Pantai Tirtamaya, Pantai Bersejarah, Nyaris Tak Berombak Di Indramayu

|

Pantai Tirtamaya adalah salah-satu pantai cantik yang terletak di Kabupaten Indramayu, yang sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga di akhir pekan, atau saat liburan tiba.

Pantai Tirtamaya, atau disebut juga dengan Pantai Legenda Tirtamaya Indramayu, merupakan pantai yang cocok untuk semua usia, dikarenakan pantai tersebut ombaknya sangat kecil, bahkan dalam kondisi tertentu nyaris tak berombak.

pantai tirtamaya indramayu
pantai tirtamaya indramayu. google maps. sumber: amandus sudari

Hal tersebut sekaligus menjadi salah-satu pembeda karakter pantai yang ada di selatan Pulau Jawa, dengan pantai yang ada di bagian utara Pulau Jawa.

Jika anda membaca artikel nativeindonesia.com tentang pantai-pantai selatan, maka rata-rata memiliki ombak yang besar. Bisa terlihat di beberapa pantai yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Oleh karena itu, Pantai Tirtamaya Indramayu menjadi satu dari sekian banyak gambaran pantai utara Pulau Jawa yang layak untuk dikunjungi.

Simak juga : Tiga Bintang Firdaus, Wisata Populer Di Indramayu

Lokasi Dan Alamat Pantai Tirtamaya

Lokasi Pantai Tirtamaya berada di alamat Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Pantai Tirtamaya

pantai legenda tirtamaya
pantai legenda tirtamaya. google maps. sumber: Bayu Witjaksana

Jalan menuju Wisata Pantai Legenda Tirtamaya Indramayu bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat, hingga ke area parkiran utama.

Jika perjalanan awal anda dari alun – alun Kabupaten Indramayu, maka jarak tempuh ke Wisata Pantai Tirtamaya sekitar 15 kilometer, dengan kisaran waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan mobil.

Simak juga : Taman Cimanuk Indramayu

Harga Tiket Masuk Pantai Tirtamaya

  • Tiket masuk Pantai Tirtamaya Rp. 5.000 untuk anak-anak (Weekday)
  • Tiket masuk Pantai Tirtamaya Indramayu Rp. 10.000 untuk dewasa (Weekday)
  • Harga tiket masuk Pantai Legenda Tirtamaya Rp. 8.000 untuk anak-anak (Weekend),
  • Harga tiket masuk Pantai Legenda Tirtamaya Indramayu Rp. 12.000 untuk dewasa (Weekend).

Jam Buka Pantai Tirtamaya

  • Pantai Tirtamaya buka selama 24 jam, kecuali wahana permainan air.
  • Pantai Tirtamaya Indramayu beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Pantai Tirtamaya

fasilitas pantai tirtamaya
fasilitas pantai tirtamaya. google maps. sumber: aan smile

Fasilitas wisata di Pantai Tirtamaya adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Museum,
  • Rumah makan,
  • Spot selfie,
  • Wahana permainan.

Simak juga : Embung Jangkar Indramayu

Legenda, Dan Sejarah Pantai Tirtamaya

sejarah dan legenda pantai tirtamaya
sejarah dan legenda pantai tirtamaya. google maps. sumber: Idemen

Sebagaimana disebutkan di awal paragraf, bahwa Pantai Tirtamaya disebut juga dengan nama Pantai Legenda. Hal tersebut tentu saja memiliki alasan, serta sebuah kejadian yang sangat bersejarah.

Penyebutan nama Pantai Legenda merujuk kepada sejarah perjalanan murid Sunan Bonang, yang bernama Ki Buyut Tuban. Beliau ditugaskan untuk menyebarkan agama Islam di daerah utara Pulau Jawa, termasuk di Indramayu.

Nah, pantai yang menjadi tempat berlabuh pertamakali Ki Buyut Tuban itu kini bernama Pantai Tirtamaya, atau Pantai Legenda Tirtamaya.

Simak juga : Hutan Mangrove Karangsong

Daya Tarik Pantai Tirtamaya

1. Pantai Bersejarah

Pantai Tirtamaya menjadi pantai yang bersejarah, karena terkait sejarah perkembangan Islam di Jawa Barat, serta ditemukannya sebuah perahu tua, atau perahu kuno yang terkubur di kawasan Pantai Tirtamaya.

Perahu kuno tersebut ditemukan oleh Tamirah pada tahun 1991, dan terkait erat dengan sejarah Ki Buyut Tuban. Perahu kuno tersebut bisa anda temukan di museum yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Tirtamaya, begitupun dengan makam Ki Buyut Tuban.

Simak juga : Agrowisata Situ Bolang

2. Pantai Cantik Nyaris Tak Berombak

wahana wisata pantai tirtamaya
wahana wisata pantai tirtamaya. google maps. sumber: Nur Ayu Dewi

Pantai Tirtamaya sangat terkenal sebagai pantai yang nyaman, dan cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Hal tersebut dikarenakan ombaknya yang landai, nyaris tak berombak.

Area pasir pantainya cukup luas, dan panjang. Sehingga menjadi spot terbaik untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga.

Selain itu, Pantai Tirtamaya juga dilengkapi dengan beragam wahana wisata. Dan wahana yang paling terkenal adalah perahu yang dibuat khusus untuk anak-anak.

3. Jembatan Pantai Legenda

jembatan pantai legenda
jembatan pantai legenda. google maps. sumber: Frinda Jeane

Pantai Tirtamaya juga menyajikan sebuah spot selfie yang instagramable, yang bernama Jembatan Pantai Legenda. Lokasinya berada di tepi pantai, kemudian menjorok ke arah laut.

Di jembatan tersebut, terdapat spot khusus bagi para pengunjung yang ingin melakukan selfie. Latarnya adalah lautan lepas Pantai Legenda Tirtamaya Indaramyu.