11 Tempat Wisata Indramayu, Bak Wisata Di Negeri Air

|

Tempat wisata di Indramayu cukup beragam, namun memang masih didominasi akan keindahan alam yang dimiliki. Nah, untuk kamu yang terbiasa hidup di kota besar, Kabupaten Indramayu cocok untuk dijadikan tujuan wisata.

Karena sepanjang mata memandang hampir didominasi oleh area pesawahan dan nyaris tidak ada gedung yang menjulang tinggi, seperti pemandangan di kota-kota besar pada umumnya.

Selain itu, kondisi jalannya juga hampir semuanya datar, jarang sekali menemukan tanjakan atau turunan. Bahkan fasilitas penginapan di Kabupaten Indramyu selalu menyajikan fasilitas bersepeda.

Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Indramayu, sebagai bahan referensi untuk berlibur di akhir pekan ini.

11 Tempat Wisata Di Indramayu

1. Agung Fantasi Waterpark

ada patung doraemon juga loh...
ada patung doraemon juga loh…. google maps. sumber: IDIN SURAYA

simak juga: Agung Fantasi Waterpark

Tempat wisata yang pertama ialah Agung Fantasi Waterpark, yang dapat menjadi pilihan tempat wisata air modern ketika berada di Kabupaten Indramayu.

Agung Fantasi Waterpark memiliki cukup banyak kolam renang dengan dilengkapi beberapa wahana seluncuran air yang pastinya seru banget.

Selain berenang, kamu juga dapat hunting foto bersama dengan beberapa patung lucu yang ada di sekitar Agung Fantasi Waterpark.

  • Lokasi: Jl. Bangkaloa Ilir Widasari No. 58, Desa Bangkaloa Ilir, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 20.000,-

2. Pantai Glayem

pantai glayem
pantai glayem. google maps. sumber: Diki Hermaydijanto

simak juga: pantai glayem

Pantai Glayem adalah sebuah pantai cantik yang memiliki sebuah misteri, atau mitos tersendiri. Setelah ditutup beberapa waktu yang lalu, saat ini Pantai Glayem sudah dibuka kembali.

Pantai Glayem Indramayu memiliki debur ombak yang tenang, sehingga kamu dapat bermain air di pantainya juga bermain pasir. Jangan lewatkan untuk hunting foto-foto kece juga ya…

  • Lokasi: Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

3. Pantai Balongan Indah

pantai balongan indah
pantai balongan indah. google maps. sumber: Aifa Humaira Akmalia

simak juga: pantai balongan indah

Selanjutnya ada Pantai Balongan Indah atau lebih populer dengan nama Pantai Bali Indramayu. Kata Bali merupakan akronim dari Balongan Indah.

Pantai Balongan Indah merupakan salah satu pantai hits di Indramayu, serta menjadi destinasi wisata keluarga saat liburan. Karena selain dapat menikmati pantai Bali-nya Indramayu, kamu juga dapat mencoba beberapa wahana permainan yang ada di sekitarnya.

  • Lokasi: Jl. Raya Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
  • Jam buka: 07.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,- (anak-anak) dan Rp. 7.500,- (dewasa)

4. Pantai Karangsong

pantai karangsong
pantai karangsong. google maps. sumber: Ninaa Alfiah

simak juga: pantai karangsong

Pantai Karangsong menyuguhkan pemandangan yang komplit, dimana deburan ombak yang ayu menyatu dengan kawasan hutan mangrove yang cukup lebat.

Yang unik dari Pantai Karangsong ialah waktu ketika air lautnya surut yang dapat mencapai 60 hingga 70 meter dari bibir pantai, sehingga kamu dapat berfoto dekat batu besar yang ada di tengah Pantai Karansong.

  • Lokasi: Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
  • Jam buka: 10.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Gratis, hanya bayar parkir saja

5. Pantai Tirtamaya

pantai tirtamaya
pantai tirtamaya. google maps. sumber: Hilman Kusmayadi

simak juga: pantai tirtamaya

Pantai Tirtamaya atau disebut juga dengan Pantai Legenda Tirtamaya Indramayu, merupakan salah satu pantai cantik yang cocok sebagai tujuan wisata keluarga di akhir pekan atau saat liburan tiba.

Pantai ini memiliki deburan ombak yang sangat kecil, bahkan dalam kondisi tertentu nyaris tak berombak. Namun, memiliki area pasir yang luas dan cukup panjang.

Selain itu, Pantai Tirtamaya merupakan pantai yang bersejarah, karena terkait akan sejarah perkembangan Islam di Jawa Barat. Dengan ditemukannya sebuah perahu tua yang terkubur di kawasan Pantai Tirtamaya.

