Curug Naga, Review Tiket Terbaru Desember 2020 Dan Menikmati Keseruan Body Rafting Di Megamendung, Bogor

Weekend ini berencana berkunjung ke Bogor? Saya berikan kamu referensi salah satu tempat wisata air yang dijamin bakal seru banget.

Tempat wisata tersebut menyediakan berbagai macam wahana air yang penuh dengan tantangan dan memacu adrenalin. Kamu akan melakukan ragam wisata yang tak terlupakan, lebih seru jika berangkat bersama kawan.

Namanya adalah Curug Naga, lokasinya berada di Kecamatan Megamendung, Bogor. Jika kamu hendak mengunjungi tempat wisata air yang satu ini kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Hal tersebut dikarenakan akses jalur trekkingnya harus dibimbing oleh pemandu. Berikut ulasan lebih lengkap mengenai Curug Naga, check this out!

Perjalanan Menuju Curug Naga

Perjalanan menuju Curug Naga lebih baik menggunakan kendaraan roda dua, meskipun masih bisa dilalui oleh kendaraan mobil namun jalannya sempit dan disebelah kanan jalan masih berupa jurang yang cukup dalam.

Hamparan alamnya masih sangat alami, masih terdapat banyak pepohonan yang rindang. Udara sepanjang perjalanan juga masih sangat segar.

Semakin mendekati area Curug Naga, jalan beraspal berubah menjadi bebatuan. Tak berselang lama kamu akan melihat sebuah gapura yang terbuat dari bambu. Itulah gerbang masuk menuju Curug Naga.

Setelah memakirkan kendaraan kamu dapat langsung menghubungi warung Pak Mistah yang berada dekat area parkir.

Kemudian kamu akan dibimbing oleh seorang pemandu dalam melakukan berbagai ragam wisata yang akan dilakukan.

Sebelum memulai petualangan, pemandu akan memberikan arahan kemudian kamu akan diajak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Lalu kamu akan diberikan peralatan safety berupa jaket pelampung dan helm, untuk melindugi diri ketika berpetualang. Dan petualangan pun dimulai!

Menapaki jalan setapak diantara ridangnya pepohonan, suara serangga menemani perjalananmu menuju Curug Naga. Di area Curug Naga ini terdapat tiga buah curug yang dapat kamu nikmati, yakni Curug Barong, Curug Naga dan Curug Periuk.

Ragam Wisata Di Curug Naga

Banyak hal seru yang akan kamu lakukan ketika berkunjung ke Curug Naga, yakni:

1. Jungle Trekking

Kawasan Curug Naga masih diselimuti oleh pepohonan yang cukup lebat, setelah mendengarkan pengarahan dari pemandu, kamu akan diajak untuk menapaki jalan di tengah lebatnya pepohonan.

Menyusuri hutan dengan jalan yang tidak rata, terkadang kita meminta bantuan teman untuk turun atau naik menjadi awal dari setiap perjalanan menuju masing-masing curug.

Trekking Menuju Curug Naga
Trekking Menuju Curug Naga. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Trekking menuju Curug Naga dari Curug Priuk sangat menantang dan menguras tenaga. Kamu harus berpegangan pada sebuah tali untuk menapaki setiap jalurnya.

2. Body Rafting

Body rafting merupakan pengarungan sungai dengan menggunakan tubuh kita sebagai perahunya, kegiatan ini dapat dilakukan di aliran sungai yang memiliki arus yang deras.

Karena badan kita bergerak oleh arus sungai tersebut. Kegiatan body rafting dapat kamu nikmati di Curug Naga. Untuk melanjutkan perjalanan selain dengan menapaki hutan, kamupun akan diajak menyusuri sungai.

Keseruan Di Curug Naga

Keseruan Di Curug Naga. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.comDi arus yang deras, kamu akan diajak untuk melakukan body rafting bersama kawan tentu saja dengan arahan dari pemandu.

3. River Trekking

Setelah kamu puas bermain-main di Curug Priuk, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Curug Naga dengan menyusuri sungai yang memiliki aliran air yang cukup deras.

Menyusuri Sungai
Menyusuri Sungai. Sumber: wahanacurugnaga.com

Kamu harus berjalan diatas bebatuan yang licin, hingga harus berhati-hati dan selalu fokus ketika melangkah. Setelah itu berjalan disungai diantara tebing batu yang indah, pepohonan yang menaungimu, akan kamu nikmati.

Perosotan Alami
Perosotan Alami. Sumber: udaindra.blogspot.com

Bermain perosotan alami pun dapat kamu lakukan sebelum melanjutkan perjalanan. Pokoknya seru banget deh!

