Curug Putri Kencana, Refresh Badan Dan Fikiran Sejenak Di Bogor

Selama pandemi Covid-19 ini kamu pasti merasa jenuh dan ingin refresh sejenak untuk mengembalikan kegabutan yang tengah melanda.

Kamu dapat mengunjungi Kawasan Wisata Curug Putri Kencana yang berada di Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Lokasinya pun tak begitu jauh dari Ibu Kota.

Kenapa disebut Kawasan Wisata, karena ketika kamu berada disini kamu akan menikmati 4 buah curug sekaligus. Dengan keadaan curug yang berbeda-beda tentunya.

kolam alaminya berwarna hijau
kolam alaminya berwarna hijau. google maps. sumber: Firman gaming 

Simak juga: Objek Wisata Menarik di Bogor

Ketika berada di Curug Putri kamu akan mendapati sebuah curug dengan yang indah meskipun tak terlalu tinggi, air di kolam alaminya berwarna hijau toska dan sangat jernih.

Alam disekitarnya tampak sangat asri, hal tersebut ditunjukkan dengan masih rindangnya pepohonan yang berderet di sekitar area curug.

Membuat siapapun yang mengunjungi Curug Putri akan merasakan udara yang segar serta istirahat sejenak dari keramaian perkotaan.

Lokasi Curug Putri Kencana

Lokasi Curug Putri Kencana berada di kawasan wisata Gunung Pancar, tepatnya berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa barat.

Loaksi ini berjarak sekitar 23 km ke arah timur dari kota Bogor.

Rute Menuju Curug Putri Kencana

Rute menuju Curug Putri Kencana searah dengan Curug Leuwi Hejo dan Curug Barong, jalurnya sudah beraspal dan bagus kamu akan menemui banyak tanjakan dan belokan curam khas jalan pegunungan.

Dari Tol Jagorawi keluar lewat gerbang Sentul City, kemudian belok kiri masuk ke arah jalan menuju Jungle Land. Sebelum pintu masuk Jungle Land belok ke kanan, kemudian belok kiri.

Papan petunjuk menuju Curug Putri Kencana sudah cukup memadai, jadi kamu tak perlu khawatir tersesat. Hanya jalan mendekati curug cukup menyulitkan jika berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan.

Terdapat jalan berbelok dengan kondisi tanjakan serta akses jalan yang kurang lebar, maka disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja.

pos pintu masuk yang kedua
pos pintu masuk yang kedua. google maps. sumber: Bagus P

Trekking Curug Putri Kencana

Setelah kamu memakirkan kendaraan, untuk menuju curugnya harus melakukan sedikit trekking dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang sudah disediakan.

Jarak menuju curug dari loket pintu masuk sekitar 500 meter saja, dengan kondisi jalan yang masih berupa tanah dan bebatuan. Jika kamu menggunakan mobil, maka jarak tempuh akan lebih jauh lagi.

Sebelum tiba di Curug Putri Kencana kamu akan menemukan beberapa buah curug dengan ketinggian yang sangat landai, namun banyak pengunjung yang bermain di sekitar kolamnya.

Curug Putri Kencana letaknya paling ujung, sehingga butuh tenaga ekstra untuk menuju ke sana. Lokasinya berada di bawah jembatan bambu, jadi untuk berada lebih dekat dengan curug harus menuruni beberapa anak tangga terlebih dahulu.

Jam Buka Curug Putri Kencana

Jam operasional Curug Putri Kencana dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 18.00, namun waktu terbaik mengunjungi curug ini ialah di pagi hari.

Dimana keadaan alam yang masih segar serta belum terlalu banyak pengunjung yang datang ke lokasi.

alamnya masih sangat asri
alamnya masih sangat asri. google maps. sumber: Riparhand

Tiket Curug Putri Kencana

  • Tiket masuk ke kawasan Curug Putri Kencana cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000,- per orang.
  • Parkir kendaraan roda dua harus membayar sebesar Rp. 10.000,-

Fasilitas Curug Putri Kencana

Fasilitas umum yang ada di sekitar Curug Putri Kencana diantaranya:

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman

Ragam Wisata Seru 

1. Curug Putri Kencana

berada diantara tebing batu
berada diantara tebing batu. google maps. sumber: Ilham Maulana

Simak juga: Kebun Raya Purwodadi

Curug ini bernama Putri Kencana, karena berhubungan dengan mitos warga sekitar yang selalu melihat penampakan seorang putri yang cantik jelita menggunakan kereta kencana di malam Jum’at.

Terlepas dari hal tersebut, keadaan alam curug dengan ketinggian sekitar 7 meter ini memang sungguh menggoda. Terletak diantara tebing batu yang cukup tinggi serta air yang dialirkan sangat jernih dan bersih.

Terdapat sebuah kolam alami dengan kedalaman sekitar 4 hingga 6 meter yang berwarna hijau toska, sangat cantik jika dilihat dari ketinggian.

Lokasinya yang sedikit tersembunyi membuat Curug Putri Kencana sangat terlihat asri, pas banget untuk dijadikan tempat mengasingkan diri.

Aliran air curugnya terus mengalir menuju sungai yang ada di sekitarnya, sungai tersebut memiliki kedalaman hanya sekitar kaki saja. Dikelilingi bebatuan dengan berbagai ukuran.

2. Bermain Air

Melihat jernihnya air yang dialirkan Curug Putri Kencana membuatmu ingin merasakan segarnya air menyentuh tubuhmu. Mungkin awalnya akan terasa dingin, namun semakin lama semakin seru.

Kamu dapat duduk diatas bebatuan yang ada untuk kemudian memasukkan kakimu ke air sebagai permulaan. Kegiatan lain yang harus dicoba ialah berenang di sekitar kolam alaminya.

Namun hal tersebut haruslah sangat berhati-hati, karena kedalamannya yang lebih dari 4 meter. Airnya sungguh sangat menyegarkan seakan mendaur ulang tubuh yang sudah lelah menjadi baru kembali.

3. Camping

Simak juga: Bukit Wolobobo Flores

Untuk kamu para pecinta alam sejati, kamu dapat mendirikan tenda di area yang sudah disediakan. Namun untuk melakukan kegiatan tersebut harus membayar kembali sebesar Rp. 25.000,- per tenda.

Bermalam bersama suara aliran air terjun serta suara alam lainnya sepanjang malam, udara yang cukup dingin tak dihiraukan.

segarnya air yang mengalir
segarnya air yang mengalir. google maps. sumber: rochmadi m

4. Menikmati curug lainnya

Selain menikmati Curug Putri Kencana, kamu juga terdapat beberapa air terjun seperti:

  • Leuwi Pariuk

Leuwi Pariuk merupakan sebuah sungai kecil dengan air terjun yang tak terlalu tinggi. Sungainya dihiasi bebatuan dengan ukuran beragam yang bertebaran di sekitar sungai.

Kedalaman sungainya hanya setinggi mata kaki, banyak pengunjung yang bermain air disini. Khusunya mereka yang membawa serta anak-anak, karena lokasinya yang tak terlalu jauh dari area parkir.

seru seruan bersama
seru seruan bersama. google maps. sumber: nhazz mad

Simak juga: Air terjun kedung kayang

  • Leuwi Demang

  • Leuwi Baliung

  • Curug Love

Curug yang satu ini disebut dengan Curug Love karena air terjunnya terpecah oleh sebuah batu yang berada di tengah-tengah aliran airnya sehingga membentuk menyerupai bentuk hati.

Air yang dialirkannya sangat jenih serta bersih, sungguh menggoda pandangan dan hasrat untuk bermain segarnya air. Katanya jika jombloers berenang disini dapat segera bertemu dengan jodohnya.

Tips Mengunjungi Curug Putri Kencana

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang berencana mengunjungi Curug Putri Kencana:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan. Karena jika hujan tiba keadaan jalur trekking akan sangat licin.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Berhati-hatilah ketika menapaki jalur trekking.
  • Datanglah di pagi hari untuk mencegah kemacetan dan riuhnya lokasi Curug Putri Kencana.
  • Lebih baik menggunakan kendaraan roda dua.
  • Jaga selalu kebersihan area Curug Putri Kencana.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
terdapat area spot foto yang cantik
terdapat area spot foto yang cantik. google maps. sumber: Muchtar 46

Simak juga: Rumah adat Krucut desa Wae Rebo

Penutup

Memperhatikan berbagai daya tarik yang dimiliki curug putri Kencana, sepertinya akan jadi pilihan yang tepat untuk tidak berlama-lama menunda kunjungan ke lokasi indah itu. Segeralah bermain airnya yang jernih.

Selamat Berlibur!


Tinggalkan komentar