Pantai Tablolong, Bentangan Pantai Indah Di Kupang

Alam di Nusa Tenggara Timur masih sangat alami, banyak destinasi wisata alam yang dapat kamu kunjungi ketika berada disini.

Salah satunya ialah Pantai Tablolong yang berada di Desa Tablolong, Kupang. Pantai ini sangat luas sekali dan tak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Pantai Tablolong memiliki deburan ombak yang cukup tenang dengan hamparan pasir putih yang bercampur cokelat yang lembut.

Kondisi hamparan pasirnya cukup lebar dan landai, sehingga memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai kegiatan ragam seru.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Tablolong, diantaranya bermain air, berenang, memancing, diving, bahkan bermain ATV.

birunya pantai tablolong kupang
birunya pantai tablolong kupang. google maps. sumber: Akimov Alex

Simak juga: 11 wisata indah di Kupang

Lokasi Pantai Tablolong

Lokasi Pantai Tablolong berada di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Pantai Tablolong

Rute Pantai Tablolong jika bergerak dari pusat kota Kupang sekitar 30 km jauhnya, dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Dari kota Kupang arahkan kendaraanmu menuju arah Tenau, terus saja lurus kemudian belok ke arah kiri. Selanjutnya ikuti petunjuk jalan yang sudah tersedia.

Setelah sekitar 1 jam perjalanan, kamu akan berada di sebuah gapura dari sana tinggal menentukan mau berhenti dimana.

Karena Pantai Tablolong ini terbentang cukup luas, sehingga memungkinkan kamu untuk memilih lokasi favorite menikmati indahnya pantai.

Jam Buka Pantai Tablolong

Jam operasional Pantai Tablolong dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam setiap harinya. Sehingga kamu dapat datang kapan pun kamu inginkan.

tempat bersantai seru
tempat bersantai seru. google maps. sumber: Karjono Kartodinudjo

Tiket Pantai Tablolong

Untuk biaya retribusi sendiri dihitung berdasarkan kendaraan yang digunakan, seperti:

  • Menggunakan sepeda motor membayar Rp. 5.000,- per unit
  • Menggunakan mobil dihitung berdasarkan jumlah penumpang dengan tarif Rp. 2.500,- per orangnya

Fasilitas Pantai Tablolong

Fasilitas umum yang ada di Pantai Tablolong diantaranya:

  • Area parkir yang dapat menampung mobil maupun motor, serta lokasinya yang dekat dengan pantai.
  • Kamar ganti
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Lopo-lopo atau gazebo yang berada di sepanjang pantai dan menjadi ciri khas dari Pantai Tablolong
  • Penyewaan ATV
lopo lopo yang berderet di sepanjang pantai
lopo lopo yang berderet di sepanjang pantai. google maps. sumber: Joko Supriyanto

Daya Tarik Pantai Tablolong

Meskipun keadaan Indonesia saat ini masih dalam situasi pandemi, namun pantai ini tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. Karena lokasi wisata yang satu ini memiliki daya tarik seperti:

1. Pantai Yang Menawan

menikmati keindahan alam
menikmati keindahan alam. google maps. sumber: Rahmatia Lang Ere

Simak juga: Berenang di Gua Rangko

Pantai Tablolong terbentang mulai dari arah barat hingga timur, dihiasi dengan hamparan pasir putih kecoklatan yang cukup lebar.

Di pinggirannya terdapat lopo-lopo atau gazebo tempat kamu beristirahat sambil memandangi indahnya laut lepas di depan mata.

Deburan ombaknya cukup aman untuk bermain air bahkan berenang, air lautnya berwarna biru sepadan dengan langit yang menaunginya.

Deburan ombak, semilir angin, serta lembutnya pasir merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang membuatmu enggan untuk beranjak pergi.

Di sekitar Pantai Tablolong tumbuh dengan subur Pohon Centigi (Pempis Acidula) di sekitar batuan karangnya. Pohon ini termasuk golongan perdu yang banyak dicari karena keunikannya.

tenangnya panorama alam yang tersaji
tenangnya panorama alam yang tersaji. google maps. sumber: remon prudential

2. Lokasi Mantap Untuk Memancing

Pantai Tablolong kerap dijadikan sebagai arena memancing bukan hanya skala nasional saja bahkan hingga internasional yang rutin diadakan setiap tahunnya.

Hal tersebut dikarenakan, sekitar 10 mil jauhnya dari garis pantai merupakan jalur migrasi ikan dari Perairan Laut Timor menuju Laut Sawu dimana Pantai Tablolong ini berada.

Bahkan beberapa spesies ikan kerap bersembunyi di batuan karang yang ada di sepanjang pantai. Selain itu juga posisi pantainya yang berada tepat di seberang Pulau Semau menjadikannya sebagai tempat berlindung bagi ikan-ikan jika hujan turun.

lokasi favorite untuk memancing
lokasi favorite untuk memancing. google maps. sumber: Emillio Armada Siregar

Maka tak heran jika lokasi wisata yang satu ini sering digunakan sebagai ajang perlombaan memancing bahkan untuk tingkat internasional.

Selain kaya akan ikannya, di pantai ini juga terkenal sebagai penghasil rumput laut terbesar di NTT, kamu akan melihat rumput laut berserakan di sepanjang pantai.

3. Keindahan Bawah Laut

Pantai Tablolong ternyata memiliki keindahan bawah laut yang wajib kamu saksikan sendiri. Wisatawan asing dan lokal banyak yang datang untuk melakukan kegiatan diving atau menyelam di pantai ini.

Dimana kamu akan menikmati terumbu karang yang berwarna warni dengan beragam jenis ikan yang mengitarinya. Terdapat sedikitnya 3 spot menyelam di Pantai Tablolong yakni Beatri, Dalam, dan Tabui. Lokasinya berada sekitar 5 km dari garis pantai.

4. Sunset Yang Menawan

Menyaksikan pergantian hari yang sangat menakjubkan di waktu sore memang sungguh luar biasa, dimana keadaan alam akan berubah menjadi sangat cantik.

Matahari perlahan turun untuk beristirahat sejenak, alam pun berubah menjadi berwarna jingga. Kamu dapat menyaksikan semua itu ketika berada di Pantai Tablolong.

Banyak pengunjung yang menantikan tenggelamnya matahari di ufuk barat, tak sedikit dari mereka yang sengaja mengunjungi Pantai Tablolong di sore hari.

Selain itu mengabadikan momen ketika matahari tenggelam pun tak lupa mereka lakukan, salah satunya bentuk siluet alam yang sangat cantik.

mengabadikan keindahan sunset
mengabadikan keindahan sunset. google maps. sumber: Rosydah 46

Simak juga: Candi Bubrah

Penginapan

Sayangnya di sekitar Pantai Tablolong belum tersedia penginapan, hotel ataupun homestay. Untuk kamu yang datang dari luar kota dapat menemukannya dengan jarak lebih dari 20 km dari lokasi pantai.

Harga dan tipe nya pun beragam, kamu tinggal memilihnya yang sesuai dengan keinginan dan isi kantong kamu tentu saja.

Tips Wisata

  • Gunakan sunblock, kacamata hitam, atau topi untuk mengurangi paparan sinar matahari.
  • Jaga selalu anak-anak ketika bermain air.
  • Selalu waspada dan berhati-hati ketika bermain ombak di Pantai Tablolong.
  • Selalu jaga kebersihan area pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
tempat yang tepat mengajak seluruh anggota keluarga
tempat yang tepat mengajak seluruh anggota keluarga. google maps. sumber: Noldy Mekeng

Penutup

Demikianlah yang dapat kami sajikan mengenai Pantai Tablolong di Kupang. Sebuah pantai indah yang tidak akan membuat kamu menyesal jika dikunjungi.

Selamat berlibur!

Leave a Comment