Curug Goa Lumut Indah, Misteri, Mitos Dan Pesona Keindahan Alam Air Terjun Di Bogor

Weekend ini kamu berencana pergi ke Bogor? Singgahlah ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak, disana kamu akan dapat menikmati beberapa keindahan air terjun atau curug dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Salah satunya ialah Curug Goa Lumut, curug ini selalu ramai dikunjungi apalagi jika weekend tiba. Ketenangan dan keindahan alam yang masih alami akan kamu dapatkan ketika berada disini.

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Goa Lumut, check this out!

Perjalanan Menuju Curug Goa Lumut

Lokasi Curug Goa Lumut berdekatan dengan Curug Pasir Reungit, jadi kamu bisa menikmati kedua curug dalam satu waktu.

Pintu Masuk Curug Goa Lumut
Pintu Masuk Curug Goa Lumut. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jalur untuk menuju Curug Goa Lumut ini sangat mudah, kamu hanya perlu berjalan dengan estimasi waktu sekitar 2 sampai 3 menit tergantung pada langkah yang kamu ambil.

Bahkan suara deburan air yang mengalir, sudah dapat kamu dengar ketika membayar tiket masuk.

Setelah melewati tiket masuk kamu akan berjalan di jalur yang masih sangat alami, ditandai dengan pepohonan disepanjang perjalanan yang cukup rindang.

Jalur Menuju Curug Goa Lumut
Jalur Menuju Curug Goa Lumut. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jalurnya pun tidak susah, cukup datar meskipun sesekali melewati sebuah tangga namun tak terlalu curam. Namun tetap harus berhati-hati karena disebelah kanan jalanmu terdapat sebuah jurang meskipun tak terlalu dalam.

Tak perlu berlama-lama setelah melewati sebuah mushola sederhana dan deretan kamar mandi kamu sudah bisa melihat keindahan Curug Goa Lumut.

Pesona Keindahan Curug Goa Lumut

Untuk mencapai Curug Goa Lumut kamu harus menuruni beberapa anak tangga yang beralaskan bebatuan alam, akhir tangga itu akan membawamu menuju kolam alaminya.

Curug Goa Lumut memiliki ketinggian sekitar 15 meter, meskipun tak terlalu tinggi tapi Curug Goa Lumut memiliki aliran air yang putih dan jernih.

Jika musim hujan tiba aliran air yang jatuh sangat deras sehingga menimbulkan uap disekitar jatuhnya air. Kolam alami tempat menampung airnya berwarna hijau toska, kita dapat melihat ke dasar kolam saking jernihnya air.

Landscape Curug Goa Lumut
Landscape Curug Goa Lumut. Sumber: www.tempatreview.com

Aliran air Curug Goa Lumut terus mengalir menuju sungai yang ada dibawahnya. Suasana disekitar Curug Goa Lumut sangat asri, kamu dapat melihat hijaunya pepohonan disekeliling curug.

Tebing disekitar curug ditumbuhi oleh lumut yang berwarna hijau, menambah kesan alami dari curug tersebut. Disekitar aliran curug terdapat sebuah goa yang tak terlalu besar. Itulah yang melatarbelakangi penamaan Curug Goa Lumut.

Ragam wisata Di Curug Goa Lumut

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di area Curug Goa Lumut diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Alam

Ketenangan akan kamu dapatkan ketika berada di Curug Goa Lumut, apalagi jika kamu berkunjung di hari-hari biasa.

Duduk diatas batu sembari memejamkan mata, mendengarkan suara deburan air yang dijatuhkan ditambah dengan nyanyian alam yang lainnya. Rasakan hembusan angin yang menyejukkan, merupakan salah satu cara mensyukuri keindahan alam.

Menikmati Keindahan Curug Goa Lumut
Menikmati Keindahan Curug Goa Lumut. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain menikmati keindahan Curug Goa Lumut, kamu juga bisa menikmati bagian aliran air Curug Goa Lumut yang berada di bawah.

Kolam Alami Curug Goa Lumut
Kolam Alami Curug Goa Lumut. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Terdapat aliran sungai yang cukup deras, selain itu terdapat sebuah kolam yang dapat digunakan untuk bermain air ataupun berenang.

2. Berenang

Jangan sia-siakan untuk mengeksplor keindahan kolam yang jernih ini dengan berenang sepuasnya, jika sepi pengunjung kamu akan merasakan berenang seperti di kolam alam pribadi.

Berenang Di Kolam Curug Goa Lumut
Berenang Di Kolam Curug Goa Lumut. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Namun kamu harus berhati-hati karena kedalaman kolamnya beragam bahkan ada yang mencapai 5 meter. Untuk itu pihak pengelola telah memasang sebuah tali yang menunjukkan bahwa kamu tidak boleh mendekati area itu.

3. Bermain air

Jika kamu tidak bisa berenang, jangan khawatir kamu masih bisa menikmati segarnya air Curug Goa Lumut dengan bermain-main air di pinggiran kolamnya..

4. Berfoto

Mengabadikan keindahan alam Curug Goa Lumut jangan sampai terlewatkan, indahnya alam yang masih alami, derasnya aliran curug serta hijaunya kolam alaminya merupakan pemandangan alam yang harus diabadikan.

