Review Lengkap Curug Pangeran, Mitos, Sejarah, Tiket, Lokasi, Dan Rute

Bagi kalian yang sudah penat dengan kehidupan kota besar, panorama kemacetan, serta stres dengan bisingnya kendaraan, khususnya yang tinggal di Jabodetabek.

Kalian wajib mengunjungi sebuah objek wisata yang satu ini, yang sudah terkenal di jagad media sosial. Nama lokasi tersebut Curug Pangeran.

Curug Pangeran Kabupaten Bogor
Curug Pangeran Kabupaten Bogor. Sumber : bapermulu.com

Lokasi Curug Pangeran terletak di Kawasan Wisata Gunung Bunder dimana status kawasan tersebut sebagai Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Yuk kita simak bagaimana indahnya curug ini !

Ragam Wisata, Aktivitas, Dan Keindahan Curug Pangeran

Curug Pangeran adalah salah-satu air terjun yang sangat terkenal di Kabupaten Bogor Khususnya. Kejernihan airnya begitu memikat mata para wisatawan, sehingga bebatuan yang ada di dasar air dapat terlihat jelas.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 5 sampai 6 meter, dengan kedalaman air bisa sampai 4 meter di titik tertentu. Sehingga bagi para wisatawan diharapkan berhati-hati.

Papan Keterangan Lokasi Wisata Curug Pangeran
Papan Keterangan Lokasi Wisata Curug Pangeran. Sumber : www.localguidesconnect.com

Pihak pengelola sudah memberi batasan atau tanda di titik yang dianggap rawan dengan sebuah tanda berupa tali. Dan para traveler harus tetap berpijak kepada aspek kemamanan dan kenyamanan.

Udara di sekitar Curug Pangeran sangat sejuk, jauh berbeda dengan udara yang kita hirup di kota-kota besar. Ditambah pemandangan pegunungan yang memukau menjadi solusi kepenatan kalian.

Jalur menuju Curug Pangeran dari parkiran dengan menuruni anak tangga kemudian melewati sebuah jembatan tembok. Adapun jarak dari parkiran sekitar 150 meter.

Jalur Menuju Curug Pangeran
Jalur Menuju Curug Pangeran. Sumber : wisatabagus.com

Ada beberapa aktivitas yang biasa dilakukan oleh para wisatawan saat berada di Curug Pangeran, diantaranya :

1. Aktivitas Di Lokasi Air Terjun

Yang biasa dilakukan saat berada di lokasi air terjun adalah berenang, dan tidak sedikit juga orang sengaja locat dari atas menuju ke kolam air terjun. Tapi yang belum mahir diusahakan jangan ya… karena dasar kolam adalah bebatuan.

Berenang Di Curug Pangeran
Berenang Di Curug Pangeran. Sumber : www.senengpiknik.com

Bagi yang tidak mau berenang, bisa duduk di atas batu besar dekat air terjun sambil minum kopi dan makan cemilan. Tapi ingat, jangan sampai mengotori lingkungan dan jangan dibuang kemana saja sampahnya ya…

Bagi yang akan berenang, baiknya pemanasan dulu, karena airnya cukup dingin tapi menyegarkan. Eh, tapi perjalanan dari parkiran sampai ke curug juga bisa dianggap pemanasan sich…

2. Camping

Terdapat lokasi bagi kalian yang suka dengan camping, nama tempatnya adalah Camping Ground Curug Pangeran.

Lokasi campingnya cukup nyaman dengan sajian panorama pegunungan serta kesejukan udara yang sangat jauh berbeda dengan udara kota yang sudah terkena polusi kendaraan dan pabrik.

Area Camping Di Curug Pangeran
Area Camping Di Curug Pangeran. Sumber : travelspromo.com

Bagi traveler yang lupa atau tidak punya tenda untuk camping tidak usah cemas, karena di sana sudah disediakan tempat penyewaan tenda.

Sehari berpadu dengan alam yang masih natural, setidaknya akan membangkitkan kembali semangat anda untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Papan Penunjuk Arah Di Curug Pangeran
Papan Penunjuk Arah Di Curug Pangeran. Sumber : www.youtube.com

Inilah objek wisata Curug Pangeran, lokasi mandinya para pangeran.

Mitos Dan Misteri Curug Pangeran

Terdapat mitos dan misteri yang berkembang terkait lokasi wisata Curug Pangeran. Curug Pangeran sangat erat kaitanya dengan legenda Pangeran Kiansantang.

Curug Pangeran diyakini sebagai petilasan sahabat Kian santang, Pangeran dari kerajaan Padjajaran. Dari sanalah muncul penamaan kata Pangeran yang melekat pada sebuah curug. Sampai saat ini kita mengenalnya dengan sebutan Curug Pangeran.

Mitos Dan Misteri Di Curug Pangeran
Mitos Dan Misteri Di Curug Pangeran. Sumber : cimanggubogor.com

Curug Pangeran juga dipercaya sebagai lokasi atau tempat mandinya para pangeran dari kerajaan Padjajaran. Hhhmmm… semakin menegaskan sebab musabab diberikan nama Curug Pangeran.

