Pulau Karampuang, Pulau Buaya Yang Menawan Di Teluk Mamuju

Pulau Karampuang adalah pulau yang memiliki bentuk layaknya buaya jika dilihat dari atas. Dua ujung pulau tersebut memang memiliki bentuk semacam moncong.

pulau karampuang
pulau karampuang. google maps. sumber: Maisha Zyva

Pulau Karampuang merupakan wisata Mamuju yang sangat terkenal dengan air pantainya yang masih terjaga kebersihan, serta ekosistemnya.

Selain itu, berbagai macam wahana wisata banyak tersaji di pulau tersebut, sehingga mampu menyedot animo pengunjung untuk datang ke sana.

Di awal tahun 2021 sekitar pertengahan bulan Januari, sempat terjadi gempa dengan skala 6,2 magnitudo yang menimpa Kabupaten Mamuju, dan Kabupaten Majene.

Ditambah lagi dengan persoalan pandemi yang berdampak bagi dunia pariwisata di Indonesia. Hal tersebut tentu saja sangat berdampak terhadap kunjungan wisata ke Pulau Karampuang.

Namun, Pulau Karampuang kini bersiap kembali menyambut para wisatawan pasca duka di awal tahun 2021 tersebut. Terlebih lagi, kunjungan Menparekraf ke Sulawesi Barat menjadi sebuah penyemangat untuk kembali membangkitkan sektor wisata, meskipun masih dalam koridor protokol kesahatan.

geliat wisata pulau karampuang
geliat wisata pulau karampuang. google maps. sumber: Yudi Ahmad

Lalu apa saja yang menjadi daya tarik dari Pulau Karampuang tersebut? Maka, inilah info lengkap Pulau Karampuang Mamuju Sulawesi barat yang perlu anda ketahui, sebagai referensi awal untuk menentukan lokasi wisata saat liburan tiba.

Rute Menuju Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat

Jalan menuju Pulau Karampuang harus ditempuh hanya dengan menggunakan transportasi laut yang sudah tersedia di sana.

Biasanya perahu mesin, yang bisa ditumpangi oleh beberapa penumpang. Perjalanan menuju dermaga Pulau Karampuang hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam saja.

dermaga pulau karampuang
dermaga pulau karampuang. google maps. sumber: Ikhwan Mahmud

Jika kunjungan wisata anda mempertimbangkan terlebih dahulu faktor cuaca, maka tentu saja kunjungan wisata anda ke pulau tersebut menjadi sangat menyenangkan.

Kunjungan terbaik yaitu pada saat cuaca cerah. Dan tidak sedikit para pengunjung yang datang, memilih paket wisata Pulau Karampuang sebagai alternatif pilihan, jika waktunya luang.

Lokasi Dan Alamat Pulau Karampuang

Lokasi Pulau Karampuang berada di Teluk Mamuju. Dan alamat Pulau Karampuang terletak di Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Harga Tiket Masuk Pulau Karampuang

Tiket masuk Pulau Karampuang pada dasarnya gratis. Hanya saja para pengunjung diwajibkan membayar jasa transportasi laut sebesar Rp. 20.000 per orang.

Terdapat juga harga tiket lanjutan bagi para pengunjung yang ingin mencoba ragam wahana yang etrsaji di sana. Dan untuk sewa gazebo di tengah hutan Pulau Karampuang sebesar Rp. 70.000.

Fasilitas Di Pulau Karampuang

Fasilitas primer di Pulau Karampuang terbilang sudah sangat memadai. Seperti :

  • Gazebo
  • Toilet
  • Jet ski
  • Banana boat

Namun, bagi anda yang memilih paket wisata Pulau Karampuang dalam kurun waktu sehari, atau dua hari, maka anda perlu tahu bahwa persediaan listrik di sana hanya menggunakan mesin diesel, dan panel surya.

Hal tersebut, justru menjadi daya tarik Pulau Karampuang yang menyajikan suasana yang masih asri, tenang, jauh hiruk pikuk kehidupan kota.

Penginapan Di Pulau Karampuang

Bagi anda yang memilih paket wisata Pulau Karampuang, maka di sana terdapat penginapan yang bisa anda sewa. Bentuk bangunannya memberikan nuansa alami, karena bahan bangunannya didominasi oleh bahan baku bambu, dan kayu.

Atau alternatif lainnya yaitu dengan melakukan camping. Tentu saja rame-rame akan lebih menyenangkan.

 

camping di pulau karampuang
camping di pulau karampuang. google maps. sumber: Ferry Aroh

Sejarah Penamaan Pulau Karampuang

Sejarah penamaan Pulau Karampuang setidaknya terdapat dua versi. Diantaranya :

1. Versi Pertama

Pulau Karampuang, diambil dari kata Karampuang yang bermakna rembulan, atau bulan purnama.

sejarah pulau karampuang
sejarah pulau karampuang. google maps. sumebr: Ikhwan Mahmud

2. Versi Ke Dua

Sejarah penamaan Pulau Karampuang berkaitan erat dengan sejarah pelarian para raja, yang dikejar-kejar oleh pasukan Belanda di masa kolonial.

Tempat persembunyiannya dinamakan Karampuang, yang terdiri dari dua suku kata. Karang yang berati karang, atau batu. Sedangkan kata Puang yang berarti Pulau.

Daya Tarik Pulau Karampuang

1. Pulau Kecil Yang Indah

Pulau Karampuang terbilang sebagai pulau kecil yang memiliki luas sekitar 6,37 kilometer saja. Dan letak Pulau Karampuang berada di Teluk Mamuju, yang menjadikannya pulau yang dikelilingi batu karang, dan air pantai yang bersih.

daya tarik pulau karampuang
daya tarik pulau karampuang. google maps. sumber: surahman yaras

Langkah kaki pertama para pengunjung akan terlebih dahulu sampai di dermaga Pulau Karampuang yang terbuat dari kayu, sepanjang 500 meter.

Penataan dermaga kayu tersebut sangat bagu, sehingga tak jarang wisatawan yang melakukan selfie di spot tersebut. Dan di lokasi tersebut juga sebagai spot untuk menikmati ragam wahana yang tersaji.

Setelah itu, wisatawan akan memasuki kawasan yang masih asri. Terdapat beberapa gazebo yang bisa di sewa, yang terletak di tengah hutan yang asri.

2. Ragam Wahana

ragam wahana air
ragam wahana air. google maps. sumber: Ikhwan Mahmud

Daya tarik selanjutnya dari Pulau Karampuang adalah ragam wahana yang mampu memberikan kesempurnaan wisata bahari ke Pulau Karampuang. Diantara ragam wahana tersebut seperti :

  • Banana boat
  • Jet ski
  • Perahu mesin untuk mengelilingi pulau

Air lautnya sangatlah jernih. Jika langit cerah, maka hanya dengan kasat mata saja, para wisatawan bisa melihat ekosistem yang ada di bawah air. Mayoritas pengujung selalu berenang di spot dekat dermaga.

Sebagai tambahan, bahwa ragam wahana di Pulau Karampuang sudah dilengkapi dengan fasilitas keamanan, seperti pelampung.

Penutup

Demikian review tentang Pulau Karampuang, Mamuju, Sulawesi Barat. Selalu patuhi protokol kesehatan, dan utamakan keselamatan.

Senantiasa untuk menjaga kelestarian alam, dan jangan membuang sampah sembarangan ya….

Leave a Comment