Pantai Karangsong, Pantai Dengan Hutan Mangrove di Kota Mangga

Pantai Karangsong yang ada di kabupaten Indramayu wajib dikunjungi saat liburan di Kota Mangga tersebut. Pantai ini bukan hanya menyuguhkan pemandangan laut yang menghampar luas namun juga menawarkan pengunjung berkeliling hutan bakau yang tumbuh subur di pesisir pantainya.

Pantai karangsong bukan hanya menyuguhkan pemandangan laut yang menghampar luas namun juga menawarkan pengunjung berkeliling hutan bakau yang tumbuh subur di pesisir pantainya.
Pantai Karangsong. Image via: desakumasadepan

Saat memasuki akhir pekan atau musim liburan, suasana di sekitar Pantai Karang Song tersebut akan nampak lebih ramai. Suasana di sekitar kawasan ini pun nampak lebih semarak. Selain suasana pantai yang terbilang cukup eksotik, di kawasan ini juga terdapat Eco Wisata Pantai Karang Song, yakni berupa kawasan hutan mangrove atau hutan bakau.

Eci Wisata Hutan Mangrov Karang Song sendiri adalah kawasan konservasi yang diproyeksikan untuk memberi bisa edukasi pada para wisatawan, terhadap kelestarian lingkungan. Selain bisa menikmati keindahan kawasan hutan bakau atau mangrov, wisatawan yang mengunjungi eco wisata juga bisa mengamati ragam kehidupan satwa liar yang biasa di hidup di daerah pantai.

Selain wisata hutan mangrov, wisatawan juga bisa mengunjungi Pulau Biyawak, yang jaraknya sekitar 2 jam perjalanan laut dari Pantai Karang Song. Wisatawan bisa menyewa kapal untuk menuju Pulau Biyawak tersebut.

Jembatan di tengah hutan Mangrove pantai karangsong
Jembatan Mangrove. Image via: inindonesiaku.com

SImak juga: 7 wisata hits Jawa Barat

Lokasi Pantai Karangsong

Pantai Karangsong terletak disebelah utara Kota Indramayu berada di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Pantai ini terletak sekitar 8 km di arah timur laut kota Indramayu.

Rute Menuju Pantai Karangsong

Untuk menuju ke desa karangsong, dari arah Cirebon bisa mengambil posisi di bunderan kijang lalu belok kanan ke jalan pahlawan. Jika dari jakarta bisa lewat jati barang lalu menuju pusat kota Indramayu. Bisa dari jalan Yos Sudarso sampai perempatan karang turi belok kanan atau dari jalan siliwangi.

Sampai perempatan karang turi lurus, dan dari jati barang akan menemukan simpang lima yang disebut bundaran mangga, dari situ bisa mengambil jalur Jalan Gatot Subroto sampai di bunderan kijang lurus.

Sampai di Jembatan Cimanuk dekat Masjid Agung dan Alun-alun Indramayu, tinggal belok ke kiri mengikuti Jalan Siliwangi. Nantinya akan bertemu dengan gapura besar Karangsong, dan kurang lebih 3 kilometer untuk sampai ke lokasi.

Menara pandang di tengah hutan mangrove pantai karangsong tempat ideal untuk mengamati pemandangan
Gardu pandang Karangsong. Image via: travelblog.id

Jam Buka Pantai Karangsong

Kawasan ekowisata pantai Karangsong terbuka untuk kunjungan setiap hari. Pantai mulai dibuka pada jam 10.00, sampai kemudian ditutup pada jam 18.00.

Tiket Pantai Karangsong

Pengelola Ekowisata Pantai Karangsong membebankan tiket masuk kepada pengunjung berdasarkan kendaraan yang masuk bukan per orang. Untuk jenis kendaraan sepeda motor hanya dikenakan Rp5.000. Sementara untuk mobil dikenakan biaya Rp10.000.

Kendaraan langsung diparkir di tempat yang sudah ditentukan di sepanjang Pantai Karangsong.

Fasilitas Pantai Karangsong

Kawasan ekowisata Pantai Karangsong sudah ditata dengan apik dan dilengkapi sejumlah fasilitas untuk berwisata oleh warga sekitar dan juga Perhutani. Ekowisata ini juga disebut-sebut didukung oleh Pertamina dan beberapa kegiatan CSR dari berbagai korporasi.

