Air Terjun Oenesu, Tempat Wisata Di Kupang Yang Semakin Populer

Yang terbersit saat mendengar nama Kupang, mayoritas langsung berpikir tentang sebuah kota dan Kabupaten yang eksotis namun memiliki cuaca yang sangat panas.

Lalu bagaimana jika di tengah cuaca terik tersebut terdapat tempat wisata yang memberikan kesegaran bagi pengunjungnya? Tentu saja, lokasi tersebut akan menjadi incaran para wisatawan.

Itulah yang mampu diberikan oleh Air Terjun Oenesu. Sebuah air terjun berundak yang sangat elok, menjadi telaga kesegaran di tengah teriknya cuaca Kabupaten Kupang, NTT.

Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dari tahun ke tahun penataan setahap demi setahap lokasi wisata Air Terjun Oenesu terus dilakukan. Meskipun perlahan, namun kepastian menjadi wisata populer di Kupang, NTT, bisa dirasakan oleh para wisatawan.

Dan inilah deskripsi lengkap Air Terjun Oenesu, tempat wisata populer di Kupang, NTT.

Trekking Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Oenesu

Akses jalan menuju area parkir tempat wisata Air Terjun Oenesu sudah sangat bagus, bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bagi yang menggunakan sepeda motor, tentu saja akan merasakan teriknya matahari. Namun view yang tersaji berupa pemandangan alam sekitar sangat mempesona.

Saat tiba di area parkiran, para pengunjung akan melihat view fasilitas di lokasi Air Terjun Oenesu Kupang sudah sangat memadai. Dan area parkirnya cukup besar.

Gapura Utama Air Terjun Oenesu Kupang
Gapura Utama Air Terjun Oenesu Kupang. Sumber : www.betantt.com

Perlu diketahui, bahwa tempat wisata Air Terjun Oenesu Kupang cocok juga sebagai destinasi wisata alam, wisata keluarga, serta destinasi wisata edukasi.

Setelah sampai di area parkiran, maka para pengunjung selanjutnya harus berjalan kaki, atau trekking menuju lokasi utama Air Terjun Oenesu.

View Di Area Parkir
View Di Area Parkir. Sumber : www.atiqohhasan.com

Jalur trekking sudah sangat baik, lapisannya sudah berlapiskan cor – coran, termasuk anak tangganya. Pagar pembatas juga sudah ada, serta kondisi jalurnya cukup lebar sehingga leluasa untuk dilalui.

Trekking Menuju Air Terjun Oenesu
Trekking Menuju Air Terjun Oenesu. Sumber : m.tribunnews.com

Jarak lokasi utama Air Terjun Oenesu dari area parkiran tidak terlalu jauh. Dan trekking pertama akan melewati lopo-lopo, serta rumah payung. Kedua spot tersebut lebih lumrah hampir mirip dengan gazebo.

Setelah itu, para pengunjung akan menuruni anak tangga, serta perlu diketahui bahwa hampir keseluruhan lokasi wisata Air Terjun Oenesu Kupang dipenuhi pepohonan. Sehingga nuansa keteduhan bisa anda dapatkan selama di sana.

Tidak lama berselang, para pengunjung akan sampai di sebuah jembatan yang terbuat dari tembok, dengan aliran sungai yang ada di bawahnya.

Jembatan Dekat Air Terjun Oenesu
Jembatan Dekat Air Terjun Oenesu. Sumber : travel.detik.com

Jembatan tersebut sudah dihias, cukup lebar, serta view lokasi utama sudah sedikit terlihat. Sehingga spot jembatan menjadi spot favorit pengunjung untuk melakukan selfie.

Hanya tinggal beberapa langkah lagi menuju lokasi utama Air Terjun Oenesu. Setelah sampai, anda akan melihat sebuah air terjunm dengan air yang turun melalui bebatuan besar, serta kondisi kolam yang jernih. Itulah Air Terjun Oenesu Kupang.

Pesona Keindahan Dan ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Oenesu Kupang

Terdapat beberapa pesona keindahan yang dapat dinikmati oleh pengunjung saat berada di lokasi wisata Air Terjun Oenesu. Yaitu :

1. Pesona Keindahan Air Terjun

Sejarah Air Terjun Oenesu sudah mulai dikelola sejak tahun 1990 an sebagai sebuag objek wisata. Lokasi Air Terjun Oenesu terletak di sebuah kawasan dengan luas 1,5 hektar.

Air Terjun Oenesu memiliki ketinggian 10 meter, serta Air Terjun Oenesu termasuk sebagai air terjun berundak, dengan 4 tingkatan air terjun.

Daya tarik selanjutnya dari Air Terjun Oenesu adalah airnya tidak pernah kering. Setiap tahun airnya akan terus ada, meskipun saat kamarau debit airnya menjadi sedikit.

Pesona Keindahan Air Terjun Oenesu
Pesona Keindahan Air Terjun Oenesu. Sumber : www.youtube.com

Batuan besar tempat air turun dari ketinggian kian menambah keindahan Air Terjun Oenesu. Selain itu, batuan besar juga sering dijadikan keseruan untuk melakukan cliff jumping ke kolam utama.

Kondisi kolamnya cukup lebar, serta di setiap tingkatan memiliki karakter yang berbeda – beda. Di beberapa titik memang kolamnya dalam untuk anak – anak, namun banyak juga titik yang bisa dijadikan spot bermain air untuk anak-anak.

Karena Air Terjun Oenesu sebagai air terjun berundak, maka arus air yang turunya tidak terlalu besar. Dan hal tersebut juga mempengaruhi tingkat kedalaman kolamnya.

Batuan Besar Di Air Terjun Oenesu Kupang
Batuan Besar Di Air Terjun Oenesu Kupang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Pesona Alam Sekitar

1,5 hektar lahan kawasan wisata Air Terjun Oenesu sangat memikat mata wisatawan. Dari mulai trekking awal dari area parkiran, hingga sampai lokasi utama Air Terjun Oenesu sajian pemandangan alamnya sangat memanjakan.

Apalagi saat pengunjung berada di tingkatan atas Air Terjun Oenesu, tentu akan lebih indah melihat panorama alamnya. Namun, traveler harus berhati – hati saat naik ke atas.

View alam sekitar yang tersaji adalah :

  • Rindangnya pepohonan
  • Sungai kecil di bawah jembatan
  • Batuan besar di lokasi air terjun
  • Serta udara sekitar yang cukup sejuk

Semua view tersebut berpadu dengan pesona keindahan Air Terjun Oenesu, maka kesempurnaan keindahan alam adalah konsekeunsi logis dari perpaduan tersebut.

Pesona Keindahan Alam Sekitar
Pesona Keindahan Alam Sekitar. Sumber : www.indonesiakaya.com

3. Daya Tarik fasilitas Penunjang

Selain pesona keindahan alam sekitar, serta keindahan Air Terjun Oenesu. Namun kehadiran fasilitas penunjangpun kian mempercantik sajian keindahan di tempat wisata tersebut.

Anaka tangga yang lokasinya berada di antara rindangnya pepohonan, jembatan, lopo-lopo, rumah payung, adalah spot – spot yang sangat menarik.

Selain itu, spot tersebut menjadi lokasi favorit pengunjung untuk melakukan aktivitas selfie, volog, atau hunting foto. Dan untuk menikmati hal tersebut, baiknya kunjungan tidak dilakukan di saat puncak musim hujan.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Oenesu

Lokasi dan alamat Air Terjun Oenesu berada di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Atau Jalan Menuju Tempat Wisata Air Terjun Oenesu Kupang

Rute atau jalan menuju tempat wisata Air Terjun Oenesu hnya berjarak 20 meter dari pusat kota Kupang, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Akses kendaraan juga sudah memadai. Para pengunjung bisa menggunkanan kendaraan pribadi, rental, maupun kendaraan umum. Kondisi jalannya juga sudah bagus, bisa dilalui setiap jenis kendaraan.

Sesampainya di lokasi parkiran, para wisatawan harus melanjutkan trekking sejauh 600 meter melalui jalur yang sudah tersedia.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Oenesu

Harga tiket masuk Air Terjun Oenesu adalah :

  • Rp. 5.000 per orang
  • Rp. 5.000 biaya per motor
  • Rp. 10.000 biaya per mobil

Jam Operasional Air Terjun Oenesu Kupang

Jam operasional Air Terjun Oenesu buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu tetap buka.

Penginapan Di Air Terjun Oenesu

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Oenesu.

Penutup

Demikian deskripsi lengkap tentang Air Terjun Oenesu yang berada di Kupang, NTT. Semoga penataan fasilitas penunjang lainnya bisa dikembangkan lebih jauh untuk menarik lebih besar jumlah wisatawan yang datang.

Bagi para pengunjung, patuhi protokol kesehatan, protokol keamanan yang sudah ditetapkan oleh pihak pemerintah dan pihak pengelola.

Selalu utamakan keselamatan dalam berwisata ya…

Baca juga:

Leave a Comment