  • Lokasi: Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,- hingga Rp. 12.000,-

6. Tiga Bintang Firdaus

tiga bintang firdaus
tiga bintang firdaus. google maps. sumber: donny G wibisono

simak juga: tiga bintang firdaus

Tiga Bintang Firdaus merupakan tempat wisata di Indramayu yang sangat populer, yang disebut juga dengan nama Kolam Renang Terisi Indramayu.

Daya tarik dari Tiga Bintang Firdaus adalah adanya kolam renang yang cukup banyak serta sebuah taman cantik yang diberi nama Taman Jomblo, serta spot foto yang kekinian dan instagramable banget.

  • Lokasi: Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.30 hingga 16.30
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,- (anak-anak) dan Rp. 20.000,- (dewasa)

7. Taman Cimanuk Indramayu

taman cimanuk indramayu
taman cimanuk indramayu. google maps. sumber: Farhat Official Channel

simak juga: taman cimanuk indramayu

Taman Cimanuk Indramayu atau dalam penulisannya Taman Tjimanoek Indramayu, adalah sebuah kawasan taman cantik yang terletak di hilir Sungai Cimanuk.

Taman Cimanuk Indramayu memberikan sebuah gambaran tentang pengelolaan dan penataan kawasan tepian sungai. Sehingga menjadi lokasi yang menarik, nyaman dan juga aman untuk dijadikan destinasi wisata.

  • Lokasi: Desa Penganjang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dekat dengan tugu 0 kilometer
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

8. Embung Jangkar

embung jangkar
embung jangkar. google maps. sumber: Anas Ardiarta

simak juga: embung jangkar

Embung Jangkar adalah sebuah danau buatan dengan luas sekitar 6 hektar, yang menjelma menjadi sebuah tempat wisata baru yang edukatif, instagramable, dan cocok sebagai destinasi wisata keluarga saat liburan tiba.

Selain memiliki keindahan alam yang menyejukkan, Embung Jangkar memiliki wahana permainan becak air dengan mengelilingi area telaga.

  • Lokasi: Desa Sindang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Gratis

9. Hutan Mangrove Karangsong

hutan mangrove karangsong
hutan mangrove karangsong. google maps. sumber: Ray nugroho

simak juga: hutan mangrove karangsong

Tempat wisata Indramayu selanjutnya ialah Hutan Mangrove Karangsong, bukan sekedar wisata Indramayu yang biasa. Karena kawasan tersebut memiliki sebuah sejarah yang sangat inspiratif.

Hutan Mangrove Karangsong bermetamorfosa dari sebuah kebutuhan akan perlindungan dari abrasi, hingga menjadi sebuah wisata di Indramayu yang edukatif.

Ekowisata Mangrove Karangsong juga menyajikan kebutuhan trend wisata saat ini, yakni berupa spot foto yang instagramable. Salah satunya ialah sebuah menara pandang, sebagai spot terbaik dalam menikmati keindahan alam dari ketinggian.

  • Lokasi: dekat dengan Pantai Karangsong, tepatnya di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,- (motor) dan Rp. 10.000,- (mobil)

10. Agrowisata Situ Bolang

agrowisata situ bolang
agrowisata situ bolang. google maps. sumber: Nurul Ahmad Awaludin

simak juga: agrowisata situ bolang

Selanjutnya ada Agrowisata Situ Bolang yang menjadi sebuah gambaran tentang tempat wisata yang sedang trend saat ini dan banyak digandrungi, yakni kebutuhan akan spot foto yang instagramable.

Disamping itu Agrowisata Situ Bolang memiliki banyak hal-hal edukatif yang tersaji bagi para pengunjung yang datang. Yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta wahana yang seru dan menyenangkan.

  • Lokasi: Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 hingga 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 8.000,- per orang

11. Waterboom Bojong Sari Indah

waterboom bojong sari indah
waterboom bojong sari indah. google maps. sumber: Deni Suhardiman

Tempat wisata yang terakhir akan diulas pada artikel ini ialah Waterboom Bojong Sari Indah, atau biasa disebut BSI. Merupakan waterpark terluas yang ada di Indramayu, dan selalu ramai dikunjungi wisatawan khususnya di akhir pekan atau hari libur.

Selain memiliki area kolam renang yang dilengkapi dengan beragam wahana permaian air yang seru dan menegangkan, Waterboom Bojong Sari Indah juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan lainnya.

Wahana permainan tersebut seperti ATV, Trampolin, dan beberapa wahana permainan lainnya. Dengan menempati area yang cukup luas, dan banyaknya keseruan yang dapat dilakukan, wajar jika BSI selalu ramai dikunjungi.

  • Lokasi: Jl. Bojong Sari, Desa Bojongsari, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 20.000,-