Fasilitas dasar seperti mushola, parkir dan toilet, tersedia dengan memadai. Fasilitas wisata seperti perahu untuk keliling area, jalan setapak, dan hal lainnya tampil dengan apik dan siap untuk dimanfaatkan.

Daya Tarik Pantai Karangsong

  1. Ekowisata Mangrove

susur mangrove melalui jembatan mambu di pantai karangsong menyenangkan untuk dilakukan
Ekowisata Mangrove. Image via: topbusiness.id

Simak juga: Curug Putri Kencana

Jarang-jarang ada pantai yang sekaligus mempunyai wisata hutan mangrove dalam satu lokasi. Banyak hal-hal unik yang bisa dijumpai di kawasan Pantai Karangsong. Mulai dari perjalanan menuju ke pantai, hingga pemandangan para pengrajin kapal sedang membuat kapal kayu dalam ukuran kecil hingga besar.

Satu kegiatan yang sangat digandrungi di Pantai Karangsong yaitu berkeliling hutan mangrove. Di kawasan hutan ini, terdapat ribuan pohon Mangrove dari berbagai jenis. Selain pohon Mangrove, terdapat juga jenis pohon lainnya seperti pohon Ketapang yang ikut memadati kawasan hutan.

Luas hutan ini kurang lebih 20 hektar. Ada dua cara menikmati wisata hutan bakau di Pantai Karangsong, pertama dengan jalan kaki melewati jembatan kayu. Cara ini lebih murah karena tidak butuh mengeluarkan biaya namun tidak bisa mengelilingi seluruh kawasan.

Ojek perahu mengelilingi hutan mangrove untuk menimati pantai karangsong dengan cara berbeda
Ojek Perahu. Image via: wego.co.id

Cara yang kedua adalah dengan menyewa perahu nelayan dan berkeliling hutan dengan berperahu. Untuk menikmati hutan bakau dari perahu, Anda harus membayar Rp. 15 ribu. Tidak mahal mengingat Anda bisa puas berkeliling kawasan hutan mangrove yang cukup luas di pantai tersebut.

Hutan mangrove ini bisa berfungsi sebagai pelindungi dari ganasnya ombak laut yang tentunya bisa mengikis daratan disekitar bibir pantai. Hutan Mangrove di kawasan Pantai Karangsong ini dikabarkan merupakan yang paling terbesar khususnya untuk wilayah lokal Kabupaten Indramayu.

  1. Aktivitas Pantai

Musim ramai di Pantai KArangsong
Musim ramai. Image via: rri.co.id

Simak juga: Kebun Raya Purwodadi

Di Pantai Karangsong, pengunjung bisa melihat keindahan pemandangan laut Jawa sembari merasakan deburan ombak dan pasir pantai. Juga disediakan saung kecil dari bambu di sepanjang Pantai Karangsong yang bisa Anda sewa untuk berkumpul bersama keluarga atau teman.

Pantai Karangsong sebagai pantai di pesisir utara pulau Jawa mempunyai karakteristik ombak landai namun berpasir cokelat bercampur lumpur. Jenis pantai seperti ini kurang cocok untuk bermain snorkeling atau pun menyelam meski lautnya cukup tenang.

Sehingga selain berkeliling hutan bakau, kegiatan favorit pengunjung di Pantai Karangsong adalah memancing. Jika Anda ingin bermain air seperti snorkeling, diving dan berenang umumnya mereka akan menuju ke Pulau Biawak yang terpisah jarak 40 kilometer dari bibir Pantai Karangsong.

pantai karangsong dilihat dari ketinggian
Pantai Karangsong. Image via: ecaexpress.id

Pantai ini pula yang menjadi posisi start menuju ke Pulau Biawak dengan menyewa perahu nelayan. Untuk para pecinta kuliner, tidak perlu khawatir dengan makanan yang ada di sekitaran Pantai Karangsong ini. Ikan bakar serta kuliner khas wilayah pantura seperti kerang hijau, tahu gejrot siap memanjakan.

Setelah puas menikmati keindahan pantai, pengunjung pantai karangsong bisa menuju ke arah penjualan tiket perahu di dekat sungai menuju hutan mangrove.

  1. Foto Hunting Hutan Mangrove

Spot foto di jembatan bambu yang ada di hutan mangrove pantai karangsong
Spot foto. Iamge via: @dhimsve

Simak juga: Air terjun Kedung Kayang

Pengunjung akan merasakan sendiri menyusuri sungai ke lokasi Hutan Mangrove Karangsong. Pengunjung yang baru pertama naik perahu, dan melewati hutan ini tentu akan merasa seperti para penduduk yang sedang menaiki perahu di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Untuk keamanan sebenarnya pengelola sudah menyediakan pelampung tapi jarang digunakan karena memang lokasinya tidak terlalu jauh. Setelah sampai di pemberhentian perahu, pengunjung akan melihat menara pandang yang tinggi untuk menikmati keindahan sekitar pohon mangrove.

Dari atas, pengunjung akan melihat burung-burung beterbangan ke sana kemari di atas hutan tersebut. Tempat ini tentu banyak digunakan oleh pengunjung untuk kumpul bersama, makan bareng dan istirahat.

Tidak sedikit tempat ini dijadikan ajang selfie terutama untuk para remaja yang gemar ber-selfie ria. Dengan background hutan mangrove tentu akan membawa perbedaan tersendiri. Setelah itu, mereka akan sibuk membagikan ke rekan-rekannya melalui media sosial.

Bahagia bersama merayakan kebersamaan cocok dilakukan di pantai karangsong nan indah ini
Bahagia itu sederhana. Image via: @iru_iruu

Pengelola hutan mangrove Karangsong Indramayu juga memperbolehkan pengunjung untuk menggunakan kamera DSLR. Maka, bagi penggemar fotografi, bisa leluasa mengambil foto jika datang ke hutan mangrove ini. Bahkan, hutan mangrove Karangsong juga kerap digunakan untuk kegiatan foto pre-wedding, namun tentunya dengan izin dari pihak pengelola.

  1. Aktifitas Perkapalan

Hutan Mangrove Karangsong memiliki keunikan tersendiri. Hampir setiap hari ada kapal tanker pembawa BBM (Bahan Bakar Minyak) bersandar di sekitar Hutan Mangrove Karangsong karena kapal-kapal tersebut tidak bisa bersandar ke Pertamina Balongan.

Selain menikmati keindahan pantai dan hutan mangrove. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan Kilang Minyak Pertamina Balongan dari atas menara pandang yang ada di dekat pantai Hutan Mangrove Karangsong.

Jika datang dari arah Jalan Siliiwangi Indramayu ke Hutan Mangrove Karangsong, pengunjung bisa menikmati tempat pembuatan kapal di sepanjang pinggir jalan menuju Hutan Mangrove Karangsong. Selain itu, sebelum menuju Pantai dan Hutan Mangrove Karangsong bisa menikmati suasana masyarakat yang sedang melakukan jual-beli ikan di tempat pelelangan ikan.

Pesona karangsong saat mentari akan tenggelam
Pesona Karangsong. Image via: @pantaikarangsongindramayu

Simak juga: Bukit Wolobobo Flores

Objek Wisata Dekat Pantai Karangsong

Masih di pantai kabupaten Indramayu, 19 km ke arah timur terdapat pantai Tirtamaya. Lokasi pantai yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, ditambah dengan view pantai yang menawan membuat pantai ini banyak dikunjungi.

Objek ini menjadi salah satu spot wisata yang difavoritkan oleh warga Indramayu. Selain nuansa pantai yang memikat, eksotisme sunrise dan sunset menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Lebih dekat ke arah kota Indramayu, dalam jarak 8 km dari Pantai Karangsong, terdapat objek wisata Taman Rusa Bumi Patra. Taman wisata edukasi yang satu ini merupakan tempat pelestarian dan pengembangbiakan Rusa Jawa yang keberadaannya semakin langka.Di taman ini terdapat 5 rusa jantan dan 5 rusa betina yang bisa menjadi hiburan tersendiri di saat liburan.

Demikian yang bisa kami ceritakan mengenai betapa mempesonanya salah satu patai di Kabupaten Indramayu ini. Dijamin tidak akan menyesal dan rugi, jika pada musim liburan depan, anda menyisihkan waktu liburan untuk berwisata ke lokasi ini.

Selamat Berlibur

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment