Bukit Pandang Ki Santa Mulya, Legenda Cinta Sepasang Kekasih

|

Kabupaten Pati, Jawa Tengah dikenal memiliki berbagai macam tempat wisata outdoor yang kaya akan nuansa alam yang indah, salah satunya Bukit Pandang Ki Santa Mulya yang berada di daerah Durensawit, areanya tak begitu jauh dari pusat kota.

Tempat wisata yang berada di ketinggian ini memiliki pesona alam yang memikat hati. Sejauh mata memandang kamu akan melihat pepohonan rindang yang menjulang tinggi, hiruk pikuk masyarakat Kabupaten Pati dan berbagai spot foto menarik.

berfoto bersama landmark wisata bukit
berfoto bersama landmark wisata bukit. google maps. sumber: Dewi Juni Handayani

simak juga: tempat wisata di pati

Ketika kamu tiba di Bukit Pandang Ki Santa Mulya, kamu bisa bersantai menikmati sausana alam, merasakan semilir angin, dan suara kicau Burung penghuni bukit, sungguh menenangkan.

Bukit Pandang Ki Santa Mulya menjadi tempat yang recommended untuk quality time bersama keluarga, teman, atau orang-orang spesial sambil piknik atau camping.

Hulang-Healing di Bukit Pandang Ki Santa Mulya juga tidak perlu mengeluarkan budget fantastis, harga tiketnya murah meriah, dan bisa dinikmati semua kalangan.

Daya Tarik Bukit Pandang Ki Santa Mulya

1. Legenda Kisah Cinta Ki Santa Mulya dengan Dewi Anggraeni

Bukit Pandang ini merupakan tempat bertapanya Ki Santa Mulya agar bisa melakukan kontak batin dengan istrinya yang sedang dikenai hukuman. Namanya Dewi Anggareni, Ia adalah seorang putri dari Resi Mahesura  eyang guru dari Prabu Angling Dharma.

Ki Santa dan Dewi Anggraeni memiliki seorang anak yang bernama Galuh Prawati. Suatu hari Dewi Anggareni melakukan kesalahan yang mebuat suaminya murka hingga akhirnya diasingkan di sebuah pulau yang bernama pulau Anakan yang kini bernama Pulau Seprapat Juwana.

view alam yang cantik
view alam yang cantik. google maps. sumber: Eka Agustina

simak juga: gunung slamet

Karena kerinduan akan istrinya tak bisa terbendung, Ki Santa Mulya akhirnya bertapa dibukit ini agar bisa bertemu secara batin dengan sang istri. Selama petapaan ini, Ki Santa Mulya dijaga oleh sosok Harimau Putih sang Penjaga bukit yang konon masih ada hingga sekarang.

Dari sejarah tersebut,  Bukit Pandang Ki Santa Mulya juga disebut dengan bukit cinta. Buat kamu yang masih single, siapa tau dapat segera dipertemukan kalau datang ke tempat wisata ini, hehe!

2. Pesona Alam yang Masih Perawan

Bukit Pandang Ki Santa Mulya belum banyak dijamah infrastuktur modern, jadi keasliannya masih terjaga. Selama berkunjung ke Bukit Pandang Ki Santa Mulya kamu akan merasakan udara yang begitu segar, suasana alam yang masih perawan, benar-benar memanjakan jiwa dan raga.

3. Spot Foto Instagramable

Di bukit ini sudah dibangun berbagai spot foto menarik lho. Spot foto yang ada di Bukit Pandang Ki Santa Mulya ini cukup ikonik, salah satunya spot foto yang mengarah langsung ke pemandangan hijau yang menghampar luas.

salah satu spot foto favorit
salah satu spot foto favorit. google maps. sumber: Jaka Lelana

simak juga: wisata pagubugan melung

Lokasi Bukit Pandang Ki Santa Mulya

Bukit Pandang Ki Santa Mulya berlokasi di Jrambah, Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Rute Menuju Bukit Pandang Ki Santa Mulya

Bukit Pandang Ki Santa Mulya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat. Akses jalan menuju lokasi ini pun terbilang bagus dan lancar.

Jika kamu berangkat dari Alun-alun Pati untuk sampai ke lokasi wisata memakan waktu sekitar 44 menit dengan jarak tempuh 22 km.

Ambil arah utara di Jalan Raya Pantura/ Jalan Raya Pati/ Jalan Raya Tuban – Semarang/ Jalan Tombronegoro sejauh 150 meter. Arahkan kendaraanmu ke Jalan Dr. Sutomo/Jalan Purwodadi –Sukolilo-Pati/Jalan Sukolilo-Babalan. Lewati toko bangunan prapatan.

Belok kiri ke Jalan Alun-alun sejauh 200 meter sampai kamu menemukan Jalan Pangeran Diponegoro. Setelah itu belok kanan ke Jalan Suropati Raya sejauh 3,8 km, lalu arahkan kendaraanmu ke Jalan Lingkar Selatan. Setelah 2 km mengikuti jalan, kamu akan segera sampai di lokasi tujuan, Bukit Pandang Ki Santa Mulya.

dikelilingi alam yang masih alami
dikelilingi alam yang masih alami. google maps. sumber: Sunar Begg

simak juga: kemit forest education

Harga Tiket Bukit Pandang Ki Santa Mulya

Harga tiket masuk Bukit Pandang Ki Santa Mulya sebesar Rp. 5.000,- per orang.

Jam Buka Bukit Pandang Ki Santa Mulya

Bukit Pandang Ki Santa Mulya buka setiap hari dari Senin hingga Minggu, dari pukul 08.30 sampai 15.00 WIB.

Fasilitas Bukit Pandang Ki Santa Mulya

Fasilitas yang ada di Bukit Pandang Ki Santa Mulya diantaranya:

  • Spot Foto Instagramable,
  • Gazebo,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Area Parkir Kendaraan.
berkunjung bersama
berkunjung bersama. google maps. sumber: Rukini

Penutup

Saat mengeksplor tempat wisata yang ada di Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini jangan lupa sempatkan berkunjung ke Bukit Pandang Ki Santa Mulya ya. Jangan lupa pula untuk mengajak orang-orang spesial untuk menghabiskan liburan bersama disini!