Alas Burno Senduro Lumajang, Tempat Asyik Menghabiskan Malam Di Tengah Hutan Pinus

Alas Burno Senduro atau Siti Sundari Lumajang merupakan sebuah lokasi wisata yang berada di tengah hamparan hutan pinus dan merupakan salah satu gerbang masuk menuju kawasan Bromo.

Lokasi wisata ini memiliki berbagi berbagai wahana yang harus kamu coba, dan sangat cocok untuk membawa serta seluruh anggota keluarga. Objek wisata ini memiliki keadaan alam yang sangat menyejukkan serta udara yang dihirup pun sangat segar.

Hamparan pohon pinus dipadupadankan dengan berbagai warung-warung makanan dan minuman yang dibangun semenarik mungkin, apalagi jika malam tiba keadaan akan semakin berbeda.

Keberadaan Alas Burno Senduro atau Siti Sundari Lumajang ini merangkul masyarakat supaya ikut serta dalam proses perkembangan lokasi wisata ini, salah satunya dengan menjaga kelestarian hutan terutama dari kebakaran hutan.

Pohon Pinus Yang Berjajar Dengan Rapih
Pohon Pinus Yang Berjajar Dengan Rapih. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 11 lokasi wisata di Lumajang

Untuk kamu yang ingin melakukan foto prewedding disini juga bisa, serta terdapat area untuk mendirikan tenda. Berikut ulasan lengkap mengenai Alas Burno Senduro Lumajang:

Lokasi Alas Burno Senduro Lumajang

Alamat Alas Burno Senduro terletak di Desa Burno, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan berada di kaki Semeru.

Rute Menuju Alas Burno Senduro Lumajang

Rute menuju Alas Burno Senduro atau Siti Sundari berada sejauh 21 km dari Ibu Kota Kabupaten Lumajang, dengan kondisi jalan yang sudah beraspal dan mudah untuk dilalui.

Jika kamu bergerak dari arah Kabupaten Malang, kamu akan melewati Desa Ranu Pani sebelum memasuki kawasan Alas Burno. Sepanjang perjalanan kamu tidak akan penah merasa bosan, karena disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan.

Kamu akan melalui salah satu pura tertua yang ada di Indonesia, yang bernama Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Jam Buka Alas Burno Senduro Lumajang

Alas Burno Senduro atau Siti Sundari Lumajang ini dibuka mulai hari Senin hingga hari Minggu selama 24 jam nonstop. Namun lokasi ini selalu ramai dikunjungi ketika malam hari, karena menampilkan suasana yang lebih indah.

Tiket Alas Burno Senduro Lumajang

Tiket masuk Alas Burno Senduro atau Siti Sundari Lumajang tidak ada, kamu hanya harus mengeluarkan uang untuk tiket parkir saja.

Simak juga: Keindahan Bukit Gebang Batam

Fasilitas Alas Burno Senduro Lumajang

Fasilitas yang ada di Alas Burno Senduro atau Siti Sundari Lumajang ini terdiri dari area parkir, area camping, kamar mandi atau toilet, serta warung-warung makanan dan minuman.

Daya Tarik Alas Burno Senduro Lumajang

1. Warung atau Cafe

Daya tarik pertama yang akan dibahas ialah mengenai keberadaan cafe atau warung-warung makan dan minuman yang berderet dengan rapihnya diantara keindahan hutan pinus.

Setiap warung atau cafe yang ada menawarkan makanan dan minuman sederhana, yang dapat kamu nikmati sambil mengamati indahnya pohon pinus yang menjulang tinggi.

Suasana akan terasa berbeda jika malam tiba, karena area warung atau cafe akan dihiasi dengan lampu-lampu taman serta beberapa warung menghiasinya dengan lampu yang berkelap-kelip.

Suasana Di Malam Hari
Suasana Di Malam Hari. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi pengunjung ketika malam hari, karena suasanya akan terasa lebih indah juga romantis.

2. Area Camping

Lokasi Alas Burno atau Siti Sundari ini sangat luas dan berada diantara jajaran pohon pinus yang indah juga menyejukkan. Maka tak heran jika terdapat area untuk kamu mendirikan tenda.

Tempat kamu mendirikan tenda tak terlalu jauh dari lokasi warung-warung atau cafe. Jadi jika perutmu keoncongan di malam hari, kamu ngga perlu kebingungan.

3. Area bersepeda

Pengelola menyediakan sebuah arena yang bernama Siti Sundari Bike Park, dimana kamu yang membawa sepeda dapat melajukan sepeda kamu disini.

Siti Sundari Bike Park
Siti Sundari Bike Park. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tersedia jalur-jalur trekking sepeda yang cukup mengasyikkan yang dapat kamu jajal ketika mengunjungi Alas Burno Senduro atau Siti Sundari Burno ini.

4. Offroad

Untuk kamu para pecinta offroad tak perlu khawatir, karena Alas Burno Senduro berada di tengah hutan pinus dan masih sangat alami. Kamu dapat menjelajahi kawasan tersebut dengan menggunakan sebuah mobil yang dikhususkan menapaki jalanan yang berupa tanah dan tidak rata.

5. Wahana Bermain Anak

Tak ketinggalan di Alas Burno Senduro ini terdapat penyewaan kuda, dimana anak-anak dapat menaiki kuda yang tak terlalu tinggi untuk berkeliling di sekitar lokasi wisata tersebut.

Mengelilingi Alas Bruno Dengan Menaiki Kuda
Mengelilingi Alas Bruno Dengan Menaiki Kuda. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu ngga perlu khawatir akan keselamatan anakmu, karena kudanya sudah ramah dan akan selalu ditemani oleh pemiliknya di sepanjang perjalanan.

Selain itu terdapat pula area untuk anak bermain outbound dan flying fox, dimana anak-anak akan melatih keberanian mereka melaju diketinggian dengan hanya berpegangan pada sebuah tali.

Menapaki Jembatan Gantung
Menapaki Jembatan Gantung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

6. Komoditi lokal

Alas Burno Senduro atau Siti Sundari Burno ini juga memberikan komoditi lokal yang ditanam, dipanen, serta dibuat sendiri oleh warga sekitar. Diantaranya yakni:

  • Pisang Emas Kirana

Pisang tersebut memiliki rasa yang manis dengan warna yang sangat khas, hasil panen pisang emas kirana selalu dikirim ke berbagai supermarket yang berada di Malang, Yogyakarta, Surabaya bahkan Jakarta. Selain itu karena hasilnya selalu melimpah, sampai diekspor pula ke negara tetangga seperti Malaysia dan Jepang.

  • Talas Hutan

Makanan yang satu ini diolah sedemikian rupa hingga menjadi kripik. Proses pembuatannya melibatkan warga sekitar yang bekerja untuk mengolah hasil panen talas hutan, sehingga menjadi sebuah makanan ringan yang lezat.

Selalu Ramai Dikunjungi Pengunjung Di Malam Hari
Selalu Ramai Dikunjungi Pengunjung Di Malam Hari. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Kambing Ras Senduro

Kambing ras senduro ini merupakan jenis hewan ternak yang cukup produktif dan dinobatkan sebagai kambing terbesar dan terberat dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Batu, Jawa Timur pada tahun 2008 lalu. Sehingga harga jualnya pun akan sangat menggiurkan.

7. Spot Foto

Hutan pinus menyimpan keindahan alam yang tak diragukan lagi, indah dan sejuknya hutan dapat kamu rasakan ketika berada di Alas Burno Senduro atau Siti Sundari Burno. Hawa dingin ketika menjelang malam tak kamu hiraukan.

Berfoto Bersama Indahnya Suasana
Berfoto Bersama Indahnya Suasana. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi tersebut sering digunakan untuk kegiatan foto Prewedding, karena menampilkan kesan yang sangat indah juga romantis. Selain itu kamu dapat mengambil foto dibeberapa spot yang kamu inginkan.

Simak juga: 1 tiket  7 negara, di Great Asia Afrika Lembang

Tips Wisata

  • Perhatikan kondisi cuaca ketika hendak berangkat menuju Alas Burno Senduro atau Siti Sundari Burno, karena kamu akan menghabiskan waktu di udara terbuka.
  • Bawalah baju hangat untuk menghangatkanmu ketika di malam hari.
  • Suasana di malam hari akan lebih mengasyikkan.
  • Selalu jaga dan kebersihan area Alas Burno Senduro.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan yang tercipta.

Simak juga: Merenung di Sasak panyawangan Purwakarta

Penutup

Meskipun Alas Burno Senduro merupakan tempat singgah, namun karena dikonsep sedemikian rupa sehingga menjadi lokasi wisata tersendiri di kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Menikmati makanan dan minuman yang tersaji sambil menikmati indahnya hutan pinus merupakan pengalaman yang tak boleh kamu lewatkan.


Leave a Comment