Pantai Manakarra, Anjungan Artistik Favorit Warga Mamuju

Pantai Manakarra atau Anjungan Pantai Manakarra merupakan sebuah lokasi favorit warga Mamuju untuk berkumpul bersama keluarga, teman atau pasangan.

Disini kamu ngga akan melihat pasir di sekitar pantainya, yang ada hanyalah sebuah anjungan atau sebuah lapangan yang dibuat secara artistik dan dipakai sebagai tempat rekreasi warga Mamuju.

anjungan pantai manakarra
anjungan pantai manakarra. google maps. sumber: kaisu maulidinur

Pantai Manakarra merupakan bagian dari Teluk Mamuju. Teluk ini merupakan bagian dari Pelabuhan Batu, yang menjadi pusat perhubungan di Kota Mamuju.

Anjungan Pantai Manakarra pernah viral beberapa waktu lalu, hal tersebut dikarenakan adanya sebuah bentuk yang menyerupai simbol dajjal yakni mata satu yang berada di ujung anjungan jika dilihat dari ketinggian.

Hal tersebut bahkan dihubungkan dengan guncangan gempa yang terjadi di Mamuju pada bulan Januari lalu. Karena menimbulkan kegaduhan, akhirnya pemerintah setempat membongkarnya.

Selayang Pandang Tentang Anjungan Pantai Manakarra

Pantai Manakarra atau Anjungan Pantai Manakarra mulai diresmikan bersamaan dengan hari jadi Mamuju yang ke 475, dengan memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi.

Terdapat ikon Perahu Sandeq di sekitar anjungan, yakni perahu tradisional nelayan Mandar yang merupakan suku mayoritas di Sulawesi Barat.

gong perdamaian
gong perdamaian. google maps. sumber: sikusamchannel04 _

Di Anjungan Pantai Manakarra terdapat sebuah Gong Perdamaian yang menjadi simbol akan lahirnya keharmonisan antar semua golongan yang ada.

Terdapat 6 pilar yang berwarna merah dengan bertuliskan nama-nama Kecamatan yang ada di Kabupaten Mamuju, di tengahnya terdapat sebuah gong raksasa dengan hiasan gambar macam-macam simbol agama yang menjadi tanda keberagaman agama di Mamuju.

Gong tersebut bukanlah gong biasa, melainkan properti khusus yang diinisiasi oleh The World Peace Committe (WPC). Gong Perdamaian tersebut di Indonesia sendiri hanya ada 5 unit, yakni di Yogyakarta, Kupang, Singkawang, Palu, dan Serdang Bedagai.

Berikut keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Anjungan Pantai Manakarra:

Ragam Wisata Di Anjungan Pantai Manakarra

1. Menikmati Sunset

senja di pantai manakarra
senja di pantai manakarra. google maps. sumber: mumtaza. pro

Pantai Manakarra selalu ramai dikunjungi ketika hari menjelang senja, para pengunjung berniat untuk menyaksikan indahnya sunset di Pantai Manakarra.

Suasana di Anjungan Pantai Manakarra menjadi sangat romantis, dimana warna alam akan mulai berubah dengan warna jingga dan mulai bermunculan siluet indah di sekitar pantai.

Anjungan Pantai Manakarra memiliki sajian sunset yang sangat cantik, apalagi ditambah dengan hadirnya sebuah pulau yang bernama Pulau Karampuang.

2. Menghabiskan Waktu Bersama

salah satu wahana yang ada
salah satu wahana yang ada. google maps. sumber: yusuf laundu

Anjungan Pantai Manakarra selalu ramai dikunjungi keluarga ataupun komunitas-komunitas lainnya, karena lokasinya yang luas yakni sekitar 2.000 meter persegi.

Selain itu, banyaknya wahana permainan anak menjadi salah satu alasan keluarga untuk mengajak anak-anak menghabiskan waktu bersama di sini.

Wahana permainan yang ada sangat banyak sehingga anak-anak akan betah jika kamu ajak ke Anjungan Pantai Manakarra.

Selain itu di sini juga ada sebuah tugu yang di tengahnya terdapat gong yang cukup besar, tugu tersebut diberi nama Gong Perdamaian.

Banyak pengunjung yang mengabadikan diri bersama dengan Gong Perdamaian tersebut, pastikan kamu juga melakukannya ketika mengunjungi Anjungan Pantai Manakarra.

3. Jogging Dengan Alam Yang Indah

Banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu bersama di Anjungan Pantai Manakarra ini bahkan kamu juga bisa jogging bersama di tempat yang sudah disediakan.

Ya,,Anjungan Pantai Manakarra memiliki jogging track yang dapat kamu gunakan untuk berolahraga ditemani alam yang indah serta angin laut yang selalu menemani. Biasanya pengunjung datang untuk jogging di pagi maupun sore hari.

panorama cantik di pantai manakarra
panorama cantik di pantai manakarra. google maps. sumber: mumtaza. pro

Lokasi & Alamat Pantai Manakarra

Pantai Manakarra beralamat di Jl. Yos Sudarso, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Lokasinya berada di pusat kota Mamuju sehingga mudah untuk dituju.

Rute Menuju Pantai Manakarra

Rute menuju Pantai Manakarra dari arah Bandara Tampa Padang, hanya memakan waktu sekitar 20 menit saja. Aksesnya dapat dituju dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Lokasinya mudah untuk dijangkau, jika kamu bertanya pada warga sekitar pasti mereka mengetahuinya.

suasana di malam hari
suasana di malam hari. google maps. sumber: Faisal Reza Sukmawan

Jam Buka Pantai Manakarra

Jam operasional Pantai Manakarra dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop.

Tiket Pantai Manakarra

Tidak ada tiket masuk ketika kamu mengunjungi Anjungan Pantai Manakarra, karena ini merupakan lokasi publik. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan yang kamu gunakan.

Fasilitas Pantai Manakarra

Terdapat beberapa fasilitas pendukung ketika berada di Pantai Manakarra, yakni:

  • Area parkir
  • Masjid
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Wahana permainan anak
  • Jogging Track
landmark pantai manakarra
landmark pantai manakarra. google maps. sumber: Yulius nugroho Purnayudha

Penutup

Anjungan Pantai Manakarra merupakan lokasi yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, teman atau orang terkasih.

Sajian alam yang indah dipadu dengan artistiknya Anjungan Pantai Manakarra, apalagi dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat kamu betah kongkow bersama teman.

Situasi Indonesia yang masih dalam keadaan pandemi Covid-19, membuatmu harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Jangan kendor! Supaya kita dapat cepat pulih dan kembali seperti sedia kala.


Tinggalkan komentar