dan sejarah di sebuah objek wisata justru menjadi sisi lain, serta daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Karena hal tersebut layaknya dua sisi mata uang dengan pesona keindahan sebuah objek wisata.

Begitupun dengan Gunung Andong. Cerita misteri Gunung Andong banyak sekali yang beredar, seperti:

  • Misteri wanita tanpa kepala
  • Jembatan Setan
  • Watu Pocong

Namun ternyata cerita misteri Gunung Andong tidak mengurungkan niat para pendaki untuk tetap menginjakkan kakinya di gunung tersebut.

Adapun sejarah penamaan Gunung Andong merujuk kepada bentuk puncak bukitnya yang menyerupai andong. Meskipun ada pendapat lain terkait sejarah penamaan Gunung Andong Magelang tersebut.

Daya Tarik Gunung Andong Magelang

pesona gunung andong
pesona gunung andong. google maps. sumber: lemah alas

1. Keseruan Saat Trekking

Daya tarik yang pertama dari Gunung Andong tentu saja dimulai saat trekking dari lokasi tiket pembayaran. Perjalanan pertama jalurnya masih datar, dan jalannya sudah berlapiskan semen.

Setelah melewati sebuah gapura yang berbentuk eksotis, maka itu menjadi pertanda bahwa anda akan segera memasuki jalur yang masih berupa lapisan tanah merah khas pegunungan.

Terdapat beberapa pos untuk sampai di Gunung Andong. Dan waktu yang diperlukan untuk mencapai pos pertama dari loket pembayaran tiket sekitar 20 menitan.

Sebagai langkah preventif, bawalah perbekalan sendiri. Dikhawatirkan warung di sepanjang jalan banyak yang tutup, meskipun warung yang ada di puncak dipastikan selalu buka.

Adapun waktu yang dibutuhkan dai pos 1 ke pos 2 sekitar 10 menit saja. Pos 2 ke pos 3 memerlukan waktu 10 menit juga. Adapun dari pos 3 menuju puncak Gunung Andong sekitar 20 menitan.

Pendakian menuju puncak Gunung Andong tentunya sangat dipengaruhi cepat atau lambatnya langkah kaki anda, banyaknya waktu istirahat selama di jalan, serta faktor kekuatan fisik pengunjung.

2. Panorama Puncak Gunung

negeri di atas awan
negeri di atas awan. google maps. sumber: bocah Nusantara

Simak juga: wisata pendakian gunung Bongkok.

Daya tarik selanjutnya dari Gunung Andong adalah panorama alam sekitarnya. Perlu diketahui bahwa Gunung Andong merupakan gunung bertipe perisai, dengan 4 puncak yang tidak terlalu luas.

Dengan kata lain, Gunung Andong merupakan gunung bertipe perisai. Di samping kiri dan kanan berupa tepian jurang, yang ditumbuhi oleh hamparan hijaunya rerumputan liar.

Panorama alam yang paling ditunggu adalah saat matahari terbenam, kemudian masuk ke situasi malam. Lampu – lampu di pusat kota menjadi butiran cahaya yang mengagumkan.

Di depan Gunung Andong, terdapat panorama gunung lainnya yang sama-sama terkenal, yaitu Gunung Telomoyo. Bahkan gunung lainnya yang juga terkenal bisa terlihat saat berada di puncak Gunung Andong.

Selain itu, di puncak Gunung Andong terdapat sebuah makam tokoh yang sangat dihormati, dan dikeramatkan oleh warga sekitar.

3. Camping

camping di puncak gunung andong
camping di puncak gunung andong. google maps. sumber: M Talifun

Simak juga: Jalur pendakian puncak merbabu.

Gunung Andong memiliki ketinggian sekitar 1.463 m, serta memiliki udara yang sejuk, serta panorama alam yang sangat mengagumkan.

Puncak Gunung Andong meskipun tidak lebar, tetapi selalu menjadi favorit kaula muda untuk melakukan aktivitas camping.

Tenda-tenda berjajar di sepanjang puncak Gunung Andong, menjadi sebuah panorama warna-warni tenda yang indah. Para pengunjung jangan khawatir, karena di puncak terdapat warung yang menjajakan makanan, dan minuman.


Tinggalkan komentar