Air Terjun Batu Lapis, Wisata Lumajang Untuk 8 Tahun Ke Atas

Tidak usah bingung, karena memang nama Air Terjun Batu Lapis ada dua. Yang pertama lokasinya berada di Lampung, dan yang ke dua lokasinya berada di Lumajang.

Beda tempat, tentu saja beda keindahannya. Lantas mana yang paling indah? Itumah relatif, tergantung sudut pandang mas bos saja. Namun bagi saya, ke duanya memang sangat menawan.

Edisi kali ini, kita akan mulai membahas terlebih dahulu Air Terjun Batu Lapis yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Air Terjun Batu Lapis Lumajang
Air Terjun Batu Lapis Lumajang. Sumber : www.adventuretravel.co.id

Nama Lain Air Terjun Batu Lapis Lumajang

Mayoritas nama sebuah objek wisata yang ada di Indonesia selalu memiliki nama lain. Nama-nama tersebut bisa menunjukan nama tempat, terkait sejarah, atau legenda, bahkan misteri.

Nama lian dari Air Terjun Batu Lapis Lumajang adalah Air Terjun 7 Bidadari, dan Air Terjun Watu Lapis. Namanya diambil dari legenda, serta pesona keindahan air terjunnya.

Air Terjun 7 Bidadari
Air Terjun 7 Bidadari. Sumber : indonesiaone.org

Legenda Atau Misteri Di Air Terjun Batu Lapis Lumajang

Inilah pesona lain dari objek wisata yang ada di Indonesia, selalu saja menyimpan cerita legenda, maupun kisah misteri. Sehingga mennghadirkan sensasi tambhan bagi para pengunjungnya.

Legenda di Air Terjun Batu Lapis Lumajang terkait nama lainnya, yaitu Air Terjun 7 Bidadadri. Sudah bisa ditebak, bahwa legenda yang berkembang terkait lokasi utamanya yang dijadikan pemandian para bidadari yang turun dari khayangan.

Hampir bisa dipastikan, mayoritas objek wisata alam air terjun selalu terkait legenda 7 bidadari.

Trekking Menuju Air Terjun Batu Lapis Lumajang

Perlu diketahui bahwa objek wisata Air Terjun Batu Lapis Lumajang merupakan objek wisata alam yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga, dan wisata edukasi.

Di area parkiran terdapat papan informasi yang menyatakan bahwa objek wisata Air Terjun Batu Lapis Lumajang diperuntukan bagi usia 8 tahun ke atas.

Hal ini dikarenakan trekking menuju lokasi utama Air Terjun Batu Lapis Lumajang tidak ekstrim, serta kondisi kolam utamanya tidak dalam.

Jika ingin langsung sampai di area parkiran, maka direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Namun jika menggunakan mobil, bisa diparkir di halaman rumah warga, selanjutnya menggunakan jasa ojek untuk sampai di area parkiran.

Setelah sampai di area parkir, seperti bisa para pengunjung harus melakukan trekking untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Watu Lapis.

Jalur trekkingnya masih berupa lapisan tanah, namun sudah tertata secara baik. Seperti anak tangga di depan area parkir yang sudah dipadatkan, serta dibentuk oleh bambu.

Trekking Menuju Air Terjun Batu Lapis
Trekking Menuju Air Terjun Batu Lapis. Sumber : www.youtube.com

Selain itu, kondisi jalurnya juga cukup lebar. Sehinga sangat leluasa bagi mereka yang melakukan trekking sambil menikmati keindahan alam sekitar.

View alam yang tersaji selama perjalanan adalah pegunungan, tanaman elok dengan ragam warna yang berbeda-beda, pohon kopi, serta kesejukan udara sekitar menjadi orkestra alam yang membentuk keindahan.

Tanjakannya sudah dimudahkan dengan anak tangga, begitupun dengan turunannya. Serta di beberapa titik sudah terdapat warung penjual makanan dan minuman.

Saat lokasi utama kian dekat, maka traveler akan melihat sebuah air terjun yang sangat menawan. Seolah-olah disangga oleh tebing kokoh yang menjulang tinggi.

Trekking Terakhir Air Terjun Batu Lapis
Trekking Terakhir Air Terjun Batu Lapis. Sumber : kabarrakyat.id

Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Batu Lapis Lumajang. Jangan lupa membawa baju ganti, serta gunakan alas kaki yang tepat ya…

Pesona Keindahan Air Terjun Batu Lapis Lumajang

Air Terjun Batu Lapis Lumajang, atau disebut juga Air Terjun 7 Bidadari memiliki ketingian sekitar 30 meter. Arus airnya turun melalui tebing batung yang menjulang tinggi.

Meskipun Air Terjun Watu Lapis tergolong air terjun yang tinggi, namun tidak mempengaruhi kedalaman kolam utamanya. Kolam utamanya termasuk kolam yang dangkal.

Pesona Keindahan Air Terjun Batu Lapis
Pesona Keindahan Air Terjun Batu Lapis. Sumber : wisataalamlumajang1.blogspot.com

Hal itu disebabkan oleh arus air yang turunnya tidak terlalu deras, dan membentuk keindahan laksana tirai putih. Sehingga di kolam tersebut, para pengunjung bebas bermain air.

View alam sekitar didominasi oleh bebatuan, serta tebing kokoh. Di sisi lain, panorama hijaunya pepohonan memberikan nuansa keteduhan, dan nilai asri.

View Alam Sekitar Air Terjun Batu Lapis
View Alam Sekitar Air Terjun Batu Lapis. Sumber : lokalkarya.com

Kesempurnaan keindahan semakin lengkap dengan hadirya beberapa tanaman yang memiliki warna yang mencolok. Inilah paduan keindhan yang tersaji di Air Terjun Batu Lapis Lumajang.

Aktivitas Wisata Di Air Terjun Batu Lapis Lumajang

Meskipun fasilitas, serta ragam wahana yang tersaji di objek wisata Air Terjun Batu Lapis Lumajang belum lengkap, namun ragam aktivtas berikut ini tetap dapat menyajikan keseruan :

1. Bermain Air

Aktivitas yang pertama tentu saja bermain air atau mandi di bawah guyuran Air Terjun 7 Bidadari. Tidak semua lokasi air terjun bisa menikmati aktivitas tersebut, apalagi jika air terjunnya memiliki arus air yang turun sangat deras.

Arus airnya tidak besar, airnya jernih, serta memberikan kesegaran bagi mereka yang mandi di bawah guyuran air terjun tersebut.

Namun, kehati-hatian harus tetap ada. Apalagi jika musim penghujan tiba.

2. Hunting Foto

Seperti yang telah dibahas di paragraf sebelumnya, bahwa banyak sekali view alam yang menyajikan pesona keindahan.

Hal tersebut tentunya bisa menjadi latar yang epik bagi kebutuhan media sosial kalian. Dan spot favorit pengunjung tentu saja di lokasi utama Air Terjun 7 Bidadari.

3. Wisata Edukasi

Bagi para orang tua yang membawa anaknya, maka objek wisata Air Terjun Batu Lapis Lumajang bisa dijadikan sebagai wahana edukasi alam bagi anak tercinta.

Wisata Edukasi Air Terjun Batu Lapis
Wisata Edukasi Air Terjun Batu Lapis. Sumber : afaf15.blogspot.com

Jaman sekarang, jarang sekali para orang tua yang mengenalkan anaknya terhadap keindahan alam berupa air terjun. Biasanya karena kesibukan, serta sulitnya jalur trekkingnya.

Selain menghadirkan nilai edukasi, manfaatkan juga momen wisata di sana untuk dijadikan kenangan terindah bersama keluarha yang akan dikenang selamnya.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Batu Lapis Lumajang

Lokasi dan alamat Air Terjun Batu Lapis berada di Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Air Terjun Batu Lapis Lumajang

Rute menuju Air Terjun Batu Lapis dari Lumajang tidak terlalu jauh. Jarak tempuhnya sekitar 25 kilometer, dengan total waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

Karena belum tersedia angkutan umum untuk sampai di lokasi parkiran, maka para pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Setalah sampai di area parkiran, maka lanjutkan dengan melakukan trekking untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Batu Lapis.

Harga Tiket Mauk Air Terjun Batu Lapis Lumajang

Harga tiket masuk Air Terjun Batu Lapis Lumajang adalah :

  • Rp. 4.000 tiket masuk per orang
  • Rp. 2.000 tarif parkir motor per unit

Jam Operasional Air Terjun Batu Lapis Lumajang

  • Jam operasional Air Terjun Batu Lapis Lumajang buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00.
  • Air Terjun Batu Lapis Lumajang buka dari Hari Senin sampai dengan hari Minggu

Penginapan Di Air Terjun Batu Lapis Lumajang

Tidak ada penginapan di lokasi utama Air Terjun Batu Lapis Lumajang

Penutup

Demikian review Air Terjun Batu Lapis Lumajang. Selalu patuhi protokol kesehatam serta protokol keamanan yang sudah ditetapkan leh pihak pengelola maupun pemerintah.

Jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment