11 Tempat Wisata Sumbawa, Dari Lady Diana Hingga Era Megalitikum Ada Di Sumbawa

Tempat Wisata Sumbawa sangat beragam sekali, dari mulai wisata alam, wisata budaya, hingga wisata sejarah, semuanya komplit ada di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Keanekaragaman wisata di Sumbawa, selaras dengan motto daerah tersebut. Yaitu: “Sabalong, Samalewa”, yang berarti keseimbangan antara pembangunan fisik, serta pembangunan mental. Dengan kata lain juga, di sektor wisata tidak meninggalkan aspek religi, norma, maupun budaya yang ada.

pesona tempat wisata sumbawa
pesona tempat wisata sumbawa. google maps. sumber: Mooh Yusuf

Objek wisata Sumbawa bahkan beberapa sudah sampai ke macanegara, terbukti angka kunjungan wisatawan yang datang ke Sumbawa tercatat sebanyak 9.295 wisatawan asing.

Angka kunjungan terbesar ke objek wisata Sumbawa didominasi oleh kunjungan ke Pulau Moyo. Sebuah pulau cantik, yang menawarkan berjuta keindahan, seperti:

  • Air terjun
  • Pantai

Namun, pesona Sumbawa bukan hanya sebatas pulau, atau pantai saja. Banyak sekali yang bisa anda kunjungi saat berada di sana. Dan inilah 11 Tempat Wisata Sumbawa yang hits, populer, yang wajib anda kunjungi saat liburan tiba.

11 Tempat Wisata Sumbawa

1. Istana Tua Dalam Loka

istana dalam loka
istana dalam loka. google maps. sumber: lukman nulhakim

11 tempat wisata Sumbawa yang pertama adalah Istana Tua Dalam Loka. Sebuah objek wisata yang menawarkan nilai sejarah kepada pengunjungnya.

Istana Tua Dalam Loka memiliki luas sekitar 904 meter persegi, serta dibangun pada tahun 1889 yang diprakarsai oleh Sultan Jalaluddin Syah III.

Meskipun terbuat dari kayu, namun bangunan tersebut sangat terlihat megah, dan artistik. Bahkan Istana Tua Dalam Loka bukan hanya menawarkan nilai sejarah saja, namun mampu menjadi wisata religi bagi mereka yang mampu memetik hikmah filosofi yang ada di istana tersebut.

Istana Tua Dalam Loka memiliki status sebagai cagar budaya sejarah, serta sebagai rumah panggung terbesar di dunia. Kunjungan wisata ke istana tersebut tentu saja akan memberikan nilai edukatif.

Lokasi dan alamat Istana Tua Dalam Loka berada di Seketeng, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

  • Harga tiket masuk Istana Tua Dalam Loka Rp. 15.000 per orang.
  • Jam buka Istana Tua Dalam Loka dari pukul 08.00 – 18.00, setiap hari.

2. Istana Bala Kuning

istana bala kuning
istana bala kuning. google maps. sumber: Anwar Jimpe Rachman

Masih tentang wisata sejarah di Kabupaten Sumbawa. Nama objek wisatanya adalah Istana Bala Kuning. Tentu saja sebuah istana yang bersejarah, yang didominasi oleh warna kuning, sebagai lambang dari Kesultanan Sumbawa.

Di Istana Bala Kuning pengunjung dapat melihat berbagai peninggalan pusaka yang sangat bersejarah, serta barang-barang antik lainnya.

Istana Bala Kuning adalah istana Sultan Muhammad Kaharuddin III setelah beliau turn dari tahtanya. Di istana tersebut juga terdapat Al-Quran yang ditulis tangan, yang sudah ada sejak dari tahun 1784.

Lokasi dan alamat Istana Bala Kuning berada di Jl. DR. Wahidin No. 21, Seketeng, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tengara Barat.

  • Harga tiket masuk Istana Bala Kuning Sumbawa Rp. 3.000 – Rp. 5.000 per orang.
  • Istana  Bala Kuning buka dari pukul 10.00 – 17.00, buka setiap hari.

3. Desa Mantar

desa mantar
desa mantar. google maps. sumber: D Channel

Selanjutnya 11 tempat wisata Sumbawa yang wajib dikunjungi bernama Desa Mantar. Bukan hanya diksi hiperbola julukan Negeri Di Atas awan, karena memang desa tersebut berada di ketinggian sebuah gunung yang memiliki puncak yang datar.

Pesona alam yang tersaji di Desa Mantar luar biasa indah. Apalgi saat pengunjung mencoba wahana yang disajikan berupa paralayang, atau cross country.

View yang tersaji saat berada di ketinggian adalah birunya air dari Selat Alas, serta panorama pulau-pulau yang ada di selat tersebut.

Berada pada posisi di atas awan bukanlah sebuah hanyalan, bahkan seakan sejajar dengan posisi matahari terbit adalah keindahan lainnya saat berada di Desa Mantar.

Lokasi dan alamat Desa Mantar berada di Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat

  • Harga tiket masuk Desa Mantar gratis, hanya saja pengunjung mesti membayar jika ingin mencoba paralayang.
  • Desa Mantar buka setiap hari, dan buka selama 24 jam.

4. Desa Tepal

desa tepal ntb
desa tepal ntb. google maps. sumber: Didit Aja

Objek wisata selanjutnya bernama Desa Tepal. Sebuah lokasi yang menawarkan eksotisnya panorama alam yang tersaji, erbalut dengan nilai budaya, atau adat istiada yang asih dipegang teguh oleh masyarakatnya.

Lokasi dan alamat Desa Tepal berada di Desa Tepal, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Harga tiket masuk Desa Tepal: –

5. Pantai Lakey

pantai lakey
pantai lakey. google maps. sumber: Ganang Widiatmojo

Pantai Lakey menjadi satu dari 11 tempat wisata Sumbawa yang recommended untuk dikunjungi. Pantai Lakey dikenal juga dengan sebutan pantai kidal. Hal tersebut merujuk kepada arah ombak yang ke kiri.

Ekosistem di pantai tersebut masih terjaga baik, bahkan di titik tertentu hanya dengan kasat mata saja bisa melihat kehidupan bawah lautnya.

Di tepian pantainya terdapat banyak ragam whana, serta fasilitas penunjang lainnya, yang akan membuat nyaman kunjungan wisatawan. Slah-satunya terdapat taman bunga di tepian pantai.

Lokasi dan alamat Pantai Lakey berada di Jambu, Pajo, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

  • Harga tiket masuk Pantai Lakey Rp. 15.000 per orang
  • Pantai Lakey buka selama 24 jam, setiap hari

6. Pantai Kertasari

pantai kertasari
pantai kertasari. google maps. sumber: Oscar racsO

Pantai indah selanjutnya yang masuk ke dalam 11 tempat wisata Sumbawa yang hits, dan populer adalah Pantai Kertasari. Sebuah pantai yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Hal tersebut dikarenakan ombak di Pantai Kertasari tidak begitu besar, area pasir pantai yang luas, serta memiliki panorama alam yang istimewa berupa pulau-pulau kecil di tengah pantainya.

Ekosistem di Pantai Kertasari juga masih terjaga baik, airnya bersih, dan suasananya masih sangat asri. Bukit-bukit karang menjadi spot terbaik untuk menikmati panorama alam sekitar.

Lokasi dan alamat Pantai Kertasari berada di Desa Labuhan Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

  • Harga tiket masuk Pantai Kertasari Rp. 15.000 per orang.
  • Pantai Kertasari buka selama 24 jam.

7. Pantai Ai Loang

pantai ai loang
pantai ai loang. google maps. sumber: Muhammad Faturachman Tectona

Ini dia pantai yang sering dikunjungi saat akhir pekan tiba, namanya Pantai Ai Loang. Sebuah pantai yang sangat cantik, serta dilengkapi dengan beragam wahana.

Uniknya lagi, setelah melewati tempat pembayaran tiket tidak langsung tampak Pantai Ai Loang, yang ada hanya area taman yang tertata indah, dilengkapi jalur trekking, serta berbagi spot, dan wahana penunjang.

Lokasi dan alamat Pantai Ai Loang berada di Penyaring, Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

  • Harga tiket masuk Pantai Ai Loang Rp. 10.000 untuk 7 tahun ke atas
  • Harga tiket masuk Pantai Ai Loang Rp. 5.000 untuk 7 tahun ke bawah

8. Air Terjun Mata Jitu

air terjun mata jitu
air terjun mata jitu. google maps. sumber: Hananto Baratha

Air Terjun Mata Jitu adalah air terjun yang terletak di Sumbawa, khususnya Pulau Moyo. Air terjun ini sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara.

Air Terjun Mata Jitu semakin terkenal setelah kunjungan Lady Diana, serta beberapa artis, dan atlet internasional lainnya. Diduga keberadaan Air Terjun Mata Jitu sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu.

Simak juga : info lengkap Air Terjun Mata Jitu.

Lokasi Air Terjun Mata Jitu  terletak di Pulau Moyo. Alamat Air Terjun Mata Jitu berada di Dusun Oiramu, Desa Labuan Aji, Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Harga tiket masuk Air Terjun Mata Jitu gratis. Pengunjung hanya mengeluarkan biaya untuk jasa transportasi saja.

9. Goa Liang Bukal

goa liang bukal
goa liang bukal. google maps. sumber: Muhammad Ardian

11 tempat wisata Sumbawa selanjutnya adalah Goa Liang Bukal. Sejarah penamaan objek wisata Goa Liang Bukal merujuk kepada goa tersebut yang selalu dihuni oleh kelelawar, terutama bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober.

Pesona keindahannya sudah tersaji sejak di perjalanan menuju Goa Liang Bukal. Karena di sepanjang jalan terdapat aliran sungai yang jernih, serta rimbunnya pepohonan hutan.

Saat tiba di lokasi utama Goa Liang Bukal, maka view goa yang didominasi oleh panorama tebing batu yang ada di sekitarnya, semakin memberikan ketakjuban atas bumi Sumbawa.

Lokasi Goa Liang Bukal terletak di lembah pegunungan Raboran. Alamat Goa Liang Bukal berada di Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Harga tiket masuk Goa Liang Bukal Rp. 15.000 per orang. Dan jam buka Goa Liang Bukal dari pagi-pagi, hingga hari sebelum gelap, atau sore hari.

10. Goa Liang Petang

Goa Liang Petang adalah pesona keindahan alam selanjutnya yang ada di Nusa Tenggara Barat. Dinamakan sebagai Goa Liang Petang karena memang goa tersebut sangat gelap.

Goa Liang Petang merupakan goa yang bersejarah, sebagai tempat bersembunyinya para penyebar agama Islam, serta tempat untuk melakukan pertapaan.

Perjalanan awal menuju Goa Liang Petang masih tertata baik. namun selanjutnya dipenuhi dengan tantangan. Tidak ada yang berjualan di tengah perjalanan, serta para pengunjung wajib membawa alat penerangan.

Lokasi dan alamat Goa Liang Petang berada di Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa Besar, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Harga tiket masuk Goa Liang Petang Rp. 15.000 per orang. Dan para pengunjung biasanya akan kembali sebelum hari menjadi gelap.

11. Situs Ai Renung

situs ai renung
situs ai renung. sumber: sumbawakab.go.id

11 tempat wisata Sumbawa yang terakhir adalah Situs Ai Renung. Sebuah objek wisata yang menawarkan nilai sejarah, sejak jaman megalitikum.

Hal tersebut ditandai dengan dua kuburan batu yang ada di lokasi tersebut. Selain itu, bebatuan yang ada terdapat ukiran-ukiran khas jaman megalitikum.

Lokasi dan alamat Situs Ai Renung berada di Kampung Ai Renung, Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa Besar, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

  • Harga tiket masuk Situs Ai Renung : –
  • Situs Ai Renung buka dari pukul 07.00 – 17.00

Tinggalkan komentar