Curug Putri Kencana, Wisata Alam Indah Di Dekat Kota

Di Curug Putri Kencana, pengunjung akan disuguhkan pemandangan air terjun yang memukau. Ditambah lagi di bawahnya terdapat leuwi atau kolam berwarna hijau tosca yang dihiasi bebatuan besar. Di kawasan Curug Putri Kencana, terdapat beberapa curug mini dengan kedalaman leuwi yang bervariasi.

Di Curug Putri Kencana, pengunjung akan disuguhkan pemandangan air terjun yang memukau. Ditambah lagi di bawahnya terdapat leuwi atau kolam berwarna hijau tosca yang dihiasi bebatuan besar
Curug Putri Kencana. Image via: angelonjourney

Letaknya yang tak terlalu jauh dari pusat ibukota seperti Jakarta. Ataupun dari beberapa kota pendukung seperti Bandung, Sukabumi, Bekasi ataupun kota-kota lainnya. Hal ini menjadikan tempat wisata ini selalu ramai diserbu oleh para pengunjung.

Dengan kesegaran air yang menyatu dengan alam yang masih asri membuat siapapun betah untuk berlama-lama main di dalam kolam alami. Kolam-kolam alami yang berundak-undak terbentuk dari susunan bebatuan dengan berbagai ukuran dan warna air tosca yang jernih, seakan memanggil untuk sesegera mungkin berenang di dalamnya.

Terlebih memang kondisi badan yang mulai menurun dikarenakan lelah seperjalanan, pastinya akan segar kembali. Bagi yang ingin sedikit memacu adrenalin, kamu dapat mencoba sensasi melompat kedalam kolam dari atas jembatan bambu dekat area camping.

Ceria bersama di Curug Putri Kencana
Ceria bersama. Image via: rubrikwisata.com

Simak juga: Objek Wisata Menarik di Bogor

Lokasi Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana berlokasi di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Loaksi ini berjarak sekitar 23 km ke arah timur dari kota Bogor.

Rute Menuju Curug Putri Kencana

Lokasi Curug Putri Kencana searah dengan curug Lewi panjang dan curug Barong yang ada dijonggol. Jadi pengunjung dari 3 curug itu bisa mengambil arah yang sama. Jalananya cukup bagus karena sudah diaspal. Namun banyaknya tanjakan-tanajakan yang curam dan terjal sedikit membuat perjalanan jadi sedikit menantang.

Akses menuju Curug Putri Kencana sebenarnya sangat mudah. Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa melalui jalan tol Jagorawi lalu keluar di gerbang Sentul City. Dari sana belok kiri lalu masuk kearah jalan utama menuju Jungle Land.

Sebelum pintu gerbang Jungle Land belok kanan dan akan melalui jalan perkampungan sampai bertemu pertigaan.Dari pertigaan kemudian Belok ke arah kiri menuju Curug Putri Kencana dan Leuwi Hejo. Sepanjang jalur itu terdapat banyak petunjuk Jalan menuju putri kencana, jadi tidak usah khawatir tersesat.

Fasilitas Curug Putri Kencana untuk menikmati air terjun dengan santai
Fasilitas Curug. Image via: @enjoywestjava

Jam Buka Curug Putri Kencana

Pada dasarnya Kawasan wisata air terjun Curug Putri Kencana dibuka setiap hari oukul 07.00-18.00.

Namun tidak disarankan untuk berkungjung kemari ketika musim hujan karena akses treking menuju curug terlalu licin dan berbahaya, serta arus air teralu deras. Lebih baik datang pada musim kemarau agar lebih terjamin keamanannya.

Tiket Curug Putri Kencana

Pengunjung Curug Putri Kencana hanya perlu membayar tiket sebesar 15 ribu rupiah untuk masuk ke area Curug Putri Kencana.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, wajib membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Cukup berjalan kaki sekitar 500 meter dari loket masuk untuk bisa sampai di lokasi air terjun.

Fasilitas Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, seperti area parkir, toilet, musholla.

Ada pula warung yang menjual aneka jajan dan makanan. Pengunjung juga bisa mendirikan tenda di area camping ground, namun akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 25.000 per tenda.

Aktivitas Menarik di Curug Putri Kencana

  1. Pemandangan nan Asri

Lompat Jembatan di Curug Putri Kencana menajdi atraksi menantanga drenalin yang disukai pengunjung
Lompat dari jembatan. Image via: mytrip.co.id

Simak juga: Kebun Raya Purwodadi

Alam di Curug Putri Kencana ini masih asri dan terjaga kelestariannya. Pepohonan tumbuh dengan rimbun dan suasana pedesaan melekat di tempat tersebut. Begitu sampai di lokasi, pengunjung akan dibuat terpukau oleh panorama air terjun yang alirannya berasal dari Sungai Sadon itu.

Objek wisata tersebut dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) yang dibentuk oleh masyarakat di dalam atau sekitar hutan dan Perhutani. Perhutani adalah Badan Usaha Milik Negara yang mempunyai wewenang dalam menyelenggarakan, merencanakan, mengurus, mengusahakan serta melindungi hutan di wilayah mereka.

Pengunjung bisa berenang atau menikmati sensasi melompat dari atas jembatan bambu dan bebatuan yang berada di dekat area kemping ke kolam itu. Tinggi loncatannya sekitar beberapa meter dan biasanya pengunjung akan memilih titik tertentu yang mereka nilai aman

  1. Rangkaian Curug

Curug LOve, salah satu curug dari rangakian 5 curug di kompleks curug putri kencana
Curug Love. Image via: dianjuarsa.com

Wana Wisata Curug Putri Kencana tidak hanya terdiri dari satu air terjun saja. Jika menyusuri jalur treking menuju curug ini, pengunjung akan disuguhi oleh berbagai air terjun dan sungai lainnya. Air terjun maupun sungai ini juga aman untuk menjadi tempat rekreasi sekadar bermain air.

Rangkaiannya terdiri dari Leuwi Pariuk, Leuwi Demang, Leuwi Baliung, hingga Curug Love yang unik.

Leuwi Pariuk adalah sungai kecil dengan air terjun yang tinggi. Sungainya dihiasi bebatuan besar yang bertebaran di sekitar air terjun. Ketinggian airnya hanya semata kaki. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat berfoto bersama kerabat atau rekan.

Leuwi Demang serta Leuwi Baliung berukuran lebih lebar dan luas. Leuwi Demang memiliki air terjun kecil dan sungai setinggi setengah betis orang dewasa. Bagi yang suka bermain air dan berenang, tempat ini sangat aman dan bisa jadi pilihan.

Leuwi pariuk salahs atu curug dari rangakain 5 curug di curug putri kencana
Leuwi Pariuk. Image via: mytrip.co.id

Simak juga: Air terjun kedung kayang

Rangkaian terakhir yaitu Curug Love yang berjarak sekitar 30 menit berjalan kaki dari curug ini. Disebut “Love” karena air terjunnya terpecah oleh sebuah batu di tengah, membuatnya terbentuk menyerupai bentuk hati. Airnya tidak kalah jernih dari air terjun ini. Pengunjung bisa bermain air sepuasnya di sini.

Masing-masing riam mempunyai kedalaman yang bervariasi. Putri Kencana sendiri memang kecil dan tidak terlalu tinggi. Kedalamannya mencapai beberapa meter, jadi untuk yang tidak bisa berenang sebaiknya bermain di tepian saja.

Curug-curug tersebut memiliki kolam-kolam yang tercipta dari susunan bebatuan dengan beragam ukuran. Aliran airnya berwarna tosca dan sangat jernih, seolah mengundang para pengunjung untuk segera mendekat.

  1. Aktivitas luar ruangan

Clift jumping curug putri kencana diminati banyak pengunjung
Cliff jumping. Image via: ayobogor.com

Tebing bebatuan yang mengapit Curug Putri Kencana sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai cliff jumping. Untuk mencapai tebing yang tertinggi di samping curug, pengunjung harus sedikit menyusuri jalan setapak ke atas dan naik ke jembatan.

Jika nyali masih belum kuat, lebih baik pilih batu-batu besar yang ada di sekitar telaga sebagai pijakan untuk cliff jumping.

Jika tidak terlalu menyukai aktivitas menantang, pengunjung cukup bersantai di telaga atau bermain air di sungainya. Terdapat penyewaan pelampung di sekitar curug yang menawarkan pelampung berbagai bentuk dengan harga variatif.

Arus airnya yang tenang, serta alam terbuka yang mengelilingi, akan menghanyutkan rasa penat dan menggantikannya dengan rasa nyaman di hati.

Ingin aktivitas menarik lainnya, pengunjung juga bisa menyewa pelampung dan mencoba kegiatan body rafting. Menyusuri sungai perlahan-lahan sambil menikmati air yang segar tentu menantang sekaligus menyenangkan.

  1. Camping

camping di sekitar curug putri kencana menyenangkan untuk pengalaman luar ruangan
Camping. Image via: flickr.com

Simak juga: Bukit Wolobobo Flores

Jika hendak bermalam, pengunjung bisa berkemah di area campground yang telah disediakan. Jangan khawatir karena tempatnya cukup luas, bersih dan memiliki fasilitas berupa mushola, toilet serta listrik. Untuk mendirikan tenda pun hanya dikenai tarif Rp.25.000,-.

Di sekitarnya juga terdapat beberapa warung yang menyediakan aneka makanan untuk melengkapi logistik. Ada pula warung yang memiliki balai-balai bambu dengan view air terjun. Dijamin pengunjung bisa bersantai dengan khusyuk di sana.

Apabila ingin ke Curug Putri Kencana, berangkatlah lebih pagi dan bukan pada hari libur supaya bisa puas bermain air. Sebab, kalau sudah siang biasanya banyak pengunjung yang datang. Jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan gambar pemandangan atau berselfie ria dengan background air terjun.

Menanti cinta di curug Love rangakain dari curug putri kencana
Menanti cinta di curug Love. Image via: @lenyanggraeny95

Tips Mengunjungi Curug Putri Kencana

Apabila ingin ke Curug Putri Kencana, berangkatlah lebih pagi dan bukan pada hari libur supaya bisa puas bermain air. Sebab, kalau sudah siang biasanya banyak pengunjung yang datang. Jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan gambar pemandangan atau berselfie ria dengan background air terjun.

Gunakanlah alas kaki yang baik, nyaman dan anti slip. Bila menggunakan sendal, gunakanlah jenis sendal yang memiliki tali di bagian belakang.

Siapkan uang kecil, untuk solusi bilamana di jalan menuju lokasi terdapat aksi pungli yang dikenakan.

hirup udara segar di curug putri kencana
Menghirup segar udara Curug. Image via: @rahmisuciati19

Simak juga: Rumah adat Krucut desa Wae Rebo

Objek Wisata Dekat Curug Putri Kencana

Tidak jauh dari curug Putri kencana, dalam jarak 3 km saja, terdapat air terjun populer lain, yakni curug leuwi hejo. Kawasan wisata alam Leuwi Hejo memiliki beberapa curug, dengan total curug sebanyak 5 buah, yaitu curug Leuwi Hejo, curug Leuwi Liek, curug Leuwi Ciung, curug Leuwi Cepet, serta curug Baliung.

Lokasi curug satu ke curug yang lainnya tidak perlu memakan waktu yang begitu lama, perlu 5 sampai 15 menit perjalanan tracking.

Masih dalam jalur yang sama, dengan jarak juga sekitar 3 km, ada curug lain. Curug Barong. Curug Barong tidak terlalu tinggi. Tingginya mungkin tidak sampai 10 meter. Daya tarik utama curug ini adalah airnya yang terlihat sangat jernih dan menyegarkan. Aliran air yang berada di curug ini berasal dari salah satu sungai di Bogor yakni Sungai Cirangrang.

Memperhatikan berbagai daya tarik yang dimiliki curug putri Kencana, sepertinya akan jadi pilihan yang tepat untuk tidak berlama-lama menunda kunjungan ke lokasi indah itu. Segeralah mencumbu airnya yang jernih.

Selamat Berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment