Curug Kiara, Review Trekking Hingga Tiket Masuk Terbaru

Curug Kiara bersama dengan ketiga curug lainnya menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa, lokasinya yang masih tersembunyi membuatnya tampak masih alami.

Ke tiga curug lain itu bernama Curug Bidadari, Curug Susun, dan Curug Batu Ampar. Yupz, ketika mengunjungi Curug Kiara kamu dapat eksplor curug yang lainnya.

Sangat wajar jika Bogor mendapat julukan kota seribu curug, karena memang memiliki banyak wisata air terjun yang bisa dikunjungi.

menikmati curug kiara
menikmati curug kiara. google maps. sumber: Maman Maman

simak juga: curug hordeng

Meski lokasi air terjun di Bogor yang satu ini masih tersembunyi, akses yang harus dilalui tak begitu jauh. Berikut ulasan Curug Kiara sebagai referensi wisata air terjun tersembunyi di Bogor, check this out!

Lokasi Curug Kiara

  • Lokasi Curug Kiara berada di kaki Gunung Menir dan masih berada di kawasan Taman Nasional Halimun Salak.
  • Alamat lengkapnya terletak di Kampung Raina, Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Rute Curug Kiara

Rute menuju Curug Kiara yaitu dengan melajukan kendaraanmu menuju ke Jl. Raya Pamijahan/Jl. Raya Gunung Salak Endah. Setelah itu akan bertemu pertigaan, lalu belok ke arah kanan menuju Jl. Jembatan Ciasihan.

Lanjutkan perjalananmu hingga menuju Gunung Menir kemudian belok kiri untuk menuju Jl. KH. M. Parta. Dari sana kamu tinggal mengikuti jalan utama hingga menemukan petunjuk arah menuju Curug Kiara.

simak juga: curug goa lumut endah

Perjalanan menuju Curug Kiara sungguh sangat mengagumkan, kamu dapat melihat hamparan pemandangan yang menyejukkan.

eksplor curug
eksplor curug. google maps. sumber: Nomal Pangaribuan (MaLz)

Jalan yang akan dilalui pun sudah bagus dan mudah untuk dilewati, jika menggunakan kendaraan roda empat harus berhati-hati karena jalannya yang hanya cukup dilalui oleh satu kendaraan saja.

Setelah sampai ditempat parkir kamu akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, menyusuri jalan setapak ditengah hamparan pesawahan milik warga.

Tiket Masuk Curug Kiara

  • Tiket masuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebesar Rp. 12.500,- per orang
  • Tiket masuk Curug Kiara sebesar Rp. 20.000,- per orang

Jam Buka Curug Kiara

Jam operasional Curug Kiara dibuka setiap hari dan selama 24 jam non stop. Namun mengingat jalur trekking belum dilengkapi dengan penerangan yang memadai baiknya kamu berkunjung ketika matahari masih bersinar.

simak juga: curug mariuk 

Fasilitas Yang Tersedia Di Curug Kiara

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Curug Kiara diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung makanan dan minuman.
rute trekking
rute trekking. google maps. sumber: Nomal Pangaribuan (MaLz)

Trekking Curug Kiara

Trekking menuju Curug Kiara akan melalui jalanan menanjak yang masih terbuat dari bebatuan, tanjakannya lumayan curam jadi kamu harus berhati-hati ketika melangkah.

Setelahnya kamu akan menyusuri jalan drainase atau saluran air, dimana airnya sangat bersih juga jernih. Disisi kiri kamu merupakan sebuah jurang, fokus dan waspadalah ketika melangkah.

Kemudian kamu akan menapaki jalanan menurun yang terbuat dari bebatuan, lanjutkan perjalananmu dengan menapaki jalan tersebut. Di sepanjang perjalanan kamu akan menemukan beberapa warung yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Selanjutnya kamu akan menemukan jalur trekking menurun yang sangat tajam, tidak ada pegangan sama sekali jalurnya pun masih sangat alami.

simak juga: curug cikuluwung

Tak berselang lama kamu akan menemukan sebuah jembatan bambu yang akan membawamu lebih dekat dengan Curug Kiara.

Namun ternyata jembatan tersebut bukanlah akhir dari trekking yang kamu lakukan, karena masih harus menuruni sebuah tangga sederhana yang sangat curam. Curug Kiara berada di belakang tangga terhalangi oleh tebing yang cukup tinggi.

curug kiara
curug kiara. google maps. sumber: teuku noviansyah

Daya Tarik Curug Kiara

1. Pesona Keindahan Curug Kiara

Curug ini memiliki nama yang indah, entah apa yang melatarbelakangi pemberian nama Kiara. Nama indah tersebut bukanlah isapan jempol belaka, karena Curug Kiara memiliki view yang keren banget.

Curug Kiara terletak seperti disembunyikan diantara tebing yang cukup tinggi serta dilindungi pepohonan yang lebat. Air yang dialirkan Curug Kiara sangat deras apalagi jika musim hujan.

Air yang dialirkan sangat jernih dan bersih, lokasinya yang jarang dikunjungi membuat area Curug Kiara seakan air terjun pribadi.

Ketinggian Curug Kiara sekitar 50 meter, menimbulkan buih putih di sekitar akhir alirannya. Kolam disekitarnya tidak terlalu besar, namun memanjang dengan kedalaman yang beragam.

simak juga: curug cikoneng leuwiliang

Terdapat banyak bebatuan disekitar kolam alaminya, kita dapat melihat ke dasar kolam saking jernihnya air yang mengalir.

2. Mandi dan Bermain Air

ragam wisata di curug kiara
ragam wisata di curug kiara. google maps. sumber: Johan Antony Butarbutar

Berenang merupakan ragam wisata favorit yang selalu pengunjung lakukan ketika berada di area Curug Kiara. Kedalaman kolamnya beragam, kamu harus berhati-hati jika kurang mahir berenang.

Hilanglah rasa penat dalam diri setelah trekking yang kamu lakukan untuk menuju Curug Kiara. Kamu juga bisa bermain air dengan duduk-duduk diatas bebatuan yang ada sembari memainkan air yang mengalir.

Nikmatilah kedamaian, ketenangan dan keindahan yang diberikan. Vibes tersebut akan membuat jiwa dan ragamu menerima energi positif.

3. Hunting Foto

Setelah menikmati keindahan alam dan Curug Kiara, jangan lupa untuk mengabadikannya kedalam beberapa foto maupun video. Sehingga kamu dapat terus mengenang keindahan alam yang luar biasa dari Curug Kiara.

simak juga: curug cikawah pamijahan

4. Menikmati 3 curug yang lainnya

Kecamatan Pamijahan memiliki banyak sekali curug atau air terjun, sedangkan yang searah dengan Curug Kiara ada 3 buah yakni Curug Batu Tumpah, Curug Bidadari, serta Curug Susun.

Untuk mencapai ketiga lokasi Curug tersebut kamu masih harus menempuh perjalanan dengan trekking menyusuri hutan.

Curug Kiara merupakan air terjun yang lokasinya paling dekat, sedangkan Curug Bidadari berada di bagian paling atas.

curug bidadari
curug bidadari. google maps. sumber: Pringadi Surya

Penginapan Terdekat Curug Kiara

Untuk kamu yang ingin menikmati semua keindahan curug yang tersedia di Desa Ciasihan ini, terdapat beberapa homestay yang dapat kamu gunakan untuk menginap. Lokasinya berada di sepanjang jalan menuju Curug.

simak juga: kebun jati pancawati

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Kiara, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk dipakai dijalan yang berbatu dan licin.
  • Berhati-hatilah ketika menyusuri jalur trekking, karena masih banyak medan yang cukup licin.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman untuk bekal diperjalanan.
  • Tempat wisata ini kurang cocok untuk membawa serta anak-anak, karena medannya yang cukup sulit.
  • Kamu dilarang untuk mendekati curahan air Curug Kiara, karena sangat deras.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Kiara.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan¬† keindahan alam dan Curug Kiara.
tangga menuju curug
tangga menuju curug. google maps. sumber: Dimas Saputro

Penutup

Sangat pantaslah jika Bogor memiliki julukan 1000 curug, karena memang di kota ini banyak sekali curug atau air terjun yang masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi.

Hal utama dari seluruh objek wisata ialah kenyamanan, jika hal tersebut dapat dirasakan oleh para pengunjung maka tak menutup kemungkinan pengunjung akan terus mengunjunginya. Medan yang cukup sulit tidak seberapa jika dibandingkan dengan keindahan alam yang akan dinikmati.

Kunjungilah Curug Kiara diwaktu luangmu, dan jangan lupa untuk menyiapkan foto terbaik ketika berada di Curug Kiara, ya!