11 Tempat Wisata Pati, Keindahan Alam Jawa Tengah Yang Lainnya

Kabupaten Pati merupakan sebuah kabupaten dengan topografi berupa dataran rendah, pegunungan, serta pesisir pantai laut jawa.

Objek wisata di daerah Pati sendiri memang tidak begitu terkenal seperti beberapa kabupaten yang ada di Jawa Tengah lainnya.

Namun bukan berarti Pati tidak mempunyai tempat wisata yang mengagumkan. Banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Kabupaten Pati.

Daerah yang mempunyai slogan “Pati Bumi Mina Tani” ini memiliki tempat wisata yang bertemakan keindahan alam, wisata sejarah, bahkan wisata modern.

Berikut merupakan ulasan 11 lokasi wisata di Pati yang harus kamu kunjungi:

11 Tempat Wisata Pati

1. Puncak Arga Pesona

puncak arga pesona pati
puncak arga pesona pati. google maps. sumber: Sahri Jontro

Simak juga: 11 tempat wisata Sumba

Puncak Arga Pati merupakan puncak tertinggi pegunungan Kendeng, yang biasa disebut dengan nama Tranggulasi atau o km.

Karena lokasinya yang berada tepat di perbatasan antara Kabupaten Pati dan Kabupaten Grobogan. Sehingga jika kamu sedang berada di puncaknya, kamu akan menyaksikan keindahan dari kedua kota tersebut.

Selain itu, kamu pun dapat melakukan kegiatan lain yang tersedia. Seperti bermain flying fox, mengunjungi goa-goa yang ada, serta tentu saja mengambil beberapa gambar atau video.

Puncak Arga Pesona menyediakan beberapa spot foto yang tentunya kece banget, untuk mempermanis gambar yang kamu ambil.

Puncak Arga Pati lokasi yang tepat untuk menenangkan diri, lokasinya yang berada di ketinggian membuat kamu terbebas dari kebisingan kota. Yang disaksikan hanyalah keindahan alam sejauh mata memandang, serta hembusan angin yang menyegarkan.

Lokasi: Desa Beketel, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000
Jam Buka: 05.00-17.30

2. Air Terjun Tadah Hujan

Destinasi wisata alam lainnya ialah dengan mengunjungi Air Terjun Tadah Hujan, atau warga sekitar sering menyebutnya dengan nama Curug Tadah Hujan.

Air Terjun atau Curug ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter, dibawahnya terdapat kolam alami yang tidak begitu lebar yang siap menampung curahan airnya.

Lokasinya yang berada di pedalaman membuat air terjun yang satu ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan. Sehingga keasrian alam di sekitarnya masih terjaga dengan baik.

Konon katanya Air Terjun Tadah Hujan airnya tak pernah surut, bahkan ketika kemarau melanda. Oleh karena itu aliran airnya banyak dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan akan air.

Lokasi: Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

3. Bukit Pandang Ki Santa Mulya

alam yang sejuk di bukit pandang
alam yang sejuk di bukit pandang. google maps. sumber: Dede Promise

Simak juga: 11 tempat wisata Banjarnegara

Bukit Pandang Ki Santa Mulya merupakan sebuah bukit untuk kita melihat keindahan Pegunungan Kendeng yang sangat indah, serta beberapa panorama alam lainnya.

Jarak untuk menuju puncak pun tak begitu jauh, kamu hanya perlu berjalan sekitar 100 meter saja. Di Bukit Pandang ini sudah tersedia beberapa fasilitas untuk membuatmu semakin betah berlama-lama.

Diantaranya sudah tersedia beberapa spot foto serta beberapa gazebo yang menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto maupun video.

Penamaan Ki Santa Mulya sendiri diambil dari nama salah satu tokoh pada zaman Prabu Angling Dharma, dimana bukit ini dijadikan tempat berkomunikasi batin dengan istrinya yang sedang diasingkan di Pulau Seprapat, Juwana.

Lokasi: Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
Tiket: –
Jam Buka: 06.00-21.00

4. Air Terjun Grenjengan Sewu

Air Terjun Grenjengan Sewu merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan lebar sekitar 2 meter.

Jika musim penghujan tiba, air yang dialirkannya akan melebar ke samping. Hal tersebutlah yang mendasari penamaan dari air terjun ini.

