Air Terjun Parangloe, Misteri Keindahan Air Terjun di Gowa

Air Terjun Parangloe merupakan air terjun terindah yang ada di Kabupaten Gowa, Sumatera Selatan. Keadaannya yang berundak-undak dan diantara deretan batu yang tertata dengan rapih.

Warga sekitar sering juga menyebutnya dengan sebutan Air Terjun Bantimurung II, karena Air Terjun Parangloe katanya bermuara dari Air Terjun Bantimurung yang ada di Maros.

Air Terjun Parangloe
Air Terjun Parangloe. Sumber: travelingyuk.com

Air Terjun parangloe sering juga disebut Air Terjun Bertingkat atau Air Terjun Bersusun, karena karakteristik air terjunnya yang bertingkat dan bersusun.

Apapun sebutan nama yang disematkan, Air Terjun Parangloe memang menyuguhkan kepada kita indahnya nirwana. Simak lebih jauh ulasan mengenai Air Terjun parangloe ini, check this out!

Trekking Air Terjun Parangloe

Untuk menuju Air Terjun Parangloe ini kamu harus melakukan perjalanan yang terjal dan membuat peluh bercucuran. Setelah memarkirkan kendaraanmu, kamu harus berjalan selama kurang lebih 45 menit sampai 1 jam.

Waktu yang ditempuh tergantung pada kekuatanmu sendiri. Di sepanjang perjalanan kamu akan merasakan sensasi berjalan diantara hutan belantara, dengan keadaan yang masih sangat alami dan sepi.

Jalanannya pun berbatu dan masih berupa tanah, kamu harus melalui trekking yang menanjak dan berbelok-belok. Terkadang kamu akan menemukan sebuah pohon besar yang menghalangi jalanmu.

Trekking Air Terjun Parangloe
Trekking Air Terjun Parangloe. Sumber: spionase-news.com

Setelah lama berjalan di tengah hutan, kamu akan menemukan warung-warung kecil yang menjajakan makanan ringan. Selain itu kamu juga akan menemukan beberapa gazebo atau saung yang pengerjaannya belum selesai. Hal tersebut dikarenakan kejadian pilu yang menimpa Air Terjun Parangloe.

Namun rasa lelahmu akan berkurang karena ditemani oleh kealamian hutan yang kamu lewati, pengalaman tersebut tak akan sering kamu lalui.

Setelah menuruni jalanan yang masih berupa tanah dan batu dengan pegangan yang seadanya, itu artinya Air Terjun Parangloe sudah semakin dekat.

Kamu akan mulai mendengar gemuruh aliran air yang berjatuhan, dan sesaat kemudian kamu akan melihat hamparan tebing berbatu yang tinggi dengan aliran airnya yang menawan. Itulah Air Terjun Parangloe yang kamu nantikan.

Pesona Keindahan Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe memiliki tinggi sekitar 20 meter, dengan bentuk yang berundak-undak diantara tebing batu yang indah. Dan terbentuk sebanyak 3 aliran air dengan lebar dan tinggi yang berbeda-beda.

Pemandangan Air Terjun Parangloe seperti di nirwana, keindahan aliran airnya yang berundak-undak dan bersih dihiasi tebing batu yang tinggi nan menawan.

Keindahan Air Terjun Parangloe
Keindahan Air Terjun Parangloe. Sumber: www.liburku.com

Di sekitarnya terdapat kolam alami dengan kedalaman yang beragam dan dihiasi taburan bebatuan. Keadaannya yang masih sangat alami, berada di tengah hutan yang masih rindang sehingga menghadirkan suasana yang tenang dan udara yang sangat sejuk.

Tak diketahui tahun berapa Air Terjun Parangloe dibuka akses jalannya oleh para pengunjung tanpa sepengetahuan warga sekitar. Melihat banyaknya pengunjung yang datang akhirnya warga pun ikut turun serta dalam perkembangan area ini menjadi area wisata.

Saat ini Air Terjun parangloe dikelola dan dijaga oleh warga setempat, harapan mereka hanyalah untuk menjaga keindahan alam yang berada di sekitar mereka. Karena mereka berfikir hal tersebut merupakan tanggung jawab mereka.

Secara bersama-sama mereka menjaga dan melestarikan alam Air Terjun Parangloe, dan tak pernah bosan memberitahukan pengunjung tentang hal-hal yang tak boleh mereka lakukan.

Ragam Wisata Air Terjun Parangloe

Menikmati keindahan Air Terjun Parangloe dapat kamu lakukan dengan bermain air di kolam yang diperbolehkan. Namun tetap kamu harus selalu waspada dan hati-hati.

Menikmati Keindahan Air Terjun Parangloe
Menikmati Keindahan Air Terjun Parangloe. Sumber: cadventura.com

Atau jika kamu tidak mau basah-basahan, kamu bisa menikmati keindahan dan kesegaran airnya dengan duduk-duduk di sebuah batu sembari memasukkan kaki kamu ke dalam air.

Merasakan Sejuknya Air Terjun Parangloe
Merasakan Sejuknya Air Terjun Parangloe. Sumber: spionase-news.com

Rasakanlah segarnya Air Terjun Parangloe dengan menatap hamparan keindahan alam disekitarnya.

Berfoto Bersama Keindahan
Berfoto Bersama Keindahan. Sumber: www.tripzilla.id

Catatan Penting

Untuk kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Parangloe diharapkan selalu mematuhi protokol keselamatan yang selalu disampaikan oleh warga sekitar.

Seperti hindarilah berenang di kolam yang sudah dipagari dengan tanda seadanya, karena kolam tersebut sangat dalam dan banyak kejadian yang kurang mengenakan yang terjadi di kolam tersebut.

Berhati-hatilah jika kamu mendengar suara gemuruh dari atas air terjun, karena di lokasi tersebut serig terjadi air bah yang akan datang diwaktu musim penghujan tiba.

Air Bah Yang Datang Jika Penghujan Tiba
Air Bah Yang Datang Jika Penghujan Tiba. Sumber: winnymarlina.com

Selalu ikuti saran dan anjuran yang disampaikan oleh warga yang ikut menjaga Air Terjun Parangloe, kita datang untuk menikmati keindahan yang Tuhan berikan bukan untuk menantang alam.

Peristiwa pilu yang pernah terjadi di lokasi Air Terjun Parangloe merupakan kehendak dari Yang Maha Kuasa, yang tak bisa dielakkan. Namun kita dapat meminimalisir supaya peristiwa seperti itu tak terjadi lagi.

Dibalik peristiwa pilu tersebut, keindahan Air Terjun Parangloe masih diburu para wisatawan yang haus akan keindahan alam. Buktinya Air Terjun Parangloe tidak pernah sepi dikunjungi para pencinta alam.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Parangloe

Lokasi dan alamat Air Terjun Parangloe terletak di Desa Bori, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Rute Menuju Air Terjun Parangloe

Rute menuju Air Terjun Parangloe jika kamu memulai dari Makassar kamu akan menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer. Dengan rute Makassar menuju Gowa kemudian melewati Malino lalu sampailah di Bendungan Bili-Bili.

Dari Malino sekitar 200 meter kamu akan menemukan kantor kehutanan, di samping kantor Kehutanan ada jalan masuk. Jarak yang harus ditempuh dari kantor kehutanan menuju Air Terjun Parangloe sekitar 2 km lagi, dan masih bisa dilalui kendaraan bermotor meskipun jalannya berbatu.

Tiket Masuk Air Terjun Parangloe

Untuk tiket masuk ke Air Terjun Parangloe kamu harus membayar Rp. 5.000,- per orangnya. Nanti setelah mau mendekati area Air Terjun Parangloe kamu akan dimintai uang kebersihan sebesar Rp. 3.000,- per orangnya.

Jam Operasional Air Terjun Parangloe

Jam operasional Air Terjun parangloe sendiri dibuka setiap hari, dan belum ada jam khusus yang disebutkan.

Karena lokasi menuju Air Terjun Parangloe ini membelah hutan dan masih sangat alami, jadi disarankan untuk tidak terlalu sore sehingga pulangnya tidak kemalaman dijalan.

Fasilitas Air Terjun Parangloe

Keadaan Air Terjun masih sangat alami, sehingga untuk fasilitas yang tersedia masih seadanya. Di sekitar Air Terjun Parangloe terdapat beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Penginapan

Belum tersedia penginapan terdekat dengan Air Terjun Parangloe ini, karena masih sangat alami dan belum banyak mendapat perhatian dari Pemerintah.

Tips Wisata

Beberapa tips wisata berikut dapat menjadi gambaran untuk kamu yang berencana mengunjungi Air Terjun Parangloe, diantaranya:

  • Jangan datang waktu hujan tiba, karena di sekitar Air Terjun Parangloe sering terjadi air bah.
  • Siapkan kondisi kendaraan dan fisik kamu dengan baik dan prima.
  • Bawalah persediaan minuman untuk bekal diperjalanan.
  • Sebaiknya menggunakan kendaraan bermotor.
  • Tidak datang terlalu sore untuk mencegah kemalaman pada saat pulang.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk dipakai trekking jalanan yang berupa tanah dan berbatu.
  • Berhati-hatilah saat menikmati kesegaran Air Terjun Parangloe.
  • Ikuti anjuran yang disampaikan oleh warga sekitar.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap keindahan Air Terjun Parangloe.

Penutup

Keindahan alam yang Tuhan berikan sungguh sangat menakjubkan dan tak tertandingi. Dengan adanya kesadaran warga sekitar untuk menjaga dan melestarikan Air Terjun Parangloe merupakan hal yang wajib untuk ditiru.

Dan kita sebagai pendatang yang datang untuk menikmati keindahan Air Terjun Parangloe harus menghormati dan mengikuti anjuran yang disampaikan oleh warga sekitar.

Selamat menikmati keindahan alam yang dihadirkan Air Terjun Parangloe, dan jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment