Pantai Tablolong, Pesona Pantai Perawan Nan Menggoda

Pemandangan alam sebagai tempat wisata di NTT umumnya masih perawan, tak tersentuh, eksotis dan alami. Termasuk juga Pantai Tablolong. Dinamakan Tablolong karena mengambil namanya dari desa nelayan kecil di ujung timur.

Pemandangan alam sebagai tempat wisata di NTT umumnya masih perawan, tak tersentuh, eksotis dan alami. Termasuk juga Pantai Tablolong
Pantai Tablolong. Image via: pinterest.com

Di pantai berpasir putih ini pengunjung bisa berenang, bermain atau bersantai menikmati keindahan Pantai Tablolong.

Perairan di Pantai Tablolong berwarna biru jernih. Ombaknya cenderung tenang, jadi sangat cocok buat Teman Traveler yang sedang ingin menenangkan pikiran. Hamparan pasir putihnya begitu luas dan terasa lembut ketika menyentuh telapak kaki, menjadi daya tarik tersendiri yang bikin ogah pulang.

Meski udara di sekitar pantai sangat panas, suasana di sekitarnya terasa sangat asri dan alami. Di sekitarnya terdapat banyak spot snorkeling dan menyelam. Beberapa sudutnya terlihat sangat Instagramable.

Pengunjung juga bisa habiskan waktu dengan berjemur di sini. Pemandangan di sekitar pantai sebenarnya sangat indah.

Namun sayangnya pantai anugerah alam ini terkesan kurang terawat. Masih ada beberapa pengunjung membuang sampah sembarangan hingga beberapa sudut terlihat kotor.

mengikat janji melalui pre-wedding di Pantai Tablolong
Mengikat janji. Image via: today.line.me

Simak juga: 11 wisata indah di Kupang

Lokasi Pantai Tablolong

Secara administratif, Pantai Tabolong berlokasi di wilayah Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur, NTT

Pantai ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Kupang ke arah Tenau dan lamanya perjalanan kurang lebih 1-1,5 jam.

Rute Menuju Pantai Tablolong

Pantai Tablolong berada di baratnya Kupang dan berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Kupang ke arah Tenau. Waktu tempuh menuju lokasi dapat mencapai 1-1.5 jam. Belum terdapat transportasi umum dari Kupang-Tablolong-Kupang.

Unutk itu bagi para pengunjung yang hendak mengunjungi Tablolong dapat menggunakan jasa ojek ataupun menyewa kendaraan di Kupang dengan harga sewa sekitar 100.000 rupiah per harinya. Atau apabila ingin menggunakan mobil, dapat menyewanya dengan harga sewa sekitar 300.000 rupiah untuk rute dalam kota per harinya.

Menikmati pasir di indahnya pantai Tablolong
Menikmati pasir. Image via: jejakpiknik.com

Dari arah Tenau lurus saja mengikuti jalan kemudian belok kiri dan ikuti penunjuk jalan yang terdapat tulisan ke arah Tablolong. Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan, tak lama kemudian pengunjung akan melihat gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang di Kawasan Pantai Tablolong”.

Dari gerbang tersebut jarak ke pantai masih sekitar 500 meter lagi.

Jam Buka Pantai Tablolong

Pantai Tablolong terbuka 24 jam sehari. Ini membuat pengujung bisa leluasa mengeksplorasi keindahan pantai ini, saat pagi, siang, sore, maupun malam hari.

Tiket Pantai Tablolong

Untuk biaya tarif masuk ke objek wisata pantai Tablolong ini, hanya sebesar Rp 2.000 per orang. Dan ada tambahan biaya parkir kendaraan sekitarRp  1.000 utnuk sepeda motor.

Fasilitas Pantai Tablolong

Di Pantai Tablolong ini terdapat lopo-lopo (sejenis bale-bale/ gazebo) yang dapat digunakan pengunjung sebagai tempat beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan pantai. Di sekitar pantai juga terdapat warung makanan dan fasilitas penunjang lainnya seperti toilet, kamar ganti serta sarana bermain untuk anak-anak.

Bagi pengunjung yang berniat bermalam di sekitar pantai tenang saja, karena di bagian barat pantai terdapat sebuah penginapan sejenis vila. Untuk tarifnya cukup mahal, sehingga tak heran hanya sedikit wisatawan lokal yang menginap di sana. Kebanyakan yang menginap hanya turis mancanegara saja

Daya Tarik Pantai Tablolong

  1. Pantai yang indah

Karang indah di Pasir pantai tablolong
Pesona pantai, Image via: today.line.me

Simak juga: Berenang di Gua Rangko

Pantai Tablolong memiliki pantai berpasir putih, panorama batu juga begitu indah. Karang di situs tersebut telah ditutupi dengan semen untuk memberi kenyamanan bagi para pengunjung yang akan duduk di atasnya.

Setelah menikmati panorama pantai. Sekarang adalah waktu yang panjang ke bagian pesisir demi untuk melihat terumbu karang. Konon, karang pantai Tablolong masih utuh, bom ikan tak tersentuh. Tak mengherankan, pantai ini pernah digelar perhelatan lomba memancing internasional.

Di pantai ini juga terdapat Pohon Centigi (Pempis Acidula) yang berkembang subur di sekitar bebatuan karang. Pohon ini merupakan sebuah tanaman golongan perdu yang banyak dicari karena keunikannya.

Lantaran suasana pantainya yang hening, pada pagi hari ketika udara sejuk, selain aktifitas pantai biasa, beberapa kalangan memanfaatkan pantai ini juga sebagai tempat meditasi guna menenangkan pikiran.

Fasilitas wisata Pantai Tablolong
Gazebo pantai. Image via: indonesiakaya.com

Panorama laut and kapal penangkap ikan dapat dilihat dari jajaran pantai berpasir putih yang benar-benar memanjakan mata. Inilah salah satu dari sejumlah tujuan wisata bahari yang mulai diminati di daerah ini.

Suasana pantai yang sejuk, dan orang-orang yang ramah disekitar cocok untuk pengunjung yang menginginkan perjalanan yang mencari ketenangan.

  1. Lokasi Memancing

Pantai dengan pasir putih yang berjarak 30 kilometer dari kota Kupang ini diapit oleh Pulau Rote dan Timor. Daya tarik pantai ini juga kerap dijadikan arena olahraga memancing skala nasional hingga internasional setiap tahunnya.

Diadakannya acara tersebut bukan tanpa alasan, karena kurang lebih sejauh 10 mil dari garis pantai merupakan jalur migrasi ikan yang cukup ramai dari perairan Laut Timor menuju Laut Sawu. Beberapa spesies ikan pun kerap bersembunyi di karang-karang sepanjang garis pantai.

Indahnya karang di pantai Tablolong
Karang pantai. Image via: @mariazemliaa

Simak juga: Hutan Kota Mamuju, Pulau Karampuang

Selain itu, kekayaan biota lautnya juga menjadikan Tablolong sebagai penghasil rumput laut terbesar di NTT. Memanfaatkan airnya yang jernih serta kayanya ragam jenis ikan, para nelayan sekitar juga membudidayakan ikan.

Memang lokasi Pantai Tablolong lebih dikenal sebagai daerah memancing. Sebenarnya, Pantai Tablolong terletak di ujung Pulau Timor. Posisi Pantai Tablolong tepat di seberang Pulau Semau sehingga menjadi lebih menguntungkan bagi ikan di perairan dalam untuk berlindung di Semau jika hujan.

Inilah yang membuat Pantai Tablolong kaya akan ikan yang menjadikannya sebagai tempat yang tepat untuk melakukan lomba memancing.

  1. Menyelam

Selain pemandangan alam dan tempat memancing, juga banyak orang asing yang suka menyelam datang ke Pantai Tablolong. Mereka datang ingin menikmati terumbu karang yang berwarna-warni dan beragam jenis ikan berkelompok yang terlihat seperti berada di akuarium raksasa.

Kira-kira lima kilometer dari pantai, ada tiga terumbu karang yang menjadi target yaitu Beatrix, Dalam, dan Tabui.

  1. Sunset

sunset indah di Pantai Tablolong
Sunset Tablolong. Image via: merahputih.com

Setiap sore pantai Tablolong selalu ramai dikunjungi. Pengunjung biasa menikmati matahari tenggelam. Saat waktu pergantian waktu tiba, rona jingga mulai terpancar di ufuk barat. Matahari perlahan-lahan turun, tenggelam di kaki cakrawala.

Garis-garis langit yang terbentuk oleh lika-liku awan semakin memberikan variasi warna jingga tersebut. Hampir semua pengunjung mendokumentasikan peristiwa itu. Sambil berswafoto ataupun memanfaatkan teknik fotografi dengan jarak pandang tertentu.

Sebagian pengunjung memilih untuk duduk di atas onggokan pasir dan menikmati momen indah tersebut. Sambil minum air kelapa dan bercerita lepas. Rasa letih dan keluh kesah kami terbayar sudah. Waktu semakin malam dan kami tentu harus pulang.

Walaupun perjalanan ke pantai Tablolong memang memakan waktu dan tenaga yang lumayan. Tetapi, pesona sunset yang disajikan akan memanjakan mata dan bisa jadi obat pelepas penat.

kebebasan dan kemerdekaan rasa di pantai tablolong
Freedom. Image via: @okiinbella

Simak juga: Candi Bubrah

Objek Wisata Dekat Pantai Tablolong

DI kawasan kecamatan Kupang Barat terdapat juga beberapa objek wisata lain yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah goa kristal. Di salam goa terdapat sebuah telaga dengan air yang biru, bening, dan airnya payau.

Di bawahnya terlihat ukiran bebatuan sehingga terlihat seperti bongkahan kristal. Rata-rata pengunjung datang untuk berenang dan mengambil gambar. Waktu yang tepat agar pemandangan di dalam goa ini terlihat sempurna adalah saat cuaca cerah dan sekitar jam 11 pagi,  karena sinar matahari sejajar untuk menerangi mulut goa.

Masih di kecamatan yang sama terdapat juga objek Air Terjun Oenesu namanya. Sangat cocok mandi di sini di tengah panasnya cuaca di Kupang. Apalagi antara siang menjelang sore. Pesona air terjun sangat kuat, nampak sebaran air turun terpisah-pisah di setiap tingkatan bebatuan.

Demikianlah kami bisa menyajikan cerita soal pantai Tablolong. Sebuah pantai indah yang tidak akan membuat menyesal jika dikunjungi.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Leave a Comment