Lokasinya yang berada di ketinggian 600 mdpl membuat udara di sekitar air terjun sangat sejuk, ditambah dengan air yang dialirkannya jernih dan menyegarkan.

Kamu dapat duduk-duduk di sekitar bebatuan yang ada, untuk mengistirahatkan jiwa dan raga yang sedang lelah. Membiarkan aliran airnya menyentuh kakimu.

Pemandangan di sekitar Air Terjun Grenjengan Sewu sangat indah dan masih asri, oleh karena itu destinasi wisata yang satu ini harus dikunjungi ketika berada di Pati.

Lokasi: Desa Jrahi, Kecamatan Gn. wungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 3.000,-
Jam Buka: 24 Jam

5. Gua Pancur Jimbaran

gua pancur jimbaran
gua pancur jimbaran. google maps. sumber: Iwan Setiaw

Simak juga: 11 tempat wisata Brebes

Gua Pancur Jimbaran merupakan sebuah gua yang cukup besar dan panjang, dengan kedalaman sekitar 8,27 km. Keindahan Gua Pancur dilengkapi dengan adanya stalaktit dan stalagmit.

Didalam Gua Pancur terdapat sebuah genangan air yang airnya tak pernah surut, bahkan ketika musim kemarau tiba.

Selain menikmati keindahan gua, kamu juga dapat melakukan beberapa wahana seru di danau buatan yang lokasinya berada tak jauh dari gua.

Disana kamu dapat mengelilingi area danau dengan menggunakan becak air, atau juga dengan bermain bebek-bekekan.

Lokasi: Desa Jimbaran, Kec. Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Tiket: Sepeda motor Rp 3.000,- sedangkan mobil Rp. 6.000,-
Jam Buka: 07.00-17.00

6. Waduk Seloromo

camping di waduk seloromo
camping di waduk seloromo. google maps. sumber: wagiyo Journey

Waduk Seloromo atau dikenal juga dengan nama Waduk Gembong merupakan sebuah danau atau waduk yang dibuat sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda, yakni sekitar tahun 1930.

Waduk tersebut berdekatan dengan waduk lain yang bernama Waduk Gunung Rowo, dan waduk inilah yang menjadi menyuplai Waduk Seloromo.

Waduk ini berfungsi sebagai suplai air ke beberapa lahan pesawahan yang ada di sekitarnya. Karena memiliki alam yang indah akhirnya waduk ini dimanfaatkan warga sebagai tempat wisata juga.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Muria membuat Waduk Seloromo memiliki pemandangan yang lengkap. Serta udara yang sejuk membuat kita bisa lebih relaks.

Kegiatan seru lainnya yang dapat dilakukan ialah mendirikan tenda dengan berkemah bersama kawan, dan menikmati keindahan alam sepanjang malam. Dan menyaksikan sunset serta sunrise yang cantik.

Lokasi: Desa Selorejo, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

7. Hutan Kota Kalidoro

hutan kota kalidoro
hutan kota kalidoro. google maps. sumber: Bayu Kuncoro

Simak juga: 11 tempat wisata Gresik

Hutan Kota Kalidoro ialah sebuah taman yang asri dan sejuk lokasinya berada di jalan utama Kota Pati. Dan taman ini selalu dijadikan warga Pati untuk beristirahat sejenak melepas penat dalam diri.

Area taman yang ditumbuhi banyak pepohonan membuat kita merasa nyaman dan segar, maka tak heran jika banyak pengunjung yang membawa serta keluarga untuk sekedar mengajak anak-anak bermain.

Tersedia beberapa gazebo serta tempat untuk duduk-duduk santai, serta ada pula jogging track untuk yang ingin berolahraga sambil mengelilingi hutan kota ini.

Maka tak heran jika menjelang sore hari Hutan Kota Kalidoro ini selalu ramai dikunjungi pengunjung dengan segala aktivitas yang mereka lakukan.

Lokasi: Jalan Kembang Joyo, Kutoharjo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

8. Waduk Gunung Rowo

landscape waduk gunung rowo
landscape waduk gunung rowo. google maps. sumber: sailore ramon

Waduk Gunung Rowo ini letaknya tak terlalu jauh dari Waduk Seloromo yang telah dibahas sebelumnya, waduk ini dibangun lebih awal dari Waduk Seloromo.

