Agrowisata Situ Bolang, Wisata Edukatif, Dan Instagramable Di Indramayu

|

Agrowisata Situ Bolang menjadi sebuah gambaran tentang tempat wisata yang trend saat ini, dan digandrungi di kalangan wisatawan, yakni kebutuhan akan spot selfie instagramable.

Agrowisata Situ Bolang Indramayu, bukan hanya sekedar berbicara tentang keseruan wisata saja. banyak hal-hal edukatif yang tersaji bagi para pengunjung yang datang.

agrowisata situ bolang
agrowisata situ bolang. google maps. sumber: Nurul Ahmad Awaludin

Sejarah penamaan Agrowisata Situ Bolang merujuk kepada sebuah danau buatan, yang bernama Situ Bolang, yang lokasinya berdekatan dengan Agrowisata Situ Bolang.

Kehadiran Situ Bolang sangat penting untuk menunjang sektor pertanian di Indramayu. Dan di era digital seperti saat ini, fungsinya bertambah menjadi tempat wisata Indramayu yang kekinian, dan cocok sebagai destinasi wisata keluaraga saat akhir pekan.

Nah bagi kalian yang terbiasa hidup di kota besar, Kabupaten Indramayu cocok sebagai tujuan wisata anda. Karena sepanjang mata memandang hampir didominasi oleh area pesawahan, dan nyaris tidak memiliki gedung yang menjulang tinggi.

Kondisi jalannya juga hapir semuanya datar, jarang sekali menemukan tanjakan, atau turunan. Bahkan fasilitas penginapan di Kabupaten Indramayu selalu menyajikan fasilitas bersepeda.

Agrowisata Situ Bolang hanya satu dari sekian banyak wisata Indramayu yang layak untuk dikunjungi. Dan inilah reviewnya…

Lokasi Dan Alamat Agrowisata Situ Bolang

  • Lokasi Agrowisata Situ Bolang terletak dekat danau buatan yang bernama Situ Bolang.
  • Alamat Agrowisata Situ Bolang Indramayu berada di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Rute Menuju Agrowisata Situ Bolang

agrowisata situ bolang indramayu
agrowisata situ bolang indramayu. google maps. sumber: Wong Cilegeh

Rute menuju lokasi Agrowisata Situ Bolang, kalian dapat menempuh dengan jarak sekitar  30 km dari pusat kota, dengan estimasi waktu sekitar 45 menit jika jalanan tidak ramai atau macet.

Pengunjung hanya perlu mengarahkan langsung ke arah Desa Jatisura. Jika sudah dekat dengan pintu masuk Situ Bolang, kalian dapat  mengambil arah barat dengan jarak 200 meter pengunjung sudah sampai di destinasi agrowisata ini.

Masyarakat sekitar tentunya sudah akrab dengan tempat wisata ini, sehingga jangan ragu untuk bertanya kepada masyarakat sekitar jika tidak mengetahui arah jalan yang jelas.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Situ Bolang

Tiket masuk Agrowisata Situ Bolang Indramayu adalah sebagai berikut :

  • Tiket Masuk Agrowisata Situ Bolang Rp. 8.000,-
  • Tiket biaya parkir motor Rp. 2.000,-
  • Tiket biaya parkir mobil Rp. 5.000,-
  • Tiket sewa ATV Rp. 10.000,- perjam

Jam Buka Agrowisata Situ Bolang

  • Jam Oprasional Agrowisata Situ Bolang dibuka setiap hari,
  • Apabila weekday buka dari jam 09.00-17.00 dan weekend buka dari jam 09.00-18.00.

Fasilitas Agrowisata Situ Bolang

fasilitas di agrowisata situ bolang
fasilitas di agrowisata situ bolang. google maps. sumber: Husna Isnani

Fasilitas umum yang ada di Agrowisata Situ Bolang ini di antaranya :

  • Tempat parkir,
  • Mushola,
  • Toilet umum,
  • Gazebo/saung,
  • Dan masih banyak lainnya.

Daya Tarik Agrowisata Situ Bolang

1. Situ Bolang

situ bolang indramayu
situ bolang indramayu. google maps. sumber: Tri Loviani

Situ Bolang adalah sebuah danau buatan, yang memiliki luas sekitar 6,25 ha. Di salah-satu tepian danau tersebut ditumbuhi oleh rerumputan, sehingga menjadi tempat nongkrong yang nyaman bagi muda mudi, terutama saat hari menjelang sore.

Sebagaimana telah di singgung di awal paragraf, bahwa sektor pertanian, dan peternakan Kabupaten Indramayu menjadi salah-satu sektor utama pendapatan masyarakat. Sehingga Situ Bolang memiliki peranan penting yang tak terpisahkan.

Nah, view Situ Bolang dapat anda jumpai sebelum sampai ke lokasi utama Agrowisata Situ Bolang. Anda juga bisa menjadikan view danau tersebut sebagai latar foto selfie.

2. Spot Selfie

taman agrowisata situ bolang
taman agrowisata situ bolang. google maps. sumber: Widi Silviani

Agrowisata Situ Bolang menyajikan sebuah area kebun, dan taman yang tertata secara indah, yang dilengkapi dengan beragam spot selfie yang instagramable.

Terdapat sebuah kolam kecil yang didesign menyerupai sebuah air terjun, menjadi salah-satu spot selfie favorit pengunjung. Selain itu, jalur trekking di area kebun, dan tamannya juga sudah tertata secara baik.

Spot selfie yang paling disukai oleh para pengunjung di Agrowisata Situ Bolang Indramayu adalah sebuah jembatan bambu, yang bisa menampung sampai 50 orang.

Jembatan bambu di Agrowisata Situ Bolang sekaligus menjadi lokasi terbaik untuk melihat pesona alam sekitar dari ketinggian.

3. Kolam Renang

Agrowisata Situ Bolang Idramayu juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, legkap dengan kolam busanya. Sehingga menjadi spot yang paling digemari oleh anak-anak.

4. Bermain ATV

wahana atv
wahana atv. google maps. sumber: Petani Pemula

Bagi pengunjung yang suka dengan hal yang menantang, kalian bisa menantang adrenalin dengan menaiki ATV. Terdapat track tersendiri  yang bisa kalian taklukkan dengan medan yang beragam. Akan sangat seru jika bermain langsung dengan keluarga dan teman.

Para pengunjung juga bisa mengelilingi kebun yang sangat luas dengan naik ATV. Aktivitas wisata tersebut memang menjadi wahana yag paling digemari di Agrowisata Situ Bolang.