Misteri di Curug Pangeran adalah setiap malam Jumat sering terdengar suara gamelan yang mengiringi sinden atau orang yang bernyanyi.

Di tengah alunan gamelan dan suara nyanyian terdengar suara kereta kencana yang biasa ditunggangi oleh seorang pangeran.

Maka berdasarkan misteri tersebut, para pengunjung tidak diperkenankan untuk camping di malam Jumat di lokasi wisata Curug Pangeran.

Pantangan Saat Di Curug Pangeran

Ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh para pengunjung saat berada di lokasi wisata Curug Pangeran, yaitu :

  • Pengunjung tidak diperkenankan camping di malam jumat
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Jangan merusak tanaman sekitarnya
  • Jangan memakai pakaian yang tidak senonoh atau tidak sopan
  • Jangan Membawa air Curug Pangeran Pulang
Terdapat Pantangan Di Curug Pangeran
Terdapat Pantangan Di Curug Pangeran. Sumber : nizarnizar.com

Lokasi Dan Alamat Curug Pangeran

Lokasi dan alamat Curug Pangeran berada di Desa Gunung Picung Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat – Indonesia.

Rute Dan Jalan Menuju Curug Pangeran

Rute dan jalan menuju Curug Pangeran jika menggunakan kendaraan umum adalah sebagai berikut :

  • Naik angkot menuju Terminal Bubulak, angkotnya warna hijau.
  • Setelah sampai di Terminal Bubulak, lanjutkan naik angkot yang menuju Leuwiliang, dan minta diturunin di pertigaan Cibatok. Ingetin bapak supirnya supaya turun di pertigaan tersebut, takutnya si bapak supir lupa karena pusing mikirin setoran.
  • Setelah turun di Pertigaan Cibatok, lanjutkan perjalanan dengan naik kendaraan umum (bisa sewa juga) menuju Taman Nasional Halimun Salak. Turun di Plang Curug Pangeran.
  • Setelah itu, karena jalan menuju ke lokasi curug sangat sulit jika memakai mobil, dan terlalu nanjak jika pakai motor, maka pengunjung harus rela berjalan kaki menuju lokasi Curug Pangeran.

Harga Tiket Masuk Curug Pangeran

Harga tiket masuk Curug Pangeran adalah sebagai berikut :

  • Harga Tiket Masuk                 : Rp. 10.000 per orang
  • Parkir Motor                           : Rp. 5.000 per unit
  • Parkir Mobil                            : Rp. 10.000 per unit
  • Camping                                 : Rp. 10.000 per orang
  • Harga Sewa Tenda Barak       : Rp. 1.200.000
  • Harga Sewa Gubug                : Rp. 300.000 per malam

Jam Operasional Curug Pangeran

Jam operasional Curug Pangeran dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00.

Penginapan Di Curug Pangeran

Tidak ada penginapan tepat di lokasi Curug Pangeran. Lokasi penginapan terletak di lokasi sebelum Curug Pangeran yang jaraknya tidak jauh.

Terdapat ragam jenis penginapan, salah-satunya Villa. Adapun harganya berbeda-beda tergantung jenis penginapan dan fasilitasnya.

Tips Wisata Menuju Curug Pangeran

Bagi kalian yang hendak berwisata ke Curug Pangeran, maka inilah yips wisatanya :

  • Baiknya jangan berkunjung saat puncak kemarau, karena airnya akan sedikit surut.
  • Pandai-pandai menawar harga saat menyewa kendaraan dari Pertigaan Cibatok ke lokasi wisata
  • Bagi kalian yang mempunyai rencana camping, baiknya kalian membawa peralatan sendiri, terutama tenda. Lumayan bisa ngirit pengeluaran dari biaya sewa.
  • Jangan lupakan jaket kalian jika hendak camping di sana, karena udara malam menuju subuh sangat dingin sekali.
  • Jika hendak berenang, usahakan pemanasan dulu, karena airnya dingin sekali dan supaya tidak kram.
  • Jangan merusak lingkungan alam
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Patuhi protokol keamanan dan kesehatan yang berlaku.

Penutup

Satu lokasi, satu wajah, namun berjuta manfaat. Itulah kesejatian dari alam. Curug Pangeran mampu menjadi sumber air bagi kehidupan masyarakat sekitar, maupun kehidupan bagi ekosistem yang ada di sana.

Di sisi lain wajah Curug Pangeran mampu menjadi sebuah destinasi wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Dan itulah beberapa manfaat dari berjuta manfaat alam untuk manusia.

Mari kita jaga dan kembangkan objek wisata yang sudah tercipta. Setidaknya bagi pengunjung jangan sampai membuang sampah sembarangan saja itu sudah cukup.

Selamat berlibur, dan tetap bersyukur…

Baca juga:

Leave a Comment