Luasnya mencapai 320 ha dan menjadi suplai utama dari Waduk Seloromo. Ketika berada di Waduk Gunung Rowo kamu dapat menikmati keindahan alam Pegunungan Muria yang tersaji di depan mata.

Kamu bisa juga mengunjungi sebuah mercusuar yang berada disisi danau, dan jangan lupa untuk berfoto di landmarknya Waduk Gunung Rowo.

Disini juga tersedia beberapa gazebo serta permainan anak-anak, maka tak heran jika selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai usia.

Menikmati terbenamnya matahari di samping waduk banyak dilakukan wisatawan yang datang ke waduk ini. Tak sedikit warga yang melakukan kegiatan memancing.

Lokasi: Desa Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati, Jawa Tengah
Tiket: –
jam Buka: 07.00-17.00

9. Pantai Idola Banyutowo

jembatan idola di pantai idola
jembatan idola di pantai idola. google maps. sumber: khoirun Nisa

Simak juga: 11 tempat wisata Ponorogo

Pantai ini diberi nama idola karena merupakan lokasi favorit warga untuk berlibur murah namun dengan kualitas panorama alam yang sangat indah.

Apalagi jika menjelang sore hari, banyak warga yang berbondong-bondong mendatangi Pantai Idola Banyutowo untuk menyaksikan proses tenggelamnya matahari.

Hal demikian juga terjadi di pagi hari ketika sang mentari hendak muncul, menyaksikan sunrise dengan udara yang cukup sejuk membuat fikiran menjadi lebih segar.

Pantai Idola Banyutowo memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam nan lembut. Tersedia banyak wahana permainan yang dapat kamu lakukan, seperti bebek-bebekan, ayunan, spot foto, serta beragam keseruan lainnya.

Lokasi: Dusun Seti, Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Pati, Jawa Tengah.
Tiket: Rp. 3.000,- untuk motor Dan Rp. 10.000,- untuk mobil
jam Buka: 24 Jam

10. Alun-Alun Kota Pati

salah satu sudut di alun alun pati
salah satu sudut di alun alun pati. google maps. sumber: Mul Handayani

Alun-Alun Simpang Lima Pati merupakan ruang terbuka hijau masyarakat yang berada di tengah kota, tempat ini baru saja mengalami penataan ulang.

Ketika hendak memasuki Alun-Alun akan tampak Kuluk Kanigara dan Keris Rambut Pinutung yang ditempatkan di gerbang masuk. Dibawah gerbang tersebut terdapat replika peta Kabupaten Pati, lengkap dengan nama-nama Kecamatannya.

Selain itu terdapat beberapa tempat duduk yang disediakan untuk mereka yang ingin bersantai, serta ada pula jogging track yang dihiasi lima gawangan yang diberi motif ukiran.

Jika malam tiba Alun-Alun Pati ini akan tampak warna warni dengan hiasan lampu yang ada, membuat suasana menjadi terasa lebih berbeda.

Lokasi: Jl. Tombronegoro, Pati Kidul, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

11. Juwana Water Fantasy

kolam anak di jwf pati
kolam anak di jwf pati. google maps. sumber: Aniffudin Faizal Reza

Simak juga: 11 tempat wisata Kudus

Tempat wisata yang terakhir dibahas ialah Juwana Water Fantasy yang menghadirkan lokasi wisata modern yang dilengkapi dengan beberapa wahana air maupun darat yang pastinya seru banget.

Dengan berada di tanah seluas kira-kira 5 ha, ada sedikitnya 37 wahana yang siap menghibur kita selama berada di Juwana Water Fantasy (JWF) ini.

Dihiasi arsitektur bangunan khas Eropa kemudian dilengkapi dengan lapangan futsal yang memiliki rumput sintetis, serta spot-spot foto yang disediakan untuk kamu para penikmat fotografi.

Semuanya itu dapat kamu nikmati ketika berkunjung ke Juwana Water Fantasy Pati. Apalagi jika mengajak serta anggota keluarga atau orang terkasih lainnya.

Lokasi: Jl. Juwana Rembang KM 7, Bumimulyo, Batangan, Sawah, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000 per orang
Jam Buka: 08.00-17.00


Tinggalkan komentar