Curug Rahong, Tiket Terbaru, Trekking, Dan Ragam Wisata Alam Di Bogor

Sebuah curug atau air terjun biasanya berada di sebuah dataran tinggi dengan panorama alam indah yang menemani di sepanjang perjalanan.

Jika kamu berkunjung ke Curug Rahong yang berada di Cigudeg, Bogor, kamu akan melewati jalan yang penuh debu karena melewati sebuah pertambangan.

Ya, jika kamu berkunjung ke Curug Rahong bukan hanya keindahan alam yang dapat kamu saksikan. Melainkan kamu akan melewati area pertambangan pasir dan batu.

Namun hal tersebut tidak mengurangi keindahan Curug Rahong itu sendiri, banyak hal menarik yang akan kamu temui ketika berkunjung ke sini. Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Rahong, check this out!

Trekking Menuju Curug Rahong

Curug Rahong masih dikelola secara swadaya oleh warga sekitar, sehingga akses menuju kesana masih seadanya. Dari area parkir menuju Curug Rahong memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki. Kecuali jika kamu bersepeda kamu bisa membawanya hingga ke depan curug, meskipun harus dengan perjuangan yang cukup ekstra.

Kenapa begitu? Karena menuju Curug Rahong, jalur trekking yang akan kamu lalui tidak mudah. Melewati jalan setapak di area perkampungan warga dilanjutkan dengan menyebrangi sebuah jembatan belumlah apa-apa.

Hamparan sawah dan sungai akan kamu lewati sebelum memasuki area hutan yang masih cukup lebat, dengan keadaan jalurnya yang tidak rata. Trekking menanjak dengan bebatuan yang tidak kecil, serta menyusuri jalan setapak yang masih berupa tanah adalah teman selama di perjalanan.

Berhati-hatilah ketika menyusuri jalan setapak karena jalurnya yang sangat kecil serta di sebelah jalannya berupa jurang yang cukup dalam.

Trekking Menuju Curug Rahong
Trekking Menuju Curug Rahong. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain itu, kamu harus menyusuri sungai dengan bebatuan yang bertebaran tak karuan. Jika menggunakan sepeda mungkin inilah jalur trekking yang paling menantang.

Dimana kamu harus menyusuri sungai sambil menenteng sepeda, berhati-hatilah saat menapaki bebatuan karena bisa saja licin.

Karena berada di pedalaman hutan, maka disepanjang jalan kamu akan menemukan banyak pepohonan yang masih rindang. Karena hutannya masih lebat, selalu waspada dengan hewan ular yang bisa saja muncul tiba-tiba.

Udara yang masih sejuk, serangga yang silih bersahutan, serta suara aliran sungai coba menghempaskan rasa lelah yang kamu rasakan. Air sungainya sangat jernih juga bersih, sungai itu mengalirkan air yang berasal dari Curug Rahong.

Curug Rahong terletak di ujung aliran sungai tersebut. Selama kurang lebih 1,5 km kamu melakukan trekking menakjubkan menuju Curug Rahong.

Pesona Keindahan Curug Rahong

Rasa lelah trekking terobati dengan indahnya Curug Rahong, aliran air yang deras menghasilkan suara gemuruh yang sangat indah.

Curug Rahong memiliki ketinggian sekitar 15 meter, dengan mempunyai beberapa aliran air yang mempunyai tinggi yang berbeda-beda.

Curug Rahong
Curug Rahong. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Airnya mengalir melalui tebing batu yang berwarna hitam, Sungai Cibodas merupakan sumber air yang dialirkan Curug Rahong.

Jernihnya Air Curug Rahong
Jernihnya Air Curug Rahong. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keindahan alam yang sangat indah memang sudah sewajarnya dilindungi, lokasi yang tak jauh dari area pertambangan ternyata memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Kisah dan Mitos Dibalik Keindahan Curug Rahong

Penyematan nama Rahong pada curug ini diambil dari sebuah jembatan yang berada tak jauh dari jalan raya yang bernama Jembatan Cirahong.

Kata Rahong sendiri mempunyai arti bohong atau dusta. Hal tersebut sehingga memunculkan mitos bahwa kita tidak boleh berucap kebohongan ketika sedang berada di area Curug Rahong.

Jika hal tersebut dilanggar, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Intinya kita harus menjaga tingkah laku dan ucapan kita ketika berada di area Curug Rahong.

Menjaga atitude bukan hanya harus dilakukan di Curug Rahong saja melainkan dimana pun kita berada, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

Ragam Wisata Curug Rahong

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Rahong, diantaranya:

1. Bermain air

Aliran air Curug Rahong ditampung oleh sebuah kolam alami yang mempunyai kedalaman yang berbeda-beda. Kedalaman kolamnya bisa mencapai 2 sampai 3 meter, jadi untuk kamu yang tidak bisa berenang kamu harus tetap berada di kolam yang dangkal.

