Curug Hordeng, Keindahan 3 Curug di Sentul Bogor Dalam Satu Kawasan

Bogor merupakan lokasi strategis bagi kamu yang berasal dari Jakarta atau sekitarnya untuk merehatkan sejenak badan dan fikiran dengan kembali ke alam.

Seperti kamu ketahui, Bogor mempunyai banyak tempat asri yang wajib untuk dikunjungi. Kali ini saya akan membahas mengenai Curug Hordeng, yang terletak di kawasan Sentul Bogor.

Landscape Curug Hordeng
Landscape Curug Hordeng. GoogleMaps. Sumber: www.denubay.com

“Hordeng” sendiri dalam Bahasa Indonesia berarti “tirai”. Mengapa diberi nama Curug Hordeng? Hal itu karena bentuk air terjunnya yang lebar dan air yang mengalir putih bersih dan deras, layaknya sebuah tirai.

Curug Hordeng sendiri berada di ketinggian 720 mdpl, sehingga tak heran jika memiliki hawa yang sejuk dan air yang dingin. Simak lebih jauh ulasan mengenai Curug Hordeng ini, check this out!

Trekking Menuju Curug Hordeng

Trekking menuju Curug Hordeng cukup membuat keringat bercucuran. Untuk dapat menuju lokasi kamu akan menemukan jalan yang menanjak dan menurun serta berliku, layaknya jalan menuju pegunungan.

Jalanan yang sempit membuat para pengemudi mobil harus ekstra hati-hati. Lebih baik kamu menggunakan motor untuk dapat menuju Curug Hordeng.

Setelah sampai di area parkir Curug Hordeng, kamu akan memulai perjalanan dengan berjalan kaki. Menapaki jalan yang masih sangat alami, ditemani keindahan alam yang terhampar luas.

Selama kurang lebih 45 menit bahkan 1 jam, tergantung pada kekuatan fisik kamu sendiri. Kamu menapaki trekking yang menanjak kemudian turunan setelah itu belokan. Namun, sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa.

Nanti ada persimpangan jalan yang menunjukkan arah menuju Curug Ciburial dan Curug Kembar. Menurut warga sekitar lebih baik menuju Curug Hordeng terlebih dahulu, kemudian kedua curug itu.

Persimpangan Jalan Menuju Curug Hordeng
Persimpangan Jalan Menuju Curug Hordeng. GoogleMaps. Sumber: jejakpejalankaki.com

Perjalanan yang cukup menguras tenaga tersebut akhirnya dapat terbayarkan dengan keindahan alam yang dihadirkan serta jernihnya air yang dialirkan Curug Hordeng.

Ragam wisata Curug Hordeng

Curug Hordeng menawarkan kamu beberapa kegiatan, yakni :

1. Berenang

Hal wajib saat mengunjungi air terjun ialah berenang dan menikmati sejuknya air pegunungan. Kamu dapat berenang di kolam alami Curug Hordeng dan melihat jernihnya air yang dialirkan.

Berenang di Kolam Alami Curug Hordeng
Berenang di Kolam Alami Curug Hordeng. GoogleMaps. Sumber: www.flickriver.com

Kedalaman kolam Curug Hordeng sekitar 1 sampai 2 meter. Airnya juga sejuk dan dapat menghilangkan rasa penat sehabis trekking tadi.

2. Bermain Air

Untuk kamu yang tidak bisa berenang, kamu masih bisa menikmati kesegaran airnya dengan cara bermain air diantara bebatuan yang berada di sekitar kolam Curug Hordeng.

Menikmati Kesegaran Curug Hordeng
Menikmati Kesegaran Curug Hordeng. GoogleMaps. Sumber: merahputih.com

Curug Hordeng memiliki dua kolam, ada yang di sebelah atas ada juga yang di bawah. Kedua kolamnya tidak terlalu dalam, jadi aman untuk kamu yang tidak bisa berenang.

3. Santuy di atas Hammock

Yang paling hits di Instagram saat ini yaitu bersantai di atas hammock sambil menikmati deburan air Curug Hordeng.

Santuy Di Atas Hammock
Santuy Di Atas Hammock. GoogleMaps. Sumber: www.tripzilla.id

Merasakan segarnya udara pegunungan, diiringi deburan air yang memekakan telinga ditambah heningnya suasana. Sungguh relaksasi yang wajib kamu coba.

4. Berfoto

Keindahan alam merupakan latar terbaik saat berfoto, banyak spot foto yang dapat kamu jelajahi saat berada di Curug Hordeng ini. Diantaranya:

  • Berfoto di dasar kolam Curug Hordeng yang jernih dan bening
  • Berfoto dengan latar keindahan alam Curug Hordeng
Spot Foto Terbaik
Spot Foto Terbaik. GoogleMaps. Sumber: seringjalan.com
  • Berfoto saat berada di atas hammock.
Berfoto Di Atas Hammock
Berfoto Di Atas Hammock. GoogleMaps. Sumber: explorewisata.com

5. Menikmati 3 curug sekaligus

Saat kamu memutuskan untuk mengunjungi Curug Hordeng, kamu akan dapat menikmati 3 Curug sekaligus, yakni :

1) Curug Kembar

Jarak dari Curug Hordeng menuju Curug Kembar hanya sekitar 10 menit saja, dengan melewati jalur menapaki sungai yang dihiasi bebatuan yang cukup besar. Kamu harus berhati-hati saat menapaki batu karena licin.

Penamaan Curug Kembar sendiri dikarenakan air yang mengalirnya ada dua dan memiliki ketinggian yang sama yaitu 10 meter. Jika dilihat dengan seksama memang seperti kembar.

Curug Kembar
Curug Kembar. GoogleMaps. Sumber: www.dianjuarsa.com

Keadaan airnya sama seperti Curug Hordeng, bersih dan jernih. Kamu dapat melakukan aktivitas berenang disini, dengan menikmati kedalaman kolam sekitar 2 meter.

2) Curug Ciburial

Penamaan Curug Ciburial berawal dari sebuah ketidaksengajaan seorang warga desa saat sedang mencari kayu. Dia mendengar suara gemercik air dibalik tingginya semak-semak belukar.

Kemudian warga tersebut mencari asal muasal suara gemercik air tesebut, setelah ditelusuri ia menemukan sebuah curug dengan aliran air yang cukup deras.

Pada awal penemuannya belum ada nama yang disematkan pada curug tersebut, namun kemudian ada seorang warga yang mengusulkan nama “Ciburial” yang artinya air yang keluar dari bawah.

Penamaan Ciburial dimaksudkan karena aliran airnya mengalir ke bawah dan membentuk sebuah anak curug yakni Curug Leuwi Hejo. Karena memang lokasi Curug Leuwi hejo tidak begitu jauh dari Curug Ciburial dan memiliki aliran air yang sama.

Curug Ciburial
Curug Ciburial. GoogleMaps. Sumber: www.triptrus.com

Lokasi Curug Ciburial seakan disembunyikan, curugnya berada diantara pepohonan yang rindang dan terdapat bebatuan yang cukup besar.

Namun sama halnya seperti kedua curug sebelumnya, air terjun Curug Ciburial memiliki air yang bersih dan jernih.

6. Camping Ground

Untuk kamu yang suka bermalam di alam terbuka, area Curug Hordeng memiliki tempat untuk kamu membuka tenda dan bermalam disana.

Menikmati indahnya alam dari ketinggian, ditemani sejuknya udara dan diiringi nyanyian alam. Kamu dapat melakukan aktivitas camping ini di Puncak Masigit.

Lokasi Dan Alamat Curug Hordeng

Lokasi Curug Hordeng terletak di Bogor, Jawa Barat.

Alamat Curug Hordeng berada di Jl. Gunungwangun, Kp. Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830

Rute Menuju Curug Hordeng

Untuk kamu yang menuju Curug Hordeng kamu harus mengambil rute sebagai berikut :

  • Jika kamu berangkat dari Jonggol kamu bisa melewati Sukamakmur kemudian menuju Cibadak, setelah itu sampai di Cibeureum.
  • Untuk kamu yang bergerak dari arah Sentul kamu bisa mengarah menuju Jungle Land kemudian ke Gunung Pancar ikuti saja jalan tersebut sampai kamu menemukan papan petunjuk jalan menuju Desa Loji ataupun Cibeureum lalu naik ke atas hingga sampai di pos masuk.
  • Sedangkan untuk kamu yang berangkat dari arah Citerap kamu harus melaju menuju Tajur kemudian menuju Cibadak lalu sampailah kamu di Cibeureum.

Tiket Masuk Curug Hordeng

  • Tiket masuk Curug Hordeng kamu hanya harus membayar Rp. 20.000,- per orangnya.
  • Kamu juga bisa minta ditemani oleh seorang guide, untuk mempermudah perjalanan menuju Curug Hordeng.
  • Untuk biaya parkir motor cukup membayar Rp. 5.000,- per unitnya.

Jam Operasional Curug Hordeng

Jam operasional Curug Hordeng dibuka setiap hari Senin sampai dengan hari Minggu, dan dimulai dari pukul 07.00 sampai 15.00 wib.

Fasilitas Curug Hordeng

Fasilitas yang ada di area Curug Hordeng hanyalah warung makanan dan minuman serta kamar mandi umum yang bisa kamu gunakan juga sebagai tempat ganti baju.

Area parkir lokasinya jauh dari Curug Hordeng. Untuk ketersediaan mushola memang belum ada.

Tips Wisata

Untuk kamu yang berencana mengunjungi Curug Hordeng, tips wisata di bawah ini dapat jadi bahan referensi kamu.

  • Pastikan kondisi cuaca aman untuk kamu melakukan perjalanan, tidak sedang mendung apalagi turun hujan.
  • Kondisi kamu dan kendaraanmu harus dalam kondisi prima.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk perjalanan jauh dan menanjak.
  • Bawalah persediaan minum untuk bekal diperjalanan.
  • Berhati-hatilah saat menapaki jalan setapak yang berupa tangga, karena bisa sangat licin jika basah.
  • Lebih baik menggunakan kendaran roda dua.
  • Sebaiknya bawa barang seperlunya saja, untuk mengurangi beban.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lingkungan dari Curug Hordeng.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam sekitar Curug Hordeng.

Penutup

Kealamian alam yang dicari sekarang ini, manusia sudah bosan dengan hiruk pikuk perkotaan, manusia sudah bosan selalu bergelut dengan teknologi.

Curug Hordeng menawarkan kamu untuk kembali ke alam, menikmati alam yang sesungguhnya. Memandangi keindahan gunung dan tenangnya air yang mengalir.

Kamu wajib mengunjungi Curug Hordeng, dan menikmati kesejukan alamnya. Perjalanan yang menguras tenaga terbayar dengan kontan, jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment