Air Terjun Mata Jitu, Keindahan Yang Memikat Hati Putri Inggris

Pulau Moyo adalah pulau eksotis yang terletak di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Keindahannya sangat memikat mata dan hati para wisatawan, baik tingkat nasional maupun internasional.

Pulau Moyo
Pulau Moyo. Sumber : travel.okezone.com

Keindahan Pulau Moyo bukan hanya sebatas keindahan pantainya saja. Namun di pulau tersebut menyimpan sebuah keindahan lain berupa air terjun. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Mata Jitu.

Air Terjun Mata Jitu adalah air terjun di tengah alam yang masih natural. Lokasi Air Terjun Mata Jitu secara administratif berada di Desa Labuhan Aji.

Air Terjun Mata Jitu
Air Terjun Mata Jitu. Sumber : www.idntimes.com

Bagaimana pesona keindahan Air Terjun Mata Jitu tersebut? Inilah deskripsi dan informasi terkait Air Terjun Mata Jitu.

Akses Jalan Menuju Air Terjun Mata Jitu

Perjalanan menuju ke lokasi utama Air Terjun Mata Jitu dipenuhi dengan ragam pesona keindahan alam yang sangat menakjubkan. Hal tersebut bukanlah sebuah hiperbola dari rangkaian kata-kata, namun sebuah kenyataan.

Faktanya banyak turis asing yang datang ke lokasi Air Terjun Mata Jitu. Untuk membuktikan hal tersebut, maka disarankan kunjungan ke Pulau Moyo atau ke Air Terjun Mata Jitu pada saat musim kemarau, khususnya bulan Juni dan Juli.

Perjalanan pertama diawali dari Dermaga Ai Bari dengan menggunakan jasa perahu nelayan atau penyewaan speed boat. Jika naik speed boat, maka menuju lokasi Pulau Moyo hanya sekitar 20 menit saja.

Sewa Speed Boat Ke Pulau Moyo
Sewa Speed Boat Ke Pulau Moyo. Sumber: pulaumoyotrip.blogspot.com

Jika lokasi air terjun kebanyakan jalur trekkingnya dihiasi oleh view pegunungan, maka perjalanan menuju Air Terjun Mata Jitu akan dihiasi oleh keindahan air laut yang biru, ombaknya tidak besar, serta udara khas pantai yang jauh dari polusi.

Perjalanan tahap pertama akan sampai di dermaga Labuan Aji Pulau Moyo. View kapal-kapal lain yang telah menurunkan jangkar terlebih dahulu seakan menyambut kedatangan para pengunjung.

Selanjutnya traveler sudah masuk di kawasan Desa Labuan Aji. Daari lokasi tersebut, untuk sampai di Air Terjun Mata Jitu bisa menggunakan jasa ojek dengan tarif sekitar Rp. 75.000 per orang. Jarak tempuhnya sekitar 3 kilometer.

Lokasi Air Terjun Mata Jitu berada di kawasan Taman Buru Pulau Moyo, dan pengelolaannya di bawah BKSDA Nusa Tenggara Barat. Jadi jangan heran jika kalian masuk ke sebuah kawasan hutan.

Jasa ojek tidak bisa sampai ke lokasi utama Air Terjun Mata Jitu. Maka perjalanan harus dilanjutkan dengan cara berjalan kaki sekitar 10 menit saja.

Kondisi jalan dari Desa Labuan Aji Menuju Air Terjun Mata Jitu masih belum dibangun secara optimal, padahal lokasi tersebut sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

View Trekking Menuju Air Terjun Mata Jitu
View Trekking Menuju Air Terjun Mata Jitu. Sumber : www.indonesiakaya.com

Jalur perjalanan setelah dari lokasi berhentinya ojek menuju lokasi Air Terjun Mata Jitu akan disajikan view hutan dengan air yang mengali di sebelah kiti jalur yang kehijau-hijauan.

Kondisi jalurnya tidak sempit, cukup lebar. Hanya saja pijakan kaki masih berupa tanah. Tidak lama kemudian, traveler akan sampai di lokasi tujuan utama yaitu Air Terjun Mata Jitu.

Pesona Keindahan Dan Ragam Aktivitas Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu memiliki pesona keindahan yang sangat mengagumkan. Terdapat beberapa hal yang menjadi daya tarik utama Air Terjun Mata Jitu mampu memikat mata dan hati para wisatawan. Diantaranya :

1. Pesona Keindahan Air Terjun

Air Terjun Mata Jitu memiliki ketinggian sekitar 7 meter. dan Air Terjun Mata Jitu merupakan air terjun berundak. Terdapat 4 undakan, dengan bentuk kolam seperti terasering area pesawahan.

Pesona Air Terjun Mata Jitu
Pesona Air Terjun Mata Jitu. Sumber : akurat.co

Airnya berwarna hijau kebiru-biruan, serta lokasi kolamnya bisa digunakan untuk melakukan aktivitas berenang atau bermain air.

2. Air Terjun Mata Jitu Telah Ada Sejak Jutaan Tahun Yang Lalu

Pesona keindahan Air Terjun Mata Jitu yang selanjutnya adalah tentang nilai sejarah Air Terjun Mata Jitu. Keberadaan stalaktit yang menempel pada dinding air terjun menjadi sebuah pertanda bahwa Air Terjun Mata Jitu sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu.

Dengan demikian, perjalanan wisata menuju lokasi Air Terjun Mata Jitu menjadi perjalanan yang bersejarah. Pantas saja banyak wisatawan mancanegara yang datang ke lokasi Air Terjun Mata Jitu.

Air Terjun Mata Jitu Telah Ada Sejak Ratusan Tahun Yang Lalu
Air Terjun Mata Jitu Telah Ada Sejak Ratusan Tahun Yang Lalu. Sumber : explorewisata.com

3. Pesona Alam Sekitar

Pesona keindahan Air Terjun Mata Jitu memang sangat menakjubkan. Terbukti bahwa lokasi air terjun tersebut pernah dikunjungi oleh orang-orang ternama tingkat internasional.

Yang fenomenal Air Terjun Mata Jitu pernah dikunjungi oleh Putri Diana atau Lady Diana. Selanjutnya adalah kunjungan dari musisi internasional Mick Jagger alias vokalis group band The Rolling Stones.

Tidak hanya berhenti sampai di situ saja, bahkan petenis internasional Maria Sharapova pernah juga menginjakan kaakinya di lokasi wisata Air Terjun Mata Jitu.

Kunjungan Lady Diana ke Air Terjun Mata Jitu menjadi momentum besar bagi lokasi wisata tersebut untuk dikenal di kancah internasional.

Air Terjun Mata Jitu Dan Kisah Lady Diana
Air Terjun Mata Jitu Dan Kisah Lady Diana. Sumber : lombokinsider.com

Karena banyak orang luar negeri yang penasaran untuk berkunjung ke lokasi Air Terjun Mata Jitu pasca kunjungan Lady Diana.

Tentu saja Air Terjun Mata Jitu menjadi magnet utama, yang berpadu dengan keindahan alam yang ada di sekitarnya. Baik itu hutan, maupun pantai.

Terdapat Lokasi Larangan

Terdapat lokasi larangan masuk bagi siapapun termasuk wisatawan lokal untuk spot atau lokasi yang berada di atas air terjun.

Tidak diketahui secara jelas terkait alasan pelarangan tersebut. namun menurut penuturan beberapa sumber bahwa di atas tersebut merupakan lokasi yang pernah dikunjungi oleh Lady Diana.

Dari pertamakali lokasi wisata Air Terjun Mata Jitu dibuka, lokasi di atas sangat privat atau tidak boleh dikunjungi oleh para wisatawan.

Adapun ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di lokasi Air Terjun Mata Jitu adalah :

  • Bermain Air
  • Berenang
  • Hunting Foto
  • Bermain Air Dan Pasir Pantai
Aktivitas Wisata Di Air Terjun Mata Jitu
Aktivitas Wisata Di Air Terjun Mata Jitu. Sumber : www.tagar.id

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Mata Jitu

Lokasi Air Terjun Mata Jitu terletak di kawasan Taman Buru Pulau Moyo, dan pengelolaannya di bawah BKSDA Nusa Tenggara Barat.

Adapun alamat Air Terjun Mata Jitu berada di Dusun Oiramu, Desa Labuan Aji, Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rute Menuju Air Terjun Mata Jitu

Rute atau akses jalan menuju Air Terjun Mata Jitu hanya berjarak 21 kilometer dari pusat kota Sumbawa. Perjalanan untuk sampai ke Air Terjun Mata Jitu selanjutnya harus menggunakan perahu nelayan atau speed boat.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Mata Jitu

Harga tiket masuk Air Terjun Mata Jitu gratis, cukup mengeluarkan uang untuk jasa transportasi laut saja.

Jam Operasional Air Terjun Mata Jitu

Jam operasional Air Terjun Mata Jitu belum ada keputusan resmi terkait jam operasionalnya. Namun kebanyakan para wisatawan akan pulang dari lokasi air terjun saat sore hari.

Penginapan Di Sekitar Air Terjun Mata Jitu

Banyak sekali penginapan yang berada di sekitar Air Terjun Mata Jitu, atau tepatnya di Pulau Moyo. Pilihan penginapannya beragam, bahkan ada yang harganya Rp. 12 juta rupiah per malamnya.

Penutup

Itulah informasi atau deskripsi tentang Air Terjun Mata Jitu. Semoga penataan lokasi wisata tersebut mampu dilakukan secara optimal, mengingat banyaknya kunjungan wisatawan asing.

Bagi para pengunjung, patuhi protokol kesehatan, keamanan, jangan merusak lingkungan, dan jangan membuang sampah sembarangan.

Selamat berlibur!.

Baca juga:

Leave a Comment