Atau kamu juga bisa duduk-duduk dibebatuan yang tersebar di sekitar aliran curug, merasakan segarnya air Curug Rahong menyentuh kaki dan wajahmu. Kamu juga bisa menuju aliran Curug Rahong dan merasakan deburan airnya memijat tubuhmu.

Pijatan Alami
Pijatan Alami. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Melompat

Di samping Curug Rahong terdapat tebing batu yang cukup lebar, yang bisa kamu gunakan untuk area melompat. Naiklah ke tebing tersebut kemudian melompatlah menuju kolam yang berada di bawah.

Spot Lompatan
Spot Lompatan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Berenang

Berenang merupakan ragam wisata selanjutnya yang harus kamu lakukan, melihat jernihnya kolam dengan lebih dekat. Namun, kamu harus berhati-hati karena masih banyaknya bebatuan disekitar kolam.

Berenang Di Kolam Curug Rahong
Berenang Di Kolam Curug Rahong

4. Hunting foto

Ragam wisata yang satu ini ngga boleh kamu lewatkan, yaitu hunting spot foto terbaik untuk kemudian kamu posting di Facebook, Instragram atau menjadi status di WA kamu.

Berfoto Bersama Indahnya Curug Rohang
Berfoto Bersama Indahnya Curug Rahong. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Spot foto yang memperlihatkan keindahan Curug Rahong tidak boleh terlewatkan disamping keindahan hamparan alam yang ada disekitarnya.

Lokasi Dan Alamat Curug Rahong

Lokasi dan alamat lengkap Curug Rahong terletak di Kampung Kedaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Rahong

  • Rute menuju Curug Rahong jika kamu bergerak dari Jakarta yakni menuju Bogor ke arah Ciampea-Leuwiliang-Cigudeg-Gua Gedawang-Lebak Wangi-Sidomanik-Kp. Kedaung.
  • Sedangkan untuk kamu yang bergerak dari arah Tangerang yakni arahkan kendaraanmu ke Legok-Parung Panjang-Lebak Wangi-Sidamanik-Kp. Kedaung.
  • Atau bisa juga mengambil rute, dari Tangerang ke arah BSD-Serpong-Kalapa Nunggal-Cisauk-Rumpin-Maloko-Sidomanik-Kp. Kedaung.

Tiket Masuk Menuju Curug Rahong

Tiket masuk menuju Curug Rahong saat ini per bulan Desember 2020 sebagai berikut:

  • Tiket masuk     : Rp. 10.000,- per orang
  • Tiket parkir      : Rp. 20.000,- per unit

Jam Operasional Curug Rahong

Jam operasional Curug Rahong dibuka selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari. Namun mengingat medan yang akan kamu lalui belum mempunyai penerangan yang cukup, lebih baik datang ketika pagi hari.

Fasilitas Di Curug Rahong

Fasilitas yang tersedia di Curug Rahong yakni:

  • Area parkir kendaraan yang masih menggunakan lahan warga.
  • Warung-warung makanan dan minuman yang terletak di area Curug Rahong.
  • Kamar ganti yang hanya dilindungi terpal.

Tips Wisata

Berikut saya bagikan beberapa tips wisata untuk memudahkan langkah kamu menuju Curug Rahong, yakni:

  • Perhatikan kondisi cuaca ketika hendak berangkat, jika mendung atau turun hujan lebih baik ditunda. Karena jalur trekking tidak aman dilalui ketika hujan turun.
  • Lebih baik menggunakan kendaraan bermotor, atau bersepeda.
  • Selalu waspada dan hati-hati ketika menyusuri jalur trekking.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Jika membawa serta anak-anak selalu jaga dan awasi mereka.
  • Berhati-hatilah ketika berenang dan melakukan lompatan.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian Curug Rahong.
  • Hindari perbuatan vandalisme atau mencorat coret bebatuan di sekitar curug.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curu Rahong dan alam disekitarnya.

Penutup

Bogor memang selalu mempunyai tempat wisata yang menarik untuk dibahas, salah satunya adalah Curug Rahong.

Meskipun untuk menikmati keindahan Curug Rahong tidaklah mudah, namun segala sesuatu yang luar biasa harus ditempuh dengan cara yang tidak biasa.

Baiknya jika keindahan alam Curug Rahong selalu dijaga dan dirawat bersama, kunjungi Curug Rahong weekend ini yuk. Dan jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Rahong, ya!

Leave a Comment