Pantai Lasiana, Indahnya Pantai Unggulan Kota Kupang

Pantai Lasiana memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Pengunjung akan disuguhi dengan hamparan pasir putih bersih yang berpadu dengan air laut biru berkilau, lengkap dengan ombaknya yang tenang. Suasananya yang tidak terlalu ramai juga menjadikan pantai ini cocok sekali sebagai tempat merilekskan diri.

Pantai Lasiana memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Hamparan pasir putih bersih yang berpadu dengan air laut biru berkilau, lengkap dengan ombaknya yang tenang
Pantai Lasiana. Image via: twipu.com

Pantai Lasiana yaitu pantai berpasir putih dengan air yang tenang, nyiur yang melambai, serta naungan pohon lontar yang indah. Disini, sembari nikmati air kelapa muda serta nira manis, jagung bakar yang harum, pisang bakar, serta es kelapa muda dengan manisan gula air asli juga jadi santapan yang enak di nikmati.

Di Pantai ini bisa dilakukan rekreasi pantai seperti mancing, renang, mandi, sepak bola, karaoke, serta lain-hiburan. Lasiana terdapat pada jalur transpotasi paling utama Pulau Timor serta selalu dilayani oleh angkutan umum dengan intensitas tinggi, baik ojek ataupun kendaraan sewaan.

Disini telah ada Home Stay serta Restaurant yang bisa melayani keperluan wisatawan. Juga ada kolam renang untuk anak serta tempat mencuci tubuh sesudah mandi serta berenang di laut.

tulisan naam pantai menjadi tanda selamat datang di pantai lasiana
Selamat datang di Lasiana. Image via: @bhenex

Simak juga: 11 wisata di Kupang

Lokasi Pantai Lasiana

Pantai Lasiana secara administratif terletak di Desa Lasiana, Kelapa Lima, Kupang Tengah Kota Kupang, NTT.

Pantai Lasiana Terletak sekitar 12 kilometer dari Kota Kupang.

Rute Menuju Pantai Lasiana

Pantai Lasiana ini berjarak kurang lebih sekitar 12 km dari kota Kupang. Waktu tempuhnya pun cukup singkat hanya sekitar 15 menit. Kondisi jalannya pun sudah sangat baik, halus, dan aman serta nyaman bagi kendaraan.

Tidak perlu repot-repot untuk mencari tempat ini. Karena, Pantai Lasiana berada di jalur Transporatsi utama Pulau Timor. Jadi, sudah banyak petunjuk arah yang bisa dijadikan pemandu bagi wisatawan semuanya

Bisa juga naik angkutan umum. Bisa menggunakan kendaraan dengan jenis colt. Cukup dengan membayar Rp 5.000 saja. Para pengunjung akan diantar menuju keindahan pantai Lasiana ini. Atau juga bisa menyewa kendaraan dengan harga cukup bersahabat.

Pohon LOntar dan Lapo-lapo di pantai Lasiana
Lontar dan Lapo. Image via: swargabuana

Jam Buka Pantai Lasiana

Pantai Lasiana terbuka 24 jam sehari, menerima kunjungan para wisatawan.

Tiket Pantai Lasiana

Saat akan masuk ke pantai Lasiana , tiap-tiap orangnya di kenakan pungutan tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk dewasa serta Rp 3. 000 untuk anak-anak. Kendaraan roda empat juga dipakai cost Rp 10.000 serta kendaraan roda dua, Rp 5.000.

Fasilitas Pantai Lasiana

Fasiliats mpenunjang yang disediakanpemerintahs ebagai pengelola pantai ini sudah cukup memadai. Di area Pantai Lasiana ada tempat parkir untuk menyimpan kendaraan pengunjung roda dua serta roda empat.

Sarana MCK juga sudah disiapkan untuk Anda yang mencuci selesai mandi di pantai atau akan buang air kecil serta besar. Di sepanjang pantai juga terdapat lopo-lopo. Semacam payung pantai namun tradisional khas budaya setempat.

Daya Tarik Pantai Lasiana

  1. Pantai yang Indah

pantai lasiana memiliki pasir pantai yang lapang
Pantai yang lapang. Image via: Maybi Prabowo

Simak juga: Gurun indah Pantai Oetune

Pantai Lasiana memiliki lokasi dengan luas tempat sekitaran 3, 5 hektar. Di bagian barat pantai dapat tampak daratan yang membuat bukit kecil. Bukit kecil ini jadi latar belakang yang memberi keindahan Pantai.

Di atas tempat pantai ini ditumbuhi banyak pohon kelapa serta tanaman lontar. Saat berada di pantai ini, pegunjung bisa melihat di selama tepi pantai terdapat banyak pohon tinggi yang semakin membuat cantik panorama Pantai.

Tidak jauh dari bibir pantai ada pohon-pohon kelapa serta pohon-pohon lontar tua yang sampai saat ini masih produktif serta digunakan warga setempat. Ke-2 tanaman itu kerap dipakai untuk bikin lopo-lopo, seperti yang tampak berjajar di Pantai Lasiana.

  1. Berbagai aktivitas pantai

memancing di pantai lasiana menyenangkan untuk mengisi liburan
Memancing di pantai lasiana. Image via: @fiqul.elkhoir

Pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas seperti bermain voli pantai, jogging, memancing atau berenang. Topografi menggabungkan perpaduan yang indah antara daerah berbukit dan garis pantai yang membuat pemandangan sekitarnya menjadi unik untuk dinikmati.

Kegiatan lainnya, pengunjung bisa menyelam atau snorkeling di pantai yang indah ini. pengunjung bisa menikmati kehidupan bawah laut yang terdiri dari berbagai jenis ikan dan terumbu karang. Pantai ini kaya keanekaragaman hayati. Saat menyelam pengunjung bisa menemukan banyak flora dan fauna.

Spesies ikan dan terumbu karang tersebar di kepulauan sekitar pantai. Pengunjung bahkan bisa menyelam di banyak spot diving, termasuk kapal karam dari kapal perang Jepang tahun 1942. Kapal ini tersembunyi di perairan Pulau Semau.

Bangkai kapal berada begitu dangkal, sehingga para penyelam bisa dengan mudah sampai di spot itu. Kapal tersebut dibom oleh Angkatan Udara Australia pada tahun awal perang dunia II. Kapal itu tenggelam tepat di tempat kapal berlabuh. Pengunjung dapat mengunjungi tempat itu dan mengetahui betapa hebatnya pemboman itu.

  1. Lopo-lopo

Lapo-Lapo pantai lasiana menjadi tempat berteduhd an istirahat pengunjung pantai
Lapo-lapo pantai lasiana. Image via: link-depeloved

Simak juga: Air Terjung Tanggedu

Lopo-lopo yaitu pondok tradisional khas Timor yang juga didirikan di pinggir Pantai Lasiana. Pondok ini memiliki bentuk mirip payung dengan tiang penyangga di bagian tengahnya yang terbuat dari batang pohon kelapa.

Sedangkan atap lopo-lopo dapat tersusun dari ijuk, daun lontar, pelepah kelapa, atau dari ilalang. Terkadang seng juga ditambahkan pada atap untuk membuatnya lebih kuat. Dengan sisi luar seng yang ditutupi oleh ijuk atau sisi dari tanaman lain yang umumnya dipakai untuk atap lopo-lopo.

Bangunan lopo-lopo itu disusun berjajar satu-sama lain dengan jarak yang berdekatan. Pas di bawah atap lopo-lopo ada bangku kecil yang melingkari tiang penyangga lopo-lopo yang terbuat dari pohon kelapa. Bangku itu dapat dipakai oleh beberapa pengunjung yang datang untuk berteduh di bawah lopo-lopo.

  1. Menikmati Sunset

Sunset pantai lasiana menjadi incaran para pengunjung.
Sunset pantai lasiana. Image via: metrobuananews.com

Kecantikan Pantai Lasiana bakal semakin memperlihatkan sensasi serta pesonanya waktu sore hari tiba. Pengunjung dapat datang sekitaran jam 17. 30 untuk melihat indahnya matahari tenggelam. Keindahan maksimal bisa dinikmati dari bibir Pantai ketika cuaca cerah.

Keindahan terbenamnya matahari diapit beberapa puluh pohon lontar yang tinggi. Kombinasi ini semakin menakjubkan waktu di nikmati dari tempat parkir kendaraan bermotor. Untuk mengabadikan peristiwa indah itu, banyak pengunjung yang sengaja mengambil foto dengan kamera digital atau memakai kamera handphone waktu matahari terbenam di ufuk barat.

  1. Rekreasi Keluarga

wisata keluarga menyenangkan menikmati keindahan pantai lasiana
Wisata keluarga. Image via: lintasntt.com

Simak juga: Benteng Otanaha

Apabila Pengunjung  datang berkunjung pada hari umum, Pantai terlihat sepi dari pengunjung. Tetapi apabila minggu atau hari berlibur tiba, Pantai Lasiana jadi satu diantara object wisata yang ramai dikunjungi orang-orang.

Waktu hari libur, Pantai Lasiana beralih tempat rekreasi serta berkumpul keluarga. Terkecuali bisa melihat keindahan pantai itu, Anda juga disajikan kuliner khas Kupang yang di tawarkan beberapa puluh pedagang di los-los yang di bangun pemerintah.

  1. Kuliner Pantai

Kuliner pantai lasiana meyenangkan untuk dinimati smebari menikmati panorama pantai.
Kuliner pantai lasiana. Image via: @_karmila0511_

Ada berbagai macam kuliner yang pengunjung bisa nikmati dengan harga terjangkau. Salah satunya yanbg paling polpuler tentu kelapa muda. Unutk makanan ada jagung bakar serta pisang gepe. Pisang Gepe adalah pisang bakar yang disiram air gula aren serta kacang tanah tumbuk.

Satu buah kelapa muda dihargai Rp 6. 000, jagung bakar seharga Rp 5. 000 per buahnya. Sedangkan pisang gepe bakar yang dilumuri dengan kacang tumbuk serta gula merah dihargai Rp 10. 000 tiap-tiap bijinya.

Pesona Pantai Lasiana
Pesona Pantai Lasiana. Image via: masihbaru.com

Simak juga: Candi Lumbung

Objek Wisata Dekat Pantai Lasiana

Masih di wilayah kupang, dalam jarak 37 km, terdapat pantai indah lainnya. Pantai Tablolong. Kondisi pantainya yang masih perawan membuat pantai ini sangat cocok dikunjungi untuk menikmati ketenangannya. Pantai ini dijadikan tempat favorit para pemancing.

Selain pantai ada juga objek perbukitan. Dalam jarak hanya 5 km dari pantai, terdapat bukit Cinta. Bukit ini memang unik karena ternyata berada di atas kumpulan goa-goa kecil peninggalan penjajah Belanda. Goa ini konon katanya terhubung dengan goa Jepang yang berada di Pantai Lasiana.

Waktu favorit untuk mengunjungi bukit ini adalah sore hari dimana matahari sudah tidak terlalu terik. Bukit ini memiliki hamparan rumput menghijau yang luas dengan beberapa pohon yang berdiri tegak di antaranya. Dari atas bukit ini kamu bisa menikmati pemandangan kota Kupang dengan leluasa.

Demikian bsia kami sampaikan mengenai lokasi, rute, tiket, dan daya tarik dari pantai Lasiana. Sebuah lokasi wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan pantai di pulau Jawa.

Yuk, langsung saja liburan ke Kupang!

Baca juga:

Leave a Comment