Review Lengkap Curug Barong, Keindahan Air Terjun di Bogor yang Disembunyikan

Keindahan alam Bogor memang tidak ada habisnya. Selalu saja ada hal menarik yang harus saya bahas. Begitupun dengan kamu para pencinta keindahan alam, pasti menunggu ada keindahan apa lagi yang harus dinikmati saat berada di Bogor.

Keindahan alam Bogor memang sudah tidak perlu diragukan lagi, begitu banyak air terjun atau curug yang wajib kamu datangi saat mengunjungi Bogor.

Salah satunya ialah Curug Barong, yang terletak di kawasan Gunung Cipancar Sentul. Lokasi Curug Barong masih sama dengan Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk.

Curug Barong, Bogor
Curug Barong, Bogor. Sumber: www.yukpiknik.com

Tidak banyak orang yang mengunjungi Curug Barong ini, mungkin hal ini dikarenakan medan yang harus kamu lalui cukup menantang dan menguras tenaga.

Curug Barong terdengar tidak asing bagi para pencinta alam, kesejukan dan keindahan alamnya dapat mengalahkan rasa lelah trekking. Simak lebih jauh ulasan tentang Curug Barong ini, check this out!

Trekking Menuju Curug Barong

Trekking yang akan kamu lakukan saat melakukan perjalanan menuju Curug Barong, cukup terjal dan berliku. Maka dari itu kamu harus dalam keadaan prima dan menggunakan alas kaki yang tepat.

Sesaat setelah memarkirkan kendaraanmu, kamu akan mulai menapaki jalan tanah dengan keadaan alam yang masih sangat alami.

Di perjalanan nanti kamu akan menemukan petunjuk ke Curug mana kamu mau berkunjung. Karena memang di lokasi ini terdapat 3 buah Curug yang memiliki keindahan yang berbeda-beda.

Sampai di Pos Leuwi hejo, kamu harus tetap menapaki jalan setapak berupa tanjakan dan turunan di tengah rindangnya pepohonan yang masih alami.

Berhati-hatilah saat menapaki jalanan turunan karena masih berupa tanah dan licin jika keadaannya basah. Di samping itu tidak adanya pegangan yang kokoh saat menapakinya.

Setelah melewati jalan yang menanjak, menurun, serta melalui beberapa tangga. Mungkin sekitar 20 menit lamanya, namun itu terkandung keadaaan kamu sendiri, kamu sudah dapat mendengar deburan air terjunnya.

Rasa lelah saat melakukan trekking terbayarkan sudah, melihat keadaan airnya yang jernih dan bersih. Curug Barong berada di antara Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk. Karena lokasinya berada di tengah sehingga terkadang jarang untuk dikunjungi.

Pesona Keindahan Curug Barong

Curug Barong seperti disembunyikan dengan berada diantara bebatuan besar yang seakan memagarinya dari tangan-tangan manusia yang jahil.

Jernih dan Derasnya Aliran Curug Barong
Jernih dan Derasnya Aliran Curug Barong. Sumber: fekojr.blogspot.com

Ketinggian Curug Barong kira-kira hanya 7 meter, meskipun begitu aliran airnya cukup deras dan airnya pun sangat jernih dan bersih. Aliran airnya berasal dari Sungai Cirangrang.

Ragam wisata Curug Barong

Keindahan alam Curug Barong wajib dinikmati dengan melakukan ragam wisata sebagai berikut:

1. Berenang

Berenang merupakan salah satu cara untuk melepaskan penatnya perjalanan menuju Curug Barong. Namun jika kamu mau berenang, alangkah baiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari kram pada kaki.

Kedalaman kolamnya cukup beragam yang paling dalam yakni sekitar 2 meter, jadi kamu harus hati-hati saat berenang.

Berenang di Kolam Alami Curug Barong
Berenang di Kolam Alami Curug Barong. Sumber: thefreakyteppy.com

Aliran air terjun Curug Barong cukup deras dan terus mengalir menuju kearah Leuwi Hejo. Airnya yang bersih dan jernih, dijamin dapat menyegarkan kembali badan kamu.

2. Bermain Air

Jika kamu tidak bisa berenang, baiknya kamu menikmati kesegaran airnya hanya di kolam yang dangkal. Meskipun begitu kamu masih dapat menikmati kesegaran air yang dialirkan Curug Barong ini.

Menikmati Kesejukan Air Curug Barong
Menikmati Kesejukan Air Curug Barong. Sumber: travelspromo.com
Menikmati Curug Barong Bersama
Menikmati Curug Barong Bersama. Sumber: travelspromo.com

3. Berfoto Selfie

Hal wajib selanjutnya ialah mengabadikan keindahan alam Curug Barong menjadi sebuah foto atau video.

Banyak tempat yang dapat menjadi latar dari foto atau video mu. Keindahan Curug Barong dan jernihnya kolam alami yang mengitarinya merupakan spot foto yang menarik.

Mengabadikan Keindahan Curug Barong
Mengabadikan Keindahan Curug Barong. Sumber: www.youtube.com

Atau dengan santuy duduk di atas sebuah batu besar menikmati keindahan alam yang diberikan, bisa juga menjadi salah satu foto terbaikmu.

Duduk Santuy di Atas Kolam Curug Barong
Duduk Santuy di Atas Kolam Curug Barong. Sumber: backpackerjakarta.com

Lokasi Dan Alamat Curug Barong

Alamat Curug Barong berada di Kawasan Babakan Madang, Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16810.

Lokasinya berada di Area Gunung Pancar Sentul, masih satu lokasi dengan Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk.

Rute Menuju Curug Barong

Rute menuju Curug Barong jika dari arah Jakarta seperti berikut:

  • Jika kamu menggunakan kendaraan roda empat alias mobil, kamu gunakan Tol Jagorawi kemudian keluar di Sentul City/Selatan. Setelah keluar dari Tol kamu terus lurus hingga melewati Sentul City kemudian Jungle Land. Saat tiba di gerbang masuk Jungle Land, belok kanan masuk ke arah perkampungan Karang Tengah. Setelah mendapati pertigaan belok kiri, mulailah kamu fokus mencari petunjuk Curug Leuwi Hejo.
  • Untuk kamu yang menggunakan motor dari arah Jakarta kamu masuk di Jl. Raya Bogor sampai ketemu Prapatan Nanggewer, setelah itu belok kiri ke arah Alternatif Sentul. Setelah itu terus lurus menemukan Sirkuit Sentul, dari sana kamu belok kanan ke arah Babakan Madang. Kemudian lurus terus ke jalan yang mengecil melewati samping SICC. Keluar dari SICC kamu belok kiri lalu lurus melewati Sentul City hingga menuju Jungle Land. Saat berada di gerbang masuk Jungle Land belok kanan menuju arah perkampungan Karang Tengah. Di pertigaan jalan kamu belok kiri hingga ketemu tulisan Curug Leuwi Hejo.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Barong

Untuk dapat memasuki area Curug Barong, kamu harus melewati 2 pos yaitu:

  • Tiket Masuk Pos Leuwi Hejo              : Rp. 15.000,- per orangnya
  • Tiket Masuk Pos Curug Barong          : Rp. 10.000,- per orangnya
  • Sedangkan untuk tiket parkir mobil kamu harus membayar Rp. 15.000,- per unitnya.

Jam Operasional Curug Barong

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Barong kamu tidak perlu khawatir, karena Curug Barong dibuka setiap hari Senin sampai hari Minggu mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 wib.

Fasilitas Curug Barong

Fasilitan yang tersedia di Curug Barong masih minim sekali, karena letaknya yang berada diantara hutan belantara sehingga ketersediaan toilet dan tempat ganti pakaian pun belum ada. Warung-warung makanan ada di jalur trekking, itupun jumlahnya tidak banyak.

Tips Wisata

Untuk kamu yang ingin menikmati keheningan Curug Barong, kamu perlu menyimak beberapa tips wisata berikut ini:

  • Selalu perhatikan keadaan cuaca saat kamu akan mengunjungi Curug, jangan sampai sedang mendung apalagi turun hujan.
  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman untuk perjalanan jauh dengan keadaan jalanan yang masih berupa tanah.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup.
  • Pastikan kondisi badan kamu sedang prima.
  • Wisata mengunjungi Curug Barong tidak cocok membawa anak-anak.
  • Berhati-hatilah saat melakukan jalur trekking menurun.
  • Selalu waspada dan hati-hati saat bermain air.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian tempat dimanapun kamu berada.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam Curug Balong.

Penutup

Keindahan alam yang masih alami memang sangat dicari dengan situasi pandemi saat ini. Back To Nature mungkin itulah hal yang tepat untuk dilakukan sekarang.

Curug Barong memberikan kita ketenangan hati dan fikiran, dengan keadaan yang masih sangat alami dan belum ramai dikunjungi para wisatawan.

Keindahan alamnya harus selalu kita jaga dan lestarikan, jika kamu berencana pergi ke Bogor weekend ini Curug Barong merupakan tempat wisata yang tepat untuk melepas penat. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment