Embung Jangkar, Wisata Alam Inspiratif, Dan Edukatif Di Indramayu

|

Embung Jangkar adalah sebuah danau buatan seluas 6 hektar, yang terletak di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Dan saat ini menjelma menjadi sebuah wisata alam yang baru, edukatif, instagramable, dan cocok sebagai destinasi wisata keluarga saat liburan tiba.

embung jangkar sindang
embung jangkar sindang. google maps. sumber: kayla oficial

Embung Jangkar Sindang Indramayu pertamakali dibangun, atau ditata pada tahun 2012 yang lalu. Dan keberadaan embung, atau danau buatan tersebut memiliki peranan penting bagi masyarakat sekitar.

Jika anda membaca artikel kami sebelumnya, seputar tempat wisata di Indramayu, telah dijelaskan bahwa Kabupaten Indramayu sangat mengandalkan sektor pertanian, dan peternakan.

Oleh karena itu, ketersediaan sumber air menjadi hal yang sangat penting. Dan sejarah tentang Wisata Alam Edukasi Embung Jangkar Sindang berawal dari kebutuhan akan ketersediaan air untuk sektor pertanian.

Simak juga: Hutan Mangrove Karangsong

Sejarah Embung Jangkar Sindang

sejarah embung jangkar sindang
sejarah embung jangkar sindang. google maps. sumber: Dody Lazwardi

Wisata Embung Jangkar ternyata menyimpan sebuah cerita yang edukatif, dan inspiratif. Pada mulanya, tanah yang sekarang dijadikan embung di Desa Sindang merupakan sebuah tanah yang tandus.

Masyarakat di Desa Sindang sangat membutuhkan ketersediaan air, khususnya bagi musim tanam ke dua. Maka masyarakat, beserta tokoh, termasuk kepala Desa Sindang, mencetuskan perlu dibangunnya sebuah embung.

Akhirnya, pada tahun 2012, dan fase ke dua di tahun 2018 mulai dibangun sebuah embung yang memiliki luas area sekitar 6 hektar, dan memiliki daya tampung air sekitar 18 juta liter, yang diberi nama Wisata Alam Edukasi Embung Jangkar Sindang Indramayu.

konsep pembangunannya ternyata bukan hanya untuk menunjang sektor pertanian saja. tetapi di sisi lain mampu menjadi tempat wisata alam di Indramayu yang baru, dan sangat populer.

Simak juga: Agrowisata Situ Bolang

Legenda Embung Jangkar Indramayu

Ternyata, Desa Sindang memiliki sejarah panjang, dan erat kaitannya dengan proses terbentuknya Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Tidak jauh dari lokasi Embung Jangkar, terdapat sebuah embung kuno. Dan sejarah penamaan Embung Jangkar, terkait sebuah cerita tentang karamnya sebuah kapal besar, dan jangkar yang sangat besar, yang diyakini dulu karamnya di kawasan tersebut.

Jangkar besar tersebut akhirnya menjadi alasan penamaan Wisata Alam Edukasi Embung Jangkar Sindang Indramayu. Dan cerita tersebut sudah berlangsung lama, dan turun temurun.

Lokasi Dan Alamat Embung Jangkar

Lokasi Embung Jangkar berada di alamat Desa Sindang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Embung Jangkar Sindang

landmark embung jangkar sindang
landmark embung jangkar sindang. google maps. sumber : don donz

Jalan menuju Wisata Alam Edukasi Embung Jangkar Sindang cukup mudah, jika perjalanan anda dimulai dari alun-alun Kabupaten Indramayu.

Akses jalannya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkir. Jarak tempuh dari alun-alun Kabupaten Indramayu sekitar 3 kilometer, dan hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk bisa sampai di Embung Jangkar.

Bahkan, beberapa pengunjung lebih banyak yang menggunakan dengan menggunakan sepeda. Atau bahkan ada yang sengaja berolah raga lari ke Embung Jangkar.

Harga Tiket Masuk Embung Jangkar

  • Tiket masuk Wisata Embung Jangkar Sindang gratis.
  • Para pengunjung harus membayar tiket jika ingin naik becak air.

Jam Buka Embung Jangkar

  • Wisata Alam Edukasi Embung Jangkar Sindang Indramayu buka dari pukul 08.00 – 17.00.
  • Embung Jangkar Indramayu beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Embung Jangkar

Fasilitas wisata di Embung Jangkar Sindang Indramayu adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Landmark,
  • Gazebo,
  • Stage panggung,
  • Becak air.

Daya Tarik Embung Jangkar

1. Embung Yang Luas Dan Bersih

pesona embung jangkar sindang
pesona embung jangkar sindang. google maps. sumber: Dodi Junaedi

Daya tarik yang pertama tentu saja keberadaan sebuah telaga yang sangat cantik, airnya bersih, luas, dan tenang, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menenangkan diri dari beban pekerjaan.

Pembangunan Embung Jangkar sebetulnya belum mencapai titik 100% dari konsep besarnya. Tetapi, faktanya sudah menarik perhatian masyarakat.

Apalagi saat pagi, atau saat sore hari, suasana semakin ramai dikunjungi oleh maysrakat. Jika sore, biasanya dijadikan tempat nongkrong muda-mudi, sambil hunting foto.

2. Ragam Aktivitas Wisata

wahana wisata embung jangkar
wahana wisata embung jangkar. google maps. sumber: Anas Ardiarta

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat berada di Embung Jangkar adalah berolah raga. Spotnya bisa mengelilingi area telaga tersebut, atau di area dekat parkiran.

Wisata Embung Jangkar juga menyediakan sebuah wahana yang cocok untuk wisata keluarga di Indramayu, yaitu wahana becak air mengelilingi area telaga.