4. Body Jumping

Hampir di setiap curug yang kamu datangi, kamu bisa melompat dari atas tebing dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Melompat Dari Atas Tebing
Melompat Dari Atas Tebing. Sumber: highlandindonesia.com

Melompat menuju sebuah kolam alami yang berisikan air yang sangat jernih juga bersih. Menyegarkan sekali, trekking yang kamu lalui menyusuri setiap curugnya terbayar sudah dengan keseruan yang akan kamu lakukan.

4. Camping

Jika kamu ingin menikmati keseruan lebih lama lagi, kamu bisa melakukan kegiatan berkemah atau camping di tempat yang sudah disediakan. Terdapat beberapa paket camping yang ditawarkan, yakni:

  • Paket Adventure         : Rp. 210.000/orang minimal 10 orang
  • Paket Camp Rimba A : Rp. 370.000/orang minimal 30 orang
  • Paket Camp Rimba B : Rp. 265.000/orang minimal 10-15 orang
  • Paket Camp Rimba C : Rp. 230.000/orang minimal 15 orang
Camping Seru
Camping Seru. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pesona Keindahan Curug Naga

Curug Naga berada diantara Curug Priuk dan Curug Barong. Memiliki ketinggian sekitar 28 meter dengan arus yang sangat deras. Merupakan bagian dari aliran Sungai Cirangrang.

Meskipun trekking untuk menuju Curug Naga menguras tenaga namun dengan keindahannya terbayarkan sudah dengan keindahan curug dan alam disekitarnya.

Curug Naga
Curug Naga. Sumber: udaindra.blogspot.com

Air yang dialirkan sangat jernih juga bersih, kolam alami tempat menampung airnya berwarna biru, saking jernihnya air kita dapat melihat ke dasar kolam.

Suara deburan air yang sangat deras, ditambah pemandangan udara sekitar yang diselimuti pepohonan, serta udara yang sangat sejuk akan kamu rasakan ketika berada di Curug Naga.

Kolamnya sangat dalam, jadi kamu harus tetap menggunakan pelampung jika mau menikmati segarnya air Curug Naga. Saat ini Curug Naga dikelola oleh Perhutani KBM.

Lokasi Dan Alamat Curug Naga

Lokasi dan alamat Curug Naga terletak di Kp. Citamiang, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Naga

Rute menuju Curug Naga jika kamu bergerak dari Ciawi arahkan menuju puncak, kemudian setelah bertemu dengan Masjid Megamendung arahkan kendaraanmu belok ke kiri.

Sekitar 2 km kemudian kamu akan menemukan papan Unilever, arahkan kendaraanmu belok ke kiri menuju arah Curug Naga.

Tiket Masuk Curug Naga

Terdapat beberapa paket wisata yang ditawarkan oleh pihak pengelola Curug Naga, yakni:

  • Paket Naga A              : Rp. 145.000/orang (3 curug: Priuk, Naga, Barong minimal 5 orang)
  • Paket Naga B              : Rp. 130.000/orang (2 curug: Naga dan Barong minimal 5 orang)
  • Paket Naga C              : Rp. 90.000/orang (Tracking Curug Barong minimal 5-10 orang)
  • Paket Naga D              : Rp. 160.000/orang (2 curug: Naga dan Barong plus makan 1x minimal 10 orang)

Untuk reservasi atau penjelasan lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi IG resmi Curug Naga di @greencanyoncitamiang atau bisa juga menghubungi ke No. 081292947300.

Jam Operasional Curug Naga

Curug Naga dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore. Waktu yang tepat untuk datang mengunjungi Curug Naga ialah ketika pagi hari.

Fasilitas Di Curug Naga

Fasilitas yang ada di Curug Naga diantaranya:

  • Area parkir
  • Warung makanan dan minuman
  • Kamar mandi umum
  • Penyewaan pelampung dan peralatan rafting lainnya
  • Pemandu
  • Area camping

Tips Wisata

Tips wisata berikut sebagai bahan referensi untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Naga, yakni:

  • Gunakan alas kaki yang tepat untuk mengikuti berbagai ragam wisata yang ditawarkan.
  • Selalu hati-hati dan waspada.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Naga.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan momen ketika berada di Curug Naga.

Penutup

Keseruan yang akan kamu lakukan ketika berada di Curug Naga merupakan pengalaman yang sangat luar biasa, apalagi jika hal tersebut dilakukan bersama dengan keluarga atau teman komunitas.

Curug Naga menawarkan kita cara lain menikmati keindahan alam yang dihadirkan, segera lakukan reservasi dan nikmati keseruannya. Jangan lupa siapkan foto terbaik ketika berada di Curug Naga, ya!

Leave a Comment