Curug Leuwi Hejo, Kolam Jernih Menyegarkan

Curug Leuwi Hejo hadir sebagai salah satu objek wisata air yang ada di kawasan Gunung Cipancar Sentul. Dimana air yang mengalir berasal dari Sungai Cilengsi dan sangat jernih sekali.

Di Kawasan ini terdapat beberapa curug atau air terjun yang dapat kamu kunjungi, yakni Curug Barong, Curug Putri Kencana, Leuwi Lieuk, dan Curug Leuwi Hejo itu sendiri.

Dengan berada di satu jalur membuat kamu dapat memilih hendak mengeksplor curug yang mana dulu. Posisi Curug Leuwi Hejo berada paling depan, ini artinya sebelum melanjutkan ke curug-curug yang lain kamu akan melewatinya terlebih dahulu.

curug leuwi hejo
curug leuwi hejo. google maps. sumber: Eka Prastica

Objek wisata yang ada di bogor memang terkenal indah dan masih alami, alangkah baiknya jika hal tersebut dapat kita jaga dan rawat bersama.

Baik dari pihak pengelola maupun dari wisatawan itu sendiri, sehingga keindahan alam yang dihadiahkan Tuhan dapat dinikmati oleh siapa saja tanpa hal-hal yang meresahkan.

Simak juga: Wisata Populer di Bogor.

Asal Mula Nama Curug Leuwi Hejo

Kejernihan Curug Leuwi Hejo sudah sedari dulu, kemudian karena semakin banyaknya orang yang mengunjunginya dan mandi di aliran airnya keadaan leuwi menjadi tidak jernih lagi.

Hal tersebut diakibatkan pengunjung yang datang membuang sampah sembarangan, berdasarkan hal tersebut berdirilah sebuah lembaga yang bernama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang prihatin akan hal tersebut.

Kemudian setelah mendapat izin dari berbagai pihak, akhirnya lembaga tersebut diperkenankan mengelola Curug Leuwi Hejo. Dan mulai dikomersilkan atau dibuka untuk umum pada tahun 2014 silam.

Curug ini awalnya bernama Curug Bengkok, karena memiliki aliran air yang berbelok-belok. Sedangkan nama Leuwi Hejo sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang artinya air terjun tempat mandi yang berwarna hijau.

Dan sampai saat ini curug yang satu ini dikenal dengan nama Curug Leuwi Hejo.

bermain air di aliran airnya
bermain air di aliran airnya. google maps. sumber: Shiti Jubaedah

Mitos Curug Leuwi Hejo

Keindahan alam yang dimiliki Curug Leuwi Hejo ternyata menyimpan mitos yang cukup membuatnya menjadi tempat yang angker.

Disebutkan barang siapa yang mandi disini kemudian membuang sampah sembarangan dan berbicara yang tidak baik, maka dia akan ditimpa bala atau bencana.

Konon katanya tempat ini dijaga oleh sesepuh yang bernama Mbah Barong dan Aki Jawa. Ada pula yang menyebutkan bahwa lokasi wisata yang satu ini selalu dikaitkan dengan Nyi Blorong dan Mbah Uyud Marsinah.

Belum ada penjelasan lebih detil akan hubungan keduanya. Namun di sekitar Curug Leuwi Hejo terdapat petilasan Mbah Uyud Marsinah.

berfoto bersama curug leuwi hejo
berfoto bersama curug leuwi hejo. google maps. sumber: Leuwi Hejo Trip Trekking

Keangkeran Curug Leuwi Hejo yang berkembang dari mulut ke mulut tersebut, sama sekali tak terasa ketika berada di sana. Namun memang kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga norma yang ada dimana pun kita berada.

Satu lagi mitos mengenai Curug Leuwi Hejo, yakni airnya mampu menyembuhkan penyakit gatal maupun kelumpuhan anggota gerak tubuh.

Lokasi dan Alamat Curug Leuwi Hejo

Alamat Curug Leuwi Hejo berada di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

Lokasinya berada di Area Gunung Pancar Sentul, masih satu lokasi dengan Curug Barong dan Leuwi Lieuk.

Rute Menuju Curug Leuwi Hejo

Rute menuju Curug Leuwi Hejo dapat kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika kamu menggunakan kendaraan roda empat alias mobil, dengan melewati Tol Jagorawi kemudian keluar di Sentul City/Selatan. Setelah keluar dari Tol kamu terus lurus hingga melewati Sentul City kemudian Jungle Land.

Saat tiba di gerbang masuk Jungle Land, belok kanan masuk ke arah perkampungan Karang Tengah. Setelah mendapati pertigaan belok kiri, mulailah kamu fokus mencari petunjuk Curug Leuwi Hejo.