Mengabadikan Keindahan Curug Goa Lumut
Mengabadikan Keindahan Curug Goa Lumut. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kisah dan Mitos Dibalik Curug Goa Lumut

Menurut salah seorang pengelola Curug Goa Lumut, dahulu kala lokasi Curug merupakan tempat pertapaan seorang raja yang juga teman dekat dari Raden Kiansantang. Dan masih dalam wilayah Kerajaan Pajajaran.

Oleh karena itu, terkadang beberapa kejadian mistis kerap mengiringi keindahan Curug Goa Lumut. Kisah tersebut telah berkembang dari mulut ke mulut, dan menjadi sebuah bagian sejarah akan kehadiran Curug Goa Lumut.

Warga yang rumahnya tak jauh dari lokasi Curug selalu mendengar keramaian, serta alunan musik sunda ketika matahari telah terbenam. Padahal tempat wisata Curug Goa Lumut telah ditutup sebelum matahari terbenam.

Ketika dicek ke sumber suara di tempat tersebut telihat sangat sepi tidak ada satu pun pengunjung yang ada di lokasi Curug Goa Lumut.

Kejadian Mistis lainnya ialah pernah suatu hari ada sekitar 6 orang pengunjung yang nekat memasuki goa yang berada tak jauh dari curug, padahal sudah diingatkan oleh pengelola untuk tidak memasuki goa tersebut.

Namun nampaknya keenam pemuda itu penasaran, akhirnya mereka masuk kedalam dan sampai saat ini mereka belum terlihat keluar dari goa tersebut. Padahal goa tersebut tidak terlalu dalam.

Entah apa yang terjadi dengan mereka, tidak ada yang mengetahui kemana mereka pergi, apakah mereka sudah keluar dari goa atau belum, tidak ada yang mengetahuinya secara pasti.

Selain kisah mistis diatas terdapat sebuah mitos yang berkembang berkaitan dengan air yang dialirkan Curug Goa Lumut.

Aliran air Goa Lumut masih satu aliran dengan beberapa curug yang lokasinya berdekatan, yaitu dari Curug Pangeran, kemudian turun ke Curug Kondang, lalu ke Curug Goa Lumut, sampai akhirnya di Curug Cigamea.

Maka dari itu air Curug Goa Lumut memiliki khasiat yang sama dengan curug-curug diatas, yakni barangsiapa yang mandi di kolam Curug Goa Lumut maka akan segera bertemu dengan jodohnya.

Nah, untuk para jomblowan dan jomblowati wajib mendatangi Curug Goa Lumut supaya kamu ngga jomblo lagi.

Lokasi Dan Alamat Curug Goa Lumut

Lokasi Curug Goa Lumut berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Alamat lengkapnya terletak di Jl. Curug Ciganea, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Goa Lumut

Rute menuju Curug Goa Lumut jika kamu bergerak dari arah Jakarta melalui tol Jagorawi menuju Bogor/Ciawi lalu keluar di Sentul Selatan/City.

Setelah itu belok kanan untuk masuk ke tol Lingkar Bogor, lalu keluar di Dramaga. Setelah kamu menemukan lampu merah beloklah ke kiri. Kemudian terus lurus sampai dipetigaan belok ke kanan.

Setelah melewati Kampus IPB Dramaga, kamu akan bertemu pertigaan beloklah ke arah kiri. Kemudian kamu akan menemukan jalan bercabang, ambilllah jalur ke kiri. Tak lama kemudian kamu akan tiba di gerbang masuk TNGHS.

Tiket Masuk Curug Goa Lumut

Karena Curug Goa Lumut berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, maka kamu harus membayar biaya masuk kawasan tersebut sebesar Rp. 12.500/org dan Rp.10.000/mobil.

Untuk memasuki Curug Goa Lumut sendiri kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000/orangnya.

Jam Operasional Curug Goa Lumut

Jam operasional Curug Goa Lumut dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.

Fasilitas Curug Goa Lumut

Fasilitas yang tersedia di Curug Goa Lumut dibilang sudah lengkap dengan tersedianya:

  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Kamar bilas/Kamar mandi
  • Gazebo/saung sederhana
  • Mushola

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang berencana mengunjungi Curug Goa Lumut, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah ya.
  • Jika membawa serta anak-anak selalu jaga dan awasi mereka.
  • Selalu waspada dan hati-hati ketika berenang di kolam alaminya.
  • Jangan terlalu lama berenangnya karena airnya sangat dingin.
  • Berhati-hatilah ketika menapaki jalur menuju area bawah Curug.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Goa Lumut.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Goa Lumut.

Penutup

Taman Nasional Gunung Halimun Salak mempunyai beberapa tempat wisata air. Jika kamu mempunyai waktu yang luang sempatkanlah untuk menjelajahi curug-curug yang ada.

Salah satunya ialah Curug Goa Lumut, dimana lokasinya tak jauh dari area loket tiket. Namun keindahan yang kamu dapatkan luar biasa menakjubkan.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Goa Lumut, ya!


Tinggalkan komentar