Curug Muara Bogor, Air Terjun 25 Meter di Dekat Leuwi Goong

Curug Muara Bogor memiliki tinggi kira-kira 30 meter serta kedalam sekitar 3 meter lebih. Curug ini memiliki panorama yang indah dengan tebing yang mengelilinginya serta pepohonan hijau yang menghiasi. Kawasan wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang senang dengan petualanagan.

Curug Muara Bogor memiliki tinggi kira-kira 25 meter. Bentuknya ramping dan tinggi. Curug di kelilingi oleh tebing tegak lurus dan pepohonan hijau, benar-benar cantik. Bebatuan dan kerikil di aliran curug menambah kecantikan curug ini.
Curug Muara Bogor. Image via: ceritabogorblog

Lokasi Curug Muara Bogor

Lokasi Curug Muara Bogor ada di Desa Situ Udik, kecamatan Cibungbulang, Bogor Jawa Barat.

Curug Muara Bogor atau juga biasa disebut curug Air terjun cigame mempunyai jarak kurang lebih 42 kilometer dari pusat kota bogor.

Rute Menuju Curug Muara Bogor

Bagi wisatawan dari arah Bogor kota bisa melalui jalur ke arah Leuwiliang hingga sampai ke pertigaan Cikampak dan pertigaan Cibatok.

Tidak jauh dari pertigaan Cibatok kemudian pertigaan Cemplang atau Jl. KH. Abdul Hamid,  lanjutkan perjalanan sampai pertigaan Situ Udik, Lalu ambil kanan.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri tebing yang ada di pinggir sungai. Menaiki sisi bukit sampai di persawahan, kemudian turun ke bawah melewati jalan setapak.
Hiking gembira. Image via: waterfalladventurebekasi

Simak juga: 25 wisata populer di Bogor

Setelah ambil kanan, tidak beberapa jauh akan ketemu jembatan, kemudian ketemu pertigaan ambil kanan terus saja hingga ada plang penunjuk arah ke Situ Udik (kiri), kemudian ambil lurus memasuki peternakan sapi perah. Pengunjung dapat menumpang parkir di depan peternakan.

Jam Buka Curug Muara Bogor

Lokasi wisata Curug Muara Bogor ini buka setiap hari sepanjang minggu. Lokasi ini mulai buka jam 07.00 sampai tutup pada jam 17.00 sore.

Tiket Curug Muara Bogor

Untuk harga tiket masuk curug Muara Bogogr, pengunjung dikenakan pungutan tiket sebesar Rp. 10.000 / orang.
Post Tiket masuk. Image via: ceritabogorblog

Untuk harga tiket masuk curug Muara Bogor, pengunjung dikenakan pungutan tiket sebesar Rp. 10.000 / orang. Sedangkan untuk parkir, sampai saat ini belum ada pungutan.

Fasilitas Curug Muara Bogor

Untuk fasilitas penunjang wisata, kawasan wisata curug muara bogor, belum memiliki secara lengkap. Hal ini mungkin karena tingkat kunjungan yang masih relatif sepi dan lokasi yang jauh dari pemukiman.

Daya Tarik Curug Muara Bogor

  1. Leuwi Gong

Pengunjung dapat menikamati pemandangan curug yang sanag indah dengan air jernih dan juga sedikit dingin ini. Tinggi air terjun ini kurang lebih sekitar 30 meter dengan kedalaman sekitar tiga meter lebih.

Sehabis dari Curug Muara Karacak ini, pengunjung bisa juga naik lagi untuk berisitirahat di Leuwi Goong yang berada di atas curug. lokasi Leuwi Goong ini sudah rapih dan sejuk tempatnya, banyak pendopo untuk beristirahat dll.

. Curug di kelilingi oleh tebing tegak lurus dan pepohonan hijau, benar-benar cantik. Bebatuan dan kerikil di aliran curug menambah kecantikan curug ini.
Curug bertebing hijau. Image via: @aris_setyawann

Simak juga: Lintasan 15 km di Alas Burno Senduro

Beberapa dari pengunjung tampak melepas lelah beristirahat di pendopo Leuwi Gong. Ada juga yang turun ke bawah menuju Leuwi Goong yang ada di bawah sungai. Bentuk dinding sungai ini sangat unik, berbentuk seperti badan manusia, jika airnya bening pasti seger banget mandi disini.

Menurut salah satu penjaga yang ada di Leuwi Goong ini, banyak cerita yang ada di tempat ini, mulai dari adanya petilasan Raden Kian Santang, batu berbentuk buaya besar, batu berbentuk ular naga, batu berbentuk love, sembilan sumur yang bikin awet muda, goa dengan air yang warnanya berbeda beda dan lain lain.

  1. Monyet

Ketika telah tiba di area Curug, pengunjung akan disambut gemuruh air terjun, pemdanagn pepohonan yang hijau serta satwa yang tinggal dikawasan ini. Salah satu satwa yang mendiamai kawasan ini adalah monyet.

Monyet merupakan hewan yang memiliki tingkat kecerdasan yang lumayan dibanding dengan hewan-hewan lainnya. Maka tak heran jika mereka sering menunjukan rasa keingin tahuan yang besar ketika menemukan barang-barang yang aneh bagi mereka.

Oleh karena itu bagi para wisatawan sebaiknya menjaga barang bawaannya dengan ketat karena kerap kali para monyet ini mengambil barang-barang wisatwan. Barang yang sering mereka ambil dari para pengunjung adalah kacamata dan topi, jadi tetaplah berhati-hati.

Bebatuan dan kerikil di aliran curug menambah kecantikan curug ini.
Berbatu. Image via: @idhayhidayat

Tips Mengunjungi Curug Muara Bogor

Apakah yang sebaiknya diketahui sebelum berwisata ke Curug Muara Bogor? Berikut ini kami coba berikan beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan demi kenikmatan dan keamanan selama berwisata di Curug Muara Bogor.

Jembatan tradisional sebagai salah sau lontasan untuk menuju curug muara bogor.
Jembatan tradisional. Image via: @rafli.prilianto

Simak juga: Bukit Gebang Bangka

Ajaklah kerabat, sahabat atau pacar ketika mengunjungi Curug Muara Bogor. Selain membuat suasana wisata semakin seru, jika pergi sendirian dikhawatirkan terjadi sesuatu terlebih kawasan ini merupakan wisata air yang cenderung memiliki medan yang licin.

Berangkatlah sepagi mungkin. Selain dapat menikmati liburan lebih lama dan puas, dengan pergi pada pagi hari pengunjung dapat menghindari kemacetan di jalan dan sampai ke lokasi lebih cepat.

Gazebo di dekat curug
Gazebo di dekat curug. Image via: waterfalladventurebekasi

Gunakanlah sendal/sepatu gunung. Dengan memakai alas kaki khusus, pengunjung dapat dengan leluasa melakuakan aktivitas liburannya tanpa hambatan apapun. Hal ini juga mengurangi resiko cedera ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan mengingat lokasi wisata curug yang cenderung licin dan basah.

Di sini dan Saat ini di curug muara bogor.
Di sini dan Saat ini. Image via: @hadjukemal

Simak juga: The great Asia Afrika Lembang

Objek Wisata Dekat Curug Muara Bogor

Di kecamatan Cibungbulang, juga terdapat beberapa objek wisata lain. Salah satunya adalah Curug lembah pelangi. Curug ini memiliki ketinggian 60 meter. Bahi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan pelangi di kawan ini disarankan agar datang ketika cuaca sedang cerah.

Selain air terjun, di kecamatan ini juga ada objek panorama dataran tinggi. Yaitu Bukit Cempala panenjoan. Taman wisata dengan lahan seluas 10 hektar itu memiliki latar belakang pemandangan alam dan dihiasi dengan menara cinta dan rumah pohon.

Demikianlah sedikit cerita dari objek wisata Curug Muara Bogor. Infonya memang masih tergolong minim, karena lokasi ini sendiri masih tergolong jarang dikunjungi. Untuk itu segeralah menjadi bagian dari generasi awal yang mengunjungi lokasi ini.

Segera rencanakan, dan lakukan perjalanan ketika wabah sudah mereda.

 

Baca juga:

Leave a Comment