Untuk kamu yang menggunakan motor dari arah Jakarta kamu masuk di Jl. Raya Bogor sampai ketemu Prapatan Nanggewer, setelah itu belok kiri ke arah Alternatif Sentul.

Setelah itu terus lurus menemukan Sirkuit Sentul, dari sana kamu belok kanan ke arah Babakan Madang. Kemudian lurus terus ke jalan yang mengecil melewati samping SICC.

Keluar dari SICC kamu belok kiri lalu lurus melewati Sentul City hingga menuju Jungle Land. Saat berada di gerbang masuk Jungle Land belok kanan menuju arah perkampungan Karang Tengah.

Di pertigaan jalan kamu belok kiri hingga ketemu tulisan Curug Leuwi Hejo.

Simak juga: curug barong

Trekking Curug Leuwi Hejo

Setelah memakirkan kendaraan, kamu tak langsung dapat menikmati jernihnya air di Curug Leuwi Hejo. Kamu masih harus berjalan kaki dengan pemandangan alam yang indah menuju curug.

Trekking yang kamu lalui awalnya memasuki perkampungan rumah warga, kemudian berubah menjadi jalur setapak diantara pemandangan gunung dan pepohonan yang berwarna hijau.

Waktu tempuhnya sekitar 15 hingga 20 menit, tergantung pada kecepatan kamu berjalan kaki. Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin untuk memudahkan kaki melangkah dengan nyaman.

Sebelum tiba di Curug Leuwi Hejo kamu akan melewati deretan warung-warung makanan, kemudian akan melihat sebuah pos yang bertuliskan Curug Leuwi Hejo.

pos curug leuwi hejo
pos curug leuwi hejo. google maps. sumber: Kumala Arsya

Jam Buka Curug Leuwi Hejo

  • Jam operasional Curug Leuwi Hejo dibuka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Dengan waktu buka sekitar pukul 07 pagi hingga pukul 05 sore.

Tiket Curug Leuwi Hejo

Tiket masuk Curug Leuwi Hejo dengan membayar retribusi sebesar Rp. 25.000,- per orangnya.

Fasilitas Curug Leuwi Hejo

Fasilitas yang dimiliki Curug Leuwi Hejo diantaranya:

  • Kamar mandi
  • Warung-warung makanan dan minuman
selalu ramai dikunjungi
selalu ramai dikunjungi. google maps. sumber: Raynardthan Pontoh

Ragam Wisata Seru di Curug Leuwi Hejo

Ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Leuwi Hejo diantaranya:

1. Bermain Air dan Berenang

Simak juga: curug leuwi lieuk

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan menceburkan diri ke dalam airnya yang berwarna hijau dan sangat jernih itu.

Namun harus berhati-hati, karena Curug Leuwi Hejo memiliki kedalaman yang beragam bahkan di bagian tertentu kedalamannya mencapai 2 hingga 3 meter.

Curug Leuwi Hejo memang tak terlalu tinggi, namun aliran airnya cukup deras juga jernih. Sungguh sangat menyegarkan jika kamu menceburkan diri kedalam kolamnya yang berwarna hijau tersebut.

Jika kamu tak begitu pandai berenang, kamu dapat duduk-duduk di bebatuan yang ada di sekitar kolam sambil bermain segarnya air yang mengalir.

2. Body Jumping

body jumping
body jumping. google maps. sumber: Alifa Ramadhina Faiha

Simak juga: Curug Luhur.

Selain berenang dan bermain dinginnya air Curug Leuwi Hejo, lengkapi keseruan kamu dengan melakukan body jumping atau terjun dari tebing yang ada di sekitarnya.

Untuk melakukan hal tersebut, haruslah dibarengi dengan kehati-hatian. Jangan sampai keseruan yang kamu lakukan berubah menjadi keharuan.

3. Menikmati Alam

alam di sekitar curug leuwi hejo
alam di sekitar curug leuwi hejo. google maps. sumber: Santi Theresianti

Simak juga: Curug Nangka.

Alam di sekitar Curug Leuwi Hejo masih dihiasi dengan pemandangan yang menyejukkan, kamu dapat duduk-duduk di bawah rindangnya pepohonan sambil menikmati alam yang tersaji.

Sungguh sangat menenangkan apalagi ditambah dengan suara air yang mengalir. Tempat wisata alam yang tak begitu jauh dari Ibukota namun mampu menghempaskan semua kesibukan.

4. Hunting Foto-Foto Cantik

Tak lengkap keseruan yang kamu lakukan di Curug Leuwi Hejo jika tanpa mengabadikan momen indah yang tercipta. Banyak pengunjung yang berfoto dengan latar aliran curugnya.

Tak sedikit pula dari mereka yang berfoto ketika sedang berenang di kolamnya yang berwana hijau toska.

Yuk datangi Curug Leuwi Hejo weekend ini, dan biarkan jiwa dan ragamu refreshing sejenak.


Tinggalkan komentar