Pantai Lasiana, Daya Tarik Jalur Pemecah Ombak

Berbicara tentang pantai di Kupang yang memiliki daya tarik keindahan alamnya, maka tertuju salah-satunya ke Pantai Lasiana yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

pantai lasiana
pantai lasiana. google maps. sumber: Afrizal Hilmiawan

Pantai Lasiana patut berbangga diri, karena di tahun 2021 ditunjuk menjadi salah-satu lokasi untuk melaksanakan acara Hari Konservasi Alam Nasional.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2021. Dan konsekuensi logisnya, tentu saja banyak hal yang harus dipersiapkan oleh pemerintah setempat demi kesuksesan acara HKAN.

Di sisi lain, penataan kawasan objek wisata Pantai Lasiana juga semakin mempercantik view yang disajikan. Baik dari sisi panorama alamnya, maupun sisi kelengkapan fasilitasnya.

Dengan demikian sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Yang artinya, persiapan acara Hari Konservasi Nasional juga berdampak terhadap besarnya animo kunjungan ke Pantai Lasiana.

pesona pantai lasiana
pesona pantai lasiana. google maps. sumber: Hermawan

Lalu apa saja sevetulnya yang menjadi daya tarik Pantai Lasiana? Dan inilah review Pantai Lasiana Kupang yang suda kami persiapkan untuk anda.

Daya Tarik Pantai Lasiana Kupang

1.  Jalur Pemecah Ombak

jalur pemecah ombak
jalur pemecah ombak. google maps. sumber: Andre Suryaputra

Ciri khas sekaligus daya tarik utama dari Pantai Lasiana yaitu terdapat sebuah jalur trekking yang membentuk leter J.

Lokasi jalur tersebut melengkung ke tengah air laut, sehingga ombak yang datang tidak langsung menembus bibir pantai.

Tujuan awal dibangun jalur tersebut memang diperuntukkan menghindari abrasi. Jalurnya dibuat dari bebatuan besar, disusun secara baik, sehingga menjadi spot favorit untuk melakukan selfie.

Bagi yang ingin berjalan di jalur tersebut, diharapkan tetaap memprioritaskan aspek keselamatan. Karena di tepian jalur tersebut belum terdapat pgara pembatas.

2. Destinasi Wisata Keluarga

wisata keluarga pantai lasiana
wisata keluarga pantai lasiana. google maps. sumber: M G Naya

Selanjutnya, daya tarik Pantai Lasiana Kupang adalah sebuah objek wisata pantai yang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Hal itu dibuktikan dengan keberadaan ragam wahana wisata di Pantai Lasiana yang diperuntukkan bagi anak-anak, yang lokasinya berada di atas pasir Pantai Lasiana, dan di bawah rindangnya pohon kelapa.

Selanjutnya, terdapat sebuah lokasi dengan kondisi air lautnya yang sangat tenang. Tepatnya berada setelah jalur pemecah ombak tadi.

Di lokasi tersebut menjadi spot yang nyaman untuk bermain air, meskipun aspek keamanan harus tetap menjadi prioritas.

Selain itu, di lokasi yang sama, terdapat berbagai jenis perahu yang bisa disew oleh para wisatawan, untuk berkeliling menikmati keindahan Pantai Lasiana.

3. Pusat Kuliner Dan Budaya

proyeksi pusat budaya dan kuliner
proyeksi pusat budaya dan kuliner. google maps. sumber: Afrizal Hilmiawan 

Proyeksi dari Pemerintah Kota Kupang untuk Pantai Lasiana di taun 2021 yaitu menjadikan pantai tersebut sebagai pusat kuliner dan pagelaran budaya, termasuk budaya lokal yang perlahan mulai pudar oleh kemajuan jaman.

Saat ini, untuk tempat pagelaran budaya sudah selesai dibangun. Bentuk bangunannya cukup artistik dan di akhir pekan selalu ramai dengan beberapa kegiatan.

Sejatinya sebuah objek wisata hadir bukan untuk mengilangkan budaya lokal. Justru sebaliknya, sebagai media untuk melestarikan, dan memperkenalkan nilai budaya yang ada kepada dunia.

Dan jadilah wisatawan yang bijak dengan cara tidak membuang sampa sembarangan, menjaga kelestarian alamnya, serta menghormati nilai budaya yang berkembang.

Simak juga: 11 wisata di Kupang

Lokasi Pantai Lasiana

Lokasi dan alamat Pantai Lasiana secara administratif terletak di Desa/Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tengga Timur (NTT).

Rute Menuju Pantai Lasiana

pasir pantai lasiana
pasir pantai lasiana. google maps. sumber: Yoga Pratama

Jalan menuju Pantai Lasiana Kupang sangat mudah diakses oleh kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat. Jarak dari pusat Kota Kupang hanya 12 kilometer.

Waktu tempuh dari pusat Kota Kupang kurang lebih sekitar 30 menit perjalanan. Jalannya juga sudah bagus, mudah untuk dilalui.

Jam Buka Pantai Lasiana

  • Jam operasional Pantai Lasiana buka selama 24 jam.
  • Pantai Lasiana buka setiap hari

Tiket Pantai Lasiana

Harga tiket masuk Pantai Lasiana adalah:

  • Rp 5.000 untuk dewasa
  • Rp 3. 000 untuk anak-anak.
  • Kendaraan roda empat Rp 10.000
  • kendaraan roda dua, Rp 5.000.

Fasilitas Pantai Lasiana

Fasilitas di Pantai Lasiana sudah sangat memadai untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung yang datang. Sepert :

  • Area Parkir
  • Ragam wahana wisata
  • Pusat jajanan kuliner
  • toilet

Leave a Comment