Curug Ciampea Bogor, Review Harga Tiket Terbaru, Bumi Perkemahan, Serta Akses Jalan

Khususnya bagi masyarakat Jabodetabek, bahwa sebagian air yang diminum baik dalam bentuk kemasan, ataupun depot air minum, salah – satunya bersumber dari Gunung Salak Bogor.

Kelestarian alamnya masih terjaga, karena berstatus sebagai Taman Nasional Gunung Halimun – Salak. Dan kelestarian alam tersebut, berdampak terhadap kandungan air yang dimilikinya.

Curug Ciampea Bogor
Curug Ciampea Bogor. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Curug Ciampea Bogor, adalah salah – satu pesona alam yang berada di kaki Gunung Salak. Sebagai sebuah penegasan bahwa kawasan tersebut memiliki kandungan air yang melimpah, serta pesona alam air terjun yang banyak, dan layak untuk dikunjungi.

Lokasi Dan Alamat Curug Ciampea Bogor

Lokasi Curug Ciampea Bogor berada di kaki Gunung Salak. Alamat Curug Ciampea Bogor berada di Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jaawa Barat.

Rute Atau Akses Jalan Menuju Curug Ciampea Bogor

Rute atau akses jalan menuju Curug Ciampea Bogor jika dari terminal Baranang Siang, Bogor, hanya berjarak sekitar 25 kilometer.

Adapun waktu tempuhnya sekitar 1 jam 30 menit hingga sampai di area parkiran. Jalan menuju Curug Ciampea Bogor satu arah dengan Curug Luhur Indah.

Setelah sampai di area parkiran, maka para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki di alam terbuka, atau trekking untuk sampai di lokasi utama Curug Ciampea Bogor.

Trekking Menuju Curug Ciampea Bogor

Trekking menuju lokasi utama Curug Ciampea Bogor dari lokasi parkiran memang cukup jauh. Maka pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan prima.

Loket Tiket Curug Ciampea
Loket Tiket Curug Ciampea. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Namun, meskipun jauh, jalurnya tidak terlalu curam. Hanya di lokasi yang dekat dengan Curug Ciampea saja yang cukup curam.

Sebagaian besar, trekkingnya akan melalui kawasan hutan pinus. Meskipun jalurnya masih berbentuk tanah, namun pemandangan alam sekitarnya sangat indah dan asri.

Jalurnya sangat lebar, leluasa bagi para pejalan kaki. Karena perjalanannya menyusuri hutan pohon pinus. Selain itu, udara sekitar juga sangat menyejukan.

Trekking Melalui Hutan Pinus
Trekking Melalui Hutan Pinus. Sumber : veronikadesi.com

Sebagian besar kondisi jalur menuju lokasi utama Curug Ciampea Bogor akan terus menanjak. Dan anak tangganya masih berupa tanah yang dipadatkan oleh kayu, atau batang pepohonan.

Trekking awal akan melewati lokasi bumi perkemahan Curug Ciampea. Kaum milenial merupakan wisatawan yang mendominasi aktivitas wisata camping tersebut.

Perkemahan Di Curug Ciampea
Perkemahan Di Curug Ciampea. Sumber : www.youtube.com

Kondisi jalur yang menanjak akan segera berakhir saat sampai di lokasi yang banyak kantinnya. Dari lokasi tersebut, view Curug Ciampea Bogor sudah bisa terlihat dengan indah.

Lanjutkan trekking dari lokasi tersebut dengan menyusuri jalur yang menurun. Para pengunjung diharapkan berhati-hati saat di jalur tersebut, terutama saat musim hujan.

Tidak lama berselang, para pengunjung akan sampai di lokasi dengan beberapa kantin yang berjajar. Di kantin tersebut juga terdapat fasilitas mushola, dan itulah area utama tujuan traveler.

Pesona Keindahan Curug Ciampea Bogor

Saat sampai di area utama, traveler tidak hanya akan menikmati 1 spot keindahan air terjun saja, namun setidaknya terdapat 3  keindahan air terjun dalam satu kawasan sekaligus.

1. Green Lagoon

Ternyata, bukan hanya di Curug Ngumpet saja terdapat lokasi Green Lagoon. Tetapi di Curug Ciampea juga terdapat lokasi yang bernama sama Green Lagoon.

Sebuah spot dengan mini air terjun, kolamnya juga tidak terlalu lebar, namun memiliki kedalaman yang cocok untuk melakukan aktivitas Cliffjumping.

Green Lagoon Curug Ciampea
Green Lagoon Curug Ciampea. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kolamnya diapit oleh bebatuan besar, airnya jernih agak kehijau – hijauan, serta dingin dan menyegarkan. Tetapi, para pengunjung harus tetap mengedepankan aspek keselamatan.

2. Curug Cipatat

Terdapat spot air terjun lainnya yang bernama Curug Cipatat. Curug atau air terjun tersebut cukup tinggi, arus air yang turun juga cukup deras, serta airnya dingin dan menyegarkan.

Kolam utamanya cukup lebar, berpadu dengan kehadiran tebing batu, serta pepohonan, yang memberikan keteduhan selama beraktivitas di area tersebut.

3. Curug Ciampea

Selanjutnya, aitu Curug Ciampea Bogor. Kata curug, memiliki arti yang sama dengan air terjun. Dan Curug Ciampea Bogor memiliki ketinggian sekita 50 meter.

Kolam utamanya cukup besar, serta kolam Curug Ciampea terkenal sangat jernih, dan lokasi yang nyaman untuk melakukan aaktivitas berenang, ataupun mandi.

Pesona Keindahan Curug Ciampea
Pesona Keindahan Curug Ciampea. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Namun, tetaap saja saat puncak musim penghujan tiba, debit airnya akan cukup tinggi. Dengan demikian, kewaspadaan harus tetap ada pada diri para pengunjung.

4. Pesona Alam Sekitar

Daya tarik selanjutnya adalah view alam sekitar. Sebagaimana dibahas sebelumnya bahwa lokasi Curug Ciampea Bogor berada di kawasan Gunung Salak, maka view alam yang masih asri adalah sajian view alam sekitar.

Dari mulai hutan pohon pinus, view daerah yang berada di bawah kaki gunung, serta ragam tanaman, atau tumbuhan adaalah pesona lain dari Curug Ciampea Bogor.

Pesona Alam Sekitar
Pesona Alam Sekitar. Sumber : nizarnizar.com

Ragam Aktivitas Wisata Di Curug Ciampea Bogor

Ragam aktivitas wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung selama berada di objek wisata Curug Ciampea Tenjolaya Bogor, adalah sebagai berikut :

1. Berenang

Ragam aktivitas wisata Curug Ciampea Bogor yang pertama tentu saja berenang, mandi, atau bermain air. Dengan kondisi air yang jernih, dan menyegarkan, semakin menambah kenikmatan saat berwisata ke Curug Ciampea Tenjolaya Bogor.

Berenang Di Curug Ciampea
Berenang Di Curug Ciampea. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Spot terbaik untuk berenang adalah di lokasi Green Lagoon, dan spot terbaik untuk mandi adalah di lokasi Curug Ciampea.

2. Hunting Foto

Keindahan curug atau air terjun, yang berpadu dengan keindahan alam sekitar, menjadikan kawasan objek wisata Curug Ciampea Bogor menjadi spot foto yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Hunting Foto
Hunting Foto. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Tidak sedikit para pengunjung yang datang, sengaja hanya untuk melakukan foto prewedding. Atau para pemburu konten untuk media sosial, sering juga menjadikan Curug Ciampea sebagai konten utamanya.

Hal tersebut menjadi sebuah penegasan bahwa di objek wisata Curug Ciampea Bogor tersaji keindahan alam yang sangat instagrammable.

3. Camping

Aktivitas wisata selanjutnya adalah camping. Lokasi perkemahan Curug Ciampea berada tidak jauh dari lokasi parkiran, atau tempat registrasi tiket.

Seperti yang telah disinggung di awal pembahasan, bahwa lokasi perkemahan Curug Ciampea berada di jalur trekking, serta di tengah hutan pohon pinus.

Camping Di Curug Ciampea
Camping Di Curug Ciampea. Google Maps. Sumber : www.wisatainfo.com

Letaknya berada di ketinggian, sehingga dapat menyajikan view yang sangat elok. Dan para pengunjung wajib membawa jaket, karena cuacanya akan sangat dingin saat hari mulai sore.

Harga Tiket Masuk Curug Ciampea Bogor

Harga tiket masuk Curug Ciampea terbaru adalah Rp. 22.000 per orang.

Jam Operasional Curug Ciampea Bogor

  • Jam operasional Curug Ciampea Bogor buka selama 24 jam, karena terdapat aktivitas wisata berupa camping.
  • Curug Ciampea Bogor buka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Curug Ciampea Bogor

Tidak ada penginapan di objek wisata Curug Ciampea Bogor, karena mayoritas para pengunjung melakukan aktivitas camping jika ingin menginap di Curug Ciampea.

Penutup

Demikian info lengkap, dan terbaru Curug Ciampea Bogor. Semoga kelestarian alam Gunung Salak akan tetap lestari dari generasi ke generasi.

Utamakan keselamatan, patuhi protokol kesehatan, dan jangn membuang sampah sembarangan. Karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment