Taman Cimanuk Indramayu, Taman Bersejarah Di Hilir Sungai Cimanuk

|

Taman Cimanuk Indramayu memberikan sebuah gambaran tentang pengelolaan, dan penataan kawasan tepian sungai, sehingga menjadi lokasi yang menarik, nyaman, dan aman, sebagi sebuah destinasi wisata.

Taman Cimanuk Indramayu, atau dalam penulisannya Taman Tjimanoek Indramayu, adalah kawasan taman cantik, yang terletak di hilir Sungai Cimanuk.

taman cimanuk indramayu
taman cimanuk indramayu. google maps. sumber: Yudi M Nur

Perlu diketahui bahwa Sungai Cimanuk adalah salah-satu sungai terpanjang yang terletak di provinsi Jawa Barat, dan memiliki nilai sejarah yang tinggi, karena pernah menjadi pelabuhan ke dua terbesar setelah Sunda Kelapa.

Pelabuhan tersebut terletak di Kabupaten Indramayu, sebagai hilir dari Sungai Cimanuk. Adapun hulu dari sungai tersebut berada di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Meskipun saat ini arsitektur dari pelabuhan tersebut nyaris tidak ada bekasnya, tetapi fakta sejarah, serta sebuah bendera, menjadi sebuah penegasan bahwa Cimanuk memiliki peranan penting kala itu.

Dan kini, Taman Cimanuk Indramayu menjadi sebuah mahakarya di hilir Cimanuk, yang dikemas secara kekinian, dan cocok sebagai tempat wisata keluarga di Indramayu.

Simak juga: Embung Jangkar, Wisata Alam Inspiratif, Dan Edukatif Di Indramayu

Lokasi Dan Alamat Taman Cimanuk Indramayu

  • Lokasi Taman Cimanuk Indramayu terletak di dekat tugu 0 kilometer Kabupaten Indramayu, dan di dekat Masjid Agung Indramayu.
  • Alamat Taman Cimanuk Indramayu berada di Desa Penganjang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Taman Cimanuk Indramayu

Jalan menuju Taman Cimanuk Indramayu cukup mudah, karena lokasinya sangat strategis, dekat dengan alun-alun Kabupaten Indramayu, dekat dengan Masjid Agung Indramayu, dan Tugu 0 Kilometer.

Adapun jarak dari alun-alun Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ke Taman Cimanuk Indramayu sekitar 500 meteran, hanya beberapa menit saja meskipun dengan berjalan kaki.

Untuk bisa sampai di Taman Cimanuk Indramayu bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat, hingga area parkiran utamanya.

Simak juga: Hutan Mangrove Karangsong, Sejarah Ekowisata Yang Insiratif Di Indramayu

Harga Tiket Masuk Taman Cimanuk Indramayu

  • Tiket masuk Taman Cimanuk Indramayu gratis.
  • Para pengunjung diharuskan membayar tiket, jika ingin naik becak air.

Jam Buka Taman Cimanuk Indramayu

  • Taman Cimanuk Indramayu buka selama 24 jam, kecuali becak air.
  • Taman Cimanuk Indramayu beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Taman Cimanuk Indramayu

fasilitas di taman cimanuk indramayu
fasilitas di taman cimanuk indramayu. google maps. sumber: Thini Syifa

Fasilitas wisata di Taman Cimanuk Indramayu adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Becak air,
  • Spot kuliner,
  • Tempat duduk yang nyaman,
  • Jalur trekking.

Simak juga: Agrowisata Situ Bolang

Daya Tarik Taman Cimanuk Indramayu

1. Becak Air

wahana becak air
wahana becak air. google maps. sumber: Oki Fajar Rochman

Taman Cimanuk Indramayu menyajikan wahana wisata berupa becak air, sebagai sebuah moda transportasi menyusuri area Sungai Cimanuk.

Sungainya bersih, serta aliran airnya juga tenang, sehingga membuat nyaman pengujung yang melakukan aktivitas wisata naik becak tersebut.

Para pengunjung diharuskan membayar tiket sewa, dan terminal becak air tersebut lokasinya berada di bawah jembatan, dan terdapat sebuah turunan tangga untuk bisa sampai ke tempat pembelian tiket.

2. Jalur Trekking

jalur trekking instagramable
jalur trekking instagramable. google maps. sumber: Nur Evie

Daya tarik selanjutnya dari Taman Cimanuk Indramayu adalah jalur trekkingnya yang panjang, tertata secara baik, serta dihias, dan menjadikannya spot yang bagus untuk selfie.

Saat ini, tembok tebing di samping jalur trekking tersebut dipenuhi dengan beragam lukisan. Ada juga tempat duduk di samping sungai yang sangat nyaman.

Area tersebut aman sebagai destinasi wisata keluarga. Karena di jalur trekking tersebut terdapat pagar pembatas di tepi Sungai Cimanuk.

Bagi anda yang hobi dengan tanaman hias, atau bunga-bunga, maka di Taman Cimanuk Indramayu bisa anda temukan orang-orang yang menjual hal tersebut.

3. Spot Kuliner

malam di taman cimanuk
malam di taman cimanuk. google maps. sumber: rama karunia

Saat sore menuju malam, maka kawasan Taman Cimanuk Indramayu mulai dipenuhi para pengunjung, terutama muda-mudi. Karena Taman Cimanuk Indramayu adalah salah-satu tempat yang enak untuk nongkrong.

Salah-satu alasannya adalah terdapat spot kuliner. Suasananya sangat nyaman, terletak di samping Sungai Cimanuk, serta dilengkapi dengan tempat duduk yang nggak bakal ngebosenin buat nongkrong.