Air Terjun Lapopu, Air Terjun Tertinggi di Pulau Sumba

Liburan memang merupakan hal yang paling dinantikan, apalagi jika berlibur di tempat yang memiliki suasana alam yang amazing banget.

Tak diragukan lagi Indonesia memiliki kekayaan alam yang keindahannya sudah terkenal seantero dunia, salah satunya ialah Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur.

Pulau ini disebut-sebut sebagai pulau terindah di dunia berdasarkan terbitan sebuah majalah yang berasal dari Jerman, dan selalu dikunjungi oleh artis-artis terkenal Indonseia bahkan mancanegara.

Pulau Sumba memiliki 6 kabupaten, dengan potensi wisata alam yang berbeda di setiap tempatnya. Kali ini saya akan berbagi mengenai potensi alam yang terdapat di Kabupaten Sumba Barat.

Terdapat sebuah air terjun yang sangat cantik, disebut-sebut sebagai andalan dan maskot pariwisata Kabupaten Sumba Barat.

Air terjun tersebut bernama Air Terjun Lapopu, yang masih berada di kawasan Taman Nasional MaTaLaWa, tahukah kamu bahwa lokasi wisata yang satu ini pernah dikunjungi rombongan Raffi Ahmad ketika berkunjung ke Sumba?

Karena memang jika kamu berkunjung ke Sumba khususnya Kabupaten Sumba Barat, takkan lengkap liburanmu jika belum mengunjungi Air Terjun Lapopu.

landscape air terjun lapopu dari atas
landscape air terjun lapopu dari atas. google maps. sumber: satya putra

Simak juga: 11 wisata di Sumba

Lokasi Air Terjun Lapopu

Lokasi Air Terjun Lapopu terletak di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Air Terjun Lapopu

Rute menuju Air Terjun Lapopu jika mulai dari Waikabubak/Tambolaka, dengan menempuh jarak sekitar 30 km, akses jalannya pun mudah untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sudah beraspal meskipun di beberapa bagian tidak begitu mulus, namun overall akses menuju Air Terjun Lapopu tidak begitu susah.

Jika memang kendalanya kurangnya petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu ke lokasi, kamu dapat bertanya ke warga sekitar yang kamu temui.

Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Menyusuri jalan setapak yang masih berupa tanah dan bebatuan.

Serta kamu akan berjalan diatas bebatuan sungai dengan aliran air yang akan kamu rasakan menyentuh kakimu. Kemudian kamu akan melanjutkannya dengan menyebrangi sebuah jembatan sederhana yang terbuat dari bambu.

melewati jembatan sederhana
melewati jembatan sederhana. google maps. sumber: dalijoprete

Jembatan tersebut hanya dapat digunakan oleh dua orang sekaligus, setelahnya masih harus berjalan beberapa meter untuk tiba di depan Air Terjun Lapopu.

Jam Buka Air Terjun Lapopu

Jam operasional Air Terjun Lapopu dibuka setiap hari selama 24 jam penuh, namun demikian kamu sebaiknya datang ketika pagi hingga siang hari.

Karena selain akses penerangan yang belum memadai, ketika menjelang sore hari arus sungai yang ada sering kali berubah menjadi deras.

Tiket Air Terjun Lapopu

Tiket masuk Air Terjun Lapopu sangat murah sekali, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 saja per orangnya.

aliran airnya dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik
aliran airnya dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. google maps. sumber: Rully Purwantoro

Fasilitas Air Terjun Lapopu

Fasilitas umum tersedia di lokasi pos masuk saja, seperti:

  • Kamar mandi atau Toilet
  • Kamar ganti
  • Area parkir

Sedangkan di sekitar Air Terjun Lapopu hanya ada deretan pepohonan yang meneduhkan.

Daya Tarik Air Terjun Lapopu

1. Air Terjun Tertinggi di Sumba

jernihnya kolam alami air terjun lapopu
jernihnya kolam alami air terjun lapopu. google maps. sumber: Yusuf Paulus

Simak juga: Pantai Tablolong

Air Terjun Lapopu memiliki ketinggian sekitar 92 meter dengan bentuk berundak-undak, dan lebar di bagian bawahnya.

Air terjun ini dinobatkan sebagai air terjun tertinggi yang ada di Pulau Sumba. Kamu akan melihat langsung air mengalir deras dari puncak menuju kolam cantik yang ada di bawahnya.

Aliran airnya terus mengalir menuju ke arah sungai yang tepat berada di bawahnya, warnanya pun putih bersih. Indah sekali melihatnya mengalir melalui beatuan.

2. Kolam Alami Yang Berwarna Biru

Simak Juga: Pulau Karampuang

Satu hal yang memikat dari Air Terjun Lapopu ini ialah, keberadaan kolamnya yang berwarna biru toska, membuatmu ingin secepatnya untuk segera menceburkan diri.

Kedalaman kolam alami tersebut bervariatif, bahkan ada yang mencapai 2 meter. Terdapat banyak bebatuan di kolamnya, sehingga kamu tidak disarankan untuk melakukan body jumping disini.

seru seruan bermain air
seru seruan bermain air. google maps. sumber: Sianita Lanisia

Kamu dapat berenang di kolamnya yang berwarna cantik, merasakan segarnya air membasuh tubuhmu yang sedang lelah.

Atau kamu dapat duduk di atas bebatuan yang berada tepat di bawah aliran airnya, merasakan derasnya air memijat-mijat tubuhmu dan membuatmu rileks.

3. Lingkungan Yang Masih Asri

Air Terjun Lapopu berada di kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (MaTaLaWa), oleh karena itu kamu dapat merasakan sejuknya udara dan pemandangan asri di sekitar air terjun.

Udara yang masih segar serta panorama alam yang masih alami, membuat semuanya terasa sangat sempurna. Hanya ada suara alam yang dapat kamu dengar disini.

Tempat yang tepat pula untuk membawa serta anak-anak berlibur, tunjukkan pada mereka bahwa Tuhan sangat luar biasa, Dia bisa menciptakan segala sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh siapapun.

alamnya yang masih alami
alamnya yang masih alami. google maps. sumber: Misshels Officials

Suasana alam yang tenang dan sejuk, sungguh sangat menenangkan hati dan fikiran. Lokasinya yang berada di alam terbuka membuat kita dapat melihat indahnya alam dengan lebih sempurna.

Ternyata di kawasan Taman Nasional MaTaLaWa ini terdapat tiga buah air terjun, yakni Air Terjun Lapopu, Air Terjun Laputi, serta Air Terjun Matayangu.

4. Spot Foto Terbaik

Simak juga: Gua Rangko

Pemandangan alam yang luar biasa ini selalu menjadi latar terbaik untuk diabadikan menjadi sebuah foto atau video. Banyak pengunjung yang datang mengabadikan diri mereka bersama uniknya Air Terjun Lapopu.

Ada juga pengunjung yang mengabadikan keindahan kolam alaminya yang sangat cantik. Kamu pun tak boleh ketinggalan untuk melakukannya.

airnya mengalir dengan derasnya
airnya mengalir dengan derasnya. google maps. sumber: Misshels Officials

Ketika berada di Air Terjun Lapopu jangan lewatkan untuk berfoto bersama air terjunnya yang menakjubkan serta kolamnya yang berwarna biru toska.

Penginapan

Di sekitar Air Terjun Lapopu belum tersedia penginapan atau homestay untuk kamu sewa, kamu harus mencarinya lebih dari 9 km dari lokasi untuk mendapatkan penginapan.

Tips Wisata

  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Berhati-hatilah ketika melitasi jembatan dan menapaki jalan setapak.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika bermain air.
  • Bawalah makanan dan minuman yang cukup untuk bekal kamu selama di lokasi air terjun.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Penutup

Sekian yang kami bisa sampaikan mengenai daya tarik, lokasi dan hal lainnya dari Air Terjun Lapopu NTT ini. Segera rencanakan perjalanan anda, untuk melepaskan stress dengan merendam diri dalam kesegaran air kolam air terjun ini.

Banyak perbedaan alamat tentang Air Terjun Lapopa ini, lokasinya berada di Kabupaten Sumba Barat yang memang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumba Timur.

Selamat Berlibur!